Ada beberapa cara membakar jagung agar bumbu meresap sempurna, salah satunya bisa menggunakan potongan kayu saat membakar, karena jagung tidak menyentuh tungku pembakaran sepenuhnya. Dan kali ini saya akan membahas cara atau tips tersebut.

Jagung bakar menjadi makanan favorit saat sedang berkumpul bersama keluarga atau bersama teman-teman, namun sebagian besar resep yang dipakai menggunakan jagung utuh beserta tongkolnya. Anda juga bisa menggunakan jagung pipil untuk membuat jagung bakar, asalkan anda mempunyai alat yang bisa mencegah jagung pipil jatuh ke dalam tungku pembakaran.

Pada saat malam panjang akhir tahun, banyak orang mencari jagung untuk menjadi menu makanan atau camilan dan banyak juga orang ” tertipu ” membeli jagung yang salah atau tidak enak dimakan walaupun sudah dibakar atau direbus.

Sebelum membahas bagaimana cara membakar jagur agar bumbu meresap, saya akan membahas tips atau cara memilih jagung agar dapat di nikmati bersama keluarga atau temen-teman.

Cara Memilih Jagung Yang Enak Untuk Dibakar

       1. Jagung Manis

Jagung sangat banyak jenisnya di pasaran. Agar jagung bakar terasa lebih enak untuk dimakan, pastikan jagung yang dipilih adalah jagung manis.

Jagung manis memiliki tekstur yang lunak dan rasa manis sehingga cocok untuk menjadi jagung bakar, karena memiliki kandungan gula asli yang lebih tinggi dari pada jagung yang lainnya.

       2. Pilih Jagung Matang

Jika memilih jagung yang masih muda maka tidak akan terasa manis, karena tingkat kemanisan pada jagung ini adalah rendah. Dan jika memilih jagung yang tua maka akan terasa kisut dan tidak enak untuk dimakan. Maka pilihlah jagung yang matang karena selain teksturnya lunak jagung ini mempunyai rasa yang manis untuk dimakan

       3. Perhatikan Rambut Jagung

Pada saat memilih jagung manis, perhatikan warna rambut. Pastikan untuk memilih jagung yang masih berwarna coklat tua.

Rambut jangung yang masih berwarna kemerahan maka jagung masih muda, maka sebaliknya jika warna rambutnya kehitaman maka jagung sudah tua dan tidak enak dimakan.

     4. Perhatikan Warna Daun Pada Pembungkus Jagung

Kalau yang anda temukan dipasar, jagung yang dijual biasanya masih dalam bungkusan daunnya. Maka pilihlah yang daunnya masih berwarna hijau segar.

Jangan memilih jagung yang sudah berwarna kuning dan layu, karena itu akan merukah cita rasa pada si jagung manis tersebut.

      5. Perhatikan Bulir Jagung

Pada saat membeli jagung biasanya jagung terbuka sedikit dari daun pembungkusnya, maka kita bisa melihat bulir jagung. maka pilihlah bulir jagung yang utuh dan gemuk.

jika yang ditemukan belum terbuka dari daun pembungkusnya, maka jangan dibuka. Daun pembungkus yang dibuka maka akan membuat jagung kering dan tidak sehat. Untuk mengetahui bulirnya maka bisa dengan cara di raba seluruh bagian permukaan daun pembungkus untuk mengetahui kondisi bulir yang ada didalam.

      6. Periksa Kondisi Batang

Khusus pada jagung bakar, biasanya penjual menyisakan sedikit batang pada jagung untuk digunakan menjadi pegangan.

Bisa dilihat juga pada bagian batang pada saat memilih. Baiknya pada saat memilih jagung carilah yang batangnya masih segar dan lembab, karena itu tandanya jagung masih segar.

Itulah beberapa tips atau cara untuk memilih jagung yang enak untuk dimakan pada saat bakar jagung. barulah kita masuk ke pembahasan, yaitu bagaimana cara membakar jagung agar bumbu meresap?

Cara Membakar Jagung

      1. Cara Membakar Jagung Bersama Kulitnya

cara membakar jagung

Untuk membakar jagung bersamaan dengan kulitnya, anda harus mencuci bersih dan merendam terlebih dahalu. Agar menghilangka debu dan kotoran yang ada pada kulit jagung.

Setelah direndam dan dikeringkan, letakkan jagung di atas bara api lalu bolak-balik agar matangnya merata. Untuk waktu pembakarannya pun terbilang lebih lama sekitaran 15 menit. Namun, hasilnya akan gurih dan lezat. Tidak hanya itu jagung yang dibakar akan menimbulkan bintik hitam, karena jagung dibakar hingga matang seperti dikukus.

      2. Cara Membakar Jagung Tanpa Kulit/Secara Langsung

cara membakar jagung

Dengan menggunakan cara ini beberapa jagung bertekstur hitam dan sedikit berbinyak. Sama seperti membakar jagung bersama kulitnya, jagung harus dicucu bersih agar tidak ada rambut-rambut yang tersisa pada jagung.

Setelah dicuci dan dikeringkan, bakar jagung seperti biasanya dan jangan lupa untuk di bolak-balik agar matangnya merata. Hal ini dilakukan agar jagung tidak gosong pada satu sisi .

Jangan lupa pada saat di bolak-balik oleskan bumbu yang sudah disediakan dengan sesuai selera kalian ke seluruh bagian jagung. Jika warnanya berubah kecoklatan dan sedikit bintik hitam pada jagung, maka tandanya sudah matang dan siap untuk dimakan.

      3. Cara Membakar Jagung Pipil

cara membakar jagung

Untuk membakar jagung bisa juga dengan cara dipipil, caranya yaitu siapkan macam-macam bumbu yang dicampurkan pada loyang yang berukuran 23 x 33 cm ( jika tidak ada bisa diganti sesuai yang ada ). Aduk bahan tersebut hingga merata.

Selanjutnya masukkan jagung yang sudah dipipil pada bumbu dan aduk hingga merata, jika merasa sulit dalam mepipil jagung anda bisa menggunakan mesin pemipil jagung agar mempermudah proses pemipilan pada jagung. Lalu biarkan jagung terendam pada bumbu tersebut. Dan tutup loyang tersebut lalu masukkan ke dalam lemari es selama 3 jam.

Cara membakarnya pun berbeda dari yang biasanya. Kali ini tidak menggunakan bara api yang langsung dibakar diatasnya, tapi menggunakan tungku pembakaran. Kayu yang dipakai berbeda-beda sesuai manfaatnya. Potongan kayu dengan pilihan yang tepat dapat memperkuat rasa pada jagung saat dibakar.

  • Untuk Memberikan Rasa Manis pada Jagung

Gunakan kayu pada pohon apel, kayu alder, kayu ceri atau kayu maple.

  • Untuk Memberikan Rasa Berasap yang Kuat

Menggunakan kayu pada pohon hickory atau kayu pikan.

Jika sudah 3 jam rendaman jagung diambil dan pindahkan ke tempat yang tahan dalam tungku pembakaran, jika tidak ada anda bisa memakai aluminium foil. Tutup bagian atas tempat menggunakan aluminium dan rapatkan setiap sisinya, lalu tususk beberapa tusukkan pada bagian atas.

Jika sudah maka anda bisa langsung letakkan ke atas tungku pembakaran, biarkan jagung dimasak dalam waktu 3 menit. Setelah 3 menit buka aluminium dan aduk lalu masak lagi dengan waktu 3 menit. kalau sudah 3 menit anda bisa angkat tempat dan bisa langsung disajikan. Apalagi saat masih keadaan panas.

Tidak hanya cara membakar jagung saja yang di perhatikan tapi bumbu olesnya pun harus anda perhatikan, karena itu juga salah satu yang membuat rasa pada jagung menjadi lezat.

Jangan lupa untuk menyiapakan bumbu jagung sebelum acara bakar jagung siap yah!, karena kalau tidak anda akan merasa repot dan jadinya hanya menyiapkan bumbu seadanya saja.

Jika anda ingin membuat jagung bakar menjadi lezat dan sedap, maka siapkan bumbu oles dengan beberapa variasi. saya mempunya beberapa resep bumbu oles jagung bakar yang bisa anda coba. penasaran bagaimana resepnya? simak dibawah ini ya!

    1. Bumbu Oles Jagung Bakar Manis Pedas dan Asin

pada variasi satu ini mempunyai rasa yang paling umum atau paling banyak diketahui untuk jagung bakar. Untuk membuat bumbu oles rasa manis pedas dan asin ini memerlukan beberapa bahan.

Bahan :

  • 5 sdm madu
  • 3 sdm mentega
  • 1 sdm saus sambal botolan
  • Air sedikit
  • Sejumput garam

Cara Membuat Bumbu Oles Jagung Bakar Manis Pedas dan Asin :

  1. Campurkan semua bahan yang sudah disediakan dan aduk hingga merata.

    2. Bumbu Oles Jagung Bakar Pedas Manis Bawang

Bumbu oles ini akan terasa nikmat karena menambahkan bawang putih. Untuk membuat bumbu oles rasa pedas manis bawang ini memerlukan beberapa bahan.

Bahan :

  • 5 sdm saus sambal botolan
  • 5 sdm saus tomat botolan
  • 5 sdm margarin yang sudah dilelehkan
  • 1 sdt gula pasir
  • 6 siung bawang putih dan haluskan
  • Sejumput garam

Cara Membuat Bumbu Oles Jagung Bakar Pedas Manis Bawang :

  1. Campurkan semua bahan yang sudah disediakan dan aduk hingga merata.

    3. Bumbu Oles Jagung Barbeque

Banyak orang menggemari rasa barbeque, dan ternyata rasa ini cocok juga untuk bumbu olesan jagung bakar. Cara membuatnya juga tidak terlalu susah, karena sudah banyak saus barbeque yang tersedia di toko dan supermarket yang siap pakai.

Bahan :

  • 3 sdm saus BBQ
  • 2 sdm saus sambal botolan
  • 3 sdm margarin yang sudah dilelehkan
  • 1 sdm madu

Cara Membuat Bumbu Oles Jagung Bakar Barbeque :

  1. Campurkan semua bahan yang sudah disediakan dan aduk hingga merata.

    4. Bumbu Oles Jagung Bakar Blackpepper

Apa anda pecinta pedas? atau penyuka rasa lada hitam? kenapa tidak coba untuk membuat bumbu oles jagung bakar?. Bikinnya gampang dan tidak makan waktu. Bahannya juga gampang untuk dicari.

Bahan :

  • 3 sdm margarin yang sudah dilelehkan
  • 3 sdm saus blackpapper
  • 1 sdm madu

Cara Membuat Bumbu Oles Jagung Bakar Blackpepper :

  1. Campurkan semua bahan yang sudah disediakan dan aduk hingga merata.

    5. Bumbu Oles Jagung Bakar Garlic and Cheese

Ingin mencoba rasa baru yang antimenstrim? kalian bisam mencoba rasa garlic and cheese. Perpaduan rasan pada bawang putih dan keju yang gurih, pas untuk anda yang menyukai asin/gurih

Bahan :

  • 3 sdm krim keju
  • 1 sdm bubuk bawang putih
  • 2 sdm margarin yang sudah dilelehkan
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk

Cara Membuat Bumbu Oles Jagung Bakar Garlic and Cheese :

  1. Campurkan semua bahan yang sudah disediakan dan aduk hingga merata.

 

Itu dia beberapa variasi resep membuat bumbu oles jagung bakar. Semakin nikmat dimakan bersama keluarga dan teman-teman. Sekarang tidak bingung lagi bagaimana cara membakar jagung, bumbu apa saja yang harus disiapkan untuk acara berkumpul bersama-sama bukan?.

Tapi perlu diperhatikan juga baik buruknya memakan makanan yang dibakar yah!, apa lagi untuk bumil/wanita hamil. Dari informasi yang saya dapat menyebutkan bahwa ibu hamil dilarang mengonsumsi berlebihan makanan yang dibakar.

Boleh saja mengonsumsi makanan yang dibakar asalkan perhatikan campuran bumbunya, jangan terlalu banyak menggunakan MSG, garam, dan bahan pengawet. Karena itu membantu menyelamatkan kesehatan janin di dalam kandungan.

Tidak hanya bumbu saja yang harus diperhatikan tetapi kematangan makanan tersebut juga harus diperhatikan, karena tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dibakar setengah matang contohnya seperti sate ayam yang hanya di bakar setengah matang atau sate kambing yang hanya dibakar setengah matang dan lain sebagainya. Namun membakar hingga gosong pun tidak bagus untuk dikonsumsi ibu hamil.

Selamat mencoba untuk membuat bumbu oles berbagai rasanya dan jangan lupa pantangan untuk si bumil yah!.