Home » Artikel » Artikel Proses » WOW Mantaff…! Ini Loh 14 Cara Membuat Kopi Ala Cafe, Coba Yuk..!

WOW Mantaff…! Ini Loh 14 Cara Membuat Kopi Ala Cafe, Coba Yuk..!

Siapa yang tak kenal dengan kopi? Minuman yang satu ini memang selalu mempunyai daya tariknya tersendiri. Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer, minuman ini sangat digemari banyak orang baik dari kalangan remaja hingga dewasa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Nama kopi tentunya juga sudah tidak terdengar asing lagi di telinga para pecinta dan penikmat kopi, bagi mereka kopi itu sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka yang tak terpisahkan. Meskipun kopi mengandung kafein, tapi tidak mengurangi jumlah penggemar kopi.

Anda sendiri pun sekarang bisa membuat racikan kopi buatan Anda sendiri layaknya seorang barista profesional, karena cara membuat kopi saat ini juga sudah semakin beragam, mulai dari cara yang paling sederhana, sampai ke cara yang paling rumit. Berbagai macam alat pembuat kopi juga semakin banyak bermunculan, dengan harga dan fungsi yang bervariasi. Semua itu tentunya untuk bisa menciptakan kreasi kopi dengan aroma dan citarasa yang nikmat dan berkualitas.

Nah kalau Anda adalah salah satu penikmat dan pecinta kopi, ada beberapa cara membuat kopi yang bisa Anda lakukan agar kopi terasa lebih nikmat. Anda harus memperhatikan kualitas air, kualitas biji kopi itu sendiri, proporsi yang menentukan kadar kepekatan kopi, dan masih banyak faktor lainnya. Dan yang lebih menariknya lagi adalah saat ini Anda bisa membeli alat-alat pembuat kopi manual dan mulai mencoba membuatnya sendiri. Caranya pun juga cukup mudah, Anda bisa membuat kopi racikan Anda sendiri. Penasaran bagaimana cara membuat kopi yang nikmat dan berkualitas?

Simak 14 Cara Membuat Kopi ala Cafe dan Analisa Peluang Usaha Warung Kopi berikut ini.

1.) Drip Method

kopi drip

Metode ini menjadi salah satu cara membuat kopi yang selalu ada di setiap kedai atau cafe yang menjual minuman kopi. Metode ini juga bisa disebut dengan Filter Method, karena cara pembuatannya yang melalui proses penyaringan (filter). Sampai saat ini, Drip Method merupakan cara yang paling populer karena kesederhanaan dan efisiensinya.

Cara Pembuatan:

Air dituangkan ke dalam kopi bubuk yang diletakkan diatas kertas saring menuju ke bejana kopi. Untuk bisa menyeduhnya, cukup Anda panaskan bejana kopinya itu dan kopi siap untuk disajikan. Metode ini sangat menarik karena hasilnya terasa sangat lembut tapi kaya akan rasa kopi yang khas.


2.) French Press

french press

Nah kalau untuk metode yang satu ini pasti banyak diantara Anda yang sudah tahu dan sering menemukannya di kedai-kedai kopi. French Press ini mmepunyai nama lain Plunger atau Cafetiere. Salah satu keunggulan metode French Press ini adalah bisa mengekstrak paling banyak citarasa yang terdapat pada kopi bubuk, bahkan metode ini merupakan cara kedua yang paling populer. Peralatan yang digunakan untuk membuat kopi dengan metode French Press ini sudah bisa kita temukan dengan mudah dimana-mana dan harganya pun lumayan terjangkau.


3.) Turkish Coffee

turkish coffee

Metode Turkish Coffee ini juga biasa disebut dengan Arab Method. Mungkin cara ini merupakan cara pembuatan kopi pertama kali dan kopi yang dihasilkan dengan metode ini juga mempunyai rasa yang sangat kuat dan pekat. Meskipun tidak semua orang suka dengan kopi jenis ini, tapi bagi para penikmat kopi, kopi jenis ini merupakan salah satu jenis kopi yang nikmat.

Cara pembuatan:

Kopi digiling secara manual dengan menggunakan lesung dan alu, atau kalau bisa juga dengan menggunakan alat penggiling kopi yang bisa kita temukan dipasaran, kemudian ditaruuh di sebuah bejana yang disebut ‘ibrik’ bersama gula dan air. Setelah itu itu dididihkan tigak kali dna dituang ke dalam cangkir.


4.) Percolator

percolator

Metode ini sudah lama dan umum ditemukan sebelum metode Drip ditemukan, tapi setelah muncul metode Drip, metode percolator atau penyaringan ini perlahan ditinggalkan karena metode ini dianggap oleh banyak orang bisa menghilangkan cita rasa kopi, berbeda dengan metode drip yang bisa tetap menjaga aroma kopi.

Cara pembuatan:

Anda hanya perlu memasukkan gula, kopi, dan air dalam alat Percolator atau penyaring yang berbentuk teko, kemudian dididihkan, tapi saat ini ada beberapa alat terbaru yang menggunakan tenaga listrik untuk bisa mendidihkan airnya menjadi lebih cepat, selama proses pendidihan, aduka rata kopi, gula, dan air tersebut.


5.) Espresso

mesin espresso

Bagi Anda yang sudah pernah mampir ke kedai kopi pasti sudah tau dengan mesin espresso yang satu ini. Mesin ini adalah salah satu alat pembuat kopi yang paling umum yang selalu ada di kedai kopi. Mesin espresso ini terdapat dua jenis, ada yang manual dan otomatis. Kalau di kedai-kedai kopi umumnya menggunakan mesin Espresso manual, tapu kalau untuk di rumah kebanyakan orang lebih memilih mesin Espresso otomatis karena memang lebih praktis. Bisa dibilang, mesin Espresso ini adalah salah satu mesin yang paling canggih karena hampir semuanya serba otomatis, seperti pengaturan suhu, meskipun tidak bisa dipungkiri kalau kelihaian sentuhan tangan barista itu tetap masih menjadi penentu citarasa dari secangkir kopi yang dihasilkan.


6.) Vacuum

percolator

Metode ini juga bisa disebut dengan Syphon Method. Metode ini bisa dibilang cukup unik karena membutuhkan kesabaran untuk bisa menghasilkan secangkir kopi nikmat tanpa ampas. Alat yang digunakan untuk metode syphon ini pun juga tidak terlalu mahal dan bisa banyak kita temukan dipasaran.

Cara pembuatan:

Tempatkan bubuk kopi pada tabung bagian atas dan air pada bagian bawah. Air yang ada di bagian bawah yang sudah dididihkan akan menguap dan masuk ke dalam tabung atas yang berisi kopi melalui selang penghubung antara tabung atas dan tabung bawah, selanjutnya setelah semua air sudah berada di tabung atas, Anda hentikan proses pendidihan airnya dan tunggu airnya sampai menjadi dingin, setelah itu Anda hanya menunggu air yang berada di tabung atas kembali ke tabung bagian bawah.


7.) Cold Water Method

cold water method coffee

Pembuatan kopi dengan metode cold water ini juga biasa disebut dengan cold brew coffee (kopi dingin). Kopi dingin ini juga sudah mulai banyak diracik di beberapa kedai kopi di Indonesia. Racikan yang dihasilkan di setiap kedai kopi juga punya rasa yang berbeda-beda, tergantung dari kreativitas baristanya. Cara ini hanya cocok bagi mereka yang bisa sangat sabar menunggu kopinya siap, karena kopi ini harus didiamkan kurang lebih selama 12 jam terlebih dahulu sebelum siap disajikan. Tapi ada sebagian orang yang menganggap kalau kopi dingin ini ramah bagi Anda yang memiliki perut yang sensitif dengan asam kopi. Kopi ini juga bisa disajikan panas, dengan es batu, atau dicampur dengan es krim atau bahan-bahan lain seperti cokelat.


8.) Neapolitan Flip

neapolitan flip

Pada dasarnya cara yang digunakan dalam Neapolitan Flip ini tidak jauh berbeda dengan metode Drip karena sama-sama menggunakan alat penyaring untuk memisahkan ampas kopi. Alat yang digunakan berbentuk dua buah tabung yang saling berhimpitan dan pada bagian tengahnya terdapat saringan yang nantinya akan menjadi pemisah antara ampas kopi dengan sari kopinya.

Cara pembuatan:

Pertama, Anda isi saringan yang berada di antara tabung atas dan tabung bawah dengan bubuk kopi, setelah itu isi dan didihkan air pada tabung bagian bawah, nanti kalau airnya sudah mulai mendidih, balikkan posisi alat tersebut sampai air pada tabung bagian bawah akan masuk ke tabung bagian atas melalui saringan yang sudah diisi dengan bubuk kopi.


9.) Single Serve Coffee Machine

mesin pembuat kopi

Ya sesuai dengan namanya, Single Serve Coffee Machine ini dibuat bagi mereka yang menyukai hal-hal praktis. Kita tidak perlu bersusah payah menghitung takaran kopi bubuk yang pas karena kopi bubuknya sendiri sudah dikemas di dalam sebuah kemasan yang sesuai dengan takaran untuk bisa membuat secangkir kopi yang disebut dengan coffee pod. Caranya itu cukup simpel, dengan memasukkan kopi bubuk kemasan itu ke dalam mesin kopi dan didihkan seperti cara memakai mesin Espresso.


10.) Vietnam Drip

vietnam drip

Kita mungkin sudah sering melihat kopi Vietnam Drip hampir di seluruh kedai kopi yang kita singgahi. Seperti Indonesia, Vietnam juga menjadi salah satu negara penghasil kopi di kawasan Asia Tenggara. Minuman kopi asal Vietnam yang sekarang ini sudah populer di Indonesia ini adalah salah satu jenis penyajian yang bisa dibilang paling mudah dan paling bisa diterima karena menggunakan susu kental manis yang bisa menyamarkan rasa pahit kopi, tapi tidak menghilangkan citarasa asli kopi itu sendiri.

Cara Pembuatan:

Pertama, siapkan 17-20 gram kopi bubuk yang sudah digiling dengan skala medium. Kemudian panaskan air kurang lebih 88 derajat celcius. Siapkan susu kental manis sebanyak dua sendok makan atau lebih (sesuai dengan selera). Masukkan susus kental manis pada cangkir transparan. Setelah itu letakkan metal cup diatas cangkir. Lalu masukkan kopi ke wadah dasar metal cup Vietnamese Dripper. Langkah terakhir itu tuangkan air panas sampai batas atas cangkir (kira-kira 45-50ml).


11.) Moka pot

moka pot

Salah satu metode pembuatan kopi selanjutnya itu adalah Moka Pot. Moka Pot ini lebih rumit daripada Vietnam Drip, karena melibatkan tekanan dan panas untuk bisa mengeluarkan sari pati kopi sehingga alat ini menghasilkan espresso. Kopi yang dihasilkan oleh Moka Pot ini lebih kuat rasa pahitnya, rasa asamnya pun tidak sekuat saat menggunakan Vietnam Drip. Jadi kalau Anda ingin membuat kopi espresso, tidak perlu membeli mesin espresso, dengan menggunakan Moka Pot saja sudah cukup. Selain itu, Moka Pot Sendiri memiliki takaran dalam bentuk beberapa cangkir. Moka Pot untuk 2 cup espresso, artinya kalau saringan dipenuhi dengan bubuk kopi makan Moka Pot bisa menghasilkan 2 cangkir espresso.

Cara Pembuatan:

Air dimasukkan ke dalam bejana penampung air di bagian bawah. Bubuk kopi diletakkan ke dalam saringan, kemudian dikaitkan ke teko di atasnya. Moka Pot kemudian diletakkan di atas kompor, sehingga kopi akan naik ke dalam teko karena tekanan.


12.) Aeropress

aeropress coffee

Bukan hanya dari tampilannya saja yang terlihat futuristik dan ramah, Aeropress ini adalah salah satu cara termudah untuk membuat kopi yang nikmat dan berkualitas tinggi. Tidak heran kalau Aeropress merupakan salah satu manual brewer terpopuler di dunia, termasuk di Indonesia. Tren teknik Aeropress yang biasa digunakan oleh para barista adalah dengan diputar-balik (upside-down), dosis kopi yang banyak, ekstraksi singkat, dan juga beberapa kali stirring (pengadukan). Kopi yang dibuat dengan menggunakan metode Aeropress ini juga bisa mengalami blooming untuk membuat citarasa kopi yang khas dan nikmat.


13.) Clever Dripper

clever dripper coffee
Salah satu metode sederhana dalam proses pembuatan kopi adalah Clever Dripper. Metode ini juga dikenal dengan sebutan Cone Pour Over karena bentuknya yang kerucut dan menggunakan tambahan filter kertas. Alat ini merupakan sebuah gabungan ekstraksi kopi antara ‘pour over’ dengan ‘french press’. Jadi pada intinya, ‘Clever’ itu metode gabungan antara ‘french press’ dengan ‘drip’, salah satu cara brewing yang cukup populer, khususnya di Amerika. Mungkin disebut dengan ‘Clever’ karena dianggap “pandai”, karena alat sederhana ini akan secara otomatis mengalirkan hasil brewing saat dudukannya diletakkan diatas cangkir. Merendam kopi seperti pada cara ‘french press’ sekaligus memberikan kontrol terhadap si pengguna kapan waktunya menghentikan proses brewing.


14.) Presso

presso coffee
Para produsen peralatan kopi dari waktu ke waktu selalu menciptakan berbagai macam alternatif alat pembuatn kopi dengan berbagai inovasi kreatif dan juga memberikan kebebasan kepada konsumen alat yang paling cocok untuk digunakan, salah satunya yaitu Presso. Pada dasarnya, Presso ini adalah alat pembuat espresso. Presso ini memiliki beberapa kelebihan, seperti penggunaannya yang tidak memerlukan listrik, ramah lingkungan, dan juga harganya yang relatif terjangkau.


Analisa Peluang Usaha Warung Kopi

Karena semakin banyaknya pecinta kopi, saat ini sudah semakin banyak bermunculan kedai atau warung kopi yang menawarkan berbagai macam menu kopi dengan harga dan citarasa yang bervariasi. Peluang ini tentunya sangat baik untuk bisa Anda manfaatkan untuk membuat usaha warung kopi.

Membuka usaha warung kopi bisa dibilang sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan kalau kopi yang ditawarkan itu enak dan sesuai dengan selera konsumen. Kedai atau warung kopi yang semakin diminati masyarakat saat ini adalah kedai atau warung kopi yang menyediakan berbagai menu kopi khas yang menjadi andalan, selain itu juga ada berbagai macam fasilitas yang disediakan, seperti TV, hotspot, dan juga menawarkan makanan lainnya. Apalagi kedai atau warung kopi itu merupakan tempat yang pas dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama teman kampus, rekan kerja, dan keluarga.

Banyaknya kedai kopi yang semakin bermunculan membuat para pengusaha kedai kopi mau tidak mau harus bergerak lebih cepat dan selalu menciptakan inovasi baru untuk bisa menarik minat para konsumen. Karena bagaimana pun juga kepuasan konsumen adalah menjadi hal yang utama. Setiap kedai atau warung kopi pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri, hal ini juga yang akan mempengaruhi jumlah pengunjung yang akan datang.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuka usaha warung kopi.

1.) Lokasi Usaha

Tempat atau lokasi usaha warung kopi yang Anda pilih akan sangat mempengaruhi keberhasilan usaha Anda. Tempat yang sangat mendukung untuk membuka usaha warung kopi adalah tempat yang dinilai strategis. Contohnya yang paling tepat itu adalah di pinggir jalan yang cukup ramai atau juga bisa tempat yang dekat dengan kawasan kampus, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Selain itu, kebersihan, keindahan, dan kerapian tempat juga perlu diperhatikan, tujuannya itu agar pengunjung bisa merasa betah berada di kedai kopi Anda. Supaya pengunjung merasa lebih nyaman dan betah usahakan Anda mendesain kedai kopi Anda dengan desain yang unik, seperti desain ruangan atau interior yang warna-warni atau desain yang mengangkat tema tertentu sesuai dengan imajinasi dan selera Anda.

2.) Strategi Usaha

Strategi usaha disini merupakan suatu langkah atau cara agar bisa mendukung kelancaran usaha Anda. Kalau Anda menginginkan usaha warung kopi Anda menjadi semakin ramai pengunjung tentunya Anda harus mempunyai strategi khusus untuk bisa menarik konsumen, contohnya seperti menu kopi andalah yang khas, menyediakan berbagai macam fasilitas yang menarik, dan lain sebagainya.

3.) Produk Usaha

Produk dari usaha warung kopi tentunya ya kopi itu sendiri. Kopi sebagai menu utama mempunyai varian dan jenis yang banyak sekali. Kalau budget Anda terbatas, sebaiknya rajin-rajinlah melakukan eksperimen meracik kopi sendiri untuk bisa menemukan takaran dan campuran yang pas. Karena meskipun sama-sama kopi susu, tapi kalau berbeda cara meraciknya, rasa yang dihasilkan pun juga akan berbeda. Temukan rasa kopi yang khas di setiap menu untuk warung kopi Anda. Sebagai referensi, Anda bisa baca 20 Jenis Kopi Yang Populer di Indonesia dan di Dunia Yang Patut Anda Coba.

4.) Harga

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan target pasar. Kalau target konsumen Anda adalah para mahasiswa, maka Anda juga harus menurunkan harga kopinya agar tidak terlalu mahal. Tentu saja hal ini akan mengurangi keuntungan yang diperoleh. Tapi, kalau pelanggan yang datang ke warung kopi Anda semakin banyak, tentunya keuntungan yang diperoleh pun juga akan menjadi besar. Menentukan harga juga bisa dari melihat biaya dan modal usaha yang Anda keluarkan.

5.) Promosi Usaha

Sebuah usaha atau bisnis yang dijalankan akan menjadi percuma kalau tidak ada promosi. Promosi ini adalah langkah utama Anda untuk bisa memperkenalkan dan memasarkan usaha warung kopi yang sedang Anda jalankan. Anda bisa melakukan promosi kepada masyarakat, seperti menyebarkan brosur, memberikan harga terjangkau pada waktu-waktu tertentu, atau memberikan bonus kepada pengunjung. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi melalui internet, karena jaman sekarang ini hampir semua orang di seluruh dunia terkoneksi dengan internet, jadi ini merupakan cara yang paling efektif untuk mempromosikan usaha Anda.

6.) Perizinan Usaha

Agar usaha warung kopi Anda aman, sebaiknya Anda melakukn perizinan untuk mendirikan usaha terlebih dahulu supaya tidak memunculkan masalah di kemudian hari.

7.) Pelayanan Usaha

Faktor terakhir yang terpenting dari sebuah usaha adalah pelayanannya. Pelayanan ini sangat penting dalam segala bentuk usaha, termasuk usaha warung kopi. Karena ini merupakan salah satu unsur penting yang wajib diberikan kepada pengunjung agar mereka merasa dilayani dengan sepenuh hati, sehingga mereka bisa menjadi konsumen tetap dan akan selalu datang ke kedai atau warung kopi Anda.

Berdasarkan analisa diatas, ada beberapa kesimpulan dan strategi bisnis yang bisa  diterapkan untuk mengembangkan usaha warung kopi yang Anda jalankan. Diantaranya sebagai berikut:

  • Cari jenis kopi dengan rasa yang khas dan harganya yang terjangkau. Buatlah menu yang bervariasi, mulai dari racikan kopi yang sudah ada pada umumnya maupun hasil dari kreasi Anda sendiri.
  • Pilih dan jadikan tempat yang nyaman untuk berkunjung dan minum kopi di kedai kopi Anda. Apalagi kalau harga kopinya tidak terlalu mahal, pasti usaha warung kopi Anda akan bisa cepat menyebar di kalangan masyarakat.
  • Jika memungkinkan, Anda pun juga bisa membuat suasana kedai atau warung kopi menjadi lebih hidup, seperti memutar musik ala-ala cafe. Jaga agar volumenya tidak terlalu kencang karena akan mengganggu pengunjung yang sedang berbicara.
  • Anda juga bisa menyiapkan program atau promo khusus di hari atau waktu tertentu.

Usaha warung kopi ini sebetulnya bisa menjadi suatu peluang usaha dengan modal kecil yang menjanjukan. Dengan konsep kedai yang unik dan nyaman, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk datang berkunjung. Semakin ramai pengunjung yang datang, semakin mudah untuk bisa melakukan promosi.

Demikian informasi mengenai 14 Cara Membuat Kopi ala Cafe dan Analisa Peluang Usaha Warung Kopi yang bisa Anda lakukan. Usaha yang baik sangat tergantung dari bagaimana Anda mengatur perjalanan usaha Anda. Salah satu bentuk manajemen usaha adalah bagaimana Anda mengatur dan mengontrol segala kegiatan usaha baik dari segi finansial maupun non-finansial. Semoga ini bisa menjadi referensi Anda jika ingin mencoba membuka usaha warung kopi dengan racikan kopi buatan Anda sendiri yang khas. Terima kasih.

By | 2017-11-15T12:15:33+00:00 Oktober 20th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada WOW Mantaff…! Ini Loh 14 Cara Membuat Kopi Ala Cafe, Coba Yuk..!

About the Author: