Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang cara membuat kopi jahe yang benar serta penjelasannya, jadi simak sampai habis ya 🙂

Selain membahas tentang resep es cappucino oreo , ada kesempatan kali ini saya membahas tentang cara membuat kopi jahe

Cara membuat Kopi Jahe yang Benar serta Penjelasannya

Cara membuat Kopi Jahe

 

Manfaat Minum Kopi

Biji kopi mempunyai banyak manfaat diantaranya sebagai penambah energi, melindungi mood bahkan bisa mencegah serangan jantung serta stroke. Manfaat sehat meminum kopi untuk tubuh kita dapat kita dapatkan dengan mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi satu hari. Untuk mengkonsumsi lebih dari tiu tidak dianjurkan lantaran kopi berbentuk asam sampai bisa memperparah sakit maag. Manfaat yang lain, diantaranya :

  1. Mencegah penyakit syaraf
  2. Melindungi gigi
  3. Menurunkan kemungkinan kanker payudara
  4. Mencegah batu empedu
  5. Melindungi kulit
  6. Mencegah diabetes
  7. Mencegah sirosis hati
  8. Manfaat kecantikan kulit

Manfaat Jahe

1. Memper Lancar Peredaran Darah

Manfaat jahe yang pertama yaitu melancarkan peredaran darah. Gingerol yang ada pada jahe berbentuk antikoagulan yang bakal mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang disebut penyebabnya paling utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

2. Perut Kembung

Ekstrak jahe berguna untuk yang kerap mengalami perut kembung serta nyeri. Jahe bisa digunakan untuk menyembuhkan masalah yaitu pada pencernaan serta iritasi pada usus.

3. Mengobati Migrain

Pada suatu studi tunjukkan jahe bisa hentikan prostaglandin, yang di mana prostaglandin adalah satu diantara faktor penyebabnya sakit kepala. Dengan hal tersebut, jahe bisa untuk mengurangi migrain atau sakit kepala samping.

4. Demam dan Batuk

Gingerol pada jahe yang sebelumnya telah dijelaskan bisa memperlancar peredarah darah, kandungan gingerol dapat juga dipakai untuk mengurangi demam serta batuk. Mengkonsumsi jahe berarti menekan munculnya efek samping seperti yang terdapat dalam kandungan obat-obatan kimia.

5. Obat Mabuk Perjalanan

Terutama untuk yang sering alami mabuk dalam perjalanan, baiknya konsumsi minuman jahe. Rempah-rempah yang satu ini dipercaya bisa mengurangi rasa mual juga menyembuhkan jet lag.

6. Bersifat Anti Alergi

Manfaat jahe berbarengan ekstrak biji anggur bisa berguna untuk membantu mengurangi demam serta permasalahan sama yang seringkali bisa berlangsung selama musim alergi.

7. Mengobati Morning Sickness

Rasa mual, perut kembung serta rasa mau muntah saat pagi hari, termasuk juga pada wanita yang sedang hamil. Morning sickness bisa sembuh dengan mengkonsumsi ramuan minuman jahe.

8. Mengangkal Radikal Bebas

Jahe memiliki kandungan kandungan antioksidan yang dapat untuk dapat menangani efek mengakibatkan kerusakan lantaran dikarenakan oleh radikal bebas dalam tubuh.

9. Peradangan

Jahe seperti pada nomor 1 kalau jahe mempunyai kandungan senyawa yang diberi nama gingerol. Senyawa gingerol ini bertanggung jawab untuk sebagai aroma menyengat serta manfaat anti-inflamasi. Ketika mencari obat anti peradangan yakinkan obatnya mempunyai kandungan gingerol.

10. Arthritis

Ekstrak jahe yang berguna juga pada penderita arthritis serta osteoarthritis. Kandungan pada jahe telah dipercaya memiliki kandungan komponen yang bisa menghalangi COX, dimana COX adalah satu diantara bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab mengenai munculnya peradangan.

Obat resep penghambat COX ini umumnya mempunyai resikonya yang bisa merugikan tubuh. Manfaat jahe sebagai satu diantara obat herbal alami bisa mempunyai manfaat yang sama dan tanpa ada resikonya.

Oh, pada akhirnya saya juga menyimpulkan sendiri, kenapa bila meminum kopi jahe perut saya tidak bermasalah. Mungkin saja lantaran jahe mempunyai manfaat untuk pencernaan, perut kembung, mual dan nyeri.

Hingga turunkan resikonya dari minuman kopi yang bisa menyebabkan maag. Yah, paling tidak jawaban ini cukup memuaskan untuk saya pribadi. Mengingat saya bukanlah seseorang herbalis.

Cara Membuat Kopi Jahe Spesial

Bahan-Bahan Cara membuat Kopi Jahe

  • 1 sdm kopi bubuk
  • 1 ruas jahe emprit
  • 1 batang kayu manis
  • gula jawa secukupnya
  • air secukupnya
  • cangkir

Langkah-Langkah

  1. Bakar jahe di atas bara api sampai matang kemudian bersihkan kulitnya. Geprek jahe tersebut secara kasar
  2. lalu masukkan ke cangkir.
  3. Taburkan bubuk kopi ke dalam cangkir. Berikutnya aduk-aduk supaya kedua bahan tersebut tercampur rata.
  4. Rebuslah air di dalam panci. Setelah hangat, ambil 3 sdm air hangat ini dan masukkan ke cangkir, kemudian aduk rata. Teruskan memanaskan air hingga mendidih.
  5. Setelah air mendidih, masukkan kayu manis dan gula jawa ke dalam panci berisi rebusan air tersebut. Aduklah panci sehingga gula jawa mencair dan kayu manis mengeluarkan wangi yang khas.
  6. Tuangkan air mendidih ini ke dalam cangkir, lalu aduk kembali sampai merata. Sebelum disajikan, saringlah
  7. terlebih dahulu untuk memisahkan ampas dari air kopi jahe.
  8. Kini secangkir minuman kopi jahe pun siap untuk dinikmati. Selamat mencobanya

Pengalaman Usaha

cara membuat kopi jahe

Hati-hati, musim pancaroba datang, beragam penyakit siap menggempur tubuh-tubuh yang lemah, membawa virus flu dan meriang. Nah, jika sudah sakit pasti akan membuat segala aktivitas terganggu, kerjaan berantakan. Dalam menghadapi cuaca yang demikian, mungkin Anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan dan minuman hangat, seperti jahe. Kondisi itulah yang membuat pengusaha ini sukses memanfaatkan peluang usaha rumahan dengan wirausaha memproduksi minuman“Sari Jahe Instan”.

“Minuman Jahe memang sudah dikenal masyarakat tradisional sebagai salah satu minuman kesehatan yang memiliki banyak manfaat. Dengan memberikan sentuhan “kepraktisan” dalam kemasan jahe, masyarakat saat ini tidak perlu lagi meski mengupas dan memarut jahe untuk membuat wedang jahe, melainkan tinggal menyobek kemasan lalu mencampur serbuk sari jahe dengan air panas.

Selain itu juga bisa dicampur langsung ke dalam minuman favorit kita, seperti kopi, teh atau susu. Praktis bukan?” Ungkap Djoko, pembuat sari jahe instan

Memanfaatkan peluang usaha dengan membuat sebuah pabrik yang mampu memproduksi sari jahe dan minuman tradisional lainnya memang tanpa sebab. Djoko selaku owner cukup jeli melihat ketersediaan bahan-bahan dasar utama di sekitar Ponorogo, khususnya rempah seperti Jahe, Temulawak, Kunyit dan Beras Kencur.

“Semua bahan yang digunakan usaha saya, murni 100 persen bahan alami dan tidak menggunakan campuran kimia. Untuk prosesnya kita juga tidak menggunakan campuran bahan-bahan tertentu, seperti perasa, pengawet dan pewarna. Saya memang memiliki visi di awal untuk membuat wirausaha agro yang tetap berhubungan dengan masyarakat setempat.” Tambah Djoko.

Minuman jahe sendiri, dikalangan masyarakat telah menjadi minuman wajib dan suguhan untuk tamu yang datang. Banyak masyarakat yang cocok minum minuman sari jahe ini.

Tambahan Dalam Jahe

Djoko menambahkan, jika sari jahe banyak memiliki manfaat, diantaranya adalah bisa mencegah perut buncit dan kembung, membuat berat badan yang ideal, menurunkan darah tinggi, dan sebagai detoks terhadap tubuh. Banyaknya manfaat yang melekat di minuman sari jahe ini, Djoko yakin jika produksi sari jahenya bisa diterima masyarakat luas.

Prospek peluang bisnis sari jahe instan hjngga saat ini masih cukup lancar. Mengingat jahe merupakan minuman tradisional yang cukup popular di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat dari para petani dengan harga yang relatif terjangkau.

“Diantara produk-produk yang kami buat, sari jahe dan wedang bajigur instanlah yang cukup laris di pasaran. Jika boleh jujur, di Indonesia sendiri masih banyak orang yang bisa dibilang cukup fanatik mengkonsumsi jamu untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya.

Dan salah satu jamu racikan tradisional ini adalah wedang jahe dan bajigur ini.” Ujar pria yang ternyata memiliki pendidikan di teknik perkapalan ini.

Menurut Djoko, proses memproduksi sari jahe instan tidaklah terlampau sulit. Hal pertama yang dilakukan setelah mendapat pasokan jahe, adalah menggiling jahe tersebut agar menjadi lembut. Djoko menuturkan, untuk proses penggilingannya bisa menggunakan mesin penggiling kelapa, namun dalam proses pengilingannya ditambahkan air bersih dengan perbandingan 1kg jahe dengan 4 liter air.

“Setelah air dan jahe tercampur, saring jahe tersebut dengan menggunakan saringan yang halus, agar ampas dapat terpisah dengan baik, lalu air hasil saringan tersebut didiamkan beberapa jam, setelah itu akan terlihat pati jahe yang mengendap di dasar air.

Terakhir adalah proses pemasakan di wajan besar untuk menghasilkan serbuk sari jahe. Dalam proses memasak ini bisa dicampur gula sesuai selera. Setelah selesai dimasak, sari jahe kemudian dimasukkan ke dalam oven untuk menghilangkan kandungan air pada sari jahe tersebut.” Tambah pria yang sudah menggeluti bisnis sari jahe instan sejak tahun 1997.

Agar rasa yang dihasilkan tidak berubah-ubah dan stabil, maka Djoko kerap mengontrol karyawannya saat produksi. Menurut Djoko, salah satu kelebihan sari jahe buatannya, terletak di rasa, selain menggunakan bahan-bahan alami. Sari jahe instan Amuwowo produksi Djoko ini sudah dikenal masyarakat, karena rasa khas jahenya yang pedas pas dilidah anak-anak hingga orang tua.

Jaminan

“Jika dibandingkan dengan kemasan modern, produksi pabrik-pabrik besar, terus terang saya kalah. Kalah di kemasannya.

Namun, saya berani jamin 100 persen, bahwa dalam produk saya tidak ada bahan-bahan kimia, apalagi pengawet. Karena inilah setiap 3 bulan sales kami keliling untuk mengecek produk-produk kami, dan menggantinya dengan yang baru.

Untuk kemasan saya memang sengaja mempertahankan kemasan lama, karena biasanya orang desa menyukai kemasan sederhana, selain itu kemasan saat ini sudah menjadi trade mark Amuwowo.” Terang Djoko yang saat ini sudah memiliki belasan karyawan ini.

Disinggung kendala, Djoko menuturkan selama ini untuk kendala-kendala krusial seperti kurangnya bahan baku atau penjualan yang menurun masih bisa diatasi.

Kendala-kendala ini, menurutnya bukan menjadi permasalahan yang harus dihindari, melainkan sebuah pembelajaran yang akan memberikan hikmah serta kedewasaan dalam berwirausaha.

“Diawal dulu pernah kelimpungan dalam mendatangkan bahan baku utama, seperti Jahe. Karena dulu pembelian jahe hanya melalui satu petani saja, namun sekarang saya sudah memiliki banyak channel khususnya para petani tanaman mpon-mpon, sehingga tidak bakal kesulitan mendatangkan bahan baku.

Untuk pemasaran, saya belajar dari pengalaman, selama lebih dari 10 tahun, saya belajar betul kondisi lapangan dan kesulitan-kesulitannya.” Tutup Djoko.

Usaha Kopi Jahe

HUJAN yang mengguyur sejak beberapa hari terakhir ini membuat suasana menjadi dingin. Dalam cuaca yang dingin seperti itu, paling enak menyeruput minuman yang dapat menghangatkan tubuh serta dapat membuat nyaman.

Sudah pernah minum kopi jahe khas Minahasa? kopi jahe khas Minahasa berbeda dengan kopi jahe di daerah lain, kopi jahe di sini merupakan campuran antara kopi robusta dan arabika ditambah dengan Jahe merah.

Bagi anda yang ingin merasakannya, datang saja ke Restoran Es Nyonya yang terletak di Maumbi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, hanya dengan Rp.5 ribu anda sudah bisa menikmati segelas kopi jahe sederhana spesial yang tentunya enak.

Cara Membuat Kopi Jahe

Bahan-Bahan Cara membuat Kopi Jahe

  • 30 gram Kopi
  • 25 gram Gula pasir
  • 10 gram Jahe
  • 5 gram Serai

Langkah-Langkah

Jahe dibakar kemudian digeprek, Masak air bersama jahe serta serai. Setelah mendidih, angkat, tuang dalam cangkir yang sudah berisi kopi, aduk sampai rata dan kopi larut. Sajikan kopi jahe untuk satu cangkir saja, nikmati sensasi Jahe yang kamu buat sendiri.

Tips Menjalani Usaha Warung Kopi dengan Cara membuat Kopi Jahe

cara membuat kopi jahe

1.BUATLAH KONSEP WARUNG KOPI

Langkah pertama sebelum anda membuka warung kopi adalah membuat konsep warung kopi yang akan anda bangung seperti menentukan nama warung kopi,memilih menu apa saja yang akan disajikan,menentukan lokasi,merencanakan konsep warung kopi yang menarik.

Dan mengatur jadwal buka warung kopi sesuai dengan waktu luang anda.Misalkan jika waktu anda terbatas dan pulang kerja sekitar jm 3 atau 4 sore,anda dapat membuka warung kopi sekitar pukul 18:00 sampai tengah malam.Sedangkan pada hari libur,anda dapat membuka warung kopi lebih awal.

2.SIAPKAN PERLENGKAPAN DAN PERALATAN USAHA

Anda dapat memanfaatkan teras rumah atau halaman rumah untuk membuka usaha warung kopi. Hal ini dapat meminimalisir modal untuk membuka usaha karena anda tidak perlu membayar uang sewa bulanan yang terbilang mahal.

Sehingga yang anda butuhkan adalah perlengkapannya seperti meja,kursi,tikar untuk lesehan,gelasmpirin,sendok, dan sebagainya.

3.MENU

Sajikanlah menu yang cukup banyak agar warung kopi anda memiliki banyak pilihan menu untuk dinikmati konsumen.

Selain kopi,anda juga harus menyajikan makanan ringan untuk teman ngopi seperti gorengan makanan kecil dan lain-lain.

Anda juga dapat menambahkan menu kopi daerah pada warung kopi anda agar konsumen mengenal beberapa kopi khas daerah di Indonesia seperti kopi toraja, kopi aceh, kopi lampung, kopi bangka, kupi luwak, kopi klothok, kopi buah, capucino, mocca, latte, kopi jahe, dan lain sebagainya.

4.MEREKRUT TENAGA PEMBANTU

Tenaga pembantu sangat dibutuhkan jika anda memiliki pekerjaan utama.Tenaga pembantu dapat meringankan pekerjaan anda.

Sehingga pilihlah tenaga pembantu dengan selektif dan jeli agar menemukan tenaga pembantu yang baik dan dapat dipercaya.

5.FASILITAS YANG LENGKAP

Selain menyajikan menu yang beragam anda juga harus memperhatikan kenyamanan konsumen.

Oleh karena itu anda harus memperhatikan tempat duduk,lampu penerangan,toilet,parkir,dan mushola serta anda bisa menambahkan fasilitas pendukung lainnya seperti hotspot area, layar LCD, TV, dan lain sebagainya.

KELEBIHAN BISNIS

Banyaknya jenis kopi yang ada di negeri ini memudahkan kita menyajikan kopi yang beragam dari beberapa daerah.Banyaknya daerah yang menghasilkan kopi memudahkan anda untuk membuat kopi karena melimpahnya bahan baku kopi.

Indonesia adalah salah satu negara yang menghasilkan kopi terbanyak di dunia.Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha kopi untuk menyajikan kopi tanpa harus mengimpor bahan baku dari luar negeri.

Kopi adalah salah satu minuman favorit dikalangan masyarakat.Tidak hanya pria saja,wanita juga cukup banyak yang menyukai minuman satu ini.

Sekarang ini banyak ditemukan varian rasa kopi yang diciptakan oleh barista dengan rasa yang unik dan asing.Sekarang ini tidak hanya orang tua saja yang menyukai kopi,anak muda,remaja bahkan anak-anak pun menyukai cita rasa kopi.

Hal ini tentunya membuka peluang usaha bagi anda yang ingin membuka usaha warung kopi.Anda tidak perlu khawatir dengan banyaknya coffe shop modern yang bermunculan.

Biasanya masyarakat lebih suka minum di warung kopi sederhana karena harganya yang ekonomis.

KEKURANGAN BISNIS

Terdapat beberapa hambatan yang ditemui dalam membuka usaha ini.Misalnya ketatnya persaingan pasar baik dari sesama warung kopi sederhana maupun coffeshop modern dari luar negeri atau kedai kopi lokal namun dikelola dengan cara waralaba.

Hambatan selanjutnya adalah kesalahan dalam melayani dan menghitung orderan.Ketika warung kopi dalam keadaan ramai,biasanya anda akan melakukan kesalahan yaitu salah menghitung orderan.

Namun hal ini dapat di antisipasi dengan cara membiarkan konsumen mencatat menu-menu yang akan dipesan kemudian menu tersebut dibayar ketika pesanan datang ke meja konsumen.

STRATEGI PEMASARAN

Promosi yang dapat anda lakukan untuk mengenalkan usaha anda dapat dimulai dengan memberitahu kerabat terdekat anda seperti tetangga,keluarga,teman kerja,teman bermain dan juga komunitas di sekitar anda.

Promosi dengan cara ini cukup efektif karena warung kopi sering digunakan untuk berkumpul dan bersantai.

Komunitas-komunitas juga cukup sering melakukan kopdar (kopi darat) seperti komunitas komunitas pecinta sepeda, komunitas penggemar buku, penggemar otomotif, komunitas blogger.

Warung kopi sering digunakan sebagai tempat untuk bersantai dan bercengkerama bersama kerabat,teman-teman atau keluarga.

Setelah itu anda dapat memasang banner,spanduk atau tulisan agar orang-orang yang lewat tahu akan keberadaan usaha anda.Selain itu anda juga dapat memberikan promo kepada pelanggan anda.

Misalkan dengan membuat member dan nantinya pemilik member akan diberikan diskon 10%.Promo yang lain juga dapat anda lakukan seperti memberikan kopi gratis bagi pelanggan yang sudah memiliki struk pembelian sebanyak 5 lembar.

Atau dapat juga memberikan paket makan gratis jika pelanggan anda membawa 5 teman anda untuk menikmati menu di warung kopi anda.

KUNCI BISNIS

Kesuksesan usaha warung kopi anda tidak hanya terletak pada rasa serta kenikmatan kopi yang anda suguhkan kepada pelanggan.Namun kenyamanan tempat,suasana dan konsep dari warung kopi juga sangat berpengaruh pada kunci kesuksesan usaha anda.

Selain itu,anda juga harus berani merangkul komunitas-komunitas disekitar anda tinggal agar mau bergabung menikmati menu di warung kopi anda.

Mungkin cukup sekian artikel tentang cara membuat kopi jahe, semoga bermanfaat 🙂