Cara Membuat Jus Jagung yang Mudah dan Nikmat

Pernah dengar atau sudah tau cara membuat jus jagung sebelumnya? Agak terdengar sedikit aneh bukan kalau membayangkan jagung di jus. Bagaimana rasanya yah? Apa nggak kayak tepung gitu?.

Pertanyaan itu pertama kali yang muncul di benak saya tentang jus jagung, dan setelah saya coba rasanya sangat lezat apalagi kalau di tambah susu. Menurut dari data yang saya peroleh, jus jagung ternyata minuman khas dari daerah Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Jus jagung menjadi salah satu jenis minuman yang unik dan masih baru. Minuman yang dibuat dari bahan jagung ini tergolong sangat unik. Jika biasanya jagung hanya dibuat sebagai camilan dan makanan saja, seperti camilan Jasuke, menjadi gorengan dan lain sebagainya.

Sekarang jagung dapat di olah menjadi minuman. Jus jagung disukai banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang tua. Makanya sangat pas untuk di sajikan saat sedang berkumpul di rumah Bersama keluarga. Lumayan untuk menambah menu favorit untuk keluarga.

Sebelum saya membahas cara membuat jus jagung, saya akan membahas apa itu jagung?, agar kita tidak hanya sekedar meminumnya saja tapi tau manfaat dan gizi yang terkandung pada jagung.

Sejarah Jagung

Nama “jagung” sendiri merupakan singkatan dari “jawa agung”. Jagung berasal dari daratan Amerika dan menyebar ke seluruh penjuru Asia dan Afrika. Dalam sejarah jagung masuk ke Indonesia pada abad ke-16.

Indonesia memasukkan jagung sebagai posisi ke-2 setelah padi sebagai pangan yang paling dibutuhkan. Jagung termasuk ke dalam biji-bijian dan termasuk ke dalam makanan penghasil karbohidrat yang mempunyai peranan penting, selain gandum dan padi. Untuk hal ini di beberapa negara seperti di wilayah Amerika Tengah dan Selatan, jagung sebagai makanan pokok, Begitupun di wilayah Indonesia.

Tidak hanya sebagai tanaman bahan pangan pokok pengganti beras saja, tetapi jagung juga merupakan pakan ternak. Jagung juga dapat diambil minyaknya, dapat di olah juga menjadi tepung, yang tidak asing lagi namanya yaitu tepung meizena dan juga bisa di buat menjadi minuman seperti yang akan saya bahas yaitu cara membuat jus jagung. Tak hanya untuk bahan pangan jagung juga dapat dijadikan bahan industri kosmetik serta farmasi.

Jenis-Jenis Jagung

Untuk jenis jagung pun berbeda-beda tidak hanya satu tapi ada beberapa jenis yaitu :

1. Jagung Mutiara ( Flint Corn )

Jagung ini merupakan jagung local yang paling banyak ditanam oleh para petani di Jawa.

2. Jagung Gigi Kuda ( Dent Corn )

Disebut dengan jagung gigi kuda karena Ketika saat keadaan kering jagung tersebut memperlihatkan seperti gigi kuda. Karena teksturnya yang kasar jagung ini biasa di gunakan untuk memberi makan ternak.

3. Jagung Manis ( Sweet Corn )

Jagung ini akan menampilkan biji yang transparan saat selesai di masak. Biasanya jagung ini dipanen saat masih muda atau pada saat masak susu.

4. Jagung Berondong ( Pop Corn )

Biji pada jagung berondong akan Meletus dan mengembang bila dipanaskan.

5. Jagung Tepung ( Floury Corn )

Pati lunak yang terkandung pada jagung tepung ini sangat mudah untuk di cerna, maka dari itu jagung ini biasa dipakai untuk diolah menjadi makanan bayi.

6. Jagung Ketan ( Waxy Corn )

Jagung ini biasa dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau biasa di pakai juga untuk pengental makanan.

7. Jagung Polong ( Pod Corn )

Jagung jenis ini tergolong langka dan aneh, jagung ini bersifat hiasan dari pada jenis jagung yang lainnya.

Baca juga Resep Es Krim Melon yang Enak Dan Segar.

Gizi dan Manfaat Pada Jagung

Kandungan Gizi per 100 Gram pada Jagung adalah :

  • Kalori : 355 Kalori
  • Protein : 9,2 gr
  • Lemak : 3,9 gr
  • Karbohidrat : 73,7 gr
  • Kalsium : 10 mg
  • Fosfor : 256 mg
  • Besi : 2,4 mg
  • Vitamin A : 510 SI
  • Vitamin B1 : 0,38 mg
  • Air : 12 gr dan salah satu yang dapat dicerna 90% dalam tubuh.

Wah banyak yah kandungan gizi pada jagung. Jadi yang kalian baca tidak hanya cara membuat jus jagung saja tapi juga tau kandungan yang ada pada si jagung tersebut.  Jagung juga mempunyai beberapa manfaat karena nutrisinya loh!, dengan anda mengkonsumsi jagung manis dapat membantu dalam banyak hal yang berkaitan dengan Kesehatan tubuh dan otak.

Beberapa Manfaat Tersembunyi pada Jagung yaitu :

• Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jagung manis mengandung carotenoid yang sangat berguna untuk menurunkan risiko dan mencegah terjadinya penyumbatan arteri. Jika menjadi makanan rutin, jagung manis akan menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung anda.

• Mengobati Penyakit Kanker

Jagung juga bersifat antioksidan yang sangat baik dalam mencegah maupun mengatasi sel kanker. Buat anda yang menderita kanker hati dan kanker payudara sangat disarankan untuk memakan jagung manis karena cukup ampuh.

• Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat jagung manis yang kaya serat ini bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan dan sekaligus melancarkannya. Pencernaan yang lancar akan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

• Menyembuhkan Penyakit Anemia

Jagung manis yang memiliki kandungan asam folat, zat besi, dan vitamin B12 sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit anemia. Cara mudahnya bisa dengan merebus jagung manis dan jadikan cemilan makanan yang enak.

• Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan carotenoid dalam jagung ternyata juga baik untuk menangani pada gangguan mata sekaligus mencegah penyakit mata. Mengkonsumsi rutin buah jagung manis juga berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan.

• Cacat Bayi Saat Lahir

Khasiat yang ada pada jagung manis juga bisa membantu kesehatan ibu hamil. Selain mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil, nutrisi asam folat dalam jagung berguna meningkatkan kesehatan janin dan mencegah risiko kelahiran cacat pada bayi.

• Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit Wajah

Banyak produk kosmetik yang memanfaatkan minyak jagung karena khasiatnya dalam proses regenerasi kulit. Khasiat jagung manis rebus pun apabila dikonsumsi secara rutin bisa membantu perawatan wajah. Apalagi bila ditambah dengan perawatan masker jagung akan membuat wajah menjadi cantik dan awet muda.

Setelah saya membahas apa itu jagung, manfaat serta kandungan gizi yang terdapat pada jagung. Sekarang saya akan membahas cara membudidayakan, merawat, dan memanen jagung.

Cara Membudidayakan dan Merawat Jagung

Tidak hanya membahas apa itu jagung, manfaat dan kandungan gizi pada jagung saja yang ada pada artikel cara membuat jus jagung ini. tapi saya juga akan membahas tentang cara membudidayakan dan merawat jagung juga.

Cara membudidayakan dan merawat jagung pun tidak terlalu sulit loh. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membudidayakan jagung :

     1. Mempersiapkan Benih

Tahap pertama, persiapkan benih tanaman jagung terlebih dahulu sebelum persiapkan yang lainnya. Pilih bibit jagung yang berkualitas dan pilih jenis jagung yang diinginkan.

      2. Mempersiapkan Media Tanam

Tahap kedua, siapkan media tanam yang tepat untuk menanam jagung. Tanah yang diperlukan biasanya harus mempunyai tekstur tanah yang gembur dan kandungan pH sekitar 5,5 hingga 7,5.

      3. Menanam Jagung

Tahap ketiga, jika sudah tersedia benih dan media tanamnya maka tahap selanjutnya adalah menanam benih jagungnya. Pastikan saat menanam jagung pada saat musim yang stabil. Jagung matang pada umumnya saat bulan mei hingga bulan juli. Karena curah hujan berkurang.

cara untuk merawat dan memanennya adalah :

Cara merawatnya dapat dilakukan dengan penyulaman atau biasa disebut penjarangan. Proses ini adalah proses mengganti tanaman yang sudah mati dengan bibit yang baru. Agar cepat matang lakukan pemupukan setiap sepuluh hari sekali dengan dua gelas air mineral pada bagian tanamannya dan bagian sekitarnya. Dan juga berikan pupuk kimia pada waktu 10, 20, dan 50 pada saat setelah tanam.

Nah sampai sini sudah tau bukan apa itu jagung, manfaatnya serta gizi yang terkandung. Selain itu cara untuk membudidayakan, merawat dan memanennya jagung juga jadi paham. Saya membahas itu agar kita paham Ketika meminum jus jagung apa saja yang terkandung pada jagung dan kita juga bisa mempratikkan cara membudidayakan jagung, cara merawat jagung dan panen jagung di halaman belakang rumah kita.

Setelah apa yang saya bahas di atas penasaran bukan bagaimana cara membuat jus jagung? Simak dalam artikel berikut ini!

Cara Membuat Jus Jagung Manis :

Bahan yang Diperlukan :

  • 300 gr jagung manis segar pipil
  • 3 sct susu kental manis / ½ cangkir susu kental manis
  • 700-750 ml air matang / air dingin
  • Sejumput garam halus
  • Es batu secukupnya ( jika ingin di sajikan dingin )

Cara Membuat Jus Jagung :

  1. Kupas kulit jagung manis yang kita sediakan hingga bersih hingga semua rambut-rambutnya hilang.
  2. Masak air secukupnya hingga mendidih, kemudian masukkan jagung manis yang telah kita bersihkan tadi ke dalamnya. Masak jagung hingga matang dan teksturnya cukup untuk di hancurkan dalam blender.
  3. Setelah jagung matang, tiriskan dan tunggu hingga agak dingin
  4. Pipil jagung dari bonggolnya. Kalau merasa kesulitan memipilnya, gunakan mesin pemipil jagung. karena dengan menggunakan mesin pemipil jagung atau mesin perontok jagung, akan mempermudah proses pemipilan jagung.
  5. Masukkan dalam blender dan haluskan hingga benar-benar halus.
  6. Masukkan susu kental manis yang sudah diencerkan dengan air matang atau air dingin kemudian blender lagi hingga benar-benar tercampur. Pada tahap ini bisa di tambahkan gula jika kurang manis ( tapi saya tidak tambahkan karena sudah cukup manis ).
  7. Saring jus jagung tersebut kemudian tuangkan ke dalam wadah yang cukup besar. Jangan menuangkan dalam wadah yang transparan yah, boleh saja jika Anda ingin menyimpan jus karena masih ada yang tersisa, tetapi jangan menyimpannya dalam wadah transparan atau bening. Penempatan jus dalam wadah transparan akan menyebabkan sinar matahari masuk ke dalam wadah dan mengurai beberapa jumlah senyawa kimia dan nilai gizi jusnya. Untuk menghindari penurunan nilai gizi dari jus, simpan dalam wadah yang berwarna dan letakkan ke dalam freezer.
  8. Masukkan es batu secukupnya. Apabila masih terlalu kental tambahkan es batu lebih banyak lagi.
  9. Jus jagung siap untuk dinikmati!

Nah, sederhana bukan resep cara membuat jus jagung manis sendiri? Tidak hanya sehat, jus jagung juga sangat mengenyangkan lho! Cocok buat yang sedang menjalani diet karbohidrat!, jagung bisa menjadi pelengkap dalam menu diet.

Selain kadar kalori yang rendah, kandungan gula dan lemak dalam jagung juga cukup rendah sehingga dapat menurunkan berat badan. Dalam program diet sehat, cukup dengan menambahkan jagung dalam salad buah atau camilan manis, seperti es krim atau pudding dan inovasi baru yaitu jus jagung yang tanpa gula.

Yuk, untuk membiasakan diri mengonsumsi sajian sejuta umat yang telah terbukti manfaatnya. Namun harus dengan sesuai porsi masing-masing yah! Selamat mencoba!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •