Rumah Mesin membagikan takjil gratis setiap hari Senin sampai dengan Jum’at kepada pengendara yang melewati halaman depan kantor Rumah Mesin di sekitaran Jalan Parangtritis km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta. Pembagian takjil gratis tersebut sudah berlangsung sejak hari pertama puasa yakni Senin, 6 Mei 2019.

Selain mengenalkan Rumah Mesin lebih dekat kepada masyarakat, tujuan pembagian takjil gratis ini juga untuk berbagi kebahagian dan keberkahan bulan Ramadhan kepada masyarakat.

Takjil gratis tersebut dibagikan oleh seluruh karyawan dan management Rumah Mesin yang setiap harinya terdiri dari 4 orang yang diacak dari berbagai divisi. Tepat pukul 17.00 WIB tenda dan meja untuk takjil telah siap.  Kemudian untuk takjilnya sendiri siap dibagikan kepada masyarakat 20 menit menjelang berbuka puasa.

Pada hari pertama,  Rumah Mesin membagikan 50 bungkus takjil gratis. Dalam waktu kurang dari 10 menit takjil tersebut telah habis.  Melihat antusiasme masyarakat tersebut kemudian pihak Rumah Mesin menambah jumlah takjil yang diberikan menjadi 75 hingga 100 bungkus setiap harinya.

Menu takjil yang diberikan setiap harinya selalu berbeda. Jajanan pasar yang mengeyangkan ada dalam bungkusan takjil tersebut. Contohnya seperti pastel, martabak, mata kerbau, risoles, lemper, kue putu ayu, tahu bakso, puding, kue lumpur, puding ceplok, talam ubi, sarang semut, arem-arem, tahu isi bedas dan beberapa lainnya.

Dan yang tak kalah penting selalu ada kurma setiap harinya dalam menu tersebut. Kurma sendiri merupakan makanan yang disunnahkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain untuk mengisi perut yang kosong, kurma juga mengandung beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan.

Selain jajanan pasar dan kurma, di suatu kesempatan Rumah Mesin juga membagikan takjil berupa nasi kotak. Seperti yang telah terlaksana Jum’at (10/05/2019) lalu, 150 kotak nasi dan 35 bungkus makanan ringan dibagikan kepada para pengguna jalan dengan sasaran utama pengendara sepeda, pekerja yang sudah tua, dan penarik becak.

Pembagian takjil gratis ini akan disesuaikan dengan hari libur perusahaan menjelang libur panjang lebaran. Sampai dengan tanggal 29 Mei masyarakat masih dapat menikmati takjil gratis dari Rumah Mesin setiap harinya selain hari Sabtu dan Minggu.