Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat kopi hijau dan juga kelebihan serta kekurangannya. Bagi yang belum tau kopi hijau, Kopi hijau ialah biji kopi dari buah coffea yang belum dipanggang.

Karena proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa (biji kopi panggang).

Selain membuat tentang cara membuat kopi cappuccino, kali ini saya membuat artikel tentang kopi hijau. simak infonya 🙂

Diduga, asam klorogenat pada kopi ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Kopi hijaua populer untuk menurunkan berat badan setelah ditampilkan pada acara tv Dr. Oz pada 2012.

Dalam acara itu disebutkan bahwa biji kopi jenis ini dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga melakukan tambahan. Ada juga orang yang mengonsumsinya untuk mengobati obesitas, diabetes, hipertensi, Alzheimer, dan infeksi bakteri.

Cara Membuat Kopi Hijau Sederhana dan Nikmat Diminum

cara membuat kopi hijau

Kelebihan dan Efek Samping Kopi Hijau

Kelebihan atau Manfaat Dari Kopi Hijau

1. Meningkatkan Metabolisme

Asam klorogenik dalam kopi hijau adalah penguat metabolisme yang bagus. Artinya, asam klorogenik meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMR) yang menurunkan pelepasan glukosa yang berlebihan dari hati ke dalam darah.

Tubuh kemudian mulai membakar kelebihan lemak yang disimpan dalam sel-sel lemak yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan glukosa.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol menyebabkan masalah jantung yang mengarah ke penyakit kardiovaskular. Penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh menyebabkan penyempitan arteri dan kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis yang membentuk plak dan membatasi aliran darah.

Minum kopi hijau akan mengurangi kolesterol jahat karena adanya asam klorogenat yang disebut bermanfaat bagi jantung.

3. Detoksifikasi Tubuh

Karena biji kopi hijau mentah dan tidak diolah, mereka mengandung sejumlah besar antioksidan yang mencegah radikal bebas berbahaya menyerang tubuh. Hal ini membantu detoksifikasi alami dengan membersihkan hati dan menghilangkan racun dan lemak yang tidak perlu dibuang dari tubuh.

4. Menekan Nafsu Makan

Apakah kamu ingin menurunkan berat badan tetapi selalu gagal karena rasa lapar yang terus menerus?, Nah, kopi hijau bisa membantu mengatasinya.

Untuk mengurangi nafsu makan, minumlah kopi hijau karena dapat membantu mengendalikan hasrat makanan yang tidak diinginkan dan mencegahmu makan berlebih.Asam klorogenat yang ada dalam kopi hijau bertindak sebagai penekan nafsu makan alami.

5.Mengontrol Tingkat Gula Darah

Biji kopi hijau bisa mengatur kadar gula darah, Bagi penderita diabetes, minum kopi hijau membantu mengurangi penyerapan gula di usus kecil.

Selain itu, kopi hijau juga menurunkan peradangan dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar gula dalam aliran darah.

Terus membaca cara membuat kopi hijau 🙂

Efek Samping Dari Kopi Hijau

1. Gangguan Psikis

Efek samping dari kopi hijau dapat menimbulkan beberapa gangguan psikis. Beberapa gangguan psikis tersebut seperti rasa cemas, gelisah, gugup, dan tegang. Konsumsi kopi hijau yang berlebihan akan memicu efek samping tersebut.

Gangguan-gangguan psikis tersebut tentunya bisa menghambat aktivitas sehari-hari Anda. Hal tersebut pun membuat Anda menjadi kurang produktif. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi kopi hijau secara berlebihan.

2. Efek Serupa Dengan Kafein

Kopi hijau pastinya mengandung kafein sama seperti kopi hitam pada umumnya. Jika Anda meminum kopi hijau dalam jumlah banyak maka kafein yang akan masuk ke dalam tubuh juga akan banyak.

Jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak bisa menimbulkan beberapa efek samping seperti gangguan fisik. Beberapa efek samping kopi hijau tersebut adalah sakit perut, susah tidur, ulu hati sakit, frekuensi buang air kecil tinggi, dan detak jantung meningkat.

3. Menyebabkan Diare

Tidak hanya membuat perut Anda merasa nyeri, efek samping kopi hijau juga bisa membuat Anda menderita diare atau buang-buang air. Kopi hijau yang dikonsumsi berlebihan akan mengganggu saluran pencernaan Anda.

Saluran pencernaan Anda akan mengalami masalah sehingga membuat Anda sering ingin buang air. Janganlah menganggap sepele efek samping ini karena bisa berakibat fatal. Diare akan membuat tubuh kekurangan cairan yang bisa berisiko terhadap kematian.

4. Meningkatkan Tekanan Darah

Konsumsi kopi hijau bisa memicu hipertensi! Apakah Anda percaya akan hal tersebut? Ya, efek samping green coffee memang dapat menyebabkan seseorang dapat mengalami tekanan darah tinggi atau (hipertensi).

Mengapa demikian? Ini dikarenakan kandungan kafein yang ada di dalam kopi hijau dapat menumpuk di dalam pembuluh darah. Hal tersebut pun membuat aliran darah di dalam pembuluh darah menjadi tersumbat dan tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Efek samping yang satu ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi medis. Tentunya hal itu bukanlah kabar gembira melain sebuah kabar yang membahayakan kesehatan. Efek ini akan menjadi semakin parah jika Anda adalah seorang penderita hipertensi.

5. Kadar Kolesterol Naik

Konsumsi kopi hijau secara berlebihan atau untuk jangka waktu yang cukup lama sangat tidak baik bagi kesehatan Anda terutama kesehatan jantung. Jantung Anda akan berada dalam risiko bahaya jika mengonsumsi green coffee berlebih dan lama.

Kopi hijau mengandung komponen zat yang akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Jenis kolesterol yang dimaksud tentunya adalah kolesterol jahat, yaitu kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein).

Peningkatan kolesterol LDL akan menimbulkan masalah pada pembuluh darah karena adanya penumpukan kolesterol LDL di dalam pembuluh. Kondisi tersebut jika dibiarkan saja akan menjadi sebuah penyakit yang dinamakan aterosklerosis.

6. Memicu Osteoporosis Dini

Tahukah Anda jika efek samping green cofffee dapat memicu terjadi osteoporosis dini? Kandungan kafein yang ada di dalam kopi hijau memiliki kontribusi terhadap pengeroposan tulang. Tulang pun akan menjadi semakin rapuh.

Maukah Anda memiliki tubuh langsing tetapi tulang keropos? Pastinya jawaban Anda adalah tidak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki cara menurunkan berat badan yang sudah terbukti keamanannya. Sayangilah tulang Anda!

7. Mengiritasi Usus

Efek samping kopi hijau dapat menimbulkan sindrom iritasi usus. Lambat laut, konsumsi kopi hijau yang dilakukan terus menerus akan disertai rasa sakit atau nyeri pada usus Anda. Hal tersebut terjadi karena usus Anda telah teriritasi oleh kandungan kopi hijau.

Usus Anda harus dijaga karena merupakan bagian saluran pencernaan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Efek asam klorogenat pada kopi hijau memang telah membuat penyerapan lemak dan karbohidrat menurun.

Siapa sangka jika hal tersebut ternyata juga memiliki efek samping ikutan. Daya serap usus terhadap zat-zat gizi terganggu. Belum lagi, kandungan tinggi pada kafein sangat tidak bersahabat dengan usus Anda. Efek ini bisa lebih parah pada penderita maag.

8. Menyebabkan Glaukoma

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi hitam dapat meningkatkan tekanan bola mata. Apabila hal tersebut terjadi terus menerus maka akan menyebabkan glaukoma yaitu kondisi di mana adanya kerusakan sel saraf pada mata.

Efek samping kopi hitam berupa glaukoma dapat menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan seperti penglihatan kabur bahkan sampai mata menjadi buta. Berat badan ideal tetapi membahayakan kesehatan mata? Sebaiknya Anda pikirkan lagi sebelum menggunakan kopi hitam sebagai cara untuk menurunkan berat badan.

Cara Mengurangi Peluang Terkena Efek Samping Kopi Hijau

cara membuat kopi hijau

Orang yang terbiasa mengonsumsi kopi pekat cenderung tidak merasakan efek samping kopi hijau. Namun, jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi kopi hitam tetapi tidak ingin mendapatkan efek sampingnya maka konsumsilah green coffee sesuai dengan dosisnya.

Dosis maksimal minum kopi hijau adalah 480 mg per hari, dengan catatan jangan mengonsumsi kopi hijau lebih dari 12 minggu. Apabila Anda mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak maka dosis maksimalnya adalah sebanyak 200 mg untuk 5 kali sehari selama 12 minggu.

Resep Kopi Hijau Untuk Diet

  1. . Cara membuat kopi hijau pertama kali adalah sediakan 1 gelas kopi hijau dengan 3 gelas air untuk merebus, takaran merebus ini 1:3. Jadi bila ingin membuat 2 gelas kopi hijau maka dibutuhkan air 6 gelas dan begitu seterusnya.
  2. Cara membuat kopi hijau kedua adalah sediakan panci bersih untuk merebus kopi, tuangkan 3 gelas air dan tambahkan 1 gelas kopi hijau tersebut.
  3. Cara membuat kopi hijau ketiga adalah dengan nyalakan kompor dan masak kopi sambil sesekali diaduk secara perlahan agar kopi merata. Setelah mendidih kecilkan api dan rebus kembali selama 12 menit, tetap aduk rebusan kopi hijaunya.
  4. Kemudian matikan api dan saring kopi. Agar lebih nikmat dapat ditambahkan ekstra seperti madu. Tunggu hingga dingin untuk meminumnya.

Cara Membuat Kopi Hijau Secara Tradisional

  1. Tahap pertama yang anda lakukana dalah dengan membeli kopi hijau yang masih mentah dan kering, dan banyak dijual dipasaran.
  2. Kemudian anda bisa mencuci hingga bersih kopi hijau tersebut, tapi berhati-hati saat sedang mencucinya, jangan terlalu keras, supaya pada bagian luar kopi hijau tidak terkikis. Karena kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit kopi hijau ini ada banyak.
  3. Setelah itu anda bisa merebusnya dengan takaran 1:3. Yaitu 1 gelas kopu hijau dengan 3 gelas air
  4. Rebuslah hingga mendidih kopi hijau tersebut
  5. Jika sudah mendidih anda bisa mengecilkan api, dan sambil diaduk. Tunggu dulu hingga 12 menit lamanya
    Setelah itu anda bisa menyaring air dari kopi hijau ini
    Anda juga bisa menambahkan madu supaya rasanya pun semakin nikmat lagi.

Resep Kopi hijau

Bahan-Bahan :

  • 2 sdm kopi hijau bromo.
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk.
  • 2 sdt gula pasir, sesuai selera. Sebaiknya untuk sedang diet tanpa gula saja
  • 1 sdt creamer, sesuai selera atau Sebaiknya untuk sedang diet tanpa krimer saja
  • 150 ml air

Cara Meracik Kopi Hijau :

  1. Masukkan gula pasir dan creamer ke dalam cangkir.
  2. Rebus air sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih masukan kopi dan kayu manis bubuk.
  4. Biarkan mendidih kurang lebih 1 menit.
  5. Lalu tuangkan kedalam cangkir yang berisi gula dan creamer. Aduk rata.
  6. Sajikan.

Cara Membuat  Kopi Hijau atau Green Coffee

Ada cara mudah untuk cara membuat kopi hijau untuk diet menurunkan berat badan, dan berikut ini langkah-langkah cara membuat membuat green coffee yaitu:

  1. Langkah pertama cara membuat kopi hijau sendiri di rumah yaitu, sediakan kopi mentah yang sudah kering. Anda bisa mendapatkannya di pasaran.
  2. Cara mengolah kopi mentah pertama dengan mencuci bersih, perlu di ingat jangan terlalu cepat dan keras dalam menyuci kopi hijau karena hal itu akan mengikis lapisan luar kopi hijau yang banyak mengandung nutrisinya. Cukup Anda cuci sebentar dengan air bersih.
  3. Takar 1 gelas kopi hijau 1 gelas dan 3 gelas air untuk merebusnya. Takaran merebus yaitu 1;3, jika Anda ingin membuat lebih banyak misalnya 2 gelas green coffee maka campuran airnya adalah 6 gelas.
  4. Gunakan panci bersih untuk membuat kopi hijau. Tuangkan 3 gelas air putih ke dalam panci dan tambahkan 1 gelas kopi hijau nya.
  5. Nyalakan kompor dengan api besar sampai mendidih airnya. Sesekali aduk dengan lembut kopi hijau dalam rebusan. Resep membuat green coffee tersebut bermanfaat untuk meratakan perebusan kopi hijau.
  6. Setelah mendidih, kecilkan api dan atur hingga perebusan selama 12 menit. Aduk kembali kopi hijaunya.
    Setelah itu saring, dan ambil airnya.
  7. Anda juga bisa menambahkan bahan lain untuk memaksimalkan hasilnya, yaitu dengan ekstrak. cara mengekstrak kopi cukup dengan menambah madu dalam penyajiannya.

Perbedaan Kopi Hijau dan Kopi Biasa

cara membuat kopi hijau

1. Kadar kafein

Salah satu yang membedakan kopi hitam dan kopi hijau adalah kadar kafeinnya. Kopi hijau tidak melalui proses pemanggangan sehingga warnanya tetap hijau.

Proses ini juga mempengaruhi kadar kafein pada kopi hijau yang lebih sedikit dibanding dengan kopi hitam biasa. Hal ini disebabkan karena kadar kafein muncul sebagai hasil dari proses pemanggangan kopi.

2. Kandungan Pada Biji Kopi

Biji kopi yang tidak dipanggang atau kopi hijau masih mengandung polifenol dan asam klorogenat. Senyawa ini juga terdapat pada teh hijau dan ekstrak biji anggur.

Meskipun secara umum kandungan pada kopi hijau dan kopi biasa sama, yaitu sama-sama mengandung antioksidan, namun kandungan asam klorogenat bisa rusak ketika pemanggangan biji kopi.

Padahal senyawa klorogenat ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme hati serta pembakaran lemak. Pada kopi hijau, kandungan ini masih ada dan tidak rusak karena kopi hijau tidak dipanggang.

3. Manfaat Biji Kopi

Salah satu perbedaan mendasar antara kopi hijau dan kopi hitam biasa adalah kandungan zat klorogenat. Zat ini bermanfaat untuk memperlambat penyerapan lemak dalam tubuh, sehingga membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, kopi hijau juga membantu menjaga kandungan gula dalam tubuh serta menjaga tekanan darah agar seimbang.

4. Mana yang Lebih Baik?

Semua kopi yang dipanggang pada dasarnya mempunyai kandungan kafein yang sama banyak. Pada secangkir kopi biasanya terkandung 100 mg kafein. Namun pada kopi hijau, kandungan kafeinnya hanya 14-60 ml per cangkirnya. Kalau ENDEUSiast termasuk yang tidak tahan dengan minuman berkafein tinggi, kopi hijau jelas pilihan yang lebih baik.

Nah munkin sekian dari artikel cara membuat kopi hijau ,dengan kelebihan serta efek samping kopi hijau dan resepnya diatas tentu kamu sudah mengerti bahwa banyak kelebihan atau manfaat dari kopi hijau, namun banyak juga ternyata efek samping dari kopi hijau ini, mulai dari yang ringan maupun yangberat.

Dengan resep resep kopi hijau dan manfaat dari kopi hijau diatas, semoga dapat membantu kalian untuk membuat kopi hijau tersebut dirumah secara benar. saya berharap artikel yang saya tuliskan ini dapat membantu kalian untuk memutuskan menggunakan kopi hijau ini untuk program diet anda.

Mungkin hanya sekian yang dapat saya tuliskan dalam artikel kali ini, apabila ada kesalahan dalam penulisan ataupun yang lainnya saya mohon utuk dimaafkan. sekian dari saya terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini.