Siapa yang tidak kenal keripik bayam, Camilan yang satu ini sangat dan sangat digemari masyarakat karena rasanya yang gurih dan srispy. Keripik Bayam dapat dipadukan dengan berbagai farian rasa diantaranya manis, pedas, keju, dan lain-lain. Berikut adalah berbagai informasi dan cara membuat keripik bayam dengan berbagai farian rasa.

Pengertian Keripik Bayam 

Keripik bayam adalah camilan yang terbuat dari daun bayam dan digoreng dengan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya asin gurih serta beraroma bawang.

Jenis-jenis Bayam

Cara Membuat Keripik Bayam

Bayam Liar

1.Bayam tanah (A blitum L)

Mempunyai ciri utama yang terletak pada batang berwarna merah dan berduri, serta daunnya berbentuk lancip dan kecil.  Rasanya agak keras dan kasar.

2. Bayam berduri (A spinosus L)

Mempunyai ciri-ciri yang sama dengan bayam tanah,  yaitu daun kecil dan batang berwarna merah dan keras.  Batangnya berduri.

Bayam Budidaya

Jenis ini memang sengaja dibudidayakan untuk dikonsumsi karena rasa daunnya enak,  empuk,  dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Jenis bayam budidaya di antaranya sebagai berikut :

1.Bayam cabut (A. tricolor L)

Bayam cabut disebut juga dengan bayam sekul atau bayam putih.  Cirinya,  daun agak bulat dengan daging yang tebal dan lemas.  Bunga keluar dari bagian ketiak cabang, batang berwama hijau keputih-putihan sampai merah.  Dari warna batang dan daun dikenal dengan jenis bayam putih dan bayam merah. Bayam ini dicabut bersama akarmya kemudian dijual dalam bentuk ikatan.

Adapun macam-macam bayam cabut unggulan yang banyak ditanam adalah sebagai berikut :

2. Bayam cabut varietas lokal

  • Git hjau

Tanaman ini adalah introduksi dari Thailand. Bayam umur 28 hari dapat dipanen. Tanaman tumbuh tegak dengan tinggi mencapai 20-25 cm. Bercabang sedikit,  bentuk batang bulat langsing,  halus,  dan berwarna keputih-putihan. Daun memiliki warna hijau keputihan,  berbentuk mirip delta, berukuran kecil, dan berurat halus.

3. Bayam cabut varietas impor

  • Green lake

Pertumbuhanya cepat dan produksinya tinggi. Tanaman agak tegak Daun lebar dengan topi sedikit bergerigi dan berwama hijau muda.  Tangkai daun kecil dan panjang. Benihnya bulat dan mudah ditanam.  Jenis ini cocok ditanam di daerah beriklim sedang sampai dingin,  terutama dataran tinggi.

  • Spark

Pertumbuhan jenis ini cepat dan kuat serta produksinya tinggi.  Tanaman tegak,  besar,  dan tinggi.  Daun berwarna hijau,  bersoraf halus,  dan rasanya tidak pahit.  Tangkai daun panjang Benihnya bulat,  tidak berduri,  dan mudah ditanam varietas ini cocok ditanam di daerah dingin.

  • Trayful

Pertumbuhan jenis ini sangatlah kuat,  tunas daunnya banyak,  dan produksinya tinggi. Termasuk tanaman yang berbatang tegak.  Daun berserat halus,  berwarna hijau berbentuk sempit, dan sedikit bergerigi serta mudah ditanam.  Jenis ini cocok ditanam di daerah beriklim sedang sampai dingin.

Kandungan Gizi Bayam

Cara Membuat Keripik Bayam

Sayuran ini berasal dari Asia dan memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E.

Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu, sayuran yang satu ini mengandung sedikit kalori dan lemak.

Manfaat Keripik Bayam

1.Digunakan Untuk Menyehatkan Mata

Kesehatan mata sangat penting untuk dijaga. Mengkonsumsi kripik bayam dapat menjaga kesehatan mata, karena dalam keripik bayam terkandung berbagai zat yang dapat digunakan untuk membantu menyehatkan mata.

2. Menjaga Kesehatan Persendian

Kandungan zat besi yang terdapat pada keripik bayam selain untuk menjaga kesehatan pada tulang ternyata dapat digunakan untuk menjaga kesehatan persendian.

3. Bermanfaat Untuk Janin

Keripik bayam juga baik dikonsumsi ibu hamil karena ternyata keripik bayam bermanfaat untuk janin. Dengan mengkonsumsi keripik bayam akan menjaga janin tetap sehat.

4. Mencegah Sembelit

Keripik bayam dapat digunakan untuk mencegah terjadinya sembelit sebab kandungan yang terdapat di dalam manfaat keripik bayam membantu untuk menghindari penyakit yang disebabkan karena gangguan pencernaan.

5. Meningkatkan Kecerdasan Pada Otak

Selain dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan karena pencernaan ternyata kripik bayam juga dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan pada otak.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Mengkonsumsi keripik bayam dapat membantu dalam meregenerasi sel-sel otak sehingga dengan adanya regaenerasi sel-sel otak dapat menjaga otak menjadi tetap sehat.

Tips Agar Gorengan Tidak Berminyak

Cara Membuat Keripik Bayam

1. Perhatikan Kualitas Minyak Goreng

Hal utama yang pasti diperhatikan dalam menggoreng adalah bahan gorengannya. Juga perlu memperhatikan kualitas minyak yang akan dipakai. Agar hasilnya maksimal, pakailah minyak baru untuk menggoreng. Namun jika masih ada sisa minyak yang banyak dan warnanya cukup bening, dapat memakainya untuk menggoreng.

Tapi ingat, setelah itu buanglah minyak tersebut dan ganti dengan yang baru jika akan menggoreng lagi. Minyak yang berwarna gelap dan terdapat bintik hitam tentunya dapat menurunkan kualitas gorengan dan tak mampu mematangkan dengan sempurna.

2. Panaskan Minyak Terlebih Dahulu

Gorengan yang dimasak pada minyak yang belum dipanaskan (dingin) pastinya tak akan matang sempurna. Perubahan suhu yang terlalu mendadak, dari dingin ke panas, akan mematangkan bagian luarnya saja, sedangkan bagian dalamnya masih mentah. Waktu menggoreng akan lebih lama dan bisa membuat gorengan lebih berminyak.

Oleh karenanya, panaskan terlebih dahulu minyak untuk menggoreng hingga benar-benar panas. Cara mengetahuinya, celupkan spatula kayu dan perhatikan banyak gelembung di sekitarnya yang berarti minyak sudah panas.

3. Masukkan Bahan Gorengan Sedikit Demi Sedikit

Dahulu pernah memasukkan bahan gorengan banyak-banyak dalam sekali menggoreng. Wajan penggorengan memang jadi penuh, tapi tak sadar karena hampir semua gorengan jadi sangat berminyak. Banyaknya muatan dalam wajan dapat menurunkan suhu minyak sehingga gorengan menyerap lebih banyak minyak.

Solusinya, masukkanlah bahan gorengan sedikit demi sedikit. Paling tidak 3-4 bahan untuk wajan ukuran sedang.

4. Tiriskan Dengan Alat Peniris, Cooling Rack, atau Tisu Dapur

Setelah gorengan matang, jangan langsung meletakkannya ke dalam piring. Minyak yang menetes setelah diangkat dari wajan akan membasahi piring dan melembapkan gorengan. Jika dibiarkan terlalu lama, gorengan akan menyerap minyak dan mengakibatkan tekstur dalamnya menjadi sangat berminyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, tiriskan gorengan di cooling rack atau saringan terlebih dahulu. Bisa juga meletakkan tisu dapur di atas piring sebelum menaruh gorengan. Jangan tumpuk gorengan supaya tidak lembap.

Tips Membuat Kripik Renyah

Cara Membuat Keripik Bayam

Bahan Yang Digunakan:

  • Garam cukup sekiranya 1 sendok the
  • Tepung beras sebanyak 400 gr
  • Tepung kanji sekitar 80 gr
  • Daun bayam sekiranya 30 – 40 lembar
  • Air putih matang sesuai kebutuhan (secukupnya)
  • Kemiri sebanyak 12 biji
  • Secukupnya Ebi atau udang kering sekitar 6 sendok makan
  • Bawang putih dan merah sebanyak 5 – 6 siung

Cara Membuat Keripik Bayam:

  1. Langkah pertama cucilah terlebih dahulu daun bayam dengan menggunakan air sampai benar-benar bersih lalu tiriskan daun bayam tersebut sampai tiada air yang menempel. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, membuat adonan tepung untuk melapisi dan menggoreng daun bayam.
  3. Caranya campur semua bahan yang telah dipersiapkan tadi di atas sebuah cobek, kecuali tepung kanji dan beras.
  4. Haluskan semua bahan tadi dengan menguleknya.
  5. Setelah halus, masukan tepung kanji dan beras bersamaan dengan air sampai membentuk adonan. Pastikan adonan yang Anda buat tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair.
  6. Usahakan adonan yang dibuat mirip dengan pasta atau krim.
  7. Selanjutnya panaskan minyak goreng secukupnya di atas wajan dengan menggunakan api sedang.
  8. Sambil menunggu minyak memanas, ambil daun bayam dan olesi dengan adonan tepung tadi. Caranya cukup meletakan satu lembar daun di atas tepung dan membolak-balik sampai semua sisi terkena adonan. Jika semua sudah terlumuri, masukan bayam yang sudah diolesi dengan adonan tadi ke dalam minyak panas.
  9. Gorenglah dengan menggunakan api sedang sampai matang. Tanda keripik bayam sudah matang adalah berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  10. Setelah matang angkat dan turiskan terlebih dahulu agar tidak berminyak.
  11. Sajikan keripik bayam tersebut sebagai camilan keluarga atau sebagai teman makan saat makan siang dan makan malam tiba.

Cara Membuat Keripik Bayam Dengan Beberapa Fariasi 

1. Cara Membuat Keripik Bayam Crispy Renyah

Bahan Yang Digunakan:

  • 20 lembar daun bayam utuh
  • 3 sdm tepung kanji
  • 200 gr tepung beras
  • 8 butir kemiri, haluskan
  • 3 sdm ebi, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama cuci terlebih dahulu daun bayam hingga bersih .
  2. Buat adonan tepungnya dengan cara mencampur tepung beras, tepung kanji.
  3. Tambahkan bumbu yang telah dihaluskan seperti kemiri, bawang putih, garam dan ebi, campur kemudian aduk-aduk hingga merata, bisa juga ditambahkan dengan perasa agar bayam memiliki fariasi rasa.
  4. Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit hingga keencerannya cukup.
  5. Sementara itu, panaskan minyak goreng dalam wajan, sebelum bayam digoreng, celupkan terlebih dahulu pada adonan pencelup kemudian goreng hingga renyah dan matang.
  6. Terakhir angkat, tiriskan dan sajikan, juga dapat ditambahkan pelengkap lainnya seperti saus sambal untuk dinikmati bersama dengan kripik bayam yang renyah dan lezat.
  7. Selamat mencoba.

2. Resep Membuat Keripik Bayam Bumbu Pizza

Bahan Yang Digunakan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 35 gran maizena
  • 50 gram bayam, diseduh, dihaluskan
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh kaldu daging bubuk
  • 1 butir telur kocok lepas
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Taburan (aduk Rata):

  • 1/2 sendok makan oregano, diblender halus
  • 1/2 sendok teh cabai bubuk
  • 25 gram gula tepung
  • 2 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Memasak Keripik Bayam Bumbu Pizza:

  • Aduk tepung terigu, maizena, bayam, baking powder, garam, kaldu daging bubuk, dan telur. Aduk sampai bergumpal.
  • Giling tipis adonan dengan gilingan mi. Mulai dari gilingan berukuran besar sampai 2-3 kali. Kecilkan gilingan. Giling lagi 2-3 kali sampai licin. Begitu  seterusnya sampai  nomor  6.Cetak bulat bergerigi diameter 5cm.
  • Goreng dalam minyak yang telah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering.
  • Masukkan keripik dalam kantung plastik. Beri bahan taburan. Kocok-kocok sampai terbalut rata.
  • Masukkan dalam toples, dan sajikan.

3. Cara Membuat Keripik Bayam Pedas Gurih

Bahan Yang Digunakan:

  • 40 daun bayam
  • 400 gr tepung beras
  • 80 gr tepung kanji
  • 1 sendok teh garam atau secukupnya
  • Air secukupnya
  • Bubuk cabai halus.

Bahan Bumbu:

  • 6 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 12 biji kemiri
  • 6 sendok ebi

Cara Membuat:

  1. Cuci bayam hingga bersih dan usahakan agar tidak merubah bentuk daun bayam. Pilihlah daun bayam yang luas dan lebar agar mudah untuk dibuat.
  2. Kemudian tiriskan sampai kering agar daun bayam tidak menempel satu sama lainnya.
  3. Untuk adonan, campurkan bahan tepung dan masukkan air aduk hingga rata. Usahakan agar Anda tidak membuat adonan terlalu encer. Tahap ini adalah tahap paling penting karena jika adonan terlalu encer keripik tidak akan jadi.
  4. Tumbuk bumbu hingga halus kemudaan campurkan ke dalam adonan tepung yang telah dibuat sebelumnya. Aduk hingga rata lalu cicipi agar rasa dari adonan pas komposisinya.
  5. Panaskan wajan dan masukkan minyak sekiranya keripik dapat terendam sepenuhnya di dalam minyak. Tunggu hingga panas dan menua.
  6. Dengan menggunakan api sedang, masukkan daun bayam yang telah dicelupkan ke dalam adonan tepung. Jangan sampai daun bayam menempel satu sama lainnya.
  7. Tunggu hingga mengering lalu angkat. Setelah selesai menggoreng semua daun bayam campurkan cabe halus hingga merata dan siap dijadikan cemilan untuk teman santai di rumah.

4. Cara Membuat Keripik Bayam Keju

Bahan Yang Digunakan:

  • 50 gram bayam, seduh, tiriskan, blender
  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung sagu
  • 25 gram tepung beras
  • 75 gram keju cheddar, parut
  • 1 sendok makan bubuk bawang putih
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 50 ml air
  • minyak, untuk menggoreng

Cara Memasak Keripik Bayam Keju:

  • Masukkan dalam wadah tepung terigu, tepung sagu, tepung beras, keju cheddar parut, bubuk bawang putih.
  • Tambahkan kaldu ayam bubuk, garam, baking powder, telur, air, serta bayam dan aduksampai bergumpal.
  • Giling adonan di dalam gilingan mi dari ketebalan nomor 1. Giling 2-3 kali sampai adonan licin. Kecilkan gilingan satu nomor, giling kembali 2 sampai 3 kali sampai licin. Kecilkan kembali gilingan dangiling 2 sampai 3 kali, begitu seterusnya sampai ukuran giling sampai nomor 7. Pada setiap ketebalan, taburkan tepung terigu.
  • Potong dengan ring bulat bergerigi diameter 6 cm.
  • Goreng dalam minyak yang sebelumnya telah dipanaskan dengan api sedang sampai matang dan kering.
  • Tiriskan dan sajikan.

5. Cara Membuat Keripik Bayam Merah

Bahan Yang Digunakan:

  • 50 lembar daun bayam segar
  • 250 gr Tepung beras
  • 50 gr tepung kanji
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bayam terlebih dahulu lalu tiriskan.
  2. Campur semua tepung menjadi satu (aduk rata)
  3. Ulek bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, daun jeruk purut sampai halus.
  4. Masukkan bumbu yg sudah diulek tadi kedalam campuran tepung.
  5. Tambahkan garam kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai adonan pas.
  7. Celupkan tiap lembar bayam ke dalam adonan tepung.
  8. Panaskan minyak lalu goreng bayam yg sudah di celup dengan adonan. Lakukan sampai selesai.
  9. Tunggu sampai matang dan kering lalu angkat dan tiriskan.

6. Cara Membuat Keripik Bayam tanpa Santan

Bahan Yang Digunakan:

  • Daun bayam raja secukupnya
  • 300 gram tepung beras
  • 1 gelas air

Bumbu Halus:

  • 1 cm kunyit
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci daun bayam raja hingga bersih, kemudian tiriskan.
  2. Campurkan tepung beras dan bumbu halus, kemudian tuangir air sedikit demi sedikit sampai mendapatkan kekentalan yang diinginkan.
  3. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak di Penggorengan. Celupkan bayam di dalam adonan tepung basah, kemudian goreng hingga renyah.
  4. Angkat keripik bayam yang sudah matang, kemudian letakkan di atas kertas untuk meniriskan minyaknya.

Kunjungi juga Cara Membuat Keripik Kentang