Orang Indonesia menyukai cake dengan tekstur yang lembut. Menurut Saya, untuk menciptakan butter cake dan dan cara membuat cake marmer yang lembut, ada 2 bahan penting yaitu fat /lemak dan telur. Perbanyak penggunakan kuning telur dan butter atau margarin kocok dalam resep butter cake atau cake marmer.

selain membahas tentang cara membuat pissang coklat kali ini saya akan membahas tentang membuat cake marmer yang enak dan lembut.

Seperti namanya, cake marmer memiliki corak marmer yang biasanya dibuat dari adonan dasar yang ditambah cokelat. Terkadang adonan cokelat tersebut “berat” sehingga cenderung mengendap di satu sisi. Untuk menghindari hal ini, campurkan cokelat bubuk, butter kocok, cokelat pasta, dan sedikit baking powder. Bahan-bahan ini berguna agar konsistensi adonan cokelat sama seperti adonan dasar.

Cara Membuat Cake Marmer yang Enak dan Lembut

cara membuat cake marmer

Cake marmer, resep cake marmer untuk menambah koleksi aneka esep masakan anda. Jenis cake dengan rasa yang menggugah selera dapat anda buat sambil mengisi waktu di akhir pekan bersama keluarga. Hidangan cake marmer sangat cocok sekali disajikan disaat santai bersama keluarga dengan ditemani teh.

Membuat cake marmer ternyata cukup mudah dan sederhana. Bahan yang diperlukan untuk membuat cake marmer.

Bahan yang diperlukan dalam Cara Membuat Cake Marmer yang Enak dan Lembut

6 butir telur ayam

175gr gula pasir

1 sdt emulsifier

150gr tepung terigu

½ sdt vanilla bubuk

100 gram margarine di cairkan

1 sdm coklat bubuk

2 potong coklat batang yang di lelehkan

1 sdm tepung maizena

2 sdm susu bubuk

Langkah – langkah Cara Membuat Cake Marmer yang Enak dan Lembut

1 sdm mentega dioleskan pada loyang Siapkan Loyang  berdiameter 22 cm yang bolong pada bagian tengahnya, kemudian oleskan secara merata mentega  pada pemukaan Loyang.

Taburkan sedikit tepung terigu lalu tepuk-tepung hingga menutupi mentega tadi hingga merata, Kemudian panaskan oven. Cara membuat: Lelehkan mentega dengan menggunakan panci kecil hingga cair lalu diamkan hinga dingin. Campurkan Telur, gula pasir, emulsifier lalu kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi lembut dan mengembang sempurna.

Lalu Tambahkan tepung terigu, vanili bubuk, tepung maizena yang terlebih dahulu anda aduk, kocok sebentar lalu tuangkan margarine cair sambil diaduk kembali hingga adonan tercampur merata. Ambil seperempat adonan yang telah dibuat sebelumnya pada mangkok terpisah. tambahkan coklat bubuk, susu bubuk, jika perlu tambahkan pasta coklat.

Masukan Adonan  marmer kedalam loyang yang telah diberi mentega dan ditaburi tepung terigu. kemudian tambahkan adonan coklat di atasnya membentuk lingkaran atau membentuk pola marmer dengan menggunakan garpu atau lidi yang bersih tanpa menyentuh bagian dasar loyang.

Masukan adonan tersebut kedalam oven lalu diamkan selama 30 menit atau perhatikan dengan seksama apakah sudah matang atau belum. Angkat dan diamkan hingga dingin lalu anda keluarkan dengan membalikan loyang. Cake marmer siap dihidangkan.

Pembahasan

Mencoba membuat bolu memang memiliki tantangan sendiri, dibilang mudah tetapi sebenarnya cukup sulit namun dibilang sulit juga ternyata cukup mudah.

Beberapa kali saya pernah mencoba membuat bolu sendiri, hasil sebelumnya terkadang tidak berjalan mulus seperti yang saya bayangkan. Terkadang tekstur bolu tidak lembut, tidak mengembang bahkan mengempis di bagian tengahnya sudah pernah saya alami, tetapi yang namanya usaha tentu akan membuahkan hasil kan bunda…

Saya juga suka menonton cara membuat bolu atau bahkan mencari informasi resepnya, ada beberapa yang cocok tetapi ada juga beberapa yang saya cukup kesulitan membuatnya ( untuk saya yang masih pemula dalam urusan memasak ).

Tetapi saya tidak akan menyerah karena memang dasarnya sudah menjadi hobi sih, akhirnya saya mencoba mengkreasikan resep bolu marmer saya yang saya pikir sangat sederhana. Berikut ini saya sharing resepnya ya bunda…

Pasti tau marmer cake atau kue bolu marmer, dong? Terkadang kue ini juga disebut dengan  cake marmer atau marble cake. Sama saja sebenarnya. Marmer cake ini ada yang dimasak dengan cara dipanggang dan ada juga yang dikukus. Marmer cake biasanya disajikan saat momen-momen kekeluargaan untuk disantap bersama, atau tak jarang dijadikan pilihan untuk snack acara rapat di kantor.

Kenapa sih disebut marmer cake? Dari penampilannya, kue ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kue cake biasa. Namun, cake moist yang satu ini memiliki corak yang khas dari adonannya yang berwarna coklat. Penasaran bagaimana membuat cake marmer ini? Yuk, kita coba membuatnya sendiri!

Jadi,,,,,sekarang kalian dah taukan apa itu Cake Marmer.

Cara Membuat Cake Marmer Kukus

Dan Selanjutnya saya akan memberitahukan bagaimana  cara membuat Cake Marmer kukus yang enak dan empuk dan tidak gagal.

Resep Cake Marmer Kukus Moist dan Sedikit Berminyak

Resep Cake Marmer Kukus Empuk Spesial

Buat teman-teman yang tidak punya oven tetapi ingin membuat resep cake marmer bisa dikukus saja. Resep cake marmer kukus ini rasanya sangat lembut dan empuk. Karena itu bolu cake kukus ini pas sekali buat teman minum teh atau buat  cemilan sehari-hari dirumah. Selain enak, cara membuat cake marmer kukus ini juga sangat mudah dan gampang diikuti kok. Lihat resep dan bahan Cake marmer anti gagal ini dibawah ya.

Bahan Resep Cake Marmer Kukus Lembut dan Empuk

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah cake emulsifer kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja. Bisa menggunakan brand sesuka hati, seperti ovalet dan lainnya.
  2. Telur ayam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 4 butir saja.
  3. Vanili bubuk secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  4. Gula pasir bersih kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  5. Tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 80 gram saja. Ayak tepung sampai halus sebelum digunakan.
  6. Tepung maizena kurang lebih sebanyak 10 gram saja.
  7. Susu bubuk full cream merek terserah anda kurang lebih sebanyak 10 gram juga.
  8. Margarin yang sudah dicairkan kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  9. Coklat bubuk atau bisa juga menggunakan pasta coklat untuk marmer teksturnya secukupnya (aku pakai coklat bubuk 1 sendok makan).

Cara Membuat Marmer Cake Kukus Mudah dan Anti Bantat

  1. Langkah pertama olesi loyang yang akan digunakan untuk membuat bolu marmer kukusnya dengan sedikit mentega dan taburi tepung tipis diatasnya dan sisihkan.
  2. Ambil wadah buat adonan dan masukkan telur ayam, vanili, emulsifer dan gula pasirnya kemudian kocok dan mixer sampai mengental.
  3. Setelah itu tuang tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuknya secara bergantian kedalam wadah adonan tadi dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan margarin cairnya dan aduk-aduk kembali dengan spatula sampai benar-benar rata.
  5. Pisahkan kurang lebih 3 sendok adonan diatas dan campur dengan pasta coklat ata coklat bubuknya dan aduk sampai rata. Sisihkan.
  6. Masukkan adonan dasar resep bolu marmernya kedalam loyang sampai rata.
  7. Setelah itu tuang adonan bolu marmer coklatnya kedalam loyang dan buat motif marmer dengan lidi atau sumpit. Bisa juga setengah adonan dasar lalu aodnan coklat dan adonan dasar lagi. Terserah selera saja mau seperti apa motifnya.
  8. Masukkan loyang kedalam dandang kukusan dan beri alas kain di tutupnya supaya airnya tidak masuk kedalam loyang.
  9. Masak sampai matang atau kurang lebih sekitar 30 menit sampai 45 menit tergantung api dan airnya.

Itu cara membuat  bolu marmer cake kukusnya. Tidak terlalu sulit bukan untuk membuat resep bolu marmer yang enak, empuk dan lembut buat hiding sekeluarga. Oh ya untuk membuat resep bolu marmer kukus, jangan buka tutup panci kukusan selama proses pemasakan ya.

Kalau sering dibuka biasanya nanti bantat dan tidak mengembang. Selain itu api juga jangan terlalu besar saat mengukus marmer cakenya supaya nanti tidak pecah.

 Resep Bolu Marmer Panggang Lembut dan Moist

Bicara mengenai resep bolu marmer panggang yang lembut, sedikit berminya dan moist di tengahnya memang sangat menggoda. Cara membuat bolu marmer supaya mepunyai rasa dan tekstur yang lembut dan moist memang tidak mudah.

Walaupun begitu bukan berarti ini tidak dibuat bukan. salah satu resep yang cukup mudah dan sederhana adalah resep Marmer Pound Cake NCC atau butter cake dari pembuat kue terkenal yaitu ibu Fatmah Bahalwan.

Untuk membuat kue marmer cake yang lembut, tips adalah margarin dan gula yang digunakan harus dikocok terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan lainnya.

 

Bahan-bahan Untuk Membuat Bolu Marmer Panggang Enak dan Lembut

  1. Bahan utamanya berupa tepung terigu serba guna kurang lebih sebanyak 150 gram saja.
  2. Baking powder kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  3. Telur ayam 1 butir diambil bagian kuningnya saja.
  4. Telur ayam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 pcs saja (diambil bagian putih dan kuningnya).
  5. Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 150 gram saja.
  6. Gula pasir putih atau kuning yang bersih sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 100 gram. Bisa ditambahkan kalau suka kue bolu yang manis.
  7. Vanila halus atau bubuk kalau suka kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
  8. Coklat bubuk kualitas bagus untuk tekstur marmer nya kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.

Cara Membuat Bolu Marmer Panggang Lembut Anti Bantat

  1. Langkah pertama yaitu ambil wadah dan masukkan tepung terigu dan baking powdernya. Aduk kedua bahan tadi sampai rata kemudian ayak dan saring menggunakan saringan sampai halus kemudian sisihkan.
  2. Setelah itu ambil wadah buat adonan kemudian masukkan menteganya dan mixer sampai lembut menteganya.
  3. Ambil gula pasirnya kemudian masukkan sedikit demi sedikit kedalam wadah mentega yang sudah lembut diatas sambil terus dimexer sampai semua bahan berubah warna pucat dan mengembang dan lembut.
  4. Tuang vanili bubuknya sambil di mixer sebentar supaya tercampur rata.
  5. Ambil telur ayam dan masukkan satu demi satu kedalam wadah adonan resep bolu marmer cake nya sambil terus dimixer sampai rata.
  6. Tuang campuran tepung dan baking powdernya kedalam wadah adonan diatas dan mixer dengan kecepatan kecil saja sampai rata lalu aduk supaya benar-benar rata.
  7. Ambil adonan diatas untuk dicampur dengan bubuk coklatnya secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  8. Ambil loyang yang akan digunakan (ukuran kurang lebih 22 cm x 10 cm) dan olesi dahulu dengan sedikit mentega dan taburi atasnya dengan sedikit tepung terigu kesemua bagian loyang.
  9. Masukkan adonan cake marmer dasarnya kedalam loyang lalu sedikit goyang biar rata.
  10. Tuang adonan bolu marmer coklatnya diatasnya dan aduk acak dengan lidi atau sumpit untuk membuat motif marmer coklatnya sesuai selera. Bisa juga adonan putih dituang setengahnya baru adonan coklat dan terakhir ditutupi adonan putihnya. Sesuai selera saja.
  11. Siapkan oven untuk memanggang marmer cakenya dengan suhu kurang lebih 180 derajat dan masak sampai mengembang dan matang. Tergantung ovennya, tetapi kira-kira butuh waktu sekitar 40 menit saja.

Cara membuat Cake Marmer Sederhana

Bahan – bahan :

  • 4 butir telur ayam
  • 100 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 3 sdm minyak sayur
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • Bubuk coklat secukupnya
  • Mentega secukupnya

Cara Membuatnya :

  1. Pisahkan putih dan kuning dari 4 butir telur ayam, masing-masing letakkan di wadah terpisah yang benar-benar kering serta bersih
  2. Mixer 4 butir kuning telur dengan kecepatan rendah, masukkan sebagian gula pasir lalu mixer hingga gula benar-benar larut, tambahkan 3 sdm minyak sayur dan 100 gram tepung terigu sedikit demi sedikit, sisihkan adonan kuning telur
  3. Mixer 4 butir putih telur dengan kecepatan sedang hingga berbuih, tambahkan 1 sdt air jeruk nipis dan gula pasir yang tersisa
  4. Mixer adonan putih telur dengan kecepatan tinggi hingga adonan putih telur mengembang dan benar-benar kaku ( ketika mixer diangkat, adonan akan membentuk jambul), sementara itu panaskan oven dengan suhu 150 – 160 derajat celsius
  5. Campur adonan putih telur ke adonan kuning telur sedikit demi sedikit atau seperempat bagian dulu sambil diaduk menggunakan spatula ( dimulai dari satu sisi wadah lalu ditarik ke bagian tengah adonan terus bergantian di sisi satunya lagi ke bagian tengah, aduk sampai bagian bawah adonan juga merata)
  6. Setelah adonan merata, ambil beberapa sendok makan adonan dan letakkan di mangkuk terpisah, beri bubuk cokelat secukupnya lalu ratakan
  7. Masukkan adonan bolu ke dalam loyang yang sudah di olesi mentega, lalu tuang adonan yang sudah diberi bubuk cokelat ke atasnya secara acak dan tidak beraturan, buat pola melingkar-lingkar di atasnya menggunakan garpu atau lidi
  8. Setelah siap, hentakkan loyang ke meja selama beberapa kali lalu oven selama 15-20 menit (tergantung suhu oven )
  9. Setelah matang, keluarkan dari oven dan dinginkan

Pembahasan

Untuk adonan kuning telurnya, awalnya tekstur adonan akan padat tetapi bunda tidak perlu khawatir karena ketika sudah dicampur dengan adonan putih telur, perlahan adonannya akan lembut. Saya menggunakan air jeruk nipis sebagai pengganti cream of tartar.

Meskipun tidak terlalu mengembang karena memang saya tidak memakai bahan pengembang atau pelembut ya bunda… tetapi hasil bolunya benar-benar lembut dan pas rasa manisnya. Bisa di tumpuk 2 atau 3 bagian lalu di hias dengan untuk di sajikan di hari yang istimewa, ulang tahun atau perayaan lainnya

Kandungan Gizi Kue marble Cake Marmer

Jumlah Per  100 g 100 g
Kalori (kcal) 416
Jumlah Lemak 12 g
Lemak jenuh 2,5 g
Lemak tak jenuh ganda 3,8 g
Lemak tak jenuh tunggal 4,8 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 656 mg
Kalium 123 mg
Jumlah Karbohidrat 79 g
Serat pangan 2,9 g
Gula 58 g
Protein 3,4 g
Kafein 7 mg

Selesai sudah cara membuat bolu marmer panggang dan bolu marmer cake kukusnya. Tidak terlalu sulit bukan untuk membuat resep bolu marmer yang enak, empuk dan lembut buat hidangan sekeluarga. Oh ya untuk membuat resep bolu marmer kukus, jangan buka tutup panci kukusan selama proses pemasakan ya.

Kalau sering dibuka biasanya nanti bantat dan tidak mengembang. Selain itu api juga jangan terlalu besar saat mengukus marmer cakenya supaya nanti tidak pecah.Ya itulah tadi resep dari saya dan  Terima kasih udah mau membaca ya semuanya,,semoga bermanfaat.