Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami pada kesempatan kali ini saya akan memahas tentang Resep Bakso Ikan Goreng yang Enak dan Sederhana. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang resep bakso goreng crispy.

Sebelum lanjut materi inti atau inti pembahasan yaitu resep bakso ikan goreng lebih baik kita tahu apa itu ikan serta kandungan yang terdapat pada ikan dan apa itu bakso serta kandungan yang terdapat pada bakso ikan.

Bakso dan Ikan

Resep bakso goreng ikan

Apa Itu Bakso

Bakso merupakan jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesi dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Sejarah Bakso

Bakso atau baso ialah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Manfaat Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan yang tebuat dari daging. Kemudian, sebagian besar makanan ini terbuat dari daging sapi yang digiling terlebih dahulu dan dicetak menjadi seperti bola. Daging ini ternyata memiliki berbagai aneka gizi penting yang berfungsi sebagi pertumbuhan tubuh dan otak.

Beberapa dokter pun menganjurkan untuk mengonsumsi dua samapai empat kali dalam seminggu.Berbicara tentang makanan ini sangat banyak sekali memiliki kandungan gizi seperti vitamin, protein, serta zat besi. Untuk itu pengganti daging yang cocok dalam kebutuhan sehari-hari dengan makan bakso.

Selain itu, makanan ini yang diolah secara benar dengan mesin pembuatan makanan ini akan menghasilkan daging yang berkualitas pula. Namun, makanan ini sudah tidak asing dari kuliner negara indonesia. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat makanan ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Bakso Dapat Mengatur Suhu Tubuh

Khasiat bakso yang pertama bisa membantu anda di dalam mengatur suhu tubuh. Makanan ini juga mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh, dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali sangat baik. Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

2. Bakso Dapat Membawa Oksigen Keseluruh Tubuh

Bakso ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal sehingga semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan juga secara maksimal.

3. Bakso Dapat Membantu Pembentukan Hemoglobin

Ternyata khasiat bakso bisa membantu anda untuk pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah. Sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

4. Membantu Sistem Saraf

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan utuk membentuk beberapa serotonin serta neurotransmitter esensial. Kemudian, kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

5. Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakso juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anda. Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit.

Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

6. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Bagi anda jika kekurangan darah merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan senyawa yang ada di dalam bakso. Agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis. Maka dari itu, ketika seseorang terserang anemia, banyak yang merekomendasikan mengonsumsi makanan ini yang penuh akan zat besi.

7. Membantu Pembentukan Enzim

Selain untuk mencegah dan menyembuhkan anemia bakso juga memiliki beberapa manfaat lain. Salah satunya membantu pembentukan enzim. Berbagai macam jenis enzim yang penting seperti katalase, myoglobin serta cytochrome di bentuk dengan bantuan kandungan yang ada di dalam makanan ini.

8. Membantu Pembentukan Fungsi Otak

Otak ini membutuhkan kandungan senyawa yang ada di dalam makanan ini, karena dengan makanan ini sangat baik untuk pertumbuhanya. Suplay oksigen oleh senyawa yang terdapat pada bakso juga membantu agar fungsi otak berjalan dengan normal.

9. Bakso Dapat Membantu Metabolisme

Setiap makanan yang di konsumsi oleh tubuh membutuhkan metabolisme yang sehat, karena pembentukan enzim oleh senyawa zat yang ada di dalam bakso sangat berperan penting dalam memenuhi hal tersebut.

10. Bakso Dapat Membantu Untuk Diet

Kebanyakan orang yang sedang program diet menghindari makan bakso. Hal ini disebabkan karena membuat berat badan bertambah. Ternyata hal ini merupakan anggapan yang salah, ternyata makanan ini malah sangat baik di konsumsi selama diet. Hal ini terjadi karena makanan ini bisa membuat seseorang kenyang lebih lama.

Apa Itu Ikan

Ikan merupakan satu anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan adalah satu kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia.

Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak.

Banyak jenis ukuran ikan mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inch). Ada hewan air yang sering di anggap “ikan”, seperti paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.

Sampai saat ini, ikan pada umumnya dikonsumsi langsung. Upaya pengolahan belum banyak dilakukan kecuali ikan asin. Ikan dapat diolah menjadi berbagai produk seperti ikan kering, dendeng ikan, abon ikan, kerupuk ikan, ikan asin, kemplang, bakso ikan dan tepung darah ikan sebagai pupuk tanaman dan pakan ikan.

Kandungan Gizi Pada Ikan

Kandungan yang terdapat pada ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan segar antara lain:

  • Omega 3, untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi.
  • Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah di cerna
  • Mengandung banyak asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.
  • Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak
  • Vitamin D dalam yang terdapat pada daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
  • Vitamin B6 yang terdapat pada ikan untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf
  • Vitamin B12 yang terdapat pada ikan untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
  • Zat besi yang mudah di serap oleh tubuh
  • Yodium yang terkandung dalam ikan untuk mencegah terjadinya penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan anak
  • Selenium yang terdapat pada ikan untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas
  • Seng yang membantu kerja enzim dan hormon
  • Fluor yang berperan dalam meguatkan dan menyehatkan gigi anak

Kandungan gizi pada ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkan kandungan ikan yang kaya akan manfaat.

Manfaat Ikan

resep bakso goreng ikan

1. Organ Sardiovaskular Semakin Sehat

Manfaat makan ikan yang pertama adalah baik bagi organ kardiovaskular seperti jantung, pembuluh darah arteri, dan pembuluh darah vena, karena kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan. Dengan rutin mengkonsumsi ikan, kita juga akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan gagal jantung.

Nutrisi dalam ikan mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pembekuan darah. Pakar kesehatan dari Harvard School of Public Health sendiri merekomendasikan konsumsi 2 porsi ikan dalam seminggu jika ingin menurunkan risiko terkena penyakit jantung tiga kali lebih rendah.

2. Menurunkan Berat Badan

Penelitian yang dilakukan di University of Georgia menghasilkan fakta, bahwa manfaat makan ikan dalam bentuk minyak ikan yang kaya akan kandungan DHA mampu menurunkan kadar lemak pada tubuh secara keseluruhan. Jika kita mengonsumsinya secara rutin yang dibarengi dengan berolahraga secara teratur, maka akan menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Asam lemak omega 3 ternyata mampu mencegah datangnya kanker payudara, kanker kolon, dan kanker prostat. Selain itu, manfaat ikan dalam bentuk suplemen minyak ikan juga mampu membantu penderita hyperlipidemia.

4. Membuat Fungsi Otak Meningkat

Manfaat ikan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah mendukung fungsi dan perkembangan otak, khususnya bagi bayi dan anak-anak. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta menarik tentang kemampuan suplemen minyak ikan dalam meningkatkan daya memori orang dewasa dengan signifikan.

5. Melawan Peradangan Pada Tubuh

Nutrisi di dalam ikan atau minyak ikan ternyata memiliki sifat anti peradangan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, hal ini tentu akan menurunkan masalah radang sendi, radang prostat, dan radang kandung kemih.

6. Membantu Kesehatan Mata

Manfaat ikan secara teratur bisa menurunkan risiko terkena degenerasi macula, glaukoma, dan sindrom mata kering. Dalam penelitian terbaru, diketahui bahwa mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu akan menurunkan risiko terkena degenerasi macula lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

7. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam Journal of Lipid Research baru-baru ini menunjukkan fakta bahwa kandungan asam lemak omega-3 EPA mampu mencegah datangnya keriput dan proses penuaan dini. Minyak ikan juga mampu menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari serta membuat rambut berkilau.

8. Mengatasi Depresi

Kandungan asam lemak omega 3 mampu menurunkan depresi dan kecemasan. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi ikan cenderung tidak mudah terkena depresi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi ikan.

9. Mengurangi Risiko Alzheimer

Manfaat makan ikan satu kali seminggu dapat membantu melestarikan neuron abu-abu – bagian otak yang terkait dengan memori dan kognisi – menurut sebuah studi. Peneliti menemukan bahwa orang yang makan ikan dikukus atau dipanggang – memiliki otak yang lebih besar dan sel yang lebih besar di area otak yang bertanggung jawab untuk memori dan belajar. Para ilmuwan percaya bahwa volume otak yang lebih besar dapat membantu menurunkan risiko penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer.

10. Vitamin D

Manfaat ikan laut menurut para ilmuwan dapat membantu menangkal penyakit, meningkatkan kesehatan tulang, dan dengan bantuan omega-3 pada ikan, mencegah penurunan kognitif, karen ikan laut sebagai sumber vitamin D. Satu porsi atau tiga ons salmon mengandung 75 persen dari jumlah vitamin harian yang disarankan.

Resep Bakso Ikan Goreng

Bahan Bahan Resep Bakso Ikan Goreng

  • 100 gr ikan tenggiri
  • 2 butir putih telur
  • Garan secukupnya
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt lada bubuk
  • 2 butir bawang merah, iris
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 50 gr tepung sagu
  • 200 ml air
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah Langkah Resep Bakso Ikan Goreng

  1. Giling ikan tenggiri. Campurkan putih telur, garam, lada, gula, sagu, bawang merah dan daun bawang;
  2. Masukkan air sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan rata;
  3. Buat bulatan bentuk bakso, rebus dalam air mendidih. Angkat dan tiriskan;
  4. Panaskan minyak lalu goreng bakso hingga matang. Angkat dan hidangkan

Resep Bakso Ikan Goreng

Bahan Bahan Resep Bakso Ikan Goreng

  • 1 kg Tengiri, kerik dagingnya
  • 2 biji Telur ayam
  • Secukupnya daun bawang (kalo ga ada bisa pakai bawang prei)
  • 4 sdm minyak wijen
  • secukupnya Garam, penyedap totole, merica
  • secukupnya Air
  • 4 sdm tepung tapioka (atau sesuai selera)

Langkah Langkah Resep Bakso Ikan Goreng

  1. Blender daging ikan tengiri sampai halus
  2. Iris halus daun bawang (atau bawang prei juga bisa) campurkan ke adonan ikan
  3. Tambahkan telur, aduk rata, tambahkan air (kira kira aja) sampai adonan jadi lembeek
  4. Tambahkan semua bumbu (my wijen, garam, totole, merica) + tapioka
  5. Adonan akhir itu strukturnya harus lembek tp jangan kelembekan juga (supaya kalo di goreng, bakso nya ga alot).
  6. Bulatkan bakso dengan pakai 2 sendok. Goreng dengan minyak panas (api sedang)
  7. Goreng sampai keemasan dan matang. Siap dihidangkan

Nah, mudah kan kalian bisa coba sendiri dirumah jika kalian suka dengan resep bakso goreng crispy ini jangan lupa untuk share kepada adik, kakak, sodara, ayah, ibu, kakek, nenek, teman teman kalian semua ataupun orang yang anda kenal agar resep bakso goreng crispy ini bisa dirasakan dan bisa dibuat oleh semua orang.

kemungkinan itu saja yang bisa saya sampaikan jika ada sepatah dua kata yang tidak berkenan mohon dimaklumi dan di maafkan. Terima kasih telah berkunjung keartikel kami semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.