Bisnis makanan ringan merupakan sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan dan menguntungkan meskipun harus memulainya dengan modal kecil namun memiliki ide serta strategi yang tepat. Banyak yang awalnya berawal dari bisnis rumahan kini sudah sukses jadi pebisnis kaya.

Banyak orang juga merasa kesulitan untuk memulai bisnis ataupun usaha hanya dengan alasan keterbatasan modal. Akan tetapi sesungguhnya peran uang sebagai modal usaha hanya berperan sekitar 10% untuk menjamin keberhasilan dari bisnis yang akan dijalankan.

Selebihnya adalah modal yang bukan berupa uang namun harus dimiliki oleh semua orang yang akan memulai bisnis makanan ringan yaitu:

  • Pengetahuan

Dengan semakin banyaknya  pengalaman seseorang maka pengetahuan juga akan menyeimbanginya. Dengan pengetahuan diharapkan kita bisa menguasai pasar dengan baik.

  • Pengalaman

Pengalaman adalah modal yang paling penting dari semua modal yang diperlukan dalam memulai usaha. Ini bisa digunakan sebagai titik sentral didalam menentukan jenis usaha yang akan dijalani.

  • Skill (Keahlian)

Bila mempunyai skill tertentu, semisal memasak tentunya akan jauh lebih baik lagi untuk mendukung sebuah bisnis kuliner. Usaha yang dilandaskan oleh skill akan cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan usaha yang tidak dlandasi dengan keahlian.

  • Keberanian

Maksud dari keberanian disini adalah berani mengatasi rasa takut menanggung resiko yang akan datang.

  • Kreativitas dan Inovasi

Buat masakan-masakan yang beda dari rumah makan lainnya. Gunakan kreativitas untuk membuat resep-resep baru yang dapat menjadi ciri khas dari usaha makanan yang kita jalankan.

  • Skill (Keahlian)

Bila mempunyai skill tertentu, semisal memasak tentunya akan jauh lebih baik lagi untuk mendukung sebuah bisnis kuliner. Usaha yang dilandaskan oleh skill akan cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan usaha yang tidak dlandasi dengan keahlian.

  • Semangat

Dukungan semangat dari teman-teman juga merupakan modal yang tidak  kalah bernilainya dari sekadar modal uang.

Nah, itu tadi beberapa modal yang bukan berupa uang namun harus dimiliki oleh semua orang yang akan memulai bisnis makanan ringan. Perlu kalian ketahui juga, bahwa untuk memulai bisnis makanan ringan juga memerlukan beberapa faktor seperti berikut ini.

Faktor Penting dan Strategi Memulai Usaha Bisnis Makanan Ringan

bisnisn makanan ringan

Modal dana serta kemampuan personal sudah dimiliki, selanjutnya adalah langkah penting yang perlu diterapkan untuk suksesnya sebuah bisnis makanan ringan dengan mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini.

1 Menentukan Lokasi Tempat Usaha yang Strategis

Ini poin yang sangat penting dan mendukung lebih dari 50% akan keberhasilan sebuah bisnis kuliner yang dipilih. Menemukan tempat lokasi usaha yang strategis tidak begitu sulit dengan cara kita peka terhadap situasi serta perkembangan lingkungan sekitar.

Usaha makanan sebaiknya harus memilih tempat dimana lingkungannya adalah orang sibuk serta memiliki daya beli yang tinggi. Contoh lokasi bisnis makanan yang paling ideal adalah seperti area kampus, perkantoran, terminal, dan area wisata.

2 Kualitas Makanan yang Dijual

Pastikan bahwa makanan ringan yang dijual terjamin kualitasnya, baik dalam hal rasa, bahannya, dan pengemasannya. Selalu gunakan bahan makanan yang masih baik dan bersih, dan diolah dengan cara yang sesuai dengan standar pengolahan bahan makanan. Jika menggunakan kemasan plastik, maka pastikan kemasan tersebut dalam kondisi baik dan terlihat menarik.

3 Utamakan Cita Rasa Olahan yang Disajikan

Rasa makanan adalah segalanya bagi konsumen sehingga mereka yang akan menilai kualitas dari sajian kuliner yang anda hidangkan.

Demi kelangsungan bisnis kuliner tetap berkembang maka beranilah untuk merekrut orang yang benar benar ahli dalam bidang ini khususnya memasak. Konsumen yang menyukai kuliner akan berani membayar lebih mahal dengan kualitas citarasa yang tinggi.

Mereka tidak akan pernah kecewa yang kemudian akan kembali dengan membawa konsumen lain untuk ikut merasakan hasil olahan di tempat anda. Makanan enak tidak harus dibuat dengan bahan yang mahal, mempertimbangkan modal usaha yang kecil, maka membuat jenis masakan sederhana tetap dapat menjadi pilihan yang menjanjikan.

5 Berpikir Positif

Semua jenis bisnis pasti membutuhkan pola pikir yang positif dari pelaku usahanya agar bisa berkembang, termasuk usaha kuliner. Kenapa demikian? Karena biasanya apa yang kita pikirkan secara terus-terusnan maka hal itulah yang akan terjadi.

Salah satu contohnya, misalnya di bawah alam sadar Anda selalu berpikir bahwa usaha makanan Anda akan mendapat banyak pembeli, maka Anda akan menemukan berbagai cara atau ide untuk mencapai tujuan tersebut. Ini terjadi di bawah alam sadar kita, karena itu biasakanlah untuk selalu berpikir positif.

6 Pemilihan Nama Tempat Usaha Kuliner yang Unik

memberi nama warung, resto ataupun kafe dengan kata dan istilah istilah yang unik akan membuat kesan pertama yang bisa membuat konsumen ingin mencobanya.

Meskipun sajian makanan yang disediakan adalah bukan makanan khas alias sudah umum, namun tidak ada salahnya jika di tambahkan dengan seruan yang lebih menggoda konsumen.

7 Inovasi Dalam Menjalankan Usaha Makanan

Hanya mereka yang mau berinovasi dan berpikir dalam bisnis makanan lah yang bisa menjadi pemenang. Dengan inovasi ini, maka akan muncul varian baru dari jenis makanan yang pernah dibuat sehingga membuat konsumen tetap tertarik.

Tidak masalah bila produk tersebut sudah dijual usaha kuliner lain, bila Anda memberi sentuhan baru pada produk tersebut sehingga menjadi berbeda maka ini bisa menjadi hal menarik bagi sebuah usaha makanan.

8 Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen adalah sesuatu yang sangat bijak, walaupun Anda tidak pernah mengenalnya sebelumnya. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, maka pelanggan tersebut akan mendapatkan kesan bahwa bisnis makanan Anda berjalan dengan profesional. Tentu saja hal ini akan membuat konsumen mau kembali lagi.

9 Membuat Tempat Usaha yang Menarik dan Nyaman

Lokasi strategis telah dimiliki selanjutnya adalah memikirkan tentang ketertarikan konsumen ketika melihat gerai, kedai, resto, ataupun warung makan yang sudah anda bangun. Ciptakan nuansa yang unik sehingga mereka bisa tertaik ketika pertama kali melihatnya.

Jangan pernah mengabaikan kenyamanan pengunjung karena ini akan memberikan sensasi tersendiri sehingga mereka merasa ingin kembali mengunjungi tempat anda. Membuat kondisi lingkungan bisnis makanan ringan Anda nyaman dan menarik meliputi beberapa hal diantaranya adalah:

  • Kebersihan adalah poin paling utama
  • Tidak terlalu sempit untuk duduk dan menikmati makanan
  • Sirkulasi udara yang bebas
  • Berikan sedikit hiburan, TV, Musik, WiFii dll.

10 Membidik Target Pasar yang Tepat

Sejak awal membangun bisnis makanan ringan, kita harus mengerti siapa target market yang paling sesuai. Misalnya kalian ingin menjual kuliner makanan ringan dengan harga yang murah meriah, maka target market yang paling cocok adalah dari kalangan menengah ke bawah atau bahkan semua kalangan.

Dalam menjalankan bisnis makanan ringan ini, ada baiknya kita juga memberikan promosi. Misalnya memberi diskon untuk pembelian jumlah tertentu, memberikan sampel makanan secara gratis di area yang ramai, dan cara lainnya.

Itulah tadi beberapa faktor penting dan strategi memulai usaha bisnis makanan ringan yang sangat berguna bagi anda untuk memulai bisnis makanan ringan. Dan dibawah ini akan saya sampaikan beberapa ide bisnis makanan ringan yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk anda.

Ide Bisnis Makanan Ringan

bisnisn makanan ringan

1. Stick Talas Pontianak

Makanan ringan khas pontianak ini merupakan cemilan gurih yang berbentuk stik  panjang kecil dan tipis, seperti mie tapi sedikit lebih besar. Cara membuatnya adalah dengan mengambil talas pilihan asli pontianak, menggorengnya dan memberi bumbu.

Untuk membedakan stick talas satu dan lainnya adalah kualitas talas dan bumbu. Stik talas yang bagus biasanya warnanya bening polos, tanpa noda hitam.

2. Bakso Goreng Khas Malang

Bakso goreng sekarang sudah diproduksi di mana-mana, baik yang pedas maupun tidak. Makanan yang punya tekstur halus dan lunak di dalam namun renyah di luar ini  bisa disantap sebagai camilan atau dijadikan campuran mie ayam.

3. Keripik Pisang Coklat Lampung

Makanan manis khas lampung ini yang dibalut coklat ternyata banyak peminatnya lho. Toko ini berhasil menjual 2.705 keripik pisang dalam sebulan, atau dengan kata lain ia beromset 35 juta sebulan hanya dengan jualan keripik pisang.

4. Cireng Jawa Barat  yang Sudah Terkenal Ke Mancanegara

Siapa yang tak kenal dengan jajanan ini? Ya… cireng yang dibentuk bulat melebar lalu digoreng merupakan jajanan pinggir jalan yang enak sekaligus mengenyangkan. Sekarang sudah banyak yang mengubah atau inovasi dari makanan ringan ini, baik produk maupun cara menjualnya.

5. Gurilem Asli Bandung

Kerupuk pedas panjang khas bandung ini namanya memang cukup aneh bagi kita terutama para wisatawan. Kata gurilem dikabarkan berasal dari gurih dan pelem.

Jumlahnya masih terbatas namun rasanya sudah terkenal, bahkan pengusaha seperti maicih pun sudah membuatnya. Dulu untuk mendapatkan Gurilem anda harus ke kabutan bandung bagian barat, sekarang anda bisa menemukannya di berbagai tempat.

6. Kembang Goyang

Kue kering manis berbentuk bunga ini adalah makanan khs betawi. Mengingat kue ini yang sudah lumayan dikenal, anda bisa menemukan kembang goyang di toko makanan ringan.

7. Tahu Bakso

Camilan satu ini harganya cukup lumayan. Di kota aslinya, Semarang, harga per biji tahu bakso adalah Rp4.000,- s.d. Rp10.000. Meski dengan harga yang cukup mahal, tahu bakso di sana sangat ramai dan menggiurkan pelaku bisnis di kota lain.

Harga seperti itu dan rasa yang sangat lezat membuat camilan lezat ini cocoknya untuk oleh-oleh dan makanan camilan saat berkumpul keluarga.

8. Kerupuk Seblak Khas Bandung

Bisnis makanan ringan yang selanjutnya adalah seblak khas bandung. Siapa orang bandung yang tidak kenal dengan seblak. Makanan yang pedas berkuah dan beraroma kencur ini membuat bandung makin hits dengan masakan uniknya.

Jika di kota lain kerupuk itu di goreng, di Bandung kerupuk itu direbus. Aneh ya? iya aneh,
aneh dan menguntungkan.

9. Siomai Kering

Siomai sekarang ada yang kering lho, sama seperti bakso goreng. Hanya saja biasanya rasanya gurih, bukan pedas. Harga perbungkusnya sekitar Rp2000,-

Makanan ini sangat cocok untuk dijual di toko makanan ringan, angkringan, atau dikemas sebagus mungkin lalu dijual ke toko oleh-oleh. Siomay kering masih mempunyai peluang usaha yang sangat bagus karena belum banyak yang menjual.

10. Gorengan

Siapa yang tak kenal dengan gorengan? Camilan sejuta umat ini selalu mudah di berbagai sudut kota. Baik kota besar maupun kota kecil.

Seperti yang sering kita lihat, gerobak abang-abang gorengan selalu berisi deretan nampan plastik warna-warni. Dalam nampan-nampan itu tersedia tempe balut tepung, bakwan, tahu, ubi balut tepung, pisang molen, cireng, risol, comro, dan oncom balut tepung. Tidak lupa di sudut gerobak selalu tersimpan puluhan bahkan ratusan cabai rawit hijau sebagai teman makan gorengan.

11. Keripik Pisang  Gurih

Keripik pisang bisa dikatakan sebagai camilan yang selalu ada di setiap musim. Keripik saat ini sudah banyak variasinya. Tidak hanya jadi makanan saat lebaran, di bandung dan malang keripik mini sudah menjadi oleh-oleh khas.  Bahkan ownernya sudah beromset ratusan juta rupiah.

12. Aneka Tahu

bisnisn makanan ringan

Sumber makanan ini yang kaya akan protein ini sangat terkenal di Jawa Barat. Ia bisa disajikan dalam lauk pauk saat makan berat, maupun camilan saat santai. pada umumnya, makanan ringan berupa tahu disajikan dengan cara digoreng.

Camilan berupa makanan ini sudah sangat dikenal oleh berbagai masyarakat luas diantaranya gehu (tauge tahu), hot jeletot (merk usaha yang merupakan kependekan dari Haunted Of the Taste jeletot/pedas sehingga membuat mata melotot), tahu pong, tahu bulat, tahu gejrot, tahu Sumedang, tahu tek, kupat tahu, tahu sutra/tahu susu Lembang (olahan lain dari kedelai), dan keripik tahu.

Tahu sangat digemari masyarakat karena enak, gurih, murah, sehat, dan mudah didapat. Dan yang paling penting buat para pengusaha itu kenyataan kalau tahu sangat mudah diolah menjadi makanan apa saja.

13. Keripik Singkong

Setelah hadirnya snack kripik singkong di supermarket, seperti Qtella, Caassava, dan Piatos yang jenis singkong, makanan keripik singkong mulai banyak dicari.

Ini adalah peluang usaha, kesempatan bagi anda yang ingin membuat usaha homemade murah meriah. Meskipun perusahaan seperti Qtella telah memproduksi secara besar, harga keripik singkong pengusaha kecil biasanya lebih murah dan lebih banyak dan rasanya juga tak jauh beda, yang beda hanya bungkusnya.

14. Kuaci

Cemilan satu ini adalah teman setia para penonton TV, Penonton youtube, peminat drama korea, dan aktivitas lain yang tidak butuh banyak bergerak. Cocok juga untuk acara kumpul keluarga. Sudah siap anda menjual kuaci?

15. Makaroni Gurih

Dulu makaroni hanya digoreng dan dibungkus plastik polos. Sekarang, saking bertambahnya minat masyatrakat terhadap makanan gurih ini, sudah ada makarani bihun, makaroni basah, makarani kuah dan berbagai makaroi lainnya.

16. Mie Lidi Pedas Khas Anak SD 90an

Makanan ekstra pedas yang merupakan cemilan kghas anak SD tahun 90an sampai awal 2000an ini kembali populer. Apalagi di era digital seperti sekarang, seorang penjual mie lidi dari jawa barat bisa menembus pasar nasional.

Makanan pedas yang berasal dari tepung terigu ini, selain gampang membuatnya juga gampang menjualnya. Saya menemukan jajanan ini di berbagai tempat, mulai dari pusat makanan Rp2500, di kawasan perkantoran, sampai di mall, bahkan di tokopedia.

17. Kacang Polong

Makanan kacang polong dulu hanya kita temukan saat lebaran, sekarang sudah banyak ditemukan di toko camilan. Rasanya yang gurih dan nikmat serta asin, membuat kacang ini menjadi saingan berat kuaci.

18. Tahu Kremes

Tahu goreng ini memang banyak dijual, tapi tahu krispi ini beda. ia kremes kremes dan gurih. Bentuknya biasanya kecil dan tipis. Ia tidak terlalu mengandung minyak sehingga lebih disukai daripada gorengan

 

Demikian tadi artikel tentang bisnis makanan ringan, semoga bermanfaat. Terima kasih.