Nikmatnya sup cream jagung saat udara dingin musim penghujan tiba. Cara membuatnya juga begitu mudah. Penasaran ingin tahu seperti apa Resep Sup Cream Jagung praktis dan mudah dibuat. Mari kita simak resenya dibawah ini.

A. Jagung

resep sup cream jagung

Jagung adalah salah satu tumbuhan yang bisa dimakan dan kaya akan karbohidrat yang berada diberbagai negara, selain gandum dan padi. Jagung juga merupakan salah satu jenis sayuran yang sebagian besar orang mengolah untuk  dijadikan berbagai jenis masakan.

Jagung begitu mudah untuk diolah. Jagung mempunyai cita rasa yang nikmat, jagung juga mempunyai gizi yang tak kalah lengkap dari sayuran lainnya. Biji dan bonggol jagung dapat dipisahkan. Bisa dengan cara manual / menggunakan tangan bisa juga dengan cara yang simpel menggunakan mesin perontok jagung.

B. Kandungan Gizi

Jagung merupakan tumbuhan yang mengandung banyak kandungan nutrisi baik. Pada biji Jagung yang utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan sehingga banyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat bisa mencapai sekitar 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati pada umumnya berwujud campuran amilosa dan amilopektin.

Pada jagung ketan, kebanyakan atau seluruh patinya adalah amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berefek pada kandungan gizi, namun lebih berarti dalam pembuatan sebagai bahan pangan. Yang terkandung dalam jagung manis adalah amilopektin yang lebih sedikit tetapi dapat  mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan ialah:

  • Kalori: 355 Kalori
  • Protein: 9,2 gr
  • Lemak: 3,9 gr
  • Karbohidrat: 73,7 gr
  • Kalsium: 10 mg
  • Fosfor: 256 mg
  • Besi: 2,4 mg
  • Vitamin A: 510 SI
  • Vitamin B1: 0,38 mg
  • Air: 12 gr

Meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih kecil, namun mempunyai kandungan protein yang lebih banyak daripada beras.

C. Manfaat Jagung

1. Tinggi Karbohidrat, Berguna Sebagai Sumber Energi

Karbohidrat adalah salah satu faktor utama sebagai sumber energi harian. Untuk mendapatkan asupan karbohidrat kamu bisa mengonsumsi jagung. Jagung memiliki kandungan karbihidrat yang cukup tinggi. Kira-kira sekitar 10 – 15% karbohidrat terkandung dalam satu batang jagung, jumlahnya berbeda-beda tergantung dengan macam jenis jagung.

Di dalam jagung terdapat jenis karbohidrat, karbohidrat tersebut ialah karbohidrat kompleks sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang relatif lebih lama. Selain itu, saat mengonsumsi jagung, energi yang didapatkan pun cenderung lebih kuat.

2. Kandungan Serat Di Dalamnya Baik Untuk Pencernaan

Tidak hanya tinggi karbohidrat, jagung juga tinggi akan mengandung serat. Di dalam jagung terdapat dua macam serat, yakni serat larut dan tidak larut. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat larut yang ada pada jagung bisa menutup penyerapan kolesterol.

Selain itu, mengonsumsi jagung juga bisa melancarkan buang air besar, mencegah masalah sembelit, wasir, hingga mengurangi  resiko penyakit kanker usus.

3. Kaya Protein Untuk Pembentukan Tulang Dan Otot

Pembentukan otot dan tulang yang sangat kokoh dipengaruhi oleh asupan protein. Jagung juga merupakan bahan makanan yang mengandung protein. Selain itu, yang terkandung di dalam jagung adalah mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor.

Semua kandungan tadi sangat diperlukan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya kebutuhan protein dan ketiga zat tadi sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan serta tulang yang retak saat tua nanti.

4. Vitamin Pada Jagung Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol LDL

Jagung memiliki kandungan vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Tiga kandungan tersebut sangat berguna untuk melindungi kesehatan jantung. Mengonsumsi jagung secara teratur bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Tidak hanya itu, kandungan di dalam jagung juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol yang berada di dalam tubuh kita.

5. Jagung Memiliki Sifat Antikanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Untuk menghindarinya, kamu dapat memproduksi makanan yang sehat dan memiliki sifat antikanker seperti jagung. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang berada di dalam jagung dapat berguna untuk melawan kanker.

Tidak cuma itu, jagung juga merupakan sumber senyawa fenolik. Senyawa tersebut sangat efektif untuk memerangi tumor pada payudara serta hati. Konsumsi jagung secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal untuk kesehatan tubuh. Kamu dapat mencoba mengonsumsi jagung rebus dan dicampur dengan susu sebagai camilan yang enak dan sehat.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kandungan yang dimiliki jagung adalah Vitamin B1 atau Thiamine yang berperan penting supaya otak bisa bekerja dengan normal sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer sendiri ialah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir serta berbicara.

7. Menjaga kesehatan mata

Jagung banyak akan dengan vitamin C (8% dari kebutuhan harian), magnesium, dan vitamin B. Vitamin C berperan penting di dalam menunjang perbaikan sel, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempunyai sifat anti-penuaan, sementara vitamin B berperan penting dalam pembuatan energi.

Magnesium juga berarti untuk menunjang kinerja sistem saraf dan kontraksi otot-otot tubuh. Walaupun terdengar tidak biasanya, jagung adalah sumber yang banyak dimakan akan antioksidan dibandingkan dengan banyak biji-bijian sereal lainnya, termasuk lutein, zeaxanthin, asam ferulat, dan beta-karoten.

Karotenoid (lutein, beta-karoten, dan zeaxanthin) dikenal dapat menunjang sistem imun tubuh dan sudah terbukti berarti dalam kesehatan mata. Banyaknya kadar dua karotenoid ini berada di dalam darah sangat terkait dengan menurunnya risiko dari degenerasi makular dan katarak.

8. Mencegah Anemia

Jagung mempunyai kandungan Zat Besi (Iron) yang merupakan mineral berarti dalam pembentukan sel darah merah.  Kekurangan Zat Besi dalam tubuh juga bisa mengakibatkan Anemia atau kekurangan darah.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Jagung mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang bisa mendorong produksi kolagen dan mencegah efek buruk sinar UV yang merusak kulit. Walaupun mempunyai banyak manfaat, ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi jagung. Seperti biji-bijian serealia lainnya, jagung juga mengandung asam fitat. Asam fitat bisa mengganggu penyerapan mineral makanan, seperti zat besi dan seng. Hal ini pada umumnya tidak menjadi masalah bagi orang-orang yang mengikuti pola makan seimbang.

Namun, bisa menjadi masalah serius untuk yang mengonsumsi jagung sebagai makanan pokok. Untuk menurunkan kadar fitat, Anda bisa merendam dan memfermentasi jagung. Selain itu, jagung bisa terkontaminasi dengan jamur yang disebut sebagai mikotoksin. Konsumsi jagung yang terkontaminasi diduga faktor risiko kanker dan cacat tabung saraf (kecacatan pada bayi dan dapat menyebabkan kematian).

10. Mencegah Divertikulosis

Jagung mengandung banyak akan serat, sehingga bisa membantu menghindari divertikulosis. Divertikulosis merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan adanya kantung di dinding usus besar. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala kram, perut kembung, perdarahan, hingga infeksi.

11. Menurunkan risiko kanker usus

Manfaat jagung yang mengenyangkan ini berkat kandungan seratnya, yang dapat mencapai sekitar 2-4 gram per 100 gram atau setara dengan 9% kebutuhan serat hariannya. Serat ialah nutrisi kunci untuk memelihara sistem pencernaan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa SCFA atau jagung yang bisa mendukung pertumbuhan bakteri ramah di usus besar dan juga bisa diubah oleh bakteri ini agar menjadi asam lemak rantai pendek ditunjukkan oleh peneliti terkini.

Yang dapat membantu untuk menurunkan risiko Anda terhadap banyak gangguan pencernaan adalah SCFA, antara lain risiko kanker usus. Kegunaan jagung untuk sistem pencernaan juga dapat datang dari ciri alaminya yang bebas gluten.Konsumsi gluten terkait dengan variasinya gejala negatif, termasuk perut kembung, kram, diare, sembelit, hingga kelelahan dan masalah kulit. Bahkan dampak ini banyak muncul pada mereka yang punya penyakit celiac atau alergi gluten saja.

12. Melindungi dari Penyakit Kronis

Jagung banyak akan vitamin C yang merupakan salah satu jenis antioksidan penting. Vitamin ini berguna untuk membantu menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes.

13. Mendukung Kesehatan Kehamilan

Karena kaya asam folat dan zeaxanthin, jagung bisa membantu menurunkan risiko terjadinya cacat lahir. Jagung pun dapat melindungi janin dari masalah fisiologis dan degenerasi otot. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada jagung bisa menolong ibu hamil yang sering mengalami konstipasi.

14. Melindungi dari risiko penyakit jantung

Jagung juga menyediakan senyawa fitokimia fenolik yang bermanfaat untuk kesehatan jantung serta mengendalikan tekanan darah tinggi. Kebanyakan penelitian yang fokus pada akibat asupan antioksidan terhadap penyakit dan pengurangan risikonya, belum secara khusus meneliti manfatat jagung serta kandungan antioksidannya.

Akan tetapi, banyak penelitian skala kecil, jagung disebut-sebut sebagai makanan yang berperan penting dalam melindungi sekaligus menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Beberapa mekanisme untuk penurunan risiko penyakit jantung mungkin terkait dengan sifat-sifat lain dari fitonutrien jagung yang dapat melampaui sifat antioksidan yang berada di dalamnya.

D. Sup Cream Jagung

resep sup cream jagung

Sup cream jagung adalah sebuah sup cream yang disajikan memakai jagung sebagai bahan utama. Bahan sup cream jagung dasar terdiri atas jagung, bawang bombay, seledri, susu atau krim dan mentega.

E. Resep Sup Cream Jagung

1. Resep Sup Cream Jagung Jamur Champignon Real Rood Corn Cream Soup Diet

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Yaitu:

  • 50 gr beras jagung, bisa diganti jagung pipil
  • 100 ml susu almond
  • 1 buah bawang putih
  • Bawang bombay
  • 1 sdm cco atau minyak kelapa
  • 1 sdt himsalt
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt pala bubuk
  • Seledri
  • 200 ml air

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Hancurkan beras jagung dengan food processor
  2. Iris bawang, tumis dengan minyak kelapa, bila sudah beraroma harum, tambahkan air
  3. Masukkan jagung tunggu hingga mengental dan empuk, aduk terus supaya tidak menggumpal
  4. Masukkan susu almond, himsalt, pala, merica
  5. Potong-potong jamur champignon dapat diganti wortel ya, masukkan ke panci
  6. Tambahkan seledri dan hidangkan

2. Resep Sup Cream Jagung Telur

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Yaitu:

  • 2 jagung manis dipipil
  • 1 wortel potong dadu (saya diserut)
  • 2 batang daun bawang
  • Sosis
  • Crab stick
  • 1 butir telur
  • 1/2 siung bawang bombay
  • 2 siung bawang putih geprek/cincang halus
  • 1 sdm minyak wijén
  • 3/4 sdm kecap asin
  • 1,5 sdm margarin untuk menumis
  • secukupnya Garam, merica, gula pasir
  • 1 sdm munjung tepung maizena untuk mengentalkan
  • Air +/- 400 ml

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga aromanya harum dan layu
  2. Air dididihkan, sesudah mendidih masukkan jagung, sosis, tumisan bawang, dan serutan wortel. Tambahkan garam, gula, merica daun bawang, crab stick, dan telur, terakhir masukan larutan maizena, jgn lupa tes rasa.
  3. Sajikan

3. Resep Sup Cream Jagung Sosis

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Yaitu:

  • 6 siung bawang putih
  • Secukupnya minyak goreng
  • Sedikit margarin
  • 2 batang daun bawang
  • 7 buah Sosis Sapi
  • 1 liter Susu UHT Full Cream
  • 3 buah Jagung manis yang telah dipipil dan dibejek dikit
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya lada hitam
  • Secukupnya pasta yang sudah direbus

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Tumis bawang putih di minyak panas
  2. Masukkan daun bawang
  3. Masukkan sosis sapi yang telah dipotong dadu, kemudian tunggu sampai warna kecoklatan dan semakin gurih
  4. Masukkan susu
  5. Masukkan jagung manis
  6. Masukkan pasta yang sudah direbus
  7. Masukkan garam dan gula secukupnya
  8. Tambahkan lada hitam.
  9. Jadi deh.. Selamat menikmati. Ini paling enak disantap saat hujan-hujan loh. Pas banget

4. Resep Sup Cream Jagung Wortel

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Yaitu:

  • 1 wortel ukuran kecil (bisa di skip)
  • 1/2 bombay kecil cincang (kira2 30gr)
  • 125 gr Jagung manis pipil
  • 2 sdm butter
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt lada
  • 1/2 sdt kaldu jamur (boleh kaldu ayam/sapi juga)
  • 1/4 sdt parsley/oregano kering
  • 700 ml susu uht
  • 2 sdm tepung terigu

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Lelehkan butter, tumis bawang bombay hingga wangi
  2. Masukkan tepung terigu, aduk rata
  3. Tuangkan susu
  4. Jagung dan wortel dimasukkan, (kalau untuk mpasi, jagung dan wortel nya dapat dihaluskan dulu), disini, jagungnya 1 sdm tidak dihaluskan supaya masih ada tekstur jagungnya, sisanya dihaluskan
  5. Masukkan garam, lada, kaldu, oregano / parsley, masak sampai mendidih, sambil aduk2, cek rasa
  6. Selesai

5. Resep Sup Cream Jagung Wortel Sosis

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Yaitu:

  • 1/2 ekor dada ayam filet, suir²
  • 1 bh jagung manis, pipil
  • 1 bh wortel, potong dadu
  • 2 bh sosis, potong
  • 1 btr telur, kocok lepas
  • 1 ltr air
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 btg daun bawang, iris
  • 2 sdm margarin, untuk menumis
  • 3 sdm susu evoporation (skm juga bisa)
  • 3 sdm tepung maizena, aduk dengan sedikit air
  • Secukupnya garam, gula, lada, kaldu jamur

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Siapkan semua bahan, panaskan margarin, tumislah bawang putih hingga baunya harum.
  2. Didihkan air, rebus ayam, angkat, tiriskan, suir² ayam.
  3. Didihkan air rebusan ayam yang tersisa, masukkan ayam suir, wortel, jagung manis, dan sosis.
  4. Lalu masukkan telur, aduk hingga rata lalu masukkan susu, tepung maizena, garam, gula, lada, kaldu jamur, cek rasa.
  5. Terakhir masukkan daun bawang, dan juga Krim Sup Ayam Jagung Wortel Sosis dan siap dihidangkan.

6. Resep Sup Cream Jagung Ayam

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Yaitu:

  1. 250 gram daging ayam filet
  2. 2 buah jagung
  3. 1 buah bawang bombay
  4. 2 sdm margarin
  5. 2 sdm kaldu jamur
  6. 1 sdt gula pasir
  7. secukupnya Garam
  8. secukupnya Lada
  9. 400 ml susu full cream
  10. secukupnya Air
  11. 2 batang daun seledri
  12. 2 sdm tepung maizena

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Potong kecil-kecil ayam, sisihkan
  2. Pipil atau iris jagung
  3. Cincang bawang bombay, daun seledri
  4. Panaskan margarin, masukkan bawang bombay tumis sampai harum
  5. Masukkan daging ayam, aduk hingga rata. Masukkan jagung aduk hingga rata. Tambahkan air tunggu sampai matang
  6. Tambahkan susu ,air, aduk2 sampai mendidih. Tambahkan garam, lada, kaldu jamur, gula pasir. Tes rasa.
  7. Masukkan daun seledri. Angkat, sajikan

7. Resep Sup Cream Jagung Udang

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Yaitu:

  • 50 gr udang kupas kulitnya
  • 20 gr jagung
  • 65 ml susu UHT full cream
  • 1 sdt unsalted butter
  • 20 ml air matang untuk blender
  • 1 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 helai daun bawang

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Blender semua bahan (udang, jagung, bawang merah, bawang putih, air) blender hingga halus
  2. Panaskan wajan, masukkan 1 sendok teh Unsalted Butter ke dalam wajan
  3. Tuang adonan yg telah diblender dan tumis aduk sampai rata
  4. Masukkan irisan daun bawang aduk hingga rata
  5. Jika sudah agak matang masukkan susu uht aduk rata hingga airnya menyusut dan aromanya wangi, jika sudah matang angkat
  6. Sebelum dihidangkan saring dulu untuk menghilangkan kulit jagung supaya rasa lebih pas
  7. Sajikan dengan penuh cinta dan doa

Demikian Resep Sup Cream Jagung yang praktis dan mudah dibuat. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca. Terima kasih dan selamat mencoba.

WhatsApp chat