Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang resep es cappucino oreo enak dan lezat. Jadi pastikan kalian membacanya sampai akhir sampai akhirnya kalian tau bagaimana prosesnya.

Selain membahas tentang cara mengolah kopi , ada kesempatan kali ini saya membahas tentang resep es cappuccino oreo enak dan nikmat

Resep Es Cappucino Oreo Enak dan Nikmat dengan Bahan Rumahan

resep es cappucino oreo

Pada artikel ini saya akan membahas resep es cappucino oreo .Sebelumnya, kami akan menyinggung sedikit tentang manfaat dari cappucino cincau itu sendiri, termasuk bahan pokok dari cappucino cincau adalah cincau dan bubuk kopi pilihan yang sudah dikemas oleh pabrik dengan berbagai rasa

Kopi ialah jenis minuman yang berasal dari proses pengolahan serta ekstraksi biji tanaman kopi. Sejarah telah mencatat bahwasanya penemuan biji kopi sebagai minuman yang sangat berkhasiat serta berenergi pertama kali ditemukan oleh Orang dari Bangsa Etiopia yaitu di benua Afrika pada sekitar 3000 tahun yang lalu, atau 1000 tahun Sebelum Masehi.

Kopi kemudian terus berkembang hingga sekarang menjadi salah satu minuman yang paling populer di dunia. Negara Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya dan kemudian di eksport di berbagai penjuru di dunia.

Di samping rasa serta aromanya yang sangat menarik, khasiat kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker , diabetes , batu empedu , serta berbagai penyakit jantung.

Apakah kata kopi berasal dari arab?. Dibaca qahwah yang memiliki arti kekuatan, karena pada awal ditemukan kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kemudian diubah menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian diubah lagi menjadi koffie.

Dalam bahasa Belanda, Penggunaan kata koffie dapat langsung diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang hingga saat ini biasa kita kenal dengan nama kopi. Tapi pada saat ini Indonesia menjadi Negara Penghasil Biji Kopi Terbesar No. 3 di dunia.

Sedangkan Manfaat dari Cincau Sendiri Adalah:

Untuk Kesehatan, Tanaman cincau banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan diantaranya sebagai penurun panas badan, obat demam, obat panas dalam, obat sakit perut (mual), obat diare, pencegah gangguan pencernaan. Penelitian ilmiah pun menambah daftar panjang khasiatnya.

Salah Satunya Sebagai Anti Kanker

Kata cincau sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri pada bahasa asalnya sebenarnya ialah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Di Indonesia, ada dua jenis cincau. Yang pertama adala cincau hitam yang lazim dijual sebagaimana di Cina, Korea, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Yang kedua ialah cincau hijau yang banyak diproduksi di wilayah Bandung, Jawa Barat.

Di Bandung cincau hijau disebut juga camcau. Kini penjualan es camcau Bandung sudah menyebar ke mana-mana terlebih lagi pada wilayah Jawa.

Pada negara-negara yang sudah maju, seperti halnya di Jepang dan Korea, cincau ini sudah diproduksi menjadi ekstrak bubuk yang sudah siap pakai untuk membuat jeli cincau sendiri di rumah mereka.

Namun ada pula yang dikemas kalengan yang siap ditambahkan dalam minuman atau dessert segar. Indonesia lebih beruntung karena kita dapat dengan mudah mendapatkan cincau segar di pasaran.

Cincau paling sering digunakan sebagai komponen utama pada minuman yang menyegarkan (misalnya dalam es cincau dan es campur). Berdasarkan laporan, cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh (diuretik).

Cincau hitam dan cincau hijau, keduanya berbeda dalam hal warna, cita-rasa, penampakan, bahan baku, dan cara pembuatan. Tapi, kedua cincau tersebut memiliki rasa yang enak, kenyal, serta hampir menyerupai agar-agar.

Bahan baku utama pada cincau hitam adalah tanaman yang di Jawa dikenal dengan nama janggelan (Mesona palustris BL). Di Cina, bahan baku cincau hitam adalah ekstrak dari daun Mesona procumbens H. yang sudah dikeringkan, bentuknya mirip janggelan.

Tanaman janggelan merupakan tanaman perdu, tumbuh yang tumbuh dengan baik pada ketinggian antara 150-1.800 meter dari permukaan laut.

Macam-Macam Manfaat Kopi Cappucino

Manfaat kopi cappucino ternyata mempunyai sejumlah kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh, bahkan diklaim jadi salah satu obat yang mujarab untuk kanker. Apakah benar demikian? Ekstrak biji kopi inilah yang diproses menjadi berbagai bubuk kopi yang kadang Anda minum.

Pada umumnya kopi menjadi pelengkap ketika mengawali pekerjaan dipagi hari. Hidangan berwarna hitam pekat ini menyuguhkan cita rasa yang unik, sehingga banyak sekali orang yang menjadikannya minuman favorit. Di Indonesia sendiri terdapat di wilayah-wilayah tertentu, minuman kopi menjadi sebuah budaya yang unik.

Penting untuk diketahui, kebiasaan meminum kopi sambil makan bisa berakibat baik bagi kesehatan. Bermacam manfaat kopi cappucino untuk tubuh ialah sebagai berikut.

  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.
  • Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
  • Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

Manfaat Kopi Cappucino Untuk Kesehatan

resep es cappucino oreo

Banyak masyarakat yang mengagumi kenikmatan secangkir kopi, tapi dibalik nikmatnya mempunyai beragam manfaat. Berikut beberapa manfaat dari kopi di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Stamina

Kopi mempunyai kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin didalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur kepada otak. Kafein dalam kopi menyebabkan kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat. Maka akan membuat perasaan segar lebih lama.

2. Menghambat Kanker

Antioksidan pada kopi mampu menekan resiko gejala kanker didalam tubuh. Menurut Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar berkurang sebesar 25%.

3. Kopi Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi memiliki sifat anti bakterial yang bagus bagi kebersihan mulut. Hal tersebut dapat mempercepat penyembuhan gigi yang berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja memiliki peluang besar untuk melawan resiko kanker mulut.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Menyumbatnya penyerapan gula dapat diproses dengan meminum kopi. Kandungan zat asam klorogenat mempercepat kinerja penyerapan gula pada peningkatan pembentukan insulin. Para Dokter sudah menyatakan bahwa penyakit diabetes yang terjangkit pada seseorang, bisa diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi cappucino.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang relatif menjangkit orang yang sudah berusia 65 tahun ke atas. Kopi juga telah terbukti dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

6. Mencegah Parkinson

Selain penyakit alzheimer, parkinson merupakan satu dari banyaknya penyakit terkenal yang penyebabnya berasal dari degradasi fungsi saraf pada tubuh manusia. Konsumsi kopi dengan rutin dapat memberi perlindungan terhadap penyakit parkinson.

7. Meningkatkan Mood

Banyak sekali orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan fresh ketika meminum kopi. Kopi merupakan salah satu minuman yang dapat menambah mood seseorang, selain itu ia juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.

Manfaat Kopi Cappucino Bagi Kecantikan

Selain manfaatnya yang baik untuk kesehatan, kopi kerap digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Inilah beberapa manfaatnya.

1. Kopi Untuk Masker Wajah

Manfaat kopi cappucino banyak digunakan sebagai bahan pembuatan masker wajah di salon-salon kecantikan. Kegunaannya ialah bisa membuat kulit kencang dan mengangkat sel-sel kulit mati. Kopi juga bisa dipakai sebagai krim anti mikroba untuk pembersih wajah.

2. Pemeliharaan Kulit Kepala

Menurut riset para ahli, kandungan kafein pada kopi melahirkannya sebagai anti kerontokan rambut. Antioksidan tersebut yang terkandung pada kopi memiliki peran aktif agar menjaga kulit kepala.

3. Menyejukan Kulit Tubuh

Manfaat kopi cappucino mengoptimalkan pelepasan sel-sel kulit mati yang berdampak pada pembaruan kulit, sehingga kulit terlihat tetap sehat dan bercahaya. Cukup gunakan scrub berbahan kopi untuk pemeliharaan kulit secara teratur.

4. Manfaat kopi cappucino Sebagai Pedicure dan Manicure

Aromaterapi bubuk kopi dapat membersihkan siku berwarna dan tumit kaki yang retak. Tidak hanya itu, kopi juga ternyata dapat dipakai untuk mempercepat proses kekencangan kulit tubuh dan membantu menjaga penuaan dini.

5. Ampas Kopi Sangat Bermanfaat Sebagai Mengencangkan Wajah

Banyak sekali orang yang telah menikmati betapa ampas kopi memiliki fungsi penting bagi kecantikan. Hanya dengan membikin ampas kopi sebagai masker, sehingga bisa meningkatkan kekencangan kulit sampai menjadikannya lebih mudah terawat.

Cara Membuat Ice Cappucino Oreo Yang Gampang Di Rumah

resep es cappucino oreo

Cara membuat ice cappucino oreo, bisa dilakukan sendiri dirumah. Oreo, ternyata bisa dirubah sebagai minuman ice. Banyak cara membuatnya, yaitu bisa dengan menambahkan berbagai macam topping yang enak dan juga menyehatkan. Salah satunya bisa dengan menggunakan cincau hitam, ataupun buah-buahan yang disukai.

Oreo jika dipadukan dengan minuman akan sangat enak dan juga terasa lezat, jika oreo yang menjadi campurannya. Karena akan menghasilkan rasa yang manis dan gurih. Bagi teman-teman yang menyukai minuman cappucino, cara membuat ice cappucino oreo ini bisa dicoba sendiri dirumah. Berikut ini adalah pembahasannya:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Cara membuat ice cappucino oreo, yang pertama adalah dengan menyiapkan bahan-bahanya terlebih dahulu. Bahan utama yang perlu disiapkan, yaitu enam keping biskuit oreo, dan 1 sachet kopi cappucino instan.

Kemudian bahan lainnya yang juga perlu disiapkan adalah 250 ml, susu cair full cream, es batu secukupnya, dan topping: choco granule satu sendok makan, atau agar-agar puding silky.

2. Blender Bahan

Blender biskuit oreo, sampai jangan terlalu halus. Kemudian masukkan cappucino sachet instan ke dalam 250 ml air putih. Lalu aduk hingga semuanya tercampur rata. Setelah itu tuangkan kopi sachet yang sudah diaduk rata tadi ke dalam wajan yang bersih. Lalu masukkan 5 ml gram agar puding silky.

3. Masak dan Panaskan

Langkah selanjutnya membuat ice cappucino oreo adalah dengan memasaknya. Kopi cappucino instan dan agar-agar puding silky, yang sudah di campurkan didalam wajan tadi.. Selanjutnya diaduk dengan rata, lalu panaskan dan masak hingga matang. Jangan terlalu matang atau terlalu lama memasaknya.

Cukup 20 menit saja. Memasaknya juga harus sambil diaduk terus menerus, agar mendapatkan hasil tekstur yang bagus.

4. Dinginkan

Setelah campuran tadi mendidik dan matang dengan baik. Lalu bisa diangkat dan ditaro ke dalam mangkok atau wadah. Dan dinginkan kopi dan campuran agar-agar tadi, dengan cara mendiamkannya saja sekitar 15 menit. Ketika sudah terlihat kental bisa melanjutkan langkah selanjutnya.

Yaitu, dengan menutup wadah atau mangkok tadi dengan menggunakan plastik uap. Kemudian dinginkan masukkan ke dalam kulkas.

5. Campurkan Oreo

Langkah selanjutnya, adalah campurkan remahan biskut oreo yang sudah diblender tadi. Setelah agar-agar puding dan campuran kopi instan tadi sudah mendingin, bisa diambil.

