CARA MEMBUAT RESEP USUS CRISPY ENAK DAN MUDAH

Usus crispy

Pada kesempatan kali ini saya menulis khusus cara membuat resep usus crispy enak dan mudah.Usus crispy memiliki rasa yang gurih dan juga renyah,usus kerap dijadikan alternatif cemilan saat sedang bersantai. Bahan-bahan yang mudah didapatkan dan juga cara membuat resep tak terlalu rumit, cemilan ini sangat cocok untuk dibuat di rumah.Resep akan menjadi lebih nikmat bila memiliki kerenyahan yang sangat lezat. Untuk itu, cara menggorengnya pun harus benar-benar tepat.

Disarankan agar menggunakan api kecil agar tingkat kematangannya dapat merata karena bila api yang digunakan terlalu besar dapat mengakibatkan bagian luarnya matang sempurna sedangkan bagian dalam usus tersebut terkesan masih basah meskipun sebenarnya sudah matang.

Hal inilah yang menyebabkan usus tidak crispy lagi saat sudah dingin. Nah berikut ini resep untuk cemilanmu di rumah.

Tips Membuat Resep Usus Crispy

Ternyata,membuat resep memang sudah ada teknik dan trik khususnya agar bisa menghasilkan usus crispy dan mudah dimakan.

 

Bahan-Bahan Resep Usus Crispy:

 

  •  650 gram usus (cuci bersih)
  • ½ gram jeruk nipis

Bahan-Bahan Tepung:

  • 150  gram tepung terigu
  • 50  gram tepung beras
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1/3  sdt penyedap rasa
  • ½ sdt merica bubu
  • 1 sdt garam halus

Bahan-Bahan Bumbu Halus:

  • 7 sdt siung bawang merah
  • 5 sdt siung bawang putih
  • 3 sdt butir kemiri
  • 1/3 garam halus
  • ½ ketumbar bubuk
  • 1 gula pasir

Bahan-Bahan Taburan (Dapat Dibeli Di Super Market):

  • cabai
  • keju
  • barbeque
  • garam

Cara Resep Ususu Crispy:

  1. Pertama, taruh resep dan bahan untuk membuat bumbu halus di cobek lalu ulek semua bahan tersebut hingga halus
  2. Cuci bersih usus di air mengalir sampai benar bersih dan kesat lalu potong-potong.
  3. Kemudian usus yang sudah dicuci bersih lalu beri perasan air jeruk nipis, setelah itu lumuri dengan bumbu halus sampai merata dan diamkan sekitar 30 menit
  4. Sembari  bumbu meresap, siapkan wadah yang  besar untuk membuat tepung campuran usus  yang terdiri dari tepung terigu, tepung beras, kaldu , penyedap rasa, merica bubuk dan garam halus
  5. Setelah bumbu pada usus meresap sempurna, guling-gulingkan usus ke dalam wadah tepung  hingga merata usus diselimuti tepung
  6. Siapkan penggorengan di  kompor dengan minyak yang banyak lalu panaskan dengan api yang tidak terlalu besar. Setelah minyak sudah panas, masukkan usus  yang berselimut tepung tadi ke dalam kompor penggorengan
  7. Goreng usus hingga berwarna coklat keemasan dan garing, tiriskan hingga minyak memhilamg
  8. Setelah semua usus crispy matang, letakkan di atas piring saji
  9. Taburkan bubuk-bubuk pelengkap sesuai selera untuk memberikan tambahan cita rasa pada  usus crispy tersebut

 

Bahaya Dan Manfaat Resep Usus Crispy

dibuat dari resep usus crispy yang diolah dengan cara digoreng. Seperti halnya makanan jeroan lainnya, usus crispy juga mengandung tinggi kolesterol yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Sejumlah kasus yang muncul terkait makanan jeroan adalah ditemukannya bakteri yang menempel pada usus- yang telah mengalami pembusukan.Tidak hanya penyakit jantung, efek makan jeroan juga bisa memicu risiko stroke  karena penyumbatan pembuluh darah yang terdapat di otak.

Karena itulah jika ingin mengolah jeroan ataupun usus crispy menjadi makanan atau cemilan sebaiknya pilih bahan jeroan yang baru dan bersih. Begitu proses pengolahannya juga  memperhatikan cara higienitas agar hasilnya usus crispy berkualitas dan memberikan manfaat.

1.Dijadikan Makanan/Cemilan

resep dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti usus crispy dapat dijadikan lauk atau camilan sehari-hari yang murah dan enak. Meskipun demikian tetap harus diingat untuk membatasi konsumsi makanan jeroan usus atau camilan yang terbuat dari usus crispy terutama bagi anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dan asam urat.

Baca juga : Resep Bakso Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih

Untuk menghasilkan makanan yang berkualitas sesuai dengan resep perhatikan dengan baik mulai dari pemilihan usus hingga proses pengolahan. Pilih usus yang masih baru dan berkualitas bagus untuk meminimalisir pembusukan atau adanya mikroorganisme yang bersarang di dalamnya  Selain itu olah usus ayam dengan cara yang sehat dan kalaupun digoreng sebaiknya gunakan minyak baru yang berkualitas baik sehingga tidak justru menambah nilai kolesterol usus  yang pada dasarnya sudah cukup tinggi.

2. Menambah Asupan Nutrisi Tubuh

Meskipun jeroan seperti usus dikenal tinggi kolesterol namun ia masih memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti manfaat protein, manfaat karbohidrat, manfaat fosfor, manfaat vitamin A, manfaat lemak, kalsium, manfaat resep usus crispy adalah zat besi, dan vitamin B1  dapat menambah asupan nutrisi tubuh pembeli. Olahan usus crispy dapat dijadikan makanan tambahan selain makanan utama lain yang diperlukan sehari-hari.

4. Membuka Peluang Usaha

Dengan adanya resep olahan usus crispy menjadi berbagai makanan seperti membuka peluang usaha baru yang menjanjikan. Karena yang namanya usaha makanan selalu diminati pembeli selama kualitas makanan tetap terjaga dan pelayanan tetap terjaga. Selain itu terbuka pula peluang usaha rumahan berupa pembuatan pakan ikan ternaknya dengan bahan dasar usus crispy untuk memudahkan peternak ikan lele mendapatkan pakan ternaknya.

5. Mengatasi Penyakit Beser Dan Wasir/Ambeien

Seringnya buang air kecil yang dialami oleh penderita beser lebih dari 8 kali sehari sungguh menyiksa pembeli dan mengganggu kenyamanan pembeli. Selain itu penderita wasir yang mengalami pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar derah bokong juga lebih menyakitkan. Salah satu cara alami untuk mengatasi kedua penyakit ini adalah dengan mengonsumsi usus crispy. Penderita beser juga dapat menggunakan manfaat.resep usus crispy untuk mengatasi masalahnya. Sementara itu penderita wasir dapat mencoba manfaat untuk wasir yang mengganggu.

Dibalik kesannya yang remeh dan kurang berharga ternyata ada banyak efek yangan dapat diderita mengenai makanan usus dalam kehidupan manusia yang tidak bisa disepelekan seperti setroke maupun jantung. Ini mengajarkan kita bahwa segala sesuatu dapat ditingkatkan nilai dan manfaatnya selama kita mau berpikir kreatif dan berusaha keras dalam melakukan usaha.

3. Sebagai Pakan Ikan Peliharaan

Manfaat resep usus crispy lainnya adalah sebagai pakan ikan peliharaan seperti ikan lele. yang berkualitas rendah dapat direbus dan dijadikan pakan ikan lele. Dengan pemberian pakan berupa usus criispy terbukti membuat lele lebih cepat besar sehingga lebih cepat panen. Selain itu lele yang dihasilkan juga lebih cepat besar sehingga meningkatkan kualitas ternak lele.

Selain resep usus crispy memiliki potensi bahaya seperti di atas,ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Dikutip dari sejumlah sumber menganalsis dalam setiap 100 gram usus crispy mengandung energi sebanyak 473 kalori, karbohidrat 13,9 gram, protein 45,2 gram, dan kandungan lemaknya sebanyak 26,3 gram.

Selain itu usus crispy juga mengandung mineral penting lainnya, seperti kalsium sebanyak 1407 mg, fosfor 458 mg, zat besi 8,4 mg, vitamin A 20 IU, dan vitamin B1 0,57 mg.

Selain itu manfaat cemilan usus crispy ternnyata sangat bermanfaat untuk kesehatan juga.Untuk mengatasi penyakit beser,wasir atau ambeien. Jeroan juga dapat untuk membantu asupan gizi anak-anak yang kurang gizi. Sedangkan untuk  yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dan asam urat sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi usus ini.

dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Nilai Gizi:
Berikut merupakan gizi yang terkandung dalam resep usus crispy per 100gr
Nama Bahan Makanan : usus
Banyaknya  yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Energi  = 473 kkal
Protein = 45,2 gr
Lemak  = 26,3 gr
Karbohidrat  = 13,9 gr
Kalsiumusus = 1407 mg

Fosfor  = 458 mg
Zat Besi = 8,4 mg
Vitamin A = 20 IU
Jumla Vitamin B1 = 0,57 mg
Jumla Vitamin C = 0 mg

Jenis resep yang memanfaatkan usus sebagai bahan baku utama maupun tambahan memang sangat bervariasi dari jumlahnya yang memperkaya macam khasanah kuliner. Aneka crispy kali ini memperkenalkan jenis makanan ringan yang memakai bahan dasar usus menjadi crispy.

produksi Aneka resep usus crispy dibuat dengan bahan baku yang segar pilihan.Tidak memakai bahan- bahan  berbahaya untuk kesehatan tubuh seperti pengawet makanan atau pewarna makanan. Bahan baku resep dipilih melalui tahap Quality Control untuk mendapatkan hasil usus crispy yang berkwalitas dari rasa maupun Nutrisinya.

peroses resep dilakukan secara tradisionil dan ditangani oleh para ahli dibidang pengolahan usus.Sehat dan Higienis adalah komitmen dari produk usus crispy untuk selalu memberikan yang terbaik untuk  konsumen.

usus crispy terbungkus rapi dalam kemasan plastik Polypropylene dengan ketebalan 0,10 mm, sehingga tidak mudah terjadi kebocoran kemasan yang dapat menimbulkan menjadi lembab dan tidak renyah serta dengan pemasa produksinya dengan syarat kemasan rapat tidak bocor dan disimpan pada suhu ruangan normal. Usus crispy dalam kemasan terbagi beberapa macam sesuai dengan beratnya antara lain :kaian kemasan yang baik rasa dari  crispy bisa tetap terjaga dan daya tahan produk bisa maksimal mencapai 6 bulan dari ma

  • Netto : 100 gram
  •  250 gram
  • 500 gram

resep usus crispy sebagai makanan pendamping/ cemilan sehat:
usus crispy sangat enak dan memiliki gizi yang tinggi untuk anak-anak, namun dengan situasi ekonomi sekarang, dimana 1  ayam bisa mencapai Rp. 25.000,- s/d Rp. 40.000,- maka usus memenuhi gizi tersebut sangat mahal. Karena itu usus dapat digunakan sebagai pendamping (bukan pengganti) gizi tambahan untuk anak-anak yang sedang bertumbuh. Bagi orang dewasa usus crispy juga dapat digunakan sebagai cemilan atau menu pendamping (lauk) ketika dimakan dengan nasi.

resep usus crispy

Peluang Dan analisis usaha Resep Usus Crispy

Info Usaha Resep Usus Crispy

Resep dari bahan usus crispy ini memang cukup unik,camilan yang gurih ini bisa menjadi usaha menguntungkan bagi pelakunya. Hal ini usus crispy memiliki cita rasa gurih dan lezat untuk camilan. Dengan tambahan  sambal maka usus crispy semakin enak. Bisnis usus crispy ini bisa dikerjakan dengan sangat mudah dan simpel karena bahan dan peralatan yang mudah didapatkan. Bisnis ini pun tidak membutuhkan modal yang besar sehingga siapa saja bisa mencoba untuk menjalankan usaha.

Target Pasar Usus Crispy

Bisnis resep usus crispy memiliki target pasar yang besar dari mulai anak – anak, remaja sampai dengan orang tua dapat mengkonsumsi usus crispy.usus crispy dari bahan usus ini memiliki kandungan gizi tinggi yang baik dikonsumsi untuk tubuh. Harga pun terjangkau banyak kalangan yang bisa membeli. Dari kalangan bawah sampai atas dapat membeli  usus crispy sebagai resep lauk atau camilan.

Bahan Baku Usaha Usus Crispy

Resep usus crispy ini membutuhkan bahan baku seperti,tepung terigu, bumbu, minyak goreng dan bahan tambahan lain. Supaya menghasilkan rasa yang enak maka dibutuhkan usus ayam yang masih segar, usus crispy juga harus dicuci sampai bersih.Membuat rasa semakin enak maka dibutuhkan bumbu yang enak dan pas.

Peralatan Usaha Usus Crispy

Usaha resep usus crispy membutuhkan beberapa peralatan yang tepat, peralatan usaha ini seperti wajan, kompor dan gas, wadah, pengemas, peniris minyak dan peralatan pendukung lainnya. Pastikan peralatan ini memadai  nantinya melakukan proses produksi  jumlah resep yang lumayan besar.Anda  mampu memproduksi banyak dapat memenuhi permintaan konsumen.

Promosi Produk

Promosi produk resep usus crispy sangat berpengaruh dalam penjualan, jika produk tidak dipromosikan maka  tidak akan diketahui masyarakat luas. Sehingga dibutuhkan promosi yang akurat agar usaha resep usus dapat diketahui banyak kalangan. bisa membuat spanduk untuk mempromosikan pada media social.

Strategi Usaha Usus Crispy

Strategi untuk membuat resep usus crispy dikenal banyak orang ialah dengan melakukan pemasaran yang baik. Pemasaran juga bisa  dengan memasarkan ditoko atau warung terdekat dipusat oleh – oleh swalayan dan sebagainya. Supaya  usus crispy selalu diminati banyak kalangan maka buat usus crispy secara menarik.Tambakan resep inovasi dengan menamba saus pedas dan  sesuai selera pembeli.

Analisa Usaha Resep Usus Crispy

Dalam menjalankan usah ini membutuhkan hitungan yang tepat, sehingga silahkan disimak dengan baik analisa usaha dari peluang bisnis usus crispy dibawah ini supaya kegiatan usaha dapat dijalankan dengan lebih mudah, yaitu :

Asumsi

  • Masa penggunaan kompor maupun gas jangka waktu 3 tahun
  • Masa penggunaan penghalus bumbu selama waktu 3 tahun
  • mengunakan  wajan selama waktu 3 tahun
  • pengunaan selama waktu 2.5 tahun
  • waktu pengunaan spatula selama waktu 2 tahun
  • alat pengemas selama waktu 4 tahun
  • Masa alat peniris minyak selama waktu 4 tahun
  • Masa  peralatan tambahan selama waktu 3 tahun
PeralatanHarga  
Kompor dan gasRp.300,000
Penghalus bumbuRp.125,000
WajanRp.50,000
BaskomRp.50,000
SpatulaRp.25,000
Alat pengemasRp.250,000
Mesin peniris minyakRp.350,000
Peralatan tambahanRp.50,000
Jumlah InvestasiRp.1,650,000
Biaya Operasional per Bulan
Biaya TetapNilai
Penyusutan kompor dan gas 1/36 x Rp. 400.000Rp.11,111
Penyusutan penghalus bumbu 1/36 x Rp. 325.000Rp.9,028
Penyusutan wajan 1/36 x Rp. 150.000Rp.4,167
Penyusutan   baskom 1/30 x Rp. 100.000Rp.3,333
Penyusutan spatula 1/24 x Rp. 25.000Rp.1,042
Penyusutan alat pengemas 1/48 x Rp. 25.000Rp.5,208
Penyusutan mesin peniris minyak 1/48 x Rp. 350.000Rp.7,292
Penyusutan peralatan tambahan 1/36 x Rp. 50.000Rp.1,389
Total Biaya TetapRp.42,569

 

Biaya Variabel
UsusRp.200,000x30=Rp.6,000,000
TepungRp.85,000x30=Rp.2,550,000
BumbuRp.35,000x30=Rp.1,050,000
TelurRp.20,000x30=Rp.600,000
Plastik kemasanRp.25,000x30=Rp.750,000
Gas LpgRp.20,000x4=Rp.80,000
Biaya listrikRp.70,000x1=Rp.70,000
Biaya airRp.50,000x1=Rp.50,000
Biaya tambahan lainRp.125,000x30=Rp.3,750,000
Total Biaya VariabelRp.14,900,000

 

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel =Rp.14,942,569

 

Pendapatan per Bulan
Penjualan rata – rata =
43kemasanxRp.12,000=Rp.516,000
Rp.516,000x30hr=Rp.15,480,000

 

Keuntungan per Bulan
Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.15,480,00014,942,569=Rp.537,431

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan =Rp.1,650,000:537,431=3bln

Menjalankan usaha resep usus crispy ini sangat sederhana dengan modal yang kecil namun keuntungan yang cukup besar dan mampu balik modal dalam waktu yang cukup singkat. Dalam usaha diatas maka resep Anda menghasilkan keuntungan hanya dalam waktu 3 bulan saja.

Berikut ini adalah artikel resep usus crispy yang dapat memperuntung sangat bagi yang mempunyai usaha penjualan .Pada dasarnya resep ini sangat mudah untuk dibuat. Bahan-bahannya murah, serta proses pengolahan  juga tidak terlalu rumit.Tidak hanya itu saja tetapi, bisa bermanfaat bagi anda semuanya.itulah sedikit pembahasan dari resep usus crispy,apabila ada salah kata mohon maaf terimakasih sampai bertemu di next artike

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •