Home » Artikel » Artikel Proses » 8 Tahapan Penting Dalam Membuat Kerupuk Ikan yang Enak dan Gurih

8 Tahapan Penting Dalam Membuat Kerupuk Ikan yang Enak dan Gurih

8 Tahapan Penting dalam membuat Kerupuk Ikan Yang Enak dan Gurih

 

Tahapan yang dilakukan dalam pembuatan kerupuk ikan memang cukup banyak untuk mengahasilkan kerupuk ikan yang gurih dan nikmat. Selain itu banyaknya jenis ikan yang bisa digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan membuat berbagai rasa jenis kerupuk ikan memiliki keistimewaan tersendiri.

 

Tahapan Dalam Membuat Kerupuk Ikan yang Enak dan Gurih

Teknik yang digunakan dalam pembuatan nya juga akan mempengaruhi rasa yang dihasilkan pada kerupuk ikan nantinya. Bukan hanya itu saja, bahan baku juga mempengaruhi rasa yang akan dihasilkan, anda harus bisa menyiapkan bahan baku yang segar agar rasa yang tercipta selalu sama dan kualitasnya tidak berubah atau bahkan menurun.

 

Bila anda menggunakan bahan baku yang berubah-ubah kesegaran nya, maka bukan hanya rasa saja yang akan berubah, tapi bau nya juga akan berubah dan hal ini akan mempengaruhi konsumen anda. Karena rasa adalah hal yang paling utama.

Ada banyak jenis ikan yang bisa anda gunakan dalam pembuatan kerupuk ikan ini, namun untuk kali ini kami hanya akan memberikan tahapan pembuatan serta bumbu umunya saja. Anda bisa memilih jenis ikan apa yang akan anda gunakan sesuai selera anda karena semua jenis ikan yang digunakan memang terbilang sama dan tidak memiliki banyak perubahan dalam bumbu tambahan nya.

Dan berikut ini kami ulaskan untuk anda * Tahapan penting dalam membuat kerupuk ikan yang enak dan gurih:

1.) Mempersiapkan Bahan Yang Akan Digunakan

  • Daging ikan yang sudah dihaluskan sebanyak 500 gram.
  • Tepung tapioca sebanyak 1 kg.
  • Telur bebek atau telur ayam sebanyak 6 butir.
  • Garam sebanyak 1,5 ons.
  • Soda sebanyak 0,25 ons.
  • Gula sebanyak 500 gram.

2.) Persiapan Bahan Jadi

  • Cuci ikan yang sudah anda persiapkan sebelumnya, jika memang belum dihaluskan, anda fillet terlebih dahulu ikan tersebut.
  • Ambillah ikan yang sudah anda fillet tersebut menggunakan sendok dengan cara dikerupuk.
  • Haluskan daging yang akan anda gunakan dengan mesin penggiling daging hingga halus.
  • Timbanglah ikan yang sudah halus tersebut hingga mencapai 500 gram.
  • Timbang bahan-bahan tambahan yang sesuai dengan resep di atas.

3.) Membuat Adonan

Campurkan daging halus yang sudah anda siapkan tadi dengan garam, telur, gula dan soda sambil diremas-remas, kemudian masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga adonan tersebut rata secara sempurna dan bumbu bisa merata. Pastikan bahwa adonan sudah tidak lengket di tangan, dan bila perlu anda bisa menambahkan sedikit air agar adonan bisa kalis dengan sempurna.

4.) Pembungkusan

Adonan yang sudah anda buat tadi harus anda cetak atau dibentuk dengan besar sesuai keinginan anda, dan kemudian bungkuslah dengan daun pisang atau plastik yang sudah anda persiapkan untuk kemudian di masukkan ke dalam alat pengukus agar adonan bisa matang secara sempurna. Anda juga bisa menggunakan cetakan dari kaleng untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.

5.) Pengukusan

Dalam tahap pengukusan ini membutuhkan waktu 1-2 jam. Jadi anda harus memeriksanya secara berkala untuk mengetahui apakah adonan tersebut sudah matang atau belum. Untuk mengetahui apakah adonan sudah matang atau tidak, anda bisa menggunakan lidi untuk mengecek nya. Caranya dengan menusukkan lidi tersebut ke dalam adonan dan jika adonan sudah tidak lengket ke lidi tersebut, maka adonan dikatakan sudah matang dan siap untuk di angkat.

6.) Pemotongan

Adonan yang sudah matang tersebut di biarkan dingin hingga benar-benar dingin, dan pastikan bahwa adonan bisa di iris nantinya. Setelah dingin, anda bisa memotongnya dengan tipis-tipis menggunakan pisau atau anda bisa menggunakan mesin pemotong agar potongan nya lebih cantik dan tertata rapi dengan ketebalan sekitar 1-2 mm.

7.) Penjemuran

Irisan kerupuk ikan yang sudah jadi bisa anda tata di atas rak atau lain nya untuk dijemur di bawah sinar matahari agar bisa kering sempurna, namun agar proses pengeringan lebih cepat dan sempurna, anda bisa menggunakan mesin pengering agar anda tidak banyak membuang waktu untuk mengeringkan nya.

8.) Penggorengan

Setelah anda menjemurnya hingga kering, kini saatnya anda untuk menggorengnya, gunakan minyak secukupnya, kemudian goreng dan tiriskan hingga dingin, baru setelah itu anda bisa memasukkan nya ke dalam plastik untuk dikemas. Atau anda juga bisa menjualnya dalam keadaan mentah dengan mengemasnya ke dalam plastik juga.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal memang tidak mudah dan harus mengikuti teknik pembuatan yang benar, dan sebaiknya anda menggunakan mesin pembuat kerupuk ikan agar hasilnya bisa lebih enak dan proses produksinya juga lebih cepat. Jika perlu anda bisa membuat eksperimen untuk membuat kerupuk anda menjadi kerupuk yang lebih istimewa.

Demikian informasi tentang Tahapan dalam membuat kerupuk ikan yang enak dan gurih yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi ini bisa membantu anda untuk membuat kerupuk ikan atau untuk membantu anda dalam memulai bisnis kerupuk ikan dengan mudah. Terima kasih.

By | 2017-10-17T09:43:02+00:00 April 28th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada 8 Tahapan Penting Dalam Membuat Kerupuk Ikan yang Enak dan Gurih

About the Author: