Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Dimsum Udang yang Nikmat Beserta Saus dan Kulitnya

Cara Membuat Dimsum Udang yang Nikmat Beserta Saus dan Kulitnya

Cara membuat dimsum udang sebenarnya relatif mudah. Dimsum sendiri merupakan makanan yang mudah disukai oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Mengapa bisa demikian? Ayo kita telusuri seluk beluknya!

Sejarah Dimsum

Dimsum (dalam dialek Cantonese) atau Dianxin (dalam bahasa Mandarin) secara harafiah berarti sedikit dari hati atau menyentuh hatimu. Kata ini disunting dan frasa yi dian xin yi yang artinya ‘sedikit tanda mata’. Kemudian secara umum istilah ini digunakan untuk menyebut camilan ringan.

Dimsum sudah dikenai sebagai makanan populer sejak ribuan tahun lalu. Kebiasaan makan dimsum konon bermula pada periode Jalur Sutra (Asia Tengah ke Cina) dan Dinasti Han (206 SM) hingga Dinasti Yuan (Abad 14 M). Ketika itu para petani, buruh dan pedagang yang berbisnis di sepanjang Jalur Sutra kerap singgah di kedai teh pinggir jalan untuk minum teh di sore hari.

Kebiasaan ini sempat memudar pada abad ketiga gara-gara Tabib terkenal Hua Tuo mengatakan kebiasaan ngemil dim sum sambil minum teh bisa membuat badan jadi gemuk. Orang Kanton (Guangdong/Kwangtung) di Cina Selatan tidak mengindahkan imbauan ini, malah menjadikan dimsum sebagai makanan tradisional yang dinikmati bersama teman-teman sambil minum teh. Dari sinilah muncul istilah yumcha (mandarin yincha) yakni minum teh di kedai teh bersama teman-teman dekat sambil menyantap dimsum.


Cara Membuat Dimsum Udang

Bagi Anda yang ingin sekali mencicipi cita rasa dari cara membuat dimsum udang, Anda bisa membelinya di rumah makan, restoran, atau outlet-outlet yang menjual dan menyediakan makanan dimsum udang. Namun harga untuk seporsi dimsum udang tergolong agak mahal.

Sehingga lebih baik Anda mempraktekkan cara membuat dimsum udang sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang bisa dibeli di supermarket maupun pasar tradisional terdekat. Belilah bahan-bahan yang masih fresh agar dimsum yang Anda buat bisa seenak dimsum yang dijual di restoran-restoran terkenal. Berikut resep dan cara untuk membuat dimsum udang yang enak.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam cara membuat dimsum udang:
  • Udang yang sudah dikupas 200 gram
  • Daging Dada Ayam 1 potong
  • Putih Telur 1 butir
  • Tepung Tapioka 2 sdm
  • Daun Bawang 2 batang
  • Bawang Putih 2 siung
  • Wortel 2 batang (dicincang halus)
  • Kulit Pangsit
  • Kecap Manis 1 sdm
  • Minyak Wijen 1 sdm
  • Merica Bubuk 1 sdt
  • Garam secukupnya
  • Gula Pasir secukupnya
Cara membuat dimsum udang yang enak:
  1. Mula-mula udang kupas dan daging dada ayam dicuci dengan air mengalir hingga bersih setelah itu udang dan daging dada ayam tersebut dicincang halus.
  2. Selanjutnya daun bawang diiris tipis-tipis, wortel dicincang halus, dan bawang putih diparut.
  3. Kemudian semua bahan-bahan yang sudah dipersiapkan barusan dimasukkan dalam sebuah wadah / mangkuk berukuran sedang dan aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata. Setelah itu tutup rapat dengan menggunakan plastik/wrap plastic dan masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.
  4. Lalu menyiapkan kulit pangsit (siap pakai) dan berilah isian dengan adonan udang yang sudah didinginkan di lemari es tadi, lalu tekuk keempat ujungnya hingga menempel, agar lebih mudah pada saat proses menekuk ujung kulit siomay berilah air sedikit saja pada bagian ujung kulit tersebut.
  5. Lakukan proses yang sama hingga semua kulit pangsit selesai diberi isian adonan udang.
  6. Selanjutnya siapkan panci kukusan yang sudah diisi air secukupnya dan bungkuslah tutup panci dengan menggunakan kain lap bersih. Ini dilakukan agar uap air tidak menetes mengenai dimsum yang dikukus, lalu berilah alas dengan daun pisang pada bagian dalam panci kukusan (diletakkan di atas saringan/sarangan). Tunggulah hingga air mendidih.
  7. Jika air sudah mendidih, kemudian masukkan dimsum udang ke dalam panci kukusan dan jangan lupa untuk memberikan jarak antara dimsum satu dengan lainnya. Kukuslah dimsum udang selama kurang lebih 20 menit hingga dimsum udang matang.
  8. Setelah dirasa dimsum udang sudah matang, angkat dan letakkan dimsum udang diatas piring saji.
  9. Dimsum udang siap untuk disajikan.

 

Bahan-bahan saus dimsum:
  • Bawang Putih 2 siung (direbus)
  • Cabai Merah Keriting 8 buah (buang isinya, lalu direbus)
  • Cabai Rawit Merah 6 buah (direbus)
  • Tepung Sagu 1 sdt (dilarutkan dengan 1 sdt air)
  • Air 150 ml
  • Gula Pasir 3 sdm
  • Garam secukupnya
Cara membuat saus dimsum:
  1. Langkah pertama yaitu haluskan semua bahan – bahan untuk membuat saus dimsum udang kecuali larutan tepung sagu dengan menggunakan blender.
  2. Langkah kedua yaitu menyiapkan panci dan masukkan semua bahan yang dihaluskan tadi dan masukkan pula larutan tepung sagu ke dalam panci kemudian didihkan dan aduk – aduk hingga semua bahan mendidih.
  3. Saus dimsum udang siap untuk digunakan.

cara membuat dimsum udang

Bahan-bahan membuat kulit pangsit, jika anda ingin membuatnya sendiri:
  • Tepung Terigu (kandungan protein tinggi) 250 gram
  • Tepung Tapioka 100 gram
  • Telur Ayam 1 butir
  • Air 5 sdm
Cara membuat kulit pangsit:
  1. Mula- mula menyiapkan wadah atau mangkuk yang berukuran besar kemudian masukkan semua bahan untuk membuat kulit pangsit kecuali tepung tapioka. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata dan kalis.
  2. Kemudian pipihkan adonan dengan cara menggilingnya hingga tipis.
  3. Setelah itu lumuri adoan dengan tepung tapioka dan bagilah menjadi du bagian adonan.
  4. Kemudian pipihkan masing – masing bagian adonan tesebut dengan gilingan kayu (roll) atau juga bisa menggunakan botol kaca bekas yang panjang.
  5. Setelah dirasa adonan sudah tipis, potong – potong kulit pangsit menjadi beberapa bagian dan kulit pangsit siap untuk digunakan membuat dimsum udang.

Manfaat Mengonsumsi Udang dari Cara Membuat Dimsum Udang

Ternyata udang mempunyai segudang manfaat, terutama jika bisa mengolahnya dengan secara benar dan tepat. Jangan takut untuk makan udang, karena dibalik makanan yang gurih dan terkenal enak ini, anda bisa mengambil banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh anda.

1. Mencegah kanker:

Setiap 85 gram udang kukus dapat mencukupi 48 persen dari jumlah selenium harian tubuh. Kekurangan selenium telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat. Para peneliti di Institute of Food Research (IFR) mengungkapkan bahwa kombinasi sulforaphane dan selenium meningkatkan kekebalan tubuh akan kanker sebanyak 13 kali lipat.

Makanan yang kaya akan suforaphane antara lain adalah brokoli, kubis, dan sayuran hasil silangan lainnya. Di samping mencegah kanker, selenium juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

2. Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku:

Sampo dan lotion yang paling mahal sekalipun tak akan berguna bagi rambut dan kulit Anda tanpa asupan protein yang cukup. Protein merupakan bagian yang terkandung dalam tiap jaringan sel hidup dan udang adalah sumber yang sangat kaya akan mineral tersebut. Kadar kalorinya pun cukup rendah sehingga sangat cocok dengan diet yang Anda jalankan.

3. Meningkatkan energi:

Kelelahan dan merasa lemas? Gejala tersebut merupakan indikasi kurangnya kadar zat besi dalam tubuh. Udang sangat kaya kandungan zat besinya. Dengan mengonsumsi hasil laut tersebut , maka asupan zat besi, yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan energi akan terpenuhi. Energi yang akan diperoleh juga tidak akan berlebih karena kalori yang dikandungnya tidak tinggi.

4. Menguatkan tulang:

Hewan yang termasuk dalam kelas Crustacea ini memiliki kandungan fosfor dalam tubuhnya. Kalsium dan fosfor adalah dua zat yang akan bekerja bersama-sama membentuk tulang dan gigi yang kuat. Dalam mengonsumsi udang, sebaiknya dimakan bersama kulitnya karena kulit udang mengandung “glucosamine” yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang. Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa disebut sebagai pengapuran.

5. Membantu memroses lemak:

Niasin (vitamin B3) yang terkandung dalam udang dapat membantu pemrosesan lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi untuk tubuh. Niasin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik.

6. Mengurangi resiko depresi:

Sama seperti ikan, udang juga mengandung asam lemak esensial, omega-3. Penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 dapat memberikan perlindungan kuat terhadap depresi dan dapat membantu meningkatkan mood untuk mereka yang tengah menderita gangguan tersebut. Selain itu, omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan otak.

7. Menyehatkan saluran prostat:

Asupan zinc atau seng yang dibutuhkan oleh tubuh relatif sedikit, yakni 10-15 mg setiap harinya. Dengan memakan udang, kebutuhan tubuh akan zat tersebut akan terpenuhi. Dan, dengan terpenuhinya zinc dalam tubuh kita, maka pertumbuhan sel kanker prostat akan diperlambat.

8. Menjaga kesehatan kelenjar tiroid:

Udang dapat berkontribusi pada kesehatan kelenjar tiroid dengan kandungan tembaga yang dimilikinya. Tiroid yang sehat dapat meningkatkan aktivitas sel dan mengatur metabolisme dalam tubuh dengan baik.


Tips Bisnis dari Cara Membuat Dimsum Udang

Berikut beberapa tips-tips penting yang di sarankan oleh usaha kemitraan Dim Sum Bledos jika Anda ingin memulai usaha cara membuat dimsum udang ini,

  • Pilih lokasi tempat jualan yang strategis, sering dilewati orang, mudah dijangkau, nyaman, aman, tenang, unik, menarik, dan bersih.
  • Menentukan segmen pasar yang jelas, segmen bisnis kuliner dimsum adalah golongan orang yang memiliki ketertarikan pada makanan alternatif, unik dan baru, masyarakat yang aktif dan suka jajan.
  • Meskipun konsumennya tidak mengenal: usia, gender, ekonomi dll. tetapi harus tetap aktif, mempromosikan baik melalui media sosial, brosur, televisi, radio, dll.
  • Pilih suplier dimsum yang benar-benar terbukti, memproduksi sendiri, memiliki per contohan counter yang sukses, bila perlu cek/datang langsung dan sudah memiliki sistem operasional yang teruji (jika Anda tidak ingin  memproduksi dimsum sendiri).
  • Pastikan anda memilih suplier yang memproduksi lebih dari 25 varian menu, bisa meluncurkan minimal 1 menu baru  tiap bulannya, ini untuk menjaga agar konsumen tidak bosan.
  • Gunakan supplier yang mampu memproduksi diatas 5.000 porsi sehari, karena sudah terbiasa dengan produksi skala besar, dan memiliki komitmen tinggi dalam menjaga perjanjian dan kerja sama.
  • Menyimpan dimsum di dalam freezer  dalam suhu minimal 18 derajat celcius.
  • Maksimal penyimpanan dalam freezer di usahakan tidak lebih dari 1 bulan.
  • Memperkirakan dengan cermat waktu maksimal dimsum keluar dari freezer adalah 12 jam.
  • Menghindari memanasi/mensteam dimsum dalam tempo yang lama, karena bisa menurunkan kualitas rasa, bentuk berubah kurang menarik/layu, berubah warna dan lebih lembek. Anda dapat menggunakan alat semacam steamer atau alat pengukus.
  • Khusus menu hakau di panasi/di steam jika sudah ada order, karena hakau tidak bisa di steam/kukus lama bisa mengakibatkan pecah, tetapi juga harus dengan kematangan yang cukup karena kalau kurang matang bisa masih kenyal cenderung keras.
  • Kecilkan volume api/kompor jika tidak ada order, untuk lebih mengirit gas elpiji.
  • Sisa dimsum yang belum habis tetapi sudah terlanjur dipanasi, harus di dinginkan sampai benar-benar dingin/suhu normal ruangan (tidak boleh dalam keadaan hangat apalagi panas) lalu masukkan ke dalam freezer, jika dimsum masih hangat apalagi panas dimasukkan ke freezer maka besok bisa di pastikan dimsum basi atau rusak.
  • Bersihkan freezer minimal 2 minggu sekali untuk menjaga maksimal nya fungsi freezer, usahakan freezer tidak pindah-pindah, jika di pindah biarkan istirahat/matikan freezer selama 1 jam lalu nyalakan kembali. Usahakan isi freezer maksimal 80 persen.

Pembuatan makanan dimsum memerlukan keahlian kusus. Bagi Anda yang belum bisa memproduksi sendiri, Anda bisa mencari suplier dimsum. Selamat mencoba dan sukses selalu.

Anda juga dapat membaca artikel mengenai cara membuat pepes ikan mas disini.

By | 2017-05-24T10:42:59+00:00 April 18th, 2017|Artikel Proses|Comments Off on Cara Membuat Dimsum Udang yang Nikmat Beserta Saus dan Kulitnya

About the Author: