Home » Artikel » Artikel Proses » MakNyus…! Ini Dia Cara Membuat Pepes Ikan Mas yang Nikmat

MakNyus…! Ini Dia Cara Membuat Pepes Ikan Mas yang Nikmat

Cara membuat pepes ikan mas merupakan satu dari sekian cara dalam mengolah ikan mas menjadi hidangan yang lezat dan penuh gizi. Saya kira sudah banyak orang yang tahu bahwa mengonsumsi ikan itu sangat baik bagi tubuh kita.

Membayangkan sebungkus pepes ikan saja sudah membuat liur saya menumpuk. Bagaimana tidak? Coba saja anda bayangkan daging ikan yang lembut, dibungkus dengan daun pisang bersamaan dengan berbagai rempah dengan rasa sedikit pedas, gurih, dan tentunya super lezat.

Sejarah Pepes

cara membuat pepes ikan mas

Orang Indonesia memang sangat kreatif kalau sudah berkutat dengan teknik membuat makanan. Selalu saja muncul cara-cara yang tidak terpikirkan dalam membuat makanan. Kebanyakan dari cara-cara itu ialah budaya turun temurun yang sudah diciptakan dari generasi terdahulu.

Nah, bicara soal pepes. Cara membuat pepes ikan mas hanyalah satu dari sekian jenis pepes yang dapat dibuat. Pepes sendiri berasal dari tanah Pasundan (Sunda). Orang Sunda sendiri menyebut jenis makanan ini dengan sebutan ‘pais’.

Berakar dari kebiasaan orang Sunda yang gemar memanfaatkan hasil alam, mereka membuat pepes ini dengan berbagai macam isi yang dapat mereka temukan di alam. Seperti ikan dari sungai, jamur yang tumbuh di hutan, sayuran dari ladang, hingga ampas minyak kelapa pun mereka bisa olah menjadi pepes.

Bumbu-bumbu yang digunakan di pepes pun mereka tanam di halaman sendiri seperti kunyit, serai, daun salam, hingga bungkus daun pisang.

Proses memasak pepes sendiri pun tidak bisa dibilang mudah. Pada awalnya, waktu yang dibutuhkan untuk memasak pepes adalah kurang lebih 8 jam. Waktu yang cukup lama ini dikarenakan pepes dimasak dengan cara ditaruh di atas abu atau kayu panas sehingga makanan ini matang secara perlahan. Proses memasak yang lama ini membuat pepes menjadi kering, bumbunya meresap, serta keharuman yang timbul  dari aroma bakaran daun dan kayu yang menjadi sangat menggiurkan.

Sejak dulu dan saat ini…

Tak ada yang tahu kapan tepatnya pepes sudah mulai dikenal atau biasa disantap orang Sunda. Tapi kalau melihat cara membuat dan proses mematangkannya yang sederhana, bisa dipastikan usianya sudah sangat tua.

Proses mematangkan pepes yang lama ini memungkinkan para ibu yang bekerja di