Resep Tempura Ayam dan Fakta – fakta Unik Tempura Ayam

resep ayam tempura

Siapa sih yang asing dengan kata “Daging Ayam” , balita hingga lansia pasti tau dan pasti pernah memakan daging ayam kecuali yang alergi daging ayam wkwk. Daging ayam ini banyak sekali lho manfaat nya, selain itu daging ayam juga mudah banget diolah dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan mulai dari ayam geprek, ayam goreng, bakso ayam, mie ayam dan salah satunya juga bisa dibuat tempura ayam, yaps Resep Tempura Ayam akhir – akhir ini sedang hits lho, karena pembuatannya mudah dan bahan – bahannya simpel.

Di bawah ini ada info lho tentang tempura mulai dari asal – usul tempura sampai 10 resep tempura yang pasti bakalan nagih, nagih dan nagih pengin nyoba terus.

 

Asal – usul Tempura 

Tempura adalah salah satu hidangan gorengan dari negara Jepang yang terbuat dari ayam, udang, ikan kisu (kaca piring) serta sayur-sayuran seperti labu, ubi dan lainnya yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng. Seperti halnya sushi dan sukiyaki, makanan ini boleh dibilang merupakan salah satu makanan Jepang yang sangat diminati banyak orang hampir di seluruh duniaa. Tempura dapat dinikmati tidak hanya di restoran khusus tempura atau restoran-restoran tradisional, tetapi juga di rumah-rumah penduduk.

 

Fakta Unik Tempura

  • Resep Tempura bukan asli Jepang

Sebenarnya resep tempura dibawa oleh misionaris Jesuit Portugis yang aktif di Nagasaki pada abad ke-16. Orang asli Nagasaki akhirnya beradaptasi dengan bahan dan rasanya sampai menjadi bagian dari budaya keseharian mereka sampai saat ini.

  • Tempura dipadukan dengan Makanan Manis

Faktanya penjelajahan rasa makanan di Jepang dan seluruh dunia sudah berkreasi semenjak dahulu dengan membuat tempura menjadi unik karena dipadukan dengan makanan manis dan hal itu jarang gagal.

  • Hari Nasional Tempura

Sebagai wujud kecintaan masyarakat Jepang pada makanan tempura. Hal ini membuat tempura memiliki hari nasional yang dirayakan setiap tanggal 7 januari dan setiap hari perayaannya, berbagai jenis tempura dihidangkan di meja makan setiap rumah di negara Jepang.

  • Terbuat dari 3 Bahan

Tempura sebenarnya hanya terbuat dari 3 bahan yaitu telur, tepung kue dan air dingin.

  • Tidak Memakai Tepung Panir

Tempura tidak menggunakan tepung panir melainkan menggunakan tepung furai. Secara tekstur tepung furai sewaktu digigit akan mengeluarkan bunyi kriuk – kriuk. Dan bentuknya cantik mengembang seperti memakai tepung panir.baca juga resep tongseng ayam

  • Dapat dihidangkan kapan saja

Tempura adalah makanan yang paling mungkin dihidangkan setiap waktu bisa pagi, siang, sore, malam sebagai makanan pendamping atau lauk

  • Memakai Isian Sayur dan Seafood

Tempura biasanya tidak menggunakan isian yang berat.

  • Cara Memasak Tempura

Secara asal kata, tempura berasal dari bahasa Portugis ‘tempêro’ yang artinya ‘bumbu’.

  • Tempura artinya “bumbu”

Secara tradisional biasanya memasak tempura menggunakan minyak wijen. Dengan suhu minyak pada umumnya antara 160 hingga 180 derajat celcius. Sebelum di angkat dari penggorengan, biasanya tempura tradisional akan ditambahkan sedikit garam tabur agar rasanya lebih gurih dan bikin nagih.

Ciri – ciri ayam sehat 

  • Saat disayat, daging masih mengeluarkan darah
  • Permukaan kulit ayam mulus tanpa cacat
  • Serat daging halus
  • Konsistensi kurang padat
  • Di antara serat daging tidak terdapat lemak
  • Warna lemak kekuning-kuningan dengan konsistensi lunak
  • Bau agak amis, bahkan ada yang tidak berbau

Ciri – ciri ayam tidak sehat

  • Daging ayam berwarna kebiruan, tidak segar, dan pucat
  • Potongan ayam pada bagian leher terlihat tidak lebar
  • Biasanya pada bagian kepala  dan leher ayam terdapat bercak-bercak darah
  • Daging berwarna merah kehitaman
  • Daging tidak mengeluarkan darah
  • Kulit ayam tampak memar dan kebiruan
  • Pada leher potongan ayam terlihat tidak lebar.
  • Kalau dipegang kulitnya licin dan mengkilat
  • Aroma daging ayam agak amis

 

Manfaat Tempura Ayam Bagi Tubuh

  • Mengandung protein yang baik untuk tubuh
  • Bisa menurunkan berat badan
  • Dapat meningkatkan metabolisme tubuh
  • Dapat mengontrol tekanan darah
  • Bisa menghilangkan stress
  • Mengobati penyakit anemia
  • Mencegah penyakit Alzheimer
  • Menangkal penyakit cancer
  • Merawat kesehatan tulang

 

1. Resep Tempura Ayam Udang

resep tempura ayam 

Bahan – bahan 

  • 2 ons ayam giling
  • 2 ons udang cincang
  • 6 SDM tepung tapioka
  • 1 sdm tepung terigu
  • 2 buah wortel parut
  • 2 bh bawang putih cincang
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1 sdm Saori saus tiram
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Resep Tempura Ayam Udang

  1. Siapkan semua bahan
  2. Kemudian campur semua bahan – bahan
  3. Satukan semua adonan dan bentuk menjadi tempura yang memanjang dan lonjong
  4. Siapkan air mendidih, lalu masukkan adonan tempura dan tunggu hingga mengapung
  5. Jika sudah mengapung segera angkat lalu tiriskan
  6. Panaskan minyak hingga mendidih dengan api sedang, kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan
  7. Terakhir tempura ayam ini juga bisa tahan lama jika di simpan menggunakan alat vacuum sealer

 

2. Resep Tempura Ayam Cah Jamur

Bahan – bahan 

  • Ayam filet 200 gram (potong tipis – tipis)
  • 300 ml Air kaldu

Bahan untuk tepung

  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 2 sdm tepung sajiku / tepung bumbu
  • 2 / 8 sdt merica bubuk
  • 2 btr kuning telur
  • 150 ml air

Bahan Sayur

  • 2 btr wortel (potong sesuai selera)
  • 2 kuntum bunga kol ukuran kecil (potong per kuntum)
  • 2/ 4 kaleng jamur kancing(belah dua)
  • 10 btr bakso(potong bulat jd tiga)
  • 2 batang daun bawang (potong serong)
  • 2 sdm tepung maizena(larutkan dengan sedikit air)

Bahan bumbu

  • 8 siung bawang putih(keprek)
  • 2/ 4 btr bawang bombay
  • 2/ 4 sdt garam
  •  2/ 4 sdt merica bubuk
  • minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Resep Tempura Ayam Cah Jamur

  1. Siapkan semua bahan , lalu campur semua bahan – bahan tepung kemudian aduk dan ratakan
  2. Panaskan minyal , menggunakan api sedang
  3. Celupkan ayam ke dalam adonan tepung satu per satu.
  4. Setelah itu goreng dalam minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan atau sudah mengeluarkan bau harum
  5. Lalu tumis bawang putih hingga harum, setelah harum masukkan bawang bombay

 

3. Resep Tempura Ayam Bumbu Kunyit

Bahan – bahan 

  • Gunakan Bumbu ungkep : 2 sdm bawang putih halus
  • Sediakan 1 sdm jahe halus
  • Siapkan secukupnya Air,garam, mecin
  • Gunakan Bumbu balur : 2 sdm tepung gandum
  • Gunakan 6 sdm tepung maizena
  • Ambil 2 sdm tepung bumbu ayam goreng instan
  • Sediakan secukupnya Lada hitam (merica)
  • Siapkan secukupnya Bawang putih powder
  • Ambil 2 sdm bawang putih halus
  • Siapkan 1 sdm bawang merah
  • Siapkan 1 sdm jahe halus
  • Gunakan 1 sdm kunyit halus
  • Gunakan secukupnya Garam

Cara Membuat Resep Tempura Ayam Bumbu Kunyit

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Ungkep ayam dan campurkan bumbu – bumbu ungkep seperti ( bawang putih, jahe, air putih, garam )
  3. Diamkan sampai bumbu ungkep meresap ke ayam
  4. Setelah bumbu meresap, angkat ayam lalu tiriskan
  5. Siapkan bumbu baluran seperti ( bawang putih, bawang merah, tepung, kunyit, jahe, garam dan lada hitam )
  6. Setelah semua bumbu baluran tercampu, balurkan ke bagian ayam sampai rata
  7. Siapkan wajan dan minyak dengan api sedang
  8. Goreng ayam sampai berwarna kuning keemasan

 

4. Resep Tempura Ayam Jagung Manis

Bahan – bahan

  • 500 gr jagung manis
  • 400 gr daging ayam ( yang sudah di pisahkan dari tulang dan sudah dihaluskan )
  • 2 btr telur ayam
  • 200 gr tepung terigu
  • 6 siung bawang putih
  • 6 btr kemiri
  • 2 sdt lada bubuk
  • Garam seperlunya
  • Penyedap rasa seperlunya
  • Micin seperlunya

Cara Membuat Tempura Ayam Jagung Manis

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Haluskan jagung manis menggunakan blender tanpa memberikan air (sisakan jagung sedikit)
  3. Masukkan merica dan bawang putih kemudian diblender sampai halus
  4. Masukkan telur dan daging ayam kemudian blender sampai halus
  5. Masukkan tepung dan bumbu – bumbu lainnya, lalu blender sampai merata
  6. Masukkan sisa jagung setelah itu aduk sebentar menggunakan sendok sampai merata
  7. Masukkan adonan pada plastik segi tiga
  8. Siapkan minyak hangat dengan api sedang
  9. Lalu spluitkan pada minyak hangat kira – kira 5 cm
  10. Goreng dengan cara terus membalik – balik an tempura

 

5. Resep Tempura Ayam Siomay

Bahan – bahan

  • 500 gr Ayam ( yang sudah dihaluskan)
  • 300 gr Tempura (blender)
  • 200 gr Tepung tapioka
  • 5 sdm Tepung Maizena
  • 7 siung Bawang putih (blender/cincang halus)
  • 3 sdm Kecap asin
  • 3 sdm Saos tiram
  • 2 sdt Kecap inggris
  • 1 sdt Merica
  • 1 1/2 sdt Gula
  • Garam / penyedap rasa secukupnya
  • 3 Telur ayam
  • 2 buah Wortel (yang sudah diparut)
  • 2 helai daun bawang, cincang halus
  • 40 slice kulit pangsit

Cara Membuat Tempura Ayam Siomay

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Campurkan semua bahan, aduk sampai tercampur rata
  3. Bungkus adonan dengan kulit pangsit
  4. Siapkan kukusan dan olesi dengan minyak agar tempura ayam siomay nya tidak lengket saat dikukus
  5. Kukus siomay kurang lebih 30 menit
  6. Setelah 30 menit angkat tempura ayam siomay dan tiriskan

 

6. Resep Tempura Ayam Sushi Roll

resep tempura ayam

Bahan – bahan

  • 2cup Beras sushi
  • 3cup Air
  • 4sdm Rice vinegar
  • 2sdm Gula
  • 1sdt Garam
  • 1/2 buah Mentimun (potong tipis 5cm)
  • 1/2 bh Alpukat (potong tipis memanjang)
  • 5lbr Nori
  • Secukupnya Mayonaise

Bahan Tempura

  • 200gr Ayam, potong tipis memanjang
  • 2sdm Tepung terigu
  • Secukupnya Merica
  • 2btr Telur (kocok)
  • 5sdm Tepung roti
  • Secukupnya Minyak

Alat Untuk Menggulung

  • 1 Bambu mat
  • 1 Serbet
  • 1 Air dalam mangkuk

Cara Membuat Tempura Ayam Sushi Roll

  1. Siapkan semua bahan, kemudian potong tipis – tipis ayam
  2. Siapkan telur yang sudah dikocok, tepung terigu, tepung roti di wadah – wadah yang terpisah
  3. Gulingkan ayam di tepung terigu yang sudah dicampuri garam dan merica
  4. Lalu gulingkan ke telur dan terakhir gulingkan ke tepung roti
  5. Goreng tempura sushi roll menggunakan api sedang sampai berwarna kuning keemasan
  6. Angkat dan tiriskan jika sudah berwarna kuning keemasan
  7. Sambil menunggu, masak nasi sushi, sesudah matang jangan lupa diangin – angin kan
  8. Campur rice vinegar, garam dan gula dalam wadah, setelah itu masukkan nasi sushi yang sudah diangin – anginkan baca juga resep tongseng ayam
  9. Siapkan bumbu mat dan nori
  10. Letakkan nasi, mentimun, alpukat, tempura ayam dan mayonaise, sisakan 2 cm di sisi atas dan bawah
  11. Gulung dan tekan

 

7. Resep Tempura Ayam Teriyaki Sauce

Bahan – bahan

  • 500 gr dada ayam (yang sudah difillet)
  • 250 gr tepung bumbu
  • 250 gr tepung panir
  • 2 butir telur
  • Garam atau penyedap rasa
  • Lada bubuk seperlunya
  • Bawang putih seperlunya

Bahan Saus Teriyaki

  • 1/2 bawang bombay ukuran kecil dan sudah diiris tipis
  • 1 siung bawang putih cincang halus
  • 1 sachet saori saus teriyaki
  • Air secukupnya
  • Larutan tepung maizena untuk pengental

Bahan Pelengkap

  • Mix vegetables (jagung pipil, buncis, kacang polong dan wortel)

Cara Membuat Tempura Ayam Teriyaki Sauce

  1. Potong fillet ayam kecil memanjang.
  2. Tambahkan lada, garam, bawang putih dan campur hingga merata. Marinasi selama 1 jam.
  3. Kocok telur tambahkan sejumput garam. Siapkan tepung bumbu dan tepung panir.
  4. Celupkan fillet ayam ke tepung bumbu telur dan tepung panir. Lakukan sampai ayam habis.
  5. Masukkan ke chiller 15 menit.
  6. Goreng tempura di minyak panas sampai kuning kecoklatan. Goreng secukupnya saja.
  7. Sisanya simpan di freezer.
  8. Rebus mix vegetables. Didihkan air, masukkan mix vegetables rebus +/- 5 menit. Tiriskan.
  9. Buat saus teriyaki. Tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum. Masukkan saori saus teriyaki. Tambahkan air. Tunggu sampai mendidih. Tambahkan larutan maizena. Tunggu sampai agak kental.
  10. Saatnya platting. Tata tempura, sayuran di piring saji. Beri saus teriyaki diatas tempura. Bisa dimakan dengan nasi ataupun kentang goreng.

 

8. Resep Tempura Ayam Kulit

RESEP TEMPURA AYAM

 

Bahan – bahan 

  • 1/2 kg kulit ayam
  • 1/4 saos tiram
  • 10 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 butir telor
  • 1 bungkus tepung roti
  • secukupnya Merica
  • 8 sdm tepung serbaguna

Cara Membuat Tempura Ayam Kulit

  1. Siapkan semua bahan
  2. Potong Kulit ayam sesuai selera dan kebutuhan
  3. Masukkan kulit ayam ke dalam campuran telor dan saus tiram kemudian aduk rata
  4. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena dalam satu wadah
  5. Celupkan kulit ayam ke tepung terigu, tepung maizena, tepung bumbu serbaguna serta tepung panir lalu diamkan sebentar
  6. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu goreng hingga kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan

 

9. Resep Tempura Ayam Original

Bahan – bahan

  • 1 kg daging ayam cincang (bagian dada)
  • 2 btr telur ayam
  • 5 sdm tepung sagu cap tani

Bumbu-bumbu :

  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 sdm bawang goreng
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 5 tangkai daun bawang iris halus
  • 80 ml air
  • 200 ml putih telur
  • Tepung panir secukupnya

Cara Membuat Resep Tempura Ayam Original

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Siapkan wadah dan masukkan campuran daging ayam giling, telur, bumbu – bumbu kemudian aduk hingga rata
  3. Tambahkan tepung sagu, daun bawang dan air kurang lebih 50 – 80 ml. Aduk hingga adonan benar – benar tercampur rata
  4. Baluri tangan dengan minyak, ambil 1 sdm adonan tepung, bentuk lonjong kemudian lilitkan ke tusuk sate
  5. Kemudian Celupkan ke dalam putih telur dan lumuri menggunakan tepung panir
  6. Setelah itu goreng menggunakan minyak panas tapi api sedang
  7. Angkat dan tiriskan jika sudah berwarna kuning keemasan

 

10. Resep Tempura Ayam Fingers

Bahan – bahan

  • 300 g fillet bagian dada ayam, iris melintang sebesar ibu jari
  • ½ sdt kaldu ayam
  • ½ sdt royco ayam
  • Jeruk nipis

Bahan Pelengkap

  • Yogurt Mustard

Cara Membuat Resep Tempura Ayam Fingers

  1. Siapkan semua bahan
  2. Marinasi ayam menggunakan Royco Ayam.
  3. Tambahkan Kaldu ayam setelah itu diamkan hingga meresap selama kurang lebih 20 menit.
  4. Siapkan semua bahan adonan tempura, lalu siapkan telur dalam mangkuk setelah itu tuangkan air es sambil diaduk – aduk hingga rata.
  5. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit kemudian sambil di aduk – aduk hingga rata. Bubuhi es batu agar adonan tetap dingin.
  6. Celupkan ayam ke dalam adonan tempura satu per satu
  7. Siapkan minyak panas dengan api sedang
  8. Lalu goreng hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
  9. Sajikan tempura dengan ditambahkan saus yogurt mustard.

 

Nah gimana nih kalian udah baca kan seputar tempura ayam? kalian pastinya juga baca asal usul, fakta unik, manfaat , ciri – ciri ayam sehat, ciri – ciri ayam tidak sehat dan 10 resep tempura ayam ya? aku harap kalian paham ya seputar informasi tempura ayam di website ini, dan semoga informasi – informasi di atas bermanfaat ya, terima kasih sudah membaca

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •