Home » Artikel » Artikel Proses » Bunda…! Ini Loh Cara Membuat Abon Ayam Super Enak, Coba Yuk..!

Bunda…! Ini Loh Cara Membuat Abon Ayam Super Enak, Coba Yuk..!

Sekilas Tentang Abon

 

Cara Membuat Abon Ayam

 

Tahu Abon ya? Pastinya anda sudah tahu. Abon ini makanan yang populer. Dimana-mana ada. Hampir bisa dipastikan, makanan ini adalah salah satu lauk tambahan favorit keluarga indonesia.

Abon merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar daging hewan. Makanan ini dominan mempunyai warna cokelat. Secara ciri, abon mempunyai seperti serat-serat kapas daging yang telah diolah menjadi bentuk serpihan daging berukuran kecil.

Kelebihan abon, dengan sistem penyimpanan yang kering dan hampir tidak sisa kadar air, abon awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang rapat dari udara luar.

Pada umumnya abon terbuat dari bahan daging sapi atau kerbau. Bahkan umumnya orang mengetahui bahwa hanya daging sapi dan kerbau lah yang bisa dijadikan bahan pembuatan abon.

Padahal semua jenis daging termasuk daging ikan dan  termasuk daging ayam dapat digunakan untuk pembuatan abon. Bahan-bahan lain ini tak kalah enak jika diproses menjadi abon. Seperti abon dengan bahan daging ayam yang akan kita coba buat berikut ini.

Macam-Macam Jenis Abon

Variasi bahan dasar abon membuat kita mempunyai banyak pilihan, dan juga ini merupakan sebuah peluang untuk dijadikan penghasilan. Apa bisa?

Ya kita pastikan bisa. Sekarang, yang masanya era teknologi maju, kita dapat memanfaatkan alat untuk mempermudah dan memaksimalkan agar capaian sesuai dengan hasil yang kita inginkan. Tentu produksi akan berkualitas dan mempunyai kuantitas maksimal.

Tidak hanya itu, Abon sendiri sudah dikenal dan banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Penggemarnya pun beragam dan mempunyai nilai jual yang baik.

Ada banyak Jenis Abon yang beredar di masyarakat, Baca ! Macam-macam Abon yang populer di Masyarakat sekaligus cara membuatnya.

Tentang Pemasaran Abon

Selain itu, dari cara memasarkan pun sudah dipermudah oleh teknologi yang ada. Ketika masuk ke pemasaran melalui internet maka akan sangat mudah dalam proses penjualannya. Anda bisa menjual secara online melalui website sendiri atau melalui marketplace seperti bukalapak dll.

Dengan kemudahan teknologi dan perkembangannya yang sudah ada ini tentunya sangat menarik untuk menjadi sebuah peluang usaha yang mempunyai prospek baik.

Baik, apakah sulit membuat abon? saya kira tidak ya. Jaman sekarang, semua serba mudah. Semua dimudahkan. Asal kita aktif mencari sumber informasi. Tidak Mager, Alias malas Gerak.

Sumber informasi terbesar saat ini, seperti Google, menjadi sumber utama dalam mencari informasi, yang akhirnya bisa ketemu artikel ini bukan? Dan ketemulah Artikel Cara Membuat Abon Ayam yang Gurih dan Enak.

Cara Membuat Abon Ayam yang super Enak

Baik, untuk membuat abon ayam, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Berikut kami sampaikan Cara Membuat Abon yang super Enak untuk Anda.

Bahan yang Perlu Disiapkan

Berikut adalah bahan yang harus disiapkan untuk membuat abon ayam :

  • Daging ayam dengan berat 5 kg
  • Ketumbar dengan berat 25 g
  • Kemiri dengan berat 125 g
  • Gula merah dengan berat 350 g
  • Bawang merah dengan berat 150 g
  • Bawang putih dengan berat 50 g dan
  • Garam dapur dengan berat 200 g

Langkah-langkah Cara membuat Abon Ayam yang Super Enak

Setelah semua bahan sudah siap, langsung menuju ke langkah dan cara membuat abon ayam yang super enak, berikut langkahnya :

  1. Daging ayam dipotong dengan ukuran perpotong 4 x 4 x 4 cm atau sebisanya, yang penting dipotong ukuran kecil
  2. Selanjutnya dicuci dengan air bersih, sehingga bebas dari kotoran dan sisa darah ayam.
  3. Daging ayam yang telah dipersiapkan diatas ditimbang seberat 5 kg, atau sesuai dengan keingingan Anda.
  4. Daging ayam yang sudah terpotong-potong dimasukkan ke dalam air mendidih selama 30-60 menit.
  5. Setelah selesai, lalu didinginkan, dan tumbuk daging yang telah direbus, lalu pisahkan serat-seratnya dengan pisau atau untuk lebih mudah bisa dengan menggunakan mesin suwir daging abon ayam.
  6. Tumbuk ketumbar, kemiri, gula merah, bawang merah, bawang putih, dan garam dapur sesuai dengan takarannya tersebut jadi satu. Tumbuk sampai halus, campur, dan aduk sampai semuanya tercampur secara homogen, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan.
  7. Timbang daging kelapa seberat 3 kg, lalu parut dan peras santannya dengan menambahkan air panas secukupnya.
  8. Masukkan santan yang dihasilkan ke dalam wajan.
  9. Tambahkan ke dalamnya daging yang telah disuwir-suwir menggunakan mesin pembuat abon ayam tadi (dipisahkan dalam bentuk serat-serat daging) dan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan, aduk sampai merata, lalu panaskan di atas kompor sampai kering dan tiriskan di atas. Pemakaian mesin akan mempermudah dan memberikan hasil maksimal.
  10. Panaskan minyak goreng sebanyak 0,5 kg dalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang, masukkan ke dalamnya daging ayam yang telah dipersiapkan sedikit demi sedikit dan goreng sampai kering dan berwarna coklat muda, lalu tiriskan secara manual, atau juga dapat meniriskan minyak memakai mesin peniris minyak abon  dan kemudian dinginkan. Kalau hasilnya mau maksimal, dalam penggorengan, pake minyak goreng kelapa juga ya.
  11. Proses terahir kemas abon ayam yang dihasilkan dalam kantong plastik atau kemasan lainnya, atau bisa juga langsung dimakan jika Anda ingin mencicipinya.

Nah itu tadi ulasan tentang Langkah Membuat Abon Ayam yang Super Enak, semoga dapat dijadikan referensi untuk membuat abon ayam yang enak.

Selain cara membuat abon ayam ini juga ada tips dan resep cara membuat abon lainnya, seperti dari Ikan, Lele anda bisa juga mempelajari pada artikel cara membuat abon ikan atau cara membuat abon lele pada tulisan kami sebelumya.

Semoga beberapa tips diatas bisa dijadikan sebagai peluang usaha abon.

Selamat mencoba dan Terimakasih.

By | 2017-11-16T18:38:28+00:00 Oktober 29th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Bunda…! Ini Loh Cara Membuat Abon Ayam Super Enak, Coba Yuk..!

About the Author: