Umbi Iles-iles yang Bermanfaat dan Cara Membuat Mie Shirataki

umbi iles-iles

Umbi Iles-iles yang Bermanfaat dan Cara Membuat Mie Shirataki

Sebenarnya masih banyak yang belum mengenal umbi-umbian yang dapat dimakan tersebut. Iles-iles dapat ditemukan di berbagai negara di benua Asia, mulai dari India kemudian menyebar ke timur melalui Myanmar, Thailand dan Indonesia.

Penyebaran iles-iles di Indonesia banyak dijumpai di pulau Jawa dan dapat ditemukan di beberapa daerah seperti Malang, Madiun dan Bojonegoro.

Secara penampilan, iles-les tumbuh dengan satu tangkai atau batang bermotif garis-garis hijau-putih. Batangnya kemudian menjulur ke dahan karena tangkai daun hanya bisa tumbuh di bawah pohon penyangga seperti jati.

Tanaman ini akan gagal tumbuh di sawah. Anggota marga Amorphopallus masih berkerabat dekat dan memiliki kemiripan tampilan serta manfaat dengan suweg, sehingga banyak orang yang bingung membedakan iles-iles dengan suweg.

Ada dua ciri yang membedakan iles-iles dengan suweg, yaitu bercak hitam pada permukaan daun yang disebut bulbil dan yang kedua, pada saat umbi dibelah bagian dalam iles-iles berwarna oranye sedangkan umbi suweg berwarna putih.

Iles-iles merupakan tanaman yang memiliki potensi ekonomi tinggi karena memiliki nilai ekspor yang tinggi khususnya di Jepang. Di Jepang, iles-iles merupakan bahan dasar pembuatan shirataki.

Buat kamu yang belum tahu, shirataki merupakan pengganti karbohidrat yang bentuknya seperti mie atau nasi. Shirataki sendiri memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, bahkan banyak yang menyebutnya sebagai makanan nol kalori.

Itulah sebabnya iles-iles memiliki nilai ekonomis karena umbinya mengandung glukomanan. Umbi umbi iles jarang dikonsumsi secara langsung karena mengandung kristal kalsium oksalat yang menyebabkan gatal-gatal, sehingga perlu diolah terlebih dahulu menjadi singkong atau tepung.

Umbi Iles-iles Kaya Glukomanan

Glukomanan adalah senyawa polisakarida hemiselulosa yang bersifat hidrokoloid, larut dalam air, bening, rendah kalori, dan bebas gluten.

Glukomanan memiliki sifat khusus antara lain membentuk massa kental yang lengket pada air dingin, kemampuan membentuk lapisan tipis (film) yang transparan (transparan), elastis kuat, dan dapat larut kembali bila dilarutkan dalam air.

Menurut Dekker (1979), glukomanan memiliki manfaat bagi kesehatan karena berfungsi sebagai serat makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menggantikan sel tubuh yang rusak dan mengobati diabetes. Sehingga kandungan glukomanan pada iles-iles sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Porang / Iles-iles

Manfaat Umbi Iles - iles

1. Lem Ramah Lingkungan

Tanaman yang mengandung konjak bisa menjadi bahan perekat yang sangat bagus. Selain bagus, lem yang dihasilkan juga ramah lingkungan.

2. Bahan Campuran untuk Industri

Kandungan Konjak bisa dijadikan bahan campuran untuk membuat kertas kuat dan tahan lama. Selain itu, konjak juga bisa digunakan sebagai perekat kertas, cat, kain katun dan wool, kain mengkilat, dengan bahan lebih bagus dan harga lebih murah.

3. Bahan Obat

Kandungan KGM yang terdapat pada tanaman porang ternyata bermanfaat bagi kesehatan dunia yaitu digunakan sebagai bahan pembentuk kapsul obat.

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, terdapat kandungan lem alami pada tanaman porang yang digunakan untuk merekatkan kapsul obat.

4. Pengganti Agar-Agar

Tanaman porang tidak memiliki serat sehingga mudah larut dalam air, tidak berbau, dan konsistensinya biasa saja. Hal ini membuat serat dari konjak bisa diolah sehingga menjadi biasa saja.

5. Pembersih Air

Glukomanan sangat cocok untuk memurnikan air dan bekas luka keloid dari bir, gula, minyak, dan serat.

6. Isolator Listrik

Glukomanan porang berbentuk gel yang bisa menjadi pengganti gel silikon. Silicone Gel sangat bagus untuk mencegah aliran listrik dan juga panas, menjadikan gel ini pengganti bahan yang sama.

7. Umbi Iles-iles sebagaui Bahan Makanan Jepang

kali ini ada penjelasan tentang manfaat porang dalam bidang kuliner. Di Jepang, tepung konjak digunakan sebagai bahan campuran membuat mi shirataki atau konnyaku.

8. Es Krim Pengental

selain digunakan untuk bahan makanan jepang, konjak ada manfaat lainnya dalam bidang kuliner. Kandungan konjak juga bisa digunakan sebagai sirup atau pengental agar perekat pada campuran es krim tidak cepat lumer.

9. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kandungan glukomanan pada tanaman umbi porang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, serat yang terkandung dalam konjak juga biasa digunakan sebagai alternatif diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk penderita diabetes.

Namun perlu diingat, bahwa penggunaan konjak untuk mengobati penyakit sebaiknya tetap dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Ini karena ada efek samping yang bisa dirasakan jika tidak cocok dengan kandungan porang.

10. Buat Bahannya Tahan Air

Jika dicampur dengan gliserin atau natrium hidroksida, glukomanan bisa menjadi bahan tahan air.

Manfaat Iles-iles untuk Industri

Selain untuk kesehatan, iles-iles tersebut juga mempunyai beberapa manfaat bagi industri yaitu:

  • Bahan perekat yang memiliki daya rekat terbaik dan tahan air.
  • Industri kertas, sebagai bahan campuran agar kertas menjadi kuat dan gembur.
  • Dalam bidang biologi digunakan sebagai pengganti media pertumbuhan mikroba atau sebagai pendeteksi mikroba alami yang mampu memberikan unsur karbon bagi mikroba.
Itu dia, manfaat umbi porang di berbagai macam bidang.

Apa Itu Mi Shirataki?

Mie Shirataki

Mi Shirataki (alias mi ajaib, alias mi konjak, alias mi konnyaku) adalah bahan yang populer dalam masakan Asia. Terbuat dari tanaman porang atau umbi iles-iles yang digiling lalu dibentuk menjadi mie, fettuccini atau bahkan nasi. Mie Shirataki hampir tidak mengandung kalori dan tanpa karbohidrat. Mengolah porang atau umbi iles-iles pada zaman sekarang bisa terbilang mudah, karena sudah tersedia mesin porang.
Mesin porang sendiri adalah mesin yang berguna untuk mengolah porang atau umbi iles-iles mulai dari pencucian hingga menjadikannya tepung.
Mereka 97% air, 3% serat dan jejak protein, lemak dan kalsium. Ada 4 kkal dan 1 gram karbohidrat bersih per 100 g / 3,5 oz mie shirataki. Jika Anda menemukan bahwa kemasannya mengatakan “nol” kalori atau “nol karbohidrat”, dll.
Itu karena FDA mengizinkan produk dengan kurang dari 5 kalori / kurang dari 1 gram karbohidrat, protein dan lemak untuk diberi label sebagai nol.

Bagaimana Jika Saya Tidak Suka Rasanya dan Teksturnya?

Baik rasa dan tekstur dapat ditingkatkan secara signifikan jika Anda mengikuti beberapa langkah sederhana. Aturan utamanya adalah membilasnya dengan benar dan menggorengnya tanpa minyak atau cairan lain untuk menghilangkan air sebanyak mungkin. Semakin sedikit air yang tersisa, semakin baik teksturnya.
Saya akan kembali ke cara menyiapkan mie shirataki nanti di posting ini.

Apa Manfaat Makan Mie Shirataki?

Mengganti makanan tinggi karbohidrat seperti pasta dengan makanan yang hampir nol kalori dan tanpa karbohidrat seperti mie shirataki jelas akan berdampak sangat positif pada kesehatan, tetapi ini bukan satu-satunya alasan mengapa kita harus memasukkan mie shirataki ke dalam makanan kita.
Penelitian telah menemukan bahwa glukomanan – serat larut yang terdiri dari 40% dari berat kering tanaman konjak – memiliki banyak khasiat yang dapat membantu kita menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Berikut beberapa contoh manfaat serat ini bagi kita:
Telah terbukti meningkatkan rasa kenyang melalui beberapa mekanisme, membuat kita kenyang dengan lebih sedikit makanan untuk waktu yang lebih lama.
Dengan mengonsumsinya dengan makan, secara alami mengurangi jumlah makanan yang kita makan saat makan itu.
Ini meningkatkan beberapa faktor risiko penting untuk penyakit jantung, termasuk kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida dan gula darah puasa.
Ini meningkatkan kesehatan usus dengan memberi makan bakteri usus yang ramah.
Ini mengurangi penyerapan karbohidrat, lemak, dan protein (hanya bermanfaat bagi orang yang makan berlebihan).
Namun, satu peringatan penting adalah bahwa glukomanan mengembang dengan cepat, dan dapat menyerap hingga 50 kali beratnya dalam air. Ini dapat membantu memicu rasa kenyang, tetapi juga dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Apakah Ada Efek Samping Makan Mie Shirataki?

Studi yang sama menunjukkan bahwa ada beberapa potensi efek samping glukomanan.
  • Ini dapat menyebabkan keluhan gastrointestinal ringan, seperti kembung, gas, dan diare ringan. Jika ya, kurangi ukuran porsi.
  • Ini dapat mengurangi ketersediaan hayati obat-obatan oral. Anda harus menghindari makan mie shirataki dengan obat dan suplemen Anda. Obat harus diminum 1 jam sebelum atau 4 jam setelah makan Anda yang mengandung glukomanan.
  • Ada beberapa kejadian penyumbatan esofagus, tenggorokan atau usus dengan menggunakan tablet glukomanan yang menyerap air dalam jumlah besar. Perhatikan bahwa tablet tersebut tidak sama dengan mie shirataki yang sudah mengandung air dan tidak menimbulkan risiko ini.
  • Karena tidak ada nutrisi, jangan terlalu banyak menggunakan produk yang mengandung glukomanan. Sebagian besar diet Anda harus difokuskan pada makanan nyata (telur, daging, sayuran tidak bertepung, produk susu mentah, alpukat, beri, kacang-kacangan, dll).
  • Jenis produk
  • Anda dapat menemukan semua jenis produk yang menggunakan glukomanan: mi, fettuccini, penne, atau bahkan nasi. Makanan favorit saya adalah mie dan nasi karena teksturnya lebih enak dan mudah dicampur dengan bahan lain, meminimalkan sensasi kenyal. Saya menggunakan Zero Noodles dan Miracle Noodles, keduanya menawarkan beragam produk untuk dipilih.
  • Produk lain yang patut dicoba adalah bubuk Glukomanan yang dapat digunakan sebagai pengental pada smoothies atau sebagai pengganti permen karet xanthan. Hindari produk yang disebut mi barenaked – selain tepung konjak juga mengandung tepung kacang kedelai.

Efek Samping Lain Mie Shirataki yang Terbuat dari Iles-iles

Dalam tinjauan kritis penelitian tentang glukomanan, penulis melihat literatur saat ini untuk efek samping dan inilah yang mereka temukan:
  • Dapat menyebabkan kembung, gas, dan diare ringan.
  • Dapat mengurangi ketersediaan hayati obat dan suplemen oral.
Namun, perlu diingat bahwa ini adalah efek samping dari glukomanan, bukan mi shirataki.
Mie sudah agak jenuh dengan air dan saus saat Anda mengkonsumsinya sehingga Anda mungkin tidak akan mengalami masalah ini.
Tetapi ini tidak berarti bahwa Anda harus menjadikan mi shirataki sebagai makanan pokok diet keto Anda. Mie ini hampir tidak memiliki nilai gizi. Sebagian besar makanan Anda harus terdiri dari lemak, daging, dan sayuran rendah karbohidrat. (Untuk penjelasan lebih rinci tentang apa yang harus Anda makan dengan keto, baca daftar makanan diet ketogenik kami .)
Saya lebih suka menambahkan mi shirataki ke dalam makanan padat nutrisi dengan saus yang lezat. Kemampuan mereka untuk menyerap rasa dan memberikan tekstur baru pada hidangan membuat mi ini menjadi bahan rahasia yang sempurna.

Cara Memasak Mie Shirataki dengan Umbi Iles-iles

Lalu apa saja kesalahan yang umum terjadi saat menggunakan mie shirataki? Kembali ke awal ketika saya menyebutkan kegagalan awal saya saat menggunakannya, saya pikir mencucinya dengan baik sudah cukup untuk menghilangkan baunya yang alami tetapi tidak terlalu menyenangkan.
Seperti yang saya sadari, itu tidak cukup. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus memasak dan menggorengnya.
Jika Anda benar-benar ingin menikmati mi shirataki, jangan terlalu berharap – rasanya tidak seperti pasta asli. Cara terbaik adalah dengan menggunakannya dalam tumisan daripada makanan pasta “biasa”.
Caranya adalah dengan menggunakannya dalam jumlah yang relatif sedikit dan mencampurnya dengan bahan lain seperti sayuran, daging, dan keju. Ini dan metode memasak yang dijelaskan di bawah ini akan membantu meningkatkan tekstur. Menambahkan bumbu, bumbu, bawang putih, jahe, dan bahan lainnya akan meningkatkan rasa dan membuatnya terasa lezat!

Bahan-bahan (Untuk 1 Porsi)

  • 1 bungkus Mie Shirataki
  • 5 oz. Pancetta
  • 2 kuning telur besar
  • 1/4 cangkir Krim Kental
  • 1/3 cangkir Keju Parmesan
  • 2 sdm. mentega
  • 3 sdm. Haluskan Labu
  • 1/2 sdt. Sage kering
  • Garam dan Merica secukupnya

Instruksi Membuat Mie Shirataki dengan Iles-iles

  1. Bilas mie shirataki dengan air panas selama 2-3 menit. Kemudian keringkan sepenuhnya dengan handuk kertas. Menyisihkan.
  2. Potong pancetta dan masukkan ke dalam wajan panas untuk dibakar di bagian luar.
  3. Sementara itu, masukkan mentega ke dalam panci kecil dan biarkan berwarna cokelat. Setelah mulai berubah kecokelatan, campurkan sage ke dalam mentega.
  4. Setelah sage tercampur, tambahkan bubur labu Anda dan aduk rata.
  5. Pada titik ini, pancetta seharusnya sudah menjadi cokelat dengan baik. Setelah renyah di luar, angkat dari wajan dan simpan lemaknya.
  6. Tambahkan krim kental ke saus bubur labu dan aduk rata sampai semuanya tercampur.
  7. Tambahkan lemak pancetta ke dalam saus dan aduk lagi hingga tercampur rata. Biarkan saus mendidih dengan api sedang.
  8. Balikkan wajan yang berisi pancetta ke tinggi dan tambahkan mie shirataki. Keringkan kentang goreng setidaknya selama 5 menit sampai keluar uap yang cukup banyak.
  9. Tambahkan keju parmesan ke dalam saus labu dan aduk rata. Kecilkan api.
  10. Terus aduk saus sampai Anda bisa mengikis spatula melalui saus dan perlu beberapa saat untuk kembali menyatu.
  11. Tambahkan mie dan pancetta ke dalam saus, aduk rata. Tambahkan 2 kuning telur dan campur ke dalam saus.
  12. Sajikan dengan ekstra parmesan dan pancetta sesuai selera.

Tip Bonus:

Jika mie Anda berbau tidak sedap, masukkan ke dalam panci berisi air mendidih selama 2-3 menit sebelum dikeringkan.

Dengan mengolah mi shirataki Anda dengan cara ini, mi akan menyerap semua rasa lezat yang Anda inginkan di setiap suapan sekaligus mengurangi kelembutan mi. Tapi jangan membodohi diri sendiri, ini tidak akan terasa atau terasa sama dengan jenis pasta lainnya. Faktanya, jika dimasak dengan benar, mereka bisa menjadi jenis mie favorit Anda.

Itu dia tadi penjelasan tentang apa itu umbi iles-iles, manfaat iles-iles bagi industri maupun bagi kesehatan tubuh, serta cara mengolahnya menjadi mie shirataki. Apakah anda tertarik untuk mencoba menanam porang atau iles-iles sendiri di rumah? Atau anda lebih tertarik untuk mencoba membuat mie shirataki dari umbi iles-iles?
Sekian pembahasan kali ini tentang umbi iles-iles yang bermanfaat dan cara membuat mie shirataki. Saya harap informasi kali ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda semua. Jangan lupa bagikan juga artikel ini ke keluarga dan kerabat agar semua bisa tau dan merasakan sendiri manfaat dari porang atau umbi iles-iles. Terima kasih!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •