Usaha Bakso Frozen Ditengah COVID-19 Peluang yang Menjanjikan

Usaha Bakso Frozen

Pada artikel kali ini, yang akan kita bahas yaitu tentang Usaha Bakso Frozen saat COVID-19. Mau tahu tipsnya? Kuyy langsung kepoin,

Saat pandemi COVID-19 ini, banyak para pekerja yang keluar dari tempat kerjanya dan akhirnya menjadi pengangguran. Hampir semua tempat kerja pun tidak membuka lowongan kerja karena COVID-19. Begitu banyak dampak akibat pandemi ini, terutama orang-orang kehilangan pekerjaan.

Salah satu usaha yang memiliki peluang cukup besar untuk berkembang saat pandemi saat ini adalah usaha bakso frozen. Usaha bakso frozen memiliki target pasar yang tinggi saat berkembangnya gaya hidup yang praktis saat ini.

Saat ini usaha bakso frozen sudah banyak tersebar, namun belum banyak orang yang mengetahui potensi dari usaha ini. Usaha ini bersifat praktis, oleh karena itu peluang usaha ini menjadi pilihan masyarakat sebagai sumber pemasukan tambahan. Namun, tidak semua produk Frozen food memiliki cara penjualan serta prospek yang sama. Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam menentukan sebuah produk frozen food apa yang akan Anda jual.

Untuk membantu Anda lebih mengenal usaha bakso frozen, pada artikel ini akan menjelaskan apa saja yang perlu Anda persiapkan beserta perlengkapannya. Yuk langsung aja simak artikelnya!

Asal-usul Frozen Food

Usaha Bakso Frozen

Frozen food merupakan salah satu jenis makanan yang terkemas dalam keadaan beku. Masyarakat Cina pada tahun 3000 sebelum masehi sudah mengenal jenis makanan ini. Selama musim dingin, masyarakat Cina menggunakan es untuk membuat makanan lebih tahan lama. Kemudian, orang-orang Jepang dan China mengenalkan jenis makanan ini ke Indonesia.

Proses pembekuan ini bertujuan untuk membuat makanan menjadi lebih tahan lama, sehingga dapat dimasak kapanpun tanpa takut makanan akan menjadi basi. Pada umumnya, proses pembekuan makanan ini melalui enam tahapan yaitu :

1. Persiapan bahan baku
2. Pencetakan (forming)
3. Pelapisan (coating)
4. Penggorengan (frying)
5. Pembekuan (freezing)
6. Pengemasan (packaging)

Setelah proses pembuatan selesai, makanan ini harus disimpan dalam freezer dengan suhu minimal -18°C agar dapat bertahan lebih lama. Umumnya, untuk makanan sejenis daging, sayur, dan buah tahan hingga 1 tahun lebih, sedangkan makanan jenis daging babi, seafood, butter, cheese, dan sausages hingga 6 bulan.

Peluang Usaha Bakso Frozen

Usaha bakso frozen adalah salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi saat pandemi saat ini. Usaha ini cukup mudah untuk Anda lakukan dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Karena usaha ini terbilang praktis membuat minat masyarakat terhadap produk frozen food semakin bertambah.

Salah satu pebisnis yang sukses membuka usaha frozen food adalah Ronal Mediansyah. Tidak hanya Ronal, masih banyak cerita lain yang menunjukkan bahwa usaha frozen food ini memiliki peluang yang besar untuk Anda kembangkan.

Kenapa Usaha Bakso Frozen?

    1. Minat Pasar yang Besar

Gaya hidup praktis dan gaya hidup sehat yang saat ini menjamur membuat minat pasar terhadap produk frozen food ini melunjak tinggi. Karena, selain dapat bertahan lama, beberapa produk frozen food juga tidak terdapat kandungan MSG dan juga zat pengawet.

Selain itu, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, masyarakat cenderung mengubah alokasi belanja ke makanan dengan masa kadaluwarsa yang lebih lama.

    2. Modal yang Kecil

Memulai usaha bakso frozen tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Cukup gunakan dana yang Anda miliki untuk memproduksi makanan beku secukupnya tidak harus dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Cara Berbisnis Usaha Bakso Frozen

    1. Tentukan Produk

Untuk pebisnis pemula, tahapan awal yang harus Anda lakukan yaitu menentukan jenis produk. Sebelum memilih produk, Anda melakukan survei terlebih dulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah jenis produk laris atau tidak. Produk yang Anda pilih juga harus memiliki ciri khas yang dapat membedakan dengan produk dari pesaing. Dengan pembeda ini, pemasaran produk nantinya dapat Anda lakukan dengan lebih mudah.

    2. Siapkan Modal

Modal untuk memulai usaha bakso frozen terbagi menjadi dua yaitu, modal peralatan dan modal operasional. Modal peralatan adalah modal untuk pengadaan peralatan seperti, freezer, alat pengemasan, penggorengan, dan lain sebagainya.

Sedangkan biaya operasional adalah biaya yang keluar untuk kelangsungan biaya bisnis. Biaya operasional dalam bisnis makanan beku biasanya untuk membeli bahan baku, gaji karyawan (jika ada), kemasan, dan lain sebagainya.

    3. Tentukan Metode Pemasaran

Pemasaran bertujuan untuk mengenalkan produk kepada masyarakat dan menarik pembeli. Rata-rata keberhasilan sebuah usaha juga terlihat dari segi pemasarannya. Sehingga, peningkatan permintaan produk juga akan semakin besar.

Strategi pemasaran sendiri dapat Anda lakukan dengan banyak cara, baik berbayar maupun tidak berbayar misalnya, SEO, iklan, media sosial, google ads, dan lain sebagainya. Sedangkan pemasaran secara tidak berbayar dapat Anda lakukan dengan cara door to door, penggunaan akun media sosial secara mandiri, dan lain sebagainya.

    4. Dapatkan Lisensi Makanan

Sebelum Anda mendistribusikan produk, hal yang wajib Anda lakukan yaitu lisensi makanan. Untuk produk makanan selain daging, cukup Anda lakukan sampai ke PIRT. Sedangkan untuk produk makanan beku berupa daging, pemerolehan lisensi harus Anda lakukan hingga ke BPOM.

    5. Distributor Atau Reseller

Perluasan usaha dapat Anda lakukan dengan membuka peluang bagi orang-orang yang ingin turut memasarkan produk yang Anda miliki dengan cara menjadi distributor atau reseller produk. Cara ini cukup efektif agar produk makanan beku yang Anda miliki semakin terkenal dan memiliki pasar yang semakin luas.

Usaha Pemasaran Bakso Frozen

    1. Sosial Media

Media sosial adalah media pemasaran yang paling efektif untuk Anda gunakan. Untuk melakukan promosi melalui media sosial, Anda dapat menggunakan berbagai fitur, baik yang berbayar maupun tidak berbayar. Contoh promosi berbayar misalnya menggunakan fitur Instagram Ads atau Facebook Ads. Sedangkan untuk promosi tidak berbayar misalnya, dengan memanfaatkan akun yang Anda miliki.

    2. Marketplace

Marketplace adalah sebuah situs yang berguna untuk kegiatan jual beli secara online. Proses transaksinya mulai dari pemilihan produk, tanya jawab penjual dan pembeli, serta pembayaran. Marketplace biasanya juga menyediakan alat pemasaran untuk pemasok yang menjual produk misalnya, TopAds dan Power Merchant pada Tokopedia, Star Seller pada Shopee, dan lain sebagainya.

    3. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan sebuah upaya optimasi situs web untuk memperoleh lalu lintas pada mesin pencari. Konten-konten yang memenuhi standar SEO, biasanya akan berada pada posisi paling atas dalam sebuah pencarian. Posisi paling atas pencarian inilah yang kemudian membuat lalu lintas pada sebuah situs web tinggi. Karena semakin tinggi traffic pada bisnis website, maka semakin banyak pula orang yang akan mengenal produk yang Anda miliki.

    4. Iklan Berbayar

Iklan berbayar juga terpercaya sebagai cara yang efektif untuk mengenalkan produk dalam skala yang luas. Cara pemasaran ini Anda lakukan dengan membayar jasa penyedia ruang iklan. Salah satu yang paling familiar adalah Google Ads atau Google Adwords.

Modal Usaha Bakso Frozen

    1. Modal Peralatan Usaha Bakso Frozen

Kebutuhan Jumlah Harga
Kompor Gas 300.000
Panci, Wajan dan Spatula 250.000
Mesin sealer vakum 500.000
Freezer 2.500.000
Stampel & Label 150.000
Total 3.700.000

    2. Modal Operasional Usaha Bakso Frozen

Kebutuhan Jumlah Harga
Daging sapi 10kg per kg 40Ribu 400.000
bumbu dasar 100.000
giling daging 150.000
Gas LPG 2x isi 12kg 300.000
Total 950.000
Biaya tak terduga(30% dari total biaya bulanan) 285.000

Aneka Produk Frozen Food

Usaha Bakso Frozen

    1. Nugget

Nugget adalah jenis makanan yang terbuat dari daging ayam ataupun sapi yang ditaburi dengan tepung panir. Jenis frozen food ini bisa Anda temui di pasaran. Untuk proses pengolahannya terbilang cukup mudah. Anda tinggal menggoreng nugget hingga berwarna coklat keemasan lalu tiriskan.

    2. Sosis

Makanan ini terbuat dari daging cincang, rempah, lemak hewan, dan juga bahan lainnya. Biasanya terkemas dalam plastik yang berbentuk memanjang seperti es lilin. Proses pengawetan sosis biasanya melalui proses pengasapan. Untuk pengolahannya, bisa dengan cara goreng, bakar, atau sebagai tambahan dalam sebuah makanan.

    3. Siomay

Siomay adalah jenis makanan yang terbuat dari campuran daging ikan tenggiri atau udang dengan tepung tapioka yang berbentuk bulat kemudian dikukus. Sering juga, siomay dilengkapi dengan bahan makanan lain, seperti kentang, kubis, pare, tahu putih, dan telur yang tersaji dengan siraman sambal kacang, saus, jeruk nipis, dan kecap.

    4. Bakso

Bakso adalah jenis makanan yang terbuat dari daging yang digiling dan kemudian dicampurkan dengan tepung tapioka. Biasanya diolah dengan cara direbus kemudian disajikan dengan kuah beserta dengan sayuran pelengkapnya.

    5. Fish Stick

Makanan ini adalah salah satu jenis frozen food yang terbuat dari ikan yang dibalut dengan menggunakan tepung panir. Biasanya diolah dengan cara goreng dan tersajikan bersamaan dengan saus tomat, sambal, atau mayones.

Cara Membuat Frozen Food

Usaha Bakso Frozen

    1. Persiapan bahan baku

Pada tahap ini, bahan baku berupa daging, ikan, dan sebagainya melalui proses tempering atau pelayuan. Daging yang akan Anda gunakan untuk membuat makanan beku, terlebih dahulu harus disimpan di ruang yang dingin untuk menaikkan suhu daging. Setelah itu, daging digiling dengan menggunakan mesin penggiling hingga halus.

Setelah selesai digiling, selanjutnya adalah proses emulsi. Emulsi dibuat dengan cara mencampurkan minyak, air, dan protein kedelai. Selanjutnya, emulsi dan daging yang telah digiling halus dicampur hingga terbentuk sebuah adonan atau campuran daging.

    2. Pencetakan (forming)

Pada tahap ini, campuran daging dicetak sesuai dengan bentuk dan ukuran menurut sselera. Proses pencetakan ini dapat Anda lakukan secara manual ataupun menggunakan mesin cetak.

    3. Pelapisan (coating)

Pada tahap ini, pelapisan terbagi menjadi dua yaitu, pelapisan basah (wet coating) dan juga pelapisan kering (dry coating) dengan menggunakan tepung roti atau panir hingga permukaan campuran daging tertutup rata.

    4. Penggorengan (frying)

Ada dua tahap proses penggorengan yaitu, penggorengan dan pengovenan. Namun, adapula makanan beku yang hanya melalui satu proses masak yaitu penggorengan. Proses ini dilakukan dengan cara merendam produk ke dalam minyak goreng panas selama beberapa saat.

    5. Pembekuan (freezing)

Setelah penggorengan, produk frozen food kemudian pembekuan dengan menggunakan freezer atau mesin individual quick freezer (IQF). Pembekuan bertujuan untuk membuat produk menjadi lebih tahan lama. Suhu juga bisa mempengaruhi hasil dari produk.

    6. Pengemasan (packaging)

Pengemasan atau packaging bertujuan untuk menjaga keamanan produk, memudahkan untuk dibawa, serta sebagai salah satu cara untuk branding produk. Oleh karena itu, ada baiknya pengemasan produk Anda lakukan semenarik mungkin untuk menarik konsumen.

Selain menarik, jenis kemasan yang Anda gunakan untuk produk frozen food tentunya harus kedap udara. Plastik yang dapat Anda gunakan untuk pengemasan produk makanan beku misalnya adalah plastik vakum (kantong vakum) dan juga plastik multilayer (plastik OPP+LLDPE).

Jenis Usaha Bakso Frozen

Waralaba atau franchise adalah sebuah perjanjian dalam bisnis yang mengikat dua pihak, dimana satu pihak dalam perjanjian memberikan hak kepada pihak lainnya untuk memanfaatkan kekayaan intelektual atau merek dagang yang dimiliki pihak tersebut. Dengan menggunakan sistem waralaba atau franchise, pemula tidak perlu membangun bisnis frozen food dari awal dengan membuat merek dagang pribadi.

Sebaliknya, meraka dapat bekerja sama dengan pemasok dan menggunakan merek dagang yang sudah ada untuk memulai bisnis makanan beku. Memulai bisnis makanan beku dengan cara ini memiliki banyak keuntungan antara lain:

1. Dapatkan keuntungan dengan lebih cepat
2. Mendapatkan dukungan berupa pelatihan dan lain sebagainya dari pemilik merek.
3. Mendapatkan bantuan dari perusahaan pemilik merek untuk menentukan lokasi yang strategis.
4. Memudahkan proses pemasaran produk, yang sebelumnya orang-orang telah mengetahui merek dagang tersebut.
5. Mendapatkan harga yang lebih murah dari pemasok.

Katalog Produk Frozen Food

    1. KIBIF

Perusahaan KIBIF Group atau PT Estika Tata Tiara Tbk memproduksi banyak produk dengan banyak merek salah satunya yaitu KIBIF. Produk dengan merek KIBIF ini memiliki ciri khusus dengan hanya menghadirkan makanan beku yang terbuat dari olahan daging sapi berkualitas.

Olahan daging sapi yang tersedia di KIBIF yaitu, Kibif Minced Beef, Kibif Smoked Beef Block, Kibif, Smoked Beef Rib, Kibif Sosis Original P400 gram, kibif Beef Burger, Kibif Baso Sapi Premium, Kibif Daging Iga 500 gram, Kibif Sosis Sapi Goreng , Kibif Sosis Sapi Serbaguna, Kibif Beef Bockwurst, Kibif Baso Sapi Reguler dan masih banyak lagi.

    2. BOSS

Merek BOSS terdiri atas produk olahan daging ayam dan sapi. Jenis makanan beku pada merek inipun bervariasi. Mulai dari sosis hingga daging untuk burger. Produk makanan beku BOSS di antaranya adalah, Boss Sosis Ayam, Boss Burger Ayam, Boss Burger Sapi, Boss Basis Merah, Boss Basis Putih, Boss Sosis Bakar Original isi 6, Boss Bockwurst Sosis Bakar Original isi 20, Boss Baso, dan Boss Chicken Nugget.

    3. KIPAO

Tidak hanya makanan beku dari olahan daging sapi dan ayam, KIBIF Group juga menyediakan makanan beku yang diolah dari bahan non-daging yaitu Minipao. Makanan beku berupa bakpao mini yang diproduksi oleh KIBIF ini hadir dengan nama dagang KIPAO.

KIPAO memiliki beragam varian rasa yang lengkap yaitu, Kipao Cokelat, Kipao Ayam, Kipao Daging Sapi, Kipao Pandan, Kipao Kacang Merah, Kipao Stroberi, Kipao Keju, Kipao Choco Hazelnut, Kipao Coffee, Kipao Salted Egg dan Kipao Matcha. Produk makanan beku non daging yang juga dikeluarkan oleh KIBIF.

    4. MURATO

Perusahaan KIBIF Group atau PT Estika Tata Tiara Tbk juga memproduksi frozen food khusus sosis, bakso, minipao di bawah nama dagang MURATO. Produk Murato terdiri dari sosis dengan beragam varian misalnya, Murato Basis Merah isi 23, Murato Basis Putih isi 23, Murato Sosis Bakar isi 10, Murato Cokelat, Murato Ayam dan Murato Cokelat.

    5. ADELL

ADELL adalah salah satu merek dagang dari KIBIF yang di dalamnya terdapat makanan beku dengan olahan daging ayam. Produk dengan nama dagang ini antara lain Adell Chicken Wings, Adell Chicken Wings Hot & Spicy, Adell Chicken Breast Sausage, dan Adell Bakery Chicken Sausage.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •