Tips Cara Membuat Amplang Anti Gagal

cara membuat amplang

Halo guys, Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat amplang yang dijamin bikin ketagihan loh . Yuk simak pembahasannya, sebelumnya udah pada tau belum nih kerupuk ini berasal dari mana?

Sejarah

Sejarah amplang sering dikait kaitkan dengan Samarinda, ibukota Kalimantan Selatan. Karena pembuatan amplang di Kota Samarinda ternyata sudah di temukan sejak tahun 1970an.

kerupuk ini dikenal juga dengan nama kerupuk kuku macan dan mempunyai Rasa yang gurih. Amplang disebut kuku macan karena apabila diperhatikan amplang jenis ini memiliki bentuk mirip dengan kuku macan, si raja hutan, dan ukurannya sekitar seujung jari kelingking atau ibu jari sehingga mudah disantap dalam satu kali suapan.

Amplang atau kuku macan merupakan sejenis kerupuk yang terbuat dari campuran tepung tapioka, bumbu dan rempah, serta ikan pipih atau ikan tenggiri khas dari perairan Sungai Mahakam dan juga Sungai Karang Mumus. Menurut tradisi sebenarnya amplang dibuat menggunakan ikan pipih atau ikan belida, namun karena sekarang sudah semakin langka maka bahan utamanya diganti menjadi ikan tenggiri atau ikan gabus.

Setelah terkenal di Samarinda, pembuatan amplang ini menyebar sampai ke beberapa daerah di Kalimantan yaitu Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak hingga ke Sabah, Malaysia. Pada saat ini Amplang merupakan oleh-oleh khas dari Kalimantan Timur.

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida Kering atau Basah

Cara Membuat Amplang

Ikan tenggiri yang menjadikan amplang begitu gurih dan krispi saat digigit. Sebenarnya, tidak ada keharusan atau kewajiban menggunakan kedua jenis ikan tersebut sebagai bahan dasarnya. Ikan jenis lain juga dapat digunakan, seperti ikan haruan (ikan gabus), tetapi rasanya nanti akan berbeda. Cara membuat amplang pun termasuk mudah, pertama Ikan tenggiri dikerik untuk diambil dagingnya. Daging ikan lalu dicampur dengan telur dan bumbu hingga berwarna berubah menjadi kecoklatan.

Adonan kerupuk ini lalu diaduk, diremas-remas, agar benar-benar bercampur rata dan bumbunya meresap. Selanjutnya adonan dicampur dengan tepung tapioka, diaduk-aduk, dibanting-banting, hingga menyatu. Baru kemudian dicetak dan dipotong-potong aneka bentuk sesuai dengan keinginan.

Kerupuk amplang yang sudah dipotong langsung digoreng di wajan besar yang terisi penuh oleh minyak panas. Cara menggorengnya yaitu dengan dilakukan berulang, hingga kerupuk berwarna kecoklatan dan dirasa cukup renyah. Tidak jarang setelah kerupuk diangkat dari penggorengan, tetapi dirasa masih kurang renyah setelah dicicipi, bisa digoreng lagi.

Amplang yang baik bisa bertahan hingga sekitar satu tahun, namun terlalu lama juga tidak baik. Bahan pembuatan amplang juga sangat mudah didapat, sehingga cara membuat amplang juga menjadi mudah hanya saja memerlukan waktu yang cukup lama. yuk simak cara membuat amplang berikut:

Bahan – bahan :

  • ikan tenggiri/gabus ( 1 KG )
  • Tepung sagu 2 Kg
  • Bawang Putih secukupnya
  • Garam 4/5 Ons
  • Air 750 ml
  • Penyedap Rasa (merek apa saja) 1/5 ons
  • Minyak Untuk menggoreng

Cara Membuat Amplang :

  1. Giling ikan segar yang sudah bersih sampai halus kemudian campurkan dengan air, garam, serta penyedap rasa. Aduk semuanya hingga adonan rata.
  2. Setelah adonan merata, tambahkan tepung sagu yang telah disiapkan tadi kemudian diuleni.
  3. Ambil dan timbang adonan sekitar 1 Kg kemudian bentuk menjadi tabung dan memanjang.
  4. Rebus Adonan yang telah dibentuk sekitar 1 jam, setelah itu jemur adonan jika ingin hasil yang lebih bagus.
  5. Setelah dijemur, iris halus adonan, kemudian goreng selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang sambil diaduk agar tidak gosong, setelah matang angkat lalu tiriskan.
  6. Masukan amplang ke dalam plastik atau toples yang kedap udara.

Mudah bukan cara membuat amplang?. Tapi gimana kalau ada yang alergi dengan ikan? saya juga akan beri tau nih gimana cara membuat amplang tanpa ikan dan yang pastinya lebih simple loh. Yuk simak

Cara Membuat Amplang Tanpa Ikan

Bahan-bahan:

  • 1/2 tepung kanji atau tapioka
  • 2 bungkus rayco ayam atau penyedap lainnya
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sendok mentega
  • 4 butir telur

Cara Membuat Amplang :

  1. Haluskan bawang putih, lalu campurkan semua bahan bahan.
  2. Aduk adonan sampai kalis.
  3. Bentuk panjang atau sesuai selera lalu goreng dengan api sedang.
  4. Amplang siap dimakan.

Peluang dan Analisa Usaha Amplang

Kerupuk kuku macan dengan rasa ikan memang menjadi salah satu camilan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota Samarinda. Proses pembuatan kerupuk kuku macan atau yang lebih sering di sebut amplang memang terbilang sangat mudah dan cukup sederhana. Namun dengan sentuhan kreasi dan inovasi membuat camilan kerupuk kuku macan memiliki ciri khas tersendiri bagi setiap produsen.

Camilan kerupuk kuku macan atau amplang juga dapat bertahan lama hingga berbulan-bulan tapi tentu saja dengan cara membuat amplang yang tepat. Untuk menikmati makanan ini memang cocok sebagai camilan dan dapat juga sebagai teman makan nasi apa lagi cara membuat amplang yang mudah. Rasa kerupuk kuku macan yang menggoda membuat banyak orang suka dan ketagihan. Kerupuk kuku macan ini digandrungi banyak kalangan mulai dari anak-anak hinga orang dewasa bahkan orang tua.

Cita rasa kerupuk amplang yang sangat khas membuat kerupuk dari Samarinda ini makin popular di Indonesia. Peminatnya tidak hanya datang dari dalam negeri saja, tetapi sampai mancanegara banyak yang mencari kerupuk kuku macan. Penggemar kerupuk amplang yang meningkat membuat peluang usaha kerupuk tersebut kini makin semakin cerah dan sangat menguntungkan.

Bisnis kerupuk amplang yang sangat berpotensi dan memiliki prospek menguntungkan membuat pelaku usaha ini menjadi tumbuh subur. Meski bisnis ini telah lama dijalankan masyarakat dari jaman dahulu, namun hingga jaman sekarang usaha kerupuk ini masih sangat menguntungkan. Pertumbuhan usaha dari waktu ke waktu berkembang sangat pesat.

Usaha kerupuk amplang juga cara membuat amplang kini menjadi perbincangan banyak orang, jumlah pengemar kerupuk amplang yang tinggi mendatangkan potensi yang sangat menjanjikan. Potensi usaha amplang dari tahun ke tahun memang menunjukkan profit yang selalu besar dan terus meningkat, Cara membuat amplang pun bisa dikatakan mudah. Hal tersebut membuat peluang dari usaha kerupuk amplang menjadi salah satu peluang usaha kerupuk yang sangat menguntungkan.

Memulai usaha amplang

Jika Anda telah memutuskan untuk memulai usaha kerupuk amplang tidaklah begitu sulit. Usaha ini dapat dijalankan dengan menggunakan modal kecil, dimana usaha ini dapat dijalankan di rumah langsung dengan cara memanfaatkan perabot rumah tangga yang sudah ada sebagai keperluan produksinya itu karena cara membuat amplang yang mudah

Selain itu anda juga tidak perlu bingung memikirkan bagaimana cara membuat amplang karena sekarang ini di internet sudah beredar berbagai macam resep amplang. Jika anda sudah yakin dan optimis maka usaha anda akan dapat berpeluang besar meraih kesuksesan. Anda tidak perlu pusing-pusing untuk mencari modal tinggi agar dapat tercimpung di dalam usaha ini sehingga usaha kuku macan dapat dimulai dengan langkah usaha yang mudah.

Pelaku usaha kerupuk Amplang ?

Usaha kerupuk amplang dapat dijalankan bagi semua orang yang ingin memiliki bisnis kuliner sukses dan juga cemerlang. Cara membuat amplang yang cukup mudah dan juga cara pemasarannya yang bisa dibilang tidak sulit menjadikan usaha ini bisa dilakukan oleh siapapun. Usaha amplang ini bisa dijalankan oleh berbagai profesi, bisa juga bagi Anda dari ibu rumah tangga, buruh, petani, sopir, pelajar, guru, mahasiswa,  pegawai, karyawan, pedagang,  dan lainnya.

Lokasi strategis dalam penjualan amplang

Untuk menjual kerupuk amplang, Anda bisa memilih tempat atau lokasi yang tepat, strategis serta ramai. Pemilihan tempat yang berlokasi ramai dengan banyak orang yang berlalu lalang serta kawasan padat penduduk akan meningkatkan angka penjualan. Anda dapat menjalankan usaha kerupuk amplang ini di daerah pemukiman seperti sekolah, mall, kawasan pabrik, lingkungan kampus, tempat hiburan dan wisata juga di pusat kota ataupundimanapun yang sekiranya strategis..

Strategi promosi usaha amplang

Untuk dapat menjalankan pemasaran usaha kerupuk amplang memang bisa ditempuh dengan berbagai upaya, selain mengetahui cara membuat amplang yang enak juga melalui promosi. Promosi dapat dikeluarkan lewat mulut ke mulut. Olahan kerupuk ini harus diolah dengan enak sehingga disukai oleh banyak orang sehingga promosi bisa berjalan dengan sendirinya, hal ini juga akan membuat promosi lebih efektif dan juga diperbincangkan oleh banyak orang. Selain itu usaha kerupuk ini dapat dipromosikan dengan memanfaatkan media social aeperti facebook, we chat, bbm, twitter, instagram, whatsApp, dan lainnya. Anda juga dapat memasang banner dan spanduk dengan desain usaha kerupuk amplang yang menarik juga ditempatkan dilokasi ramai agar dapat dilihat oleh banyak orang.

Keuntungan pilihan menjalankan usaha amplang

Keuntungan apabila Anda memilih terjun di usaha kerupuk amplang yaitu, cara membuat amplang yang mudah, selain itu keruk ini merupakan camilan tradisional khas Samarinda yang banyak digemari dan diburu oleh masyarakat, dengan harga yang relatif murah serta mudah untuk dijangkau bagi banyak orang dengan berbagai kalangan.

Rasanya yang disukai banyak orang dengan rasa gurih, enak dan lezat menjadikan peluang usaha dengan kerupuk kuku macan sangat cocok sebagai pilihan usaha makanan yang menjanjikan laba yang menggiurkan.

Anda berminat untuk mencoba menjalankan usaha kerupuk amplang dengan peluang usaha yang cukup cemerlang? Usaha kerupuk ini tentu saja menjadi salah satu pilihan usaha yang menggiurkan dan menjanjikan.

Dengan mengetahui detail tentang dan juga gambaran usahanya maka Anda akan mengerti dan paham seluk beluk dari usaha kerupuk amplang itu sendiri. Hal ini sangat penting dibutuhkan agar saat menjalankan usaha ini Anda tak salah arah juga dapat menjalankan bisnis secara lancar.

Analisis usaha amplang

  • Etalase/gerobak selama waktu 5 tahun
  • Kompor dan gas selama waktu 5 tahun
  • Wajan selama waktu 5 tahun
  • panci selama waktu 5 tahun
  • Mesin meat grinder selama waktu 5 tahun
  • Mixer kerupuk selama waktu 5 tahun
  • hand sealer selama waktu 5 tahun
  • Pisau selama waktu 3,5 tahun
  • Meja selama waktu 5 tahun
  • Kursi selama waktu 5 tahun
  • Tempat penjemuran kerupuk selama waktu 3,5 tahun
  • Toples selama waktu 3,5 tahun
  • Wadah selama waktu 3,5 tahun
  • Spinner selama waktu 5 tahun
  • Masa selama waktu 3,5 tahun
  • Nampan dan serbet selama waktu 3,5 tahun
  • Timba selama waktu 3,5 tahun
  • Peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Investasi

PeralatanHarga  
etalase/gerobakRp.     2,021,000
kompor dan gasRp.        326,300
wajanRp.        387,200
panciRp.         318,100
mesin meat grinderRp. 1,241,800
mesin mixer kerupukRp. 1,546,000
mesin hand sealerRp.    1.394.000
pisauRp.        125,000
mejaRp.     1,232,400
kursiRp.         914,200
tempat penjemuran kerupukRp.        236,200
toplesRp.        125,000
wadahRp.         117,000
spinnerRp.     2,316,700
piringRp.          78,200
nampan dan serbetRp.          62,600
timbaRp.           92,700
Peralatan tambahan yang lainnyaRp.          32,400
Jumlah InvestasiRp. 12,566,800

 Biaya Tetap usaha amplang

Biaya TetapNilai
Penyusutan etalase/gerobak 1/62 x Rp. 2.021.000Rp.          33,000
Penyusutan kompor dan gas 1/62 x Rp. 326.300Rp.            5,800
Penyusutan wajan 1/62 x Rp. 387.200Rp.             6,300
Penyusutan panci 1/62 x Rp. 318.100Rp.            5,000
Penyusutan mesin meat grinder 1/62 x Rp. 1.241.800Rp.          20,000
Penyusutan mesin mixer kerupuk 1/62 x Rp. 1.546.000Rp.          25,000
Penyusutan mesin hand sealer 1/62 x Rp. 346.400Rp.            6,000
Penyusutan pisau 1/44 x Rp. 125.000Rp.            4,000
Penyusutan meja 1/62 x Rp. 1.232.400Rp.          20,000
Penyusutan kursi 1/62 x Rp. 914.200Rp.           15,000
Penyusutan tempat penjemuran kerupuk 1/44 x Rp. 236.200Rp.             5,300
Penyusutan toples 1/44 x Rp. 125.000Rp.            4,000
Penyusutan wadah 1/44 x Rp. 117.000Rp.            3,000
Penyusutan spinner 1/62 x Rp. 2.316.700Rp.          37,300
Penyusutan piring 1/44 x Rp. 78.200Rp.             1,400
Penyusutan nampan dan serbet 1/44 x Rp. 62.600Rp.             1,300
Penyusutan timba 1/44 x Rp. 92.700Rp.             1,900
Penyusutan peralatan lainnnya 1/44 x Rp. 32.400Rp.                600
gaji karyawanRp.    1,300,000
Total Biaya TetapRp.  1,494,900

 Biaya Variabel usaha amplang

Biaya Variabel
ikan tenggiriRp. 280,000x30=Rp.     8,400,000
saguRp.  156,000x30=Rp.     4,680,000
bawang putihRp.    54,000x30=Rp.     1,620,000
garamRp.    10,000x30=Rp.       300,000
penyedap rasaRp.    18,000x30=Rp.       540,000
minyak gorengRp.    15,000x30=Rp.       450,000
plastikRp.    35,000x30=Rp.     1,050,000
pengemasRp.    13,000x30=Rp.       390,000
gas LPGRp.     17,500x30=Rp.       525,000
sewa tempatRp.    15,000x30=Rp.       450,000
air dan listrikRp.    15,000x30=Rp.       450,000
Total Biaya VariabelRp. 18,855,000

 

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel =Rp. 20,349,900

 

Pendapatan per Bulan
   20bungkusxRp. 40,000=Rp.     800,000
Rp.  800,000x  30hr=Rp. 24,000,000

 

Keuntungan per Bulan
Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.    24,000,000 20,349,900=Rp. 3,650,100

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan =Rp. 11,519,200: 3,650,100=           3bln

Kesimpulan

Dari perhitungan analisa usaha kerupuk amplang maka Anda harus mengeluarkan uang atau biaya yang bernilai sekitar Rp 12,566,800 yang akan digunakan untuk biaya investasi, anggaran alokasi pemakaian biaya tetap yang bernilai Rp 1,494,900 untuk kebutuhan biaya variabel dengan jumlah uang sebesar  Rp 18,855,000, serta anggaran Rp 20,349,900 untuk jumlah biaya operasional.

Melalui analisa usaha amplang ini dapat simpulkan bahwa untuk waktu satu bulan, total yang di penjual dapatkan melalui penjualan kerupuk sebanyak 20 bungkus dalam sehari dengan harga Rp 20.000 per bungkus. Dan akan mendapatkan rata-rata penjualan kerupuk perhari dengan mengantongi uang berjumlah Rp 800,000.

Namun jika dihitung dalam waktu satu bulannya maka akan menghasilkan Rp 3,650,100. Sehingga dapat disimpulkan apabila usaha amplang ini sangat menguntungkan dengan harga nilai jual yang terjangkau. Supaya kembali modal dari usaha ini membutuhkan waktu selama 3 – 4 bulan.

Dalam menjalankan usaha kerupuk amplang, mesin hand sealer memang sangat dibutuhkan tentu saja selain tau bagaimana cara membuat amplang. Mesin hand sealer merupakan mesin yang berguna untuk merekatkan, menempelkan atau mengepress kemasan plastik.

Karena harganya yang terjangkau atau murah, membuat Impulse Sealer atau Hand Sealer dicari dan dibutuhkan oleh banyak sekali orang terutama pengusaha makanan. Alat Pres Plastik ini memang sangat berguna, dengan ukuran yang bisa dikatakan kecil dan mudah untuk dipindahkan, dan pastinya hemat energi listrik. Bagi Anda yang ingin usaha kerupuk amplang, anda membutuhkan mesin Hand Sealer, maka Anda bisa menemukannya secara langsung di Rumah Mesin Yogyakarta atau klik Hand Sealer .

Demikian ulasan cara membuat aplang, peluang usaha kerupuk amplang dan analisa usahanya yang bisa dijadikan bahan referensi saat Anda memulai serta menjalankan usaha tersebut.

Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel cara membuat amplang dan analisis usahanya ini, semoga informasi mengenai peluang usaha kerupuk jenis kuku macan dan analisa usahanya tersebut bisa sangat bermanfaat untuk memberikan kemudahan bagi usaha Anda.

 

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •