Rahasia Cantik dg Kopi, Ikuti Cara Membuat Masker Kopi ini..!

Cara Membuat Masker Kopi: Inovasi Dalam Bersolek 5

Cara Membuat Masker Kopi – Kegiatan mempercantik diri sudah dilakukan oleh manusia, khususnya para kaum hawa sejak ratusan, bahkan ribuan tahun yang lalu. Berbagai cara dilakukan agar satu individu dapat dibedakan dari individu lainnya. ‘Cantik’ menjadi sebuah predikat yang dapat membedakan status sosial antara satu wanita dengan yang lainnya.

Kompetisi yang ketat antara para kaum hawa untuk terlihat paling bersinar memicu sifat inovatif mereka yang ‘liar’. Berbagai macam sumber alam mulai dicari tahu manfaatnya terhadap kegiatan bersolek. Salah satunya, kopi.

Tentunya, siapa yang akan mengira cara membuat masker kopi akan menjadi satu dari sekian kiat menjaga kecantikan dari bahan minuman satu ini?

Bicara Soal Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak digandrungi oleh umat manusia. Satu dari setiap 3 orang di dunia ini pasti adalah peminum kopi. Kopi memang sungguh nikmat jika diminum baik pagi hari, atau saat malam hari ketika pekerjaan menumpuk.

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling dinikmati banyak orang, yang tidak sekadar diteguk saja, namun juga dinikmati. Bisnis kopi pun telah menjadi bisnis puluhan milyar dolar, yang hanya mampu disaingi oleh bisnis minyak bumi.

Kegunaan Kopi

Pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan. Seluruh biji kopi dihancurkan, lalu ditambahkan minyak. Lalu adonan ini dibentuk berbentuk bundar dan menjadi makanan. Sampai saat ini, beberapa suku di Afrika masih memakan kopi dalam bentuk seperti itu.

Belakangan, kopi digunakan sebagai pengganti minuman anggur. Biji kopi dibuat sebagai minuman yang mirip dengan anggur. Beberapa orang membuat minuman seperti ini dengan menuangkan air mendidih ke biji kopi yang sudah dikeringkan.

Sebagai obat, kopi dapat bermanfaat untuk mengobati migrain, sakit kepala, gangguan jantung, asma kronis dan gangguan buang air. Meski demikian, untuk konsumsi kopi berlebih bisa berakibat buruk. Jika mengkonsumsi kopi secara belebih dapat meningkatkan asam lambung, menyebabkan ketegangan, dan mempercepat detak jantung. Selain itu, konsumsi kopi secara berlebih, sering dikaitkan dengan sakit maag.

Belakangan, kopi digunakan sebagai minuman yang cukup nikmat. Biji kopi dikeringkan lalu dipanggang dan digiling dalam batok. Hasilnya kemudian bisa menjadi minuman kopi yang nikmat. Belakangan ditemukan mesin penggiling biji kopi yang memudahkan produksi kopi sebagai minuman.

Hingga terbahas di artikel ini, kopi digunakan dalam cara membuat masker kopi guna mempercantik diri. Tidak sedikit juga perusahaan-perusahaan yang menggunakan kopi dalam produk kecantikan mereka.

Manfaat Lain dari Kopi

Berbagai rasa kopi yang khas membuat sensasi menyenangkan di mulut. Misalnya es kopi atau iced coffee yang manis biasanya menyegarkan. Es krim rasa kopi pun juga menjadi favorit bagi banyak orang. Kopi juga menjadi salah satu bahan dasar beberapa jenis kue rasa kopi. Dan yang paling populer adalah kopi polos dan juga kopi susu.

Namun para ilmuwan juga menyelediki manfaat lain dari kopi. Sisa bubuk dari kopi bermanfaat sebagai pupuk yang baik. Selain itu, beberapa produk disinfektan maupun isolasi untuk dinding, lantai dan atap juga dapat dibuat dari kopi. Gliserin yang merupakan produk sampingan dari sabun, dapat dibuat dari minyak kopi. Minyak kopi juga biasa digunakan sebagai bahan pembuat cat, sabun, maupun produk lainnya.

Biji kopi dapat bermanfaat untuk berbagai produk dan kegunaan. Namun yang paling populer tentu saja sebagai minuman yang nikmat yang diminum banyak orang setiap harinya.

5 Cara Membuat Masker Kopi yang Mudah Guna Kulit Cemerlang

Untuk memanjakan wajahmu dengan kenikmatan kopi, cobalah beberapa dari cara di bawah ini:

1. Masker Kopi, Cocoa, dan Yoghurt

Cara Membuat Masker Kopi: Inovasi Dalam Bersolek 3

Seperti kopi, cocoa atau bubuk kakao adalah sumber antioksidan yang luar biasa. Selain itu, yogurt juga merupakan sumber alami asam hidroksi alpha. Asam hidroksi alpha adalah komponen alami dalam proses pengelupasan sel kulit mati.

Cara membuat masker kopi satu ini dimulai dengan menyiapkan 4 sendok makan kopi bubuk murni, 4 sendok makan, serta 6-8 sendok makan yogurt tanpa rasa. Campur adukkan bahan-bahan tadi dan oleskan ke wajahmu. Rilekskan selama 20 menit hingga maskernya mengering. Terakhir, cuci masker wajah kamu dengan air hangat.

 

2. Masker Kopi, Gandum, dan Madu

Cara Membuat Masker Kopi: Inovasi Dalam Bersolek 4

Masker kopi yang satu ini adalah cara membuat masker kopi yang ideal untuk kulit yang sensitif. Gandum dapat membantu mengurangi iritasi kulit serta membantu pengelupasan sel kulit mati. Sedangkan madu mampu melembabkan kulit, memberi nutrisi, serta mengurangi noda di wajah.

Cara membuat masker kopi satu ini dimulai dengan mencampurkan 1 sendok makan bubuk kopi murni dengan 2 sendok makan bubuk gandum serta 1 sendok makan madu murni. Oleskan campuran tadi ke wajahmu, lalu biarkan selama 20 menit. Terakhir cuci dengan air hangat.

 

3. Masker Kopi dan Minyak Zaitun

Cara Membuat Masker Kopi: Inovasi Dalam Bersolek 2

Masker kopi yang satu ini cukup simpel karena terbuat hanya dari bubuk kopi murni dan minyak zaitun. Setelah dicampurkan, pijat wajahmu secara lembut dengan gerakan memutar menggunakan campuran ini. Biarkan selama 20 menit, lalu cuci dengan air. Dengan penggunaan yang rutin, cara membuat masker kopi ini dapat mengurangi noda dan meningkatkan corak kulit wajahmu.

Mesin Pembuat Kopi

Kami menyediakan mesin pembuat kopi untuk berbagai keperluan usaha kopi Anda.

Mesin Kopi 2
Gambar Mesin Kopi COF FA 20

4. Masker Kopi dan Susu

Cara Membuat Masker Kopi: Inovasi Dalam Bersolek 1

Dalam variasi jenis kopi, campuran kopi dan susu biasanya menghasilkan cappuccino. Tapi disini, campuran kopi dan susu murni dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan nada kulitmu.

Cara membuat masker kopi satu ini dimulai dengan mencampurkan 3 sendok makan bubuk kopi murni dengan segelas kecil susu murni. Campuran ini harus bersifat kental. Oleskan campuran ini secara merata ke wajah dan lehermu lalu biarkan dan rileks selama 20 menit. Setelah itu pijat secara halus sembari mencucinya dengan air.

 

5. Masker Kopi dan Lemon

Cara Membuat Masker Kopi: Inovasi Dalam Bersolek

Cara membuat masker kopi dengan tambahan lemon ini sangat cocok untuk wajah berminyak. Untuk menyiapkannya, kamu memerlukan 2 sendok makan bubuk kopi murni yang basah, 1 sendok makan perasan lemon, serta 1 sendok teh madu. Oleskan campuran ini ke wajahmu. Biarkan selama 20 menit lalu cucilah dengan air hangat.

 

Video 5 Cara Mempercantik Diri Menggunakan Masker Kopi

 

Cara Membuat Masker Kopi Khusus untuk Menghilangkan Jerawat

Masker kopi memang sedang banyak digunakan oleh berbagai perawatan wajah. Selain dapat menghilangkan jerawat, ampas kopi juga bisa digunakan untuk membuat wajah lebih putih bersih .

Caranya anda bisa mengambil beberapa butir kopi, kemudian di sangrai. Tumbuk kopi yang sudah disangrai sampai halus seperti tepung. Kamu juga bisa menggunakan mesin kopi agar lebih mudah. Tambahkan sedikit air namun jangan terlalu cair dan jangan terlalu kental. Selanjutnya oleskan ampas kopi ke seluruh bagian wajah sampai merata. Biarkan sampai mengering dan bilas dengan menggunakan air bersih.

Untuk hasil yang lebih maksimal, cara-cara tersebut harus dilakukan secara rutin. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu. Jika jerawat anda memang sangat parah, maka anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum memegang jerawat.

Selain itu jangan pernah biasa memencet jerawat meski sangat ingin melakukannya. Hal ini dikarenakan akan meninggalkan noda hitam pada wajah anda. Jangan lupa jika semakin parah sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit terdekat.

Cara Membuat Masker Kopi Khusus untuk Memutihkan Wajah

Perlu anda ketahui, kandungan senyawa dalam kopi berfungsi sebagai antipenuaan dini. Zat ini mampu mengelupas sel-sel kulit mati serta menggantinya dengan sel kulit baru tanpa menjadikan kulit lebih kering. Cara tersebut cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering.

Jadikan kopi menjadi pasta dengan menambahkan susu kedalamnya (perbandingan kopi:susu 3:1), Setelah itu jadikan ramuan kopi sebagai scrub pada wajah sambil dilakukan pemijatan. Buat gerakan melingkar ketika memijat wajah, lakukan beberapa saat kemudian biarkan mengering.

Setelah kering baru dibilas menggunakan air dingin. Keringkan wajah menggunakan handuk lembut tetapi jangan diusap, cukup menepuk-nepuknya saja. Untuk hasil lebih bagus bisa ditambahkan minyak zaitun.

Pilihan lain dengan mencampur kopi dengan coklat, molase, serta susu bubuk dapat mengangkat bahkan mengencangkan sel-sel kulit kendur, sebagai krim antimikroba serta membersihkan wajah. Kulit wajah terlihat bersih bersinar dan lebih sehat.

Video Mesin Giling Kopi Untuk Bahan Masker

Kegunaan dari Cara Membuat Masker Kopi Terhadap Kulit

Selain kepopulerannya sebagai pendamping pagi-mu, kopi juga memiliki kegunaan yang lebih dari sekedar sumber energi tambahan penuh kafein. Kafein juga memiliki beberapa elemen yang baik untuk kulit anda. Mulai dari menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, mengurangi inflamasi dan kulit memerah, mengusir selulit, dan banyak lagi.

Yang jelas, untuk meraup manfaat yang optimal dari kopi untuk kulit kamu, kamu perlu tahu lebih dahulu rutinitas perawatan macam apa yang kamu perlukan serta seperti apa sifat kulitmu. Nah, berikut ini ada beberapa poin mengenai kegunaan kopi terhadap kulit yang akan meyakinkanmu untuk mencoba cara membuat masker kopi. Yuk disimak!

1. Pengelupasan Sel Kulit Mati di Kulit

Bubuk kopi bertindak secara efektif sebagai scrub wajah berkat teksturnya yang membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Kegunaan ini memiliki hasil wajah yang lebih bersih dan lebih halus. Sebagai bonus, kopi juga membantu agar wajah kamu tidak mengalami kekeringan.

Untuk penggunaannya, buat scrub dari gula cokelat dan bubuk kopi, masing-masing setengah gelas, dengan tambahan minyak zaitun sebanyak seperempat gelas. Campurkan hingga menjadi pasta dan gunakan ke wajahmu. Pijat dengan gerakan memutar. Jika sudah, bilas dengan air dan gunakan pelembab untuk hasil yang maksimal.

2. Menghaluskan Kulit

Masker kopi yang terbuat dari kopi dan cokelat adalah opsi perawatan wajah yang jauh lebih mudah dan lebih murah daripada facial treatment di salon. Cara membuat masker kopi ini juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Caranya, cukup mencampur masing-masing 2 sendok bubuk kopi dan bubuk coklat, lalu tambahkan 3 sendok susu dan sesendok madu.

Apabila kamu memiliki wajah berminyak, mungkin kamu bisa mengganti penggunaan susu dengan yogurt. Campuran ini bisa kamu oleskan dengan rata ke wajahmu, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air. Manfaat dari masker kopi ini adalah kulit yang lebih lembab, lebih sehat, dan pastinya lebih halus. Proses ini juga dapat memperkecil pori-pori.

3. Mengurangi Selulit

Salah satu dari manfaat luar biasa kopi adalah kemampuannya untuk mengurangi selulit pada kulit. Ini disebabkan oleh kandungan kafein pada kopi yang mampu mendehidrasikan sel lemak pada kulit, yang akhir membuat selulit tak nampak dan membuat kulit lebih halus.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa krim kulit yang mengandung kafein sebagai bahan-nya terbukti 17% lebih efektif untuk mengurangi selulit.

Untuk membuat body scrub-mu sendiri, cukup dengan mencampur kopi, agar-agar lidah buaya, dan minyak vitamin E dengan rasio 2:1:1. Kemudian gunakan campuran tadi dan pijat wajahmu menggunakan campuran tersebut. Pastikan bahwa kopi yang kamu gunakan adalah kopi murni agar mendapatkan hasil yang terbaik.

4. Mengobati Mata Membengkak serta Kantung Mata

Kegunaan lainnya dari kopi ialah kemampuannya untuk memperkecil pembengkakan mata serta kantung hitam pada mata. Berkat elemen anti-inflamasi yang ada pada kafein dalam kopi, kopi dapat meminimalisir penumpukan darah di bawah mata kamu, yang akhirnya mencegah adanya kantung hitam di bawah mata.

Efek ini begitu efektif sehingga nyaris setiap produk yang dapat menghilangkan kantung hitam di bawah mata memiliki jumlah kafein tertentu pada rumusnya. Kendati demikian, harus diingat bahwa kantung mata dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti dehidrasi, kekurangan tidur, serta alergi.

Meskipun kafein dalam kopi dapat menyembuhkan kantung mata yang disebabkan oleh aliran darah yang berlebihan, tapi tidak dapat menyembuhkan kantung mata yang disebabkan oleh keturunan.

5. Anti-oksidasi

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang ternyata jauh lebih tinggi kandungannya ketimbang buah maupun sayuran. Hal ini membuat kopi menjadi obat yang ampuh untuk menyembuhkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar Ultra Violet karena terkena sinar matahari.

Riset telah membuktikan bahwa penggunaan kopi pada kulit dapat memberikan lapisan pelindung tambahan yang dapat melindungi dari radiasi yang bersifat berbahaya. Kopi dapat memberikan perlindungan ini dengan cara menghalangi enzim protein tertentu, dengan demikian kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Lagi pula, sifat kopi yang melancarkan ekskresi urin menjadikannya bahan yang mampu mengobati sebuah kondisi yang disebut Rosaceae, yakni menghilangkan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh memerahnya kulit serta iritasi karena sinar matahari.

6. Mengencangkan Kulit

Tambahan lagi ke daftar panjang kita mengenai manfaat masker kopi untuk kulit wajah, yakni sifatnya yang mampu membuat kulit lebih kencang. Kafein adalah bahan yang sangat baik untuk meminimalisir tampilan garis-garis di wajah, serta menghilangkan bengkak-bengkak di area tertentu wajahmu.

Sekali lagi, bukan suatu hal yang baru apabila kopi menjadi bahan utama di setiap produk kecantikan atau produk anti-penuaan yang dapat mengencangkan kulit. Tapi lebih penting lagi, kopi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

 

7. Mencerahkan Kulit

Kunci dari kulit yang cantik adalah memiliki kulit yang sehat. Dan cara terbaik untuk mencapai atau memiliki kulit yang sehat adalah dengan memastikan bahwa kulitmu terlindungi dari virus, jamur, atau bakteri yang dapat membahayakan wajahmu dan merusak kulitmu.

Untuk memberikan binar yang berseri-seri pada kulitmu, coba campurkan bubuk kopi dan garam Epson dalam air saringan dan gunakan campuran ini untuk mencuci wajahmu. Setelah itu, gunakan bubuk kopi yang sama untuk memijat dan perlahan membantu pengelupasan sel kulit mati pada wajahmu. Setelah itu bilas dengan air bersih.

8. Anti-inflamasi

Kafein memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu menghilangkan merah-merah pada kulitmu serta pembengkakan pada kulit dan wajahmu. Saking efektifnya cara kerja kopi untuk menghilangkan bengkak pada wajah, ada penelitian yang menyatakan bahwa performa kopi di bidang ini dapat disandingkan dengan aspirin yang juga memiliki fungsi yang sama.

Eksperimen lainnya membuktikan efektivitas kopi sebagai bahan utama dalam krim anti-inflamasi yang memberikan hasil yang signifikan, membuktikan sekali lagi bahwa kopi bermanfaat untuk kulit dan wajah.

Baca Juga: Cara Mengolah Kopi dari Pemetikan hingga Pengemasan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •