Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami, kali ini saya akan membahas tentang Resep Bakso Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang Resep Bakso Goreng Ayam yang Enak Dan Lezat Ala Resto. Sebelum menuju ke resep bakso goreng ayam mari mengenal apa itu bakso, manfaat bakso serta kandungan gizi yang terdapat pada bakso.

Sebelum lanjut ke materi inti alangkah baiknya kita bisa tau atau mengenal bakso itu apa, sejarah bakso, macam macam bakso , dan manfaat bakso

Apa Itu Bakso

Resep Bakso Goreng Crispy

Bakso merupakan jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesi dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Sejarah Bakso

Bakso atau baso ialah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Asal Makanan Bakso

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia.Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling di Tionghoa kebanyakan bakso terbuat dari daging babi.  namun kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Sekarang kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang menjadi pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang juga bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan khas Jawa.

Bakso dari Tiongkok  berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso dari Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.

Bakso udang atau resep bakso udang  juga dapat ditemukan di beberapa daerah indonesia pada umumnya di daerah pesisir.  disana cukup mudah untuk mendapatkan jenis udang yang segar segar.

Bakso dari Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah. Bakso Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Varian Bakso yang Ada Di Indonesia

  1. Bakso urat adalah bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
  2. Bakso tenis telur adalah bakso yang berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
  3. Bakso gepeng adalah bakso yang berbentuk pipih
  4. Bakso ikan adalah resep bakso yang berbahan dari daging ikan
  5. Bakso udang adalah resep bakso yang  berbahan dari udang
  6. Bakso Malang adalah hidangan bakso dari Kota Malang, Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng.
  7. Bakso Ikan Ekor Kuning adalah bakso yang bahannya berasal dari ikan ekor kuning.
  8. Bakso Solo dan Bakso Wonogiri adalah hidangan bakso yang berasal dari Solo dan Wonogiri, bentuknya lebih kecil dari bakso Malang dan tidak selengkap bakso Malang.
  9. Bakso kejuadalah bakso resep baru berisi keju. berbeda dengan resep bakso udang goreeng
  10. Bakso bakar merupakan resep bakso dibakar langsung tanpa arang serta diolesi bumbu khusus dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbunya dioles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
  11. Bakso kerikiladalah resep bakso yang bahan daging relatif sama dengan bakso-bakso pada umumnya, namun ukuran bakso ini lebih kecil hingga disebut bakso kerikil.
  12. Bakso Balungan adalah resep bakso yang bahan dasarnya tulang. berbeda dengan resep bakso udang goreng, kalo ini dibuat dengan bahan dasarnya adalah tulang.
  13. Bakso Unyil adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi digiling tetapi ukuran bulatannya seukuran kelereng
  14. Bakso tahu goreng (disingkat Batagor)adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi; penyajian dikombinasi/dicampurkan dengan tahu goreng.

Varian Bakso yang Ada Diluar Negeri

Perancis

Bakso dari perancis memiliki bentuk yang kecil-kecil dan disajikan tanpa kuah. Sausnya juga ada perpaduan dari wine merah, rasa yang disukai oleh masyarakat Perancis.

Jerman

Bakso di Jerman itu punya nama tradisional konigsberger klopse namun biasanya anak muda menyebut schatz. Sama seperti di Perancis, bakso di Jerman tidak memakai kuah. Sausnya sendiri kebanyakan memakai saus jamur.

Italia

Bakso di Italia merupakan salah satu yang terlezat di dunia. Bakso yang sudah jadi akan disiram menggunakan saus spaghetti, oregano, parmesan dan keju. Dengan tambahan daun parsley menjadi lebih nikmat dan segar. Kamu tertarik mencoba?

Swedia

Penyajian bakso di Swedia itu cukup unik. Baksonya digoreng hingga kecoklatan lalu disiram saus merah dan disajikan dengan kentang tumbuk layaknya steak.

Lebanon

Mau makan bakso dengan saus anti mainstream? Pergi saja ke Lebanon, untuk dapat memastikan cara makan bakso di sana adalah mencocolkannya dengan saus yogurt. Hmmm gimana ya rasanya?

Vietnam

Jika melihat bakso di Vietnam mungkin kamu akan mengiranya itu rendang. Pasalnya bakso di Vietnam menggunakan saus berwarna cokelat. Saus tersebut berasal dari campuran bumbu-bumbu dan kacang. Rasanya gurih-gurih pedas.

Amerika Serikat

Bakso yang ada di Amerika biasanya dijual dalam bentuk frozen food. Cara membuatnya pun mudah cukup digoreng atau direbus setelah itu dimakan pakai nasi dan diberi saus sesuai selera. Gampang dan gak ribet.

Meksiko

Bakso di Meksiko terkenal dengan nama albondigas. Bakso disana memiliki rasa bawang putih yang kuat dan lada hitam. Biasanya disajikan dengan kuah tomat, kentang, nasi dan sayur-sayuran.

Korea Selatan

Bakso yang ada di Korea Selatan disajikan tanpa kuah dan berwarna coklat kehitaman karena kecap. Rasanya sendiri cenderung pedas dan manis. Biasanya disajikan sebagai camilan atau lauk makan bibimbab.

Tiongkok

Bakso di Tiongkok memiliki penyajian yang sama dengan di Indonesia yakni menggunakan kuah. Isinya pun beragam mulai dari bakso itu sendiri, sawi, bihun dan kuah berwarna kecoklatan.

Manfaat Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan yang tebuat dari daging. Kemudian, sebagian besar makanan ini terbuat dari daging sapi yang digiling terlebih dahulu dan dicetak menjadi seperti bola. Daging ini ternyata memiliki berbagai aneka gizi penting yang berfungsi sebagi pertumbuhan tubuh dan otak.

Beberapa dokter pun menganjurkan untuk mengonsumsi dua samapai empat kali dalam seminggu.Berbicara tentang makanan ini sangat banyak sekali memiliki kandungan gizi seperti vitamin, protein, serta zat besi. Untuk itu pengganti daging yang cocok dalam kebutuhan sehari-hari dengan makan bakso.

Selain itu, makanan ini yang diolah secara benar dengan mesin pembuatan makanan ini akan menghasilkan daging yang berkualitas pula. Namun, makanan ini sudah tidak asing dari kuliner negara indonesia. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat makanan ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Bakso Dapat Mengatur Suhu Tubuh

Khasiat bakso yang pertama bisa membantu anda di dalam mengatur suhu tubuh. Makanan ini juga mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh, dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali sangat baik. Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

2. Bakso Dapat Membawa Oksigen Keseluruh Tubuh

Bakso ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal sehingga semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan juga secara maksimal.

3. Bakso Dapat Membantu Pembentukan Hemoglobin

Ternyata khasiat bakso bisa membantu anda untuk pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah. Sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

4. Membantu Sistem Saraf

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan utuk membentuk beberapa serotonin serta neurotransmitter esensial. Kemudian, kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

5. Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakso juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anda. Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit.

Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

6. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Bagi anda jika kekurangan darah merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan senyawa yang ada di dalam bakso. Agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis. Maka dari itu, ketika seseorang terserang anemia, banyak yang merekomendasikan mengonsumsi makanan ini yang penuh akan zat besi.

7. Membantu Pembentukan Enzim

Selain untuk mencegah dan menyembuhkan anemia bakso juga memiliki beberapa manfaat lain. Salah satunya membantu pembentukan enzim. Berbagai macam jenis enzim yang penting seperti katalase, myoglobin serta cytochrome di bentuk dengan bantuan kandungan yang ada di dalam makanan ini.

8. Membantu Pembentukan Fungsi Otak

Otak ini membutuhkan kandungan senyawa yang ada di dalam makanan ini, karena dengan makanan ini sangat baik untuk pertumbuhanya. Suplay oksigen oleh senyawa yang terdapat pada bakso juga membantu agar fungsi otak berjalan dengan normal.

9. Bakso Dapat Membantu Metabolisme

Setiap makanan yang di konsumsi oleh tubuh membutuhkan metabolisme yang sehat, karena pembentukan enzim oleh senyawa zat yang ada di dalam bakso sangat berperan penting dalam memenuhi hal tersebut.

10. Bakso Dapat Membantu Untuk Diet

Kebanyakan orang yang sedang program diet menghindari makan bakso. Hal ini disebabkan karena membuat berat badan bertambah. Ternyata hal ini merupakan anggapan yang salah, ternyata makanan ini malah sangat baik di konsumsi selama diet. Hal ini terjadi karena makanan ini bisa membuat seseorang kenyang lebih lama.

Nah, udah tau kan jika sudah membacanya ayo kita lanjutkan ke resep bakso Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih

Resep Bakso Goreng Crispy

Resep bakso goreng crispy

Bahan – Bahan Resep Bakso Goreng Crispy

  • 500 gr daging ayam bagian dada
  • Bumbu halus (blender)
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 1 butir telur
  • 50 ml air
  • Secukupnya es batu
  • 150 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung tapioka
  • 1 batang besar daun bawang (bawang pre)
  • Kecap asin
  • Saos tiram
  • Garam
  • Merica
  • 250 gr tepung panir
  • 1 liter minyak goreng
  • Bahan pencelup :
  • Secukupnya tepung terigu
  • Secukupnya air

Langkah  Langkah Resep Bakso Goreng Crispy

  1. Cuci bersih daging ayam.. potong kecil-kecil dan haluskan.
  2. Blender air, telur, bawang putih, dan bawang merah goreng.
  3. Campur ayam yang sudah dihaluskan dengan bumbu yang sudah diblender dan daun bawang. Aduk rata.
  4. Beri bumbu kecap asin, saos tiram, garam dan merica.
  5. Didihkan air, rebus adonan bakso.
  6. Tusukkan bakso. Jumlah sesuai selera. Celupkan ke adonan pencelup. Balurkan tepung panir.
  7. Simpan adonan di freezer selama 30 menit agar lebih set dan tepung menempel pada adonan bakso.
  8. Goreng dan sajikan sesuai selera

Note : Ketika membuat bumbu blender, masukkan bawang goreng pada step terakhir, dan Rebus adonan bakso hingga mengapung (tanda adonan matang).

Resep Bakso Goreng Crispy

Bahan – Bahan Resep Bakso Goreng Crispy

  • 200 gr daging ayam cincang
  • 100 gr udang kupas cincang
  • 25 gr lemak ayam
  • 1 butir telur
  • 200 gr sagu tani
  • 2 sdm maizena
  • 3 siung bawang putih dihaluskan
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt baking powder double acting
  • Secukupnya garam, gula
  • Secukupnya air

Sambal Resep Bakso Goreng Crispy

  • 5 buah cabe keriting
  • 2 buah cabe setan
  • 3 siung bawang putih
  • Secukupnya garam, gula, cuka makan, dan air

Langkah Langkah Resep Bakso Goreng Crispy

  1. Campur daging ayam, lemak ayam, udang, telur, bawang putih, minyak wijen, lada, minyak wijen, garam, gula dan secukupnya air. Aduk rata. Masukkan campuran sagu tani, maizena dan baking powder secara bertahap dan aduk rata.
  2. Bulatkan adonan dengan bantuan dua buah sendok. Goreng dalam minyak banyak dengan panas sedang sampai berwarna kecoklatan dan matang sekitar 1/2 jam dan sering diputar-putar yah. Siap disajikan dengan sambal.
  3. Untuk sambal haluskan semua bahan sambal, tambahkan garam, gula, air dan saring. Koreksi rasa.

Nah, mudah kan kalian bisa coba sendiri dirumah jika kalian suka dengan resep bakso goreng crispy ini jangan lupa untuk share kepada adik, kakak, sodara, ayah, ibu, kakek, nenek, teman teman kalian semua ataupun orang yang anda kenal agar resep bakso goreng crispy ini bisa dirasakan dan bisa dibuat oleh semua orang.

kemungkinan itu saja yang bisa saya sampaikan jika ada sepatah dua kata yang tidak berkenan mohon dimaklumi dan di maafkan. Terima kasih telah berkunjung keartikel kami semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.