Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida Kering atau Basah

Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida Kering atau Basah

Tentang Kerupuk Ikan Belida

Salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Kapuas hulu dan bahkan para turis yang datang ke Indonesia adalah kerupuk basah atau kerupuk ikan belida. Maka disini, kami sajikan Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida

Kerupuk yang memang memiliki rasa khas ini memang terkenal bisa membuat lidah orang yang memakan nya akan ketagihan dan ingin terus mencicipinya.

Kerupuk basah ini memang terbuat dari daging ikan belida, yang membuat orang lebih menyukainya adalah karena bumbu yang di taburkan di atasnya sangat enak dan menggoda lidah. Ikan belida sendiri memang sulit untuk ditemukan dan tidak cukup sulit untuk menemukan ikan belida.

 

Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida

 

Ikan belida memang memiliki rasa yang gurih dan renyah meskipun di makan dalam keadaan digoreng atau lain nya, sehingga akan sangat cocok jika digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan. Ikan ini cukup sulit untuk ditemukan, sehingga ini menjadi peluang bagi anda untuk memproduksi kerupuk ikan belida dalam skala yang lebih besar agar bisa menyuplai kebutuhan kerupuk ikan belida di berbagai daerah yang semakin tinggi.

Dengan adanya kerupuk ikan belida basah atau kerupuk ikan kering memang menjadi suatu inovasi yang membuat hasil olahan ikan menjadi lebih banyak, bahkan banyak para pengusaha yang mulai mencoba membuat kerupuk basah karena memang banyak konsumen yang juga lebih memilih kerupuk basah di bandingkan dengan kerupuk ikan yang digoreng.

Dalam pembuatan kerupuk ikan belida tidaklah sulit, hampir sama dalam pembuatan kerupuk ikan lain nya, langkah-langkah nya juga terbilang sama, sehingga anda bisa menggunakan satu mesin atau alat untuk membuat beberapa produk, seperti kerupuk ikan belida, kerupuk ikan tenggiri, kerupuk ikan gabus dan lain sebagainya.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida

Dan bagi anda yang ingin mencoba membuat kerupuk ikan belida, berikut kami akan mengulaskan Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida Kering atau Basah di bawah ini:

 

Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan dalam pembuatan kerupuk ikan belida adalah anda harus mencuci bersih ikan belida tersebut, kemudian pisahkan daging ikan belida dengan tulang nya, pastikan bahwa tidak ada satupun tulang yang menempel pada daging karena tulang tersebut akan mempengaruhi hasil kerupuk ikan nantinya. Untuk memisahkan nya dengan sempurna, gunakan mesin pemisah tulang.
  1. Setelah itu ambil daging ikan belida tersebut dan potong kecil-kecil agar mudah ketika dihaluskan, setelah selesai anda haluskan daging ikan belida tersebut dengan menggunakan mesin pengggiling daging atau dengan menggunakan blender jika memang daging yang anda haluskan tidak terlalu banyak.
  1. Kemudian haluskan atau giling bawang putih hingga merata dan campurkan dengan daging ikan belida yang sudah halus tersebut.
  1. Setelah itu masukkan daging ikan belida yang sudah halus dan telah tercampur dengan bawang putih tersebut ke dalam sebuah wadah dan tambahkan tepung terigu secukupnya sedikit demi sedikit sambil di aduk agar bisa merata.
  1. Kemudian masukkan air, merica dan garam secukupnya ke dalam adonan daging tersebut.
  1. Aduk adonan kerupuk ikan belida tersebut hingga merata dan kalis atau tidak lengket lagi.
  1. Setelah kalis, anda bisa membentuk atau mencetak adonan tersebut dengan selera anda, atau anda bisa menggunakan cetakan plastik atau memasukkan nya ke dalam plastik atau daun pisang.
  1. Setelah itu masukkan adonan yang sudah anda bentuk tadi ke dalam alat pengukus, dan tunggu selama 1-2 jam agar adonan tersebut matang atau mengembang. Untuk mengetahui apakah adonan sudah matang, anda bisa memasukkan lidi ke dalam adonan dan jika sudah tidak lengket, maka adonan tersebut sudah matang.
  1. Setelah matang, anda bisa mengangkat adonan kerupuk ikan tadi dan simpan dalam wadah hingga adonan kerupuk ikan belida tersebut menjadi dingin dan bisa di iris tipis-tipis, kemudian jemur atau keringkan kerupuk ikan belida tersebut di bawah sinar matahari atau dengan menggunakan mesin pengering kerupuk.
  1. Kemudian goreng kerupuk ikan tersebut atau anda bisa menyimpan nya dalam bentuk kering.

Atau anda juga bisa menggunakan metode basah, yaitu dengan memasukkan adonan ikan yang sudah digulung ke dalam air yang mendidih dan tunggu hingga mengembang. Kemudian anda sajikan di atas piring adonan yang sudah matang tadi. Dan tambahkan bumbu kacang atau sambal sebagai pelengkap dan hidangan kerupuk ikan belida atau kerupuk basah sudah siap untuk di santap.

 

Itulah Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida Kering atau Basah yang bisa kami berikan untuk anda. Kerupuk ikan belida basah juga rasanya tidak jauh berbeda dengan kerupuk ikan biasanya, dan banyak juga orang yang mencari kerupuk ikan belida basah karena bumbunya yang nikmat.

Namun kelemahan nya adalah kerupuk basah tersebut tidak bisa bertahan lama sehingga hanya bisa dikonsumsi pada hari itu juga. Oleh karena itulah makanan ini akan sangat cocok jika di sajikan pada lestoran dan lain sebagainya sehingga anda masih bisa memulai bisnis yang juga menguntungkan dengan membuat kerupuk ikan belida basah.

 

Demikian informasi tentang Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida Kering atau Basah yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

By |2017-10-16T09:13:40+00:00April 30th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Kerupuk Ikan Belida Kering atau Basah

About the Author:

WhatsApp chat