Kemudian masukkan rempahan biskuit oreo ke dalam gelas yang sudah disediakan secukupnya. Lalu masukkan puding cappucino tadi ke dalamnya. Untuk takarannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

6. Tuangkan Susu

Setelah rempahan oreo dan puding tadi di campurkan. Lalu selanjutnya, bisa tuangkan susu cair full cream ke dalamnya. Hal ini, untuk mencarikan tekstur yang kental dan menambah rasa gurih pada ice cappucino oreo yang akan dibuat.

Kemudian, bisa juga ditambahkan lagi dengan vanilla kental manis. Namun, apabila tidak menyukai vanilla kental. Bisa juga menambahkannya dengan whipped cream secukupnya.

7. Tambahkan Topping

Selanjutnya, apabila minuman tadi sudah siap, lalu bisa tambahkan topping diatasnya. Topping yang digunakan bisa bermacam-macam sesuai selera masing-masing.

Bisa dengan menggunakan chocco granule sebanyak satu sendok makan, lalu bisa juga dengan menambahkan satu atau dua biskuit oreo diatasnya. Untuk menambah rasa manis dan lezat pada ice cappucino oreo ini.

8. Campurkan Cincau Hitam

Apabila, terasa ingin lebih menambahkan topping yang lainnya dalam membuat ice cappucino oreo. Ada juga yang menambahkan campuran menggunakan cincau hitam.

Pastinya akan dapat menambah rasa segar pada minuman ini dan juga sehat. Caranya adalah dengan memasukkan cincau hitam ke dalam gelas. Bersama campuran kopi puding dan rempahan oreo tadi. Lalu bisa ditambahkan dengan es batu dan susu kental manis.

9. Tambahkan Pisang

Selain itu, resep selanjutnya yang bisa dibikin pada minuman ice cappucino. Adalah dengan menambahkan irisan pisang. Hal ini, akan mempercantik hasil topping minuman ini dan bisa menyehatkan tubuh juga apabila diminum. Irislah potongan pisang menjadi kecil-kecil, sekiranya menjadi 4 bagian irisan.

Usahakan gunakan pisang yang masih segar ya. Kemudian masukkan irisan buah pisang tadi ke atas campuran minuman ice cappucino oreo tadi. Lalu bisa tambahkan bubuk grande dan cream diatasnya.

Jika menggunakan pisang sebagai topping, tidak perlu mencampurkan susu kental manis dan es batu pada minuman. Cukup sudah dengan campuran kopi instan, agar-agar puding, dan rempahan oreo tadi saja.

    • Resep Es Milkshake cappucino oreo

      Bahan-Bahan Resep Es Cappucino Oreo

      4 keping oreo coklat
      1 bks pop Ice rasa cappucino (coklat juga boleh)
      1/2 gelas es Batu
      1/2 gelas air
      1/2 bks skm coklat (putih juga boleh)
      1/2 sdt gula pasir (jika anda pecinta manis atur sesuai selera aja)

      Langkah-Langkah

      Campur semua bahan kecuali biskuit oreonya.
      Blender sekitar 10 menit untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus
      Setelah itu tuangkan ke gelas terus beri kepingan Oreo tadi

      Resep Es Cappucino Oreo

      Bahan-Bahan Resep Es Cappucino Oreo

      3 sachet cappucinno
      3 sdm gula (sesuai selera)
      9 keping oreo original (pisahkan creamnya)
      400 ml air dingin
      secukupnya es batu

      Topping

      secukupnya wippy cream (campur dgn cream oreo yg sdh di pisah td)
      secukupnya coklat bubuk
      secukupnya cincau, potong dadu

      Langkah-Langkah

      Campur semua bahan dasar, kemudian blender
      Masukkan cincau yg sdh d potong ke dlm gelas, kemudian masukkan cappuccino yg sdh di blender tadi.
      Tambahkan wippy cream di atasnya, dan taburi dengan coklat bubuk serta sedikit cincau lagi.

      Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel tentang resep es cappucino oreo ini, terimakasih sudah berkunjung 🙂