Cara membuat Empek Empek – Salah satu makanan asli Kota Palembang yang identik dengan jembatan amperanya adalah empek empek. Makanan yang satu ini memang  cukup dikenal dari ujung timur sampai barat Indonesia.

Banyak sekali variasi makanan satu ini yang kita kenal, seperti Empek Empek lenjer, Empek empek kapal selam, telur dan yang lainnya. Bahkan ada juga variasi Empek Empek tanpa ikan bagi mereka yang kebetulan alergi dengan masakan seafood.

Untuk kali ini, saya akan mencoba berbagi resep cara membuat empek empek kepada teman teman untuk mencoba membuat Resep Empek Empek Palembang sendiri di rumah.

Buat teman teman yang hobi jajan, pasti sudah pernah mencoba makanan satu ini kan. Makanan ini tidak hanya di jual di ibukota Propinsi Sumatera Selatan aja, namun dengan gampang dijumpai di hampir seluruh kota yang ada di Indonesia.

Dengan rasa yang khas dan lezat yang berasal dari campuran tepung sagu dan ikan tengiri, Resep Empek Empek Palembang memang mempunyai cita rasa unik sendiri yang membuat kita ketagihan.

Selain itu, rasa kuah nya yang unik yang merupakan perpaduan dari cuka, gula jawa dan bumbu bumbu lainnya juga menimbulkan sensai kesegaran yang khas di lidah dan tenggorokan kita. Makanya tidak heran kalau banyak sekali penggemar varisi masakan ikan satu ini.

Sebenarnya, tidak hanya resep empek empek dari Palembang aja yang disukai masyarakat kita. Ada juga Resep Empek Empek khas Bangka yang juga mempunyai cita rasa yang unik dan khas. Tetapi dikesempatan ini saya akan mengajak teman teman semua untuk membuat Resep Empek Empek Palembang yang Enak.

Mungkin beberapa diantara kita berfikir mengapa harus membuat empek empek sendiri. Toh di berbagai tempat banyak sekali penjual makanan satu ini yang gampang kita jumpai. Tidak hanya di jual rumah makan pinggir jalan namun juga restoran yang ada di dalam Mal.

Disekitar rumah pun dengan mudah bisa kita jumpai penjual Empek empek Kapal Selam, Empek empek Lenjer dan Empek empek Telur. Tetapi jika teman teman mempunyai sedikit waktu luang, kenapa tidak mencoba untuk membuatnya sendiri.

Disamping pengeluaran jadi lebih hemat, kita juga bisa memastikan bahwa bahan bahan yang digunakannya benar benar terjamin kualitas, kebersihan serta kandungan gizinya.

Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan

cara membuat empek empek

Kebanyakan empek empek palembang menggunakan daging ikan tenggiri untuk dijadikan bahan utama pembuatan empek empek khas palembang ini. Lalu apa manfaat yang bisa kita dapatkan dari daging ikan tenggiri ini? Simak penjelasannya dibawah.

1.     Mencegah Gangguan Saluran Kencing

Untuk mempertahankan kandungan gizi yang ada pada ikan tenggiri tetap terjaga, usahakan mengkonsumsi ikan dalam kondisi masih segar, Selain harus dalam keadaan segar, jeroan juga wajib dalam keadaan baik/utuh.

Hati ikan tengiri diyakini berkhasiat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Namun hati tenggiri ini hanya diperbolehkan dikonsumsi bagi penderita pada usia 20-45 tahun. Bagi manula, cara ini dianggap terlalu beresiko karena harus dimakan secara mentah.

2.     Meningkatkan kesehatan otak

Ketika masih dalam proses masa pertumbuhan, anak membutuhkan banyak asupan gizi yang baik dan banyak. Untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan ataupun bagi orang dewasa mengkonsumsi ikan seminggu 2 kali dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak karena ikan mengandung asam lemak Omega 3 yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak.

3.     Menurunkan resiko penyakit kanker

Kanker dapat menyerang siapa saja jika kita tidak memperhatikan asupan gizi yang kita konsumsi. Kanker juga merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian. Dengan rutin mengkonsumsi makanan hewani seperti ikan sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit kanker seperti kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker ovarium, kanker usus besar dan kanker prostat.

4.     Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular

Kandungan Omega 3 yang ada pada ikan tenggiri sangat baik untuk menurunkan tekanan darah juga mengurangi pembekuan darah dan juga tenggiri bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Oleh karena itu rajin mengkonsumsi ikan tenggiri untuk dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular.

5.     Menurunkan depresi

Semakin hari tuntutan hidup akan semakin tinggi sehingga setiap orang seringkali mengalami depresi yang cukup berat setiap hari dan jika dibiarkan begitu saja maka dapat mengganggu kesehatan. Namun anda tidak perlu khawatir. anda dapat mengatasi depresi dengan mengkonsumsi ikan, lewat penelitian yang pernah dilakukan ternyata mengkonsumsi ikan secara rutin akan mengurangi seseorang mengalami depresi.

6.     Menyebuhkan Penyakit Kulit (Eksim)

Berbagai cara telah di lakukan untuk mendapatkan manfaat ikan tenggiri yang maksimal salah satunya adalah sirip ikan tenggiri yang berkhasiat menyebuhkan penyakit kulit seperti eksim, luka gatal dan bernanah, koreng, kudis, dan sejenisnya.

Cara Pengolahannya : sirip direbus hingga setengahnya. Air rebusan diminum selagi masih hangat.jika ingin menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan oleh pelbagai penyakit kulit itu, rebusan sirip tenggiri ini sebaiknya dicampur dengan daun sirih.

7.     Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Masa Kehamilan

Kandungan Mineral AA dan DHA yang ada pada ikan tenggiri sangat bermanfaat untuk menjalani masa kehamilan. Kandungan diatas mampu memperkuat otak janin, memperkuat perkembangan janin saat baru lahir, dan dengan adanya asupan mineral ini, Maka bayi akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

8.     Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi merupakan organ intim yang penting bagi laki-laki maupun perempuan. Sebagai manusia yang berakal tentu harus senantiasa menjaganya agar terhindar dari berbagai kuman atau ragam penyakit, terlebih lagi supaya anda mudah mendapat keturunan. Untuk menjaga kesehatanya, ada baiknya bila rutin makan ikan tenggiri papan, kandungan di dalamnya tidak akan merusak fungsi organ tersebut.

9.     Mencegah Kerusakan Otak

Terlalu banyaknya kandungan zat kimia berbahaya masuk dalam tubuh manusia, maka akan besar kemungkinan tidak hanya berefek pada tulang dan gigi saja, tetapi otak pun akan mengalami risiko penyakit alzheimer lebih tinggi , sistem syaraf otak juga terganggu. Dengan mengonsumsi ikan tenggiri papan dapat mencegah kerusakan otak.

10.  Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor bukan hanya dapat ditemui pada susu saja, melaikan di ikan tenggiri papan juga bisa didapatkan, dan kadarnya pun cukup tinggi bermanfaat membantu menjaga kesehatan tulang. Fosfor dan kalsium juga dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

11.  Meningkatkan Stamina

Kedudukan stamina levelnya berada pada posisi yang lebih tinggi dari daya tahan, merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas dalam waktu tertentu. Supaya stamina tetap terjaga dengan baik makanlah secara teratur. Cukupi kebutuhan karbohidrat dan protein supaya tubuh tidak kekurangan nutrisi.

12.  Mengobati Demam

Demam yang tidak berhubungan dengan kondisi kesehatan yang serius biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri,kelelahan karena panas, terkena sengatan panasnya sinar matahari, kondisi radang dan imunisasi atau suntikan. Bisa disembuhkan dengan mengonsumsi ikan tenggiri.

13.  Mengandung Omega 3

Mengonsumsi ikan tenggiri papan yang kaya akan Omega 3 secara teratur dapat meningkatkan kandungan kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kadar trigliserida atau lemak dalam darah. Orang yang menderita berbagai macam alergi juga dapat menambahkan suplemen kandungan tersebut ke dalam makanan mereka sehari-hari.

Cara Membuat Empek Empek Asli Palembang

cara membuat empek empek

Bahan/bumbu Empek Empek Asli Palembang:

  • ikan tenggiri sebanyak 300 gram, haluskan dengan mesin penghalus
  • tepung terigu 125 gram
  • garam 2 sdt atau bisa juga secukupnya
  • tepung tapioka/sagu 200 gram
  • penyedap rasa 1/4 sendok teh
  • gula pasir 1 sendok teh
  • bawang putih 1 siung ukuran sedang, haluskan
  • air bersih 250 ml
  • telur ayam 2 butir
  • telur untuk isian

Bahan Cuka Empek Empek:

  • gula merah/aren 250 gr
  • air asam jawa 50 gr
  • mentimun yang masih segar, kupas kulitnya dan potong berukuran kecil menyerupai acar
  • cabai rawit (sesuai selera), haluskan
  • air bersih 1 liter
  • bawang putih 200 gr cincang halus
  • ebi kering 2 sendok makan, dihaluskan terlebih dahulu

Cara Membuat Cuka Empek Empek:

  1. masak air terlebih dahulu sampai setengah mendidih dengan air sedang
  2. masukan asam jawa kedalamnya bersamaan dengan gula merah, rebus semuanya sampai semuanya mendidih dengan baik
  3. setelah itu tambahkan juga bawang putih beserta cabe rawit (sesuai selera pedasnya)dan garam secukupnya, aduk pelan-pelan hingga rata
  4. setelah dirasa siap, cicipi sedikit kepedasan dan asinya, jika sudah pas angkat dan tuang kedalam potongan mentimun yang sudah dipotong-potong tadi

Cara Membuat Empek Empek Khas Palembang:

  1. Masak air terlebih dahulu sampai mendidih.
  2. Jika air sudah mendidih, masukkan penyedap rasa dan garam secukupnya disusul dengan bawang putih, gula pasir, tepung terigu.
  3. aduk semua adonan dengan pelan-pelan sampai semuanya tercampur rata dengan baik.
  4. setelah itu pastikan adonannya terasa agak mengental, lalu angkat dan diginkan.
  5. lalu setelah adonannya dingin, tinggal kita campurkan dengan beberapa adonan lainnya seperti ikan tenggiri dan juga telur ayam.
  6. olesi semuanya dengan adonan hingga terasa lembut.
  7. setelah itu beri tepung sagu dan aduk kembali sampai rata, olesi juga secara pelan-pelan.
  8. jika sudah terasa lengkat dan susah untuk dibentuk, maka kasih atau tambahkan tepung sagu lagi sampai adonan bisa di bentuk dengan baik.
  9. Lalu rebus kembail air bersih, dan masukkan adonan empeknya.
  10. Cara memasukkan adalah dengan membuatnya bulat pipih dan isi dengan telur ayam
  11. Setelah itu jika ada waktu bentuk Empek Empek kita seperti Empek Empek kapal selam
  12. Rebus semuanya sampai mendidih dan mengapung, bila sudah matang, angkat dan tiriskan
  13. Goreng adonan tersebut menggunakan penggorengan deep fryer.
  14. Empek empek handmade siap untuk disantap.

Cara Membuat Empek Empek Tanpa Ikan

cara membuat empek empek
Bahan Untuk Membuat Empek Empek:

  • Air
  • Telur
  • Tepung sagu
  • Bawang Putih Bubuk atau bisa diganti dengan bubuk perasa Ayam
  • Garam
  • Tepung terigu

Cara Membuat Empek Empek Tanpa Daging Ikan

  1. Ambil bahan-bahan pembuatannya
  2. Dan siapkan wadah yang bersih seperti baskom
  3. Lalu masukkan tepung terigu ke wadah tersebut
  4. Setelah itu masukkan air yang sudah didihkan di baskom tersebut
  5. Lalu aduk dengan cepat sampai bahannya mengumpal dan rata
  6. Dan setelah itu ambil telur dan masukkan kedalam adonan tersebut, dan aduk lagi hingga rata
  7. Lalu tambahkan tepung sagu, dan uleni adonan tersebut sampai bisa dibentuk
  8. Dan masukkan juga isian bahan kalau anda mau
  9. Dan isinya bisa pepaya muda / telur
  10. Terus rebus adonannya sampai mendidih yang sebelumnya kita sudah sudah beriku minyak
  11. Dan angkat adonannya ketika sudah mengapung (ini sudah berarti matang)
  12. Dinginkan dan lalu goreng
  13. Siap disantap dengan kuah / cuka.

 

Cara Membuat Empek Empek Udang Rebon

cara membuat empek empek

Bahan Empek Empek Udang Rebon:

  • 50 gr udang rebon kering
  • 100 gr tepung terigu
  • 230 gr tapioka
  • 1 butir telur kecil
  • garam
  • merica
  • garlic powder
  • air hangat

Cara Membuat Empek Empek Udang Rebon:

  1. Sangrai udang rebon hingga kering lalu tumbuk halus.
  2. Campur jadi satu terigu, tapioka, rebon halus, garam, merica, garlic powder.
  3. Tuangkan sedikit demi sedikit air hangat hingga adonan dapat dibentuk.
  4. Bentuk sesuai selera, Empek Empek lenjer bentuk memanjang, untuk Empek Empek kapal selam beri isian telur kocok.
  5. Rebus Empek Empek hingga mengapung.
  6. Goreng sampai Empek Empek berwarna keemasan.
  7. Siap disantap dengan kuah cuko, mi rebus dan irisan mentimun

 

Empek Empek Ikan Sarden 

cara membuat empek empek

Bahan Untuk Cara Membuat Empek Empek Ikan Sarden:

  • 1 ekor ikan sarden
  • 10 sdm  tepung tapioka
  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 butir telur
  • secukupnya garam
  • sejumput ketumbar
  • secukupnya air
  • 10 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 2 buah gula merah, cetakan bulat
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm ebi (atau terasi udang ABC)
  • 1/2 iris lemon cui (atau asam jawa)

Cara Membuat Empek Empek Ikan Sarden:

  1. Empek Empek: kukus ikan, ambil dagingnya saja. Lumatkan menggunakan garpu.
  2. Campurkan ke dalam tepung terigu dan tepung tapioka
  3. Tambahkan bumbu halus (bawang putih, garam, ketumbar, tambahkan penyedap bila suka)
  4. Tambahkan telor dan beri sedikit air sampai adonan mengental. Cek rasa.
  5. Bentuk bulatan sesuai selera, rebus dalam air mendidih. Kalau sudah matang, tiriskan lalu digoreng.
  6. Cuka: masak air setengah gelas kecil, tunggu sampai panas.
  7. Masukkan gula merah, cabe rawit yang sudah dihaluskan, terasi udang, lemon cui. Tes rasa. Tunggu sampai mendisih. kemudian disaring.
  8. Empek Empek siap disajikan dengan cuka manis.

 

Cara Membuat Empek Empek Bandeng

cara membuat empek empek

Bahan Untuk Cara Membuat Empek Empek Bandeng:

  • 2 ekor bandeng presto ukuran besar
  • 1/4 Tepung terigu
  • 1,5 kg Tepung kanji
  • 15 siung bawang putih
  • 4 sendok makan garam
  • secukupnya Merica
  • 6 butir telur
  • Cabai rawit
  • Asam
  • Gula jawa

Cara Membuat Empek Empek Bandeng:

  1. Haluskan bawang putih, merica, garam (sesuai selera/kebutuhan)
  2. Giling/remas bandeng presto sampai lembut, bisa juga dengan menggunakan mesin presto (kalo saya tidak menggunakan bagian kepala dan tulang ikan tapi tergantung selera) lalu campur dengan bawang putih, merica, garam yang sudah dihaluskan
  3. Panaskan air secukupnya sampai mendidih (air mendidih untuk campuran adonan bandeng dan tepung terigu)
  4. Campur adonan bandeng dan tepung terigu, tambahkan air mendidih secukupnya, aduk dengan sendok sambil menunggu dingin
  5. Jika adonan sudah cukup dingin campurkan tepung kanji sambil diuleni dengan tangan sampai tercampur rata
  6. Bentuk adonan sesuai selera, untuk Empek Empek kapal selam adonan dibentuk seperti mangkok lalu diisi kocokan telur secukupnya dan dibentuk seperti pastel.
  7. Kemudian rebus di air mendidih lalu digoreng.
  8. Untuk cuka/kuah Empek Empek, haluskan cabai rawit, bawang putih, garam lalu rebus dengan gula jawa dan asam (komposisi sesuai selera)
  9. Empek Empek siap disajikan, bisa tambahkan cincangan timun supaya lebih segar.

Itulah ulasan tentang bagaimana cara membuat empek empek. Sekarang giliran kamu untuk mencobanya dirumah. Semoga bermanfaat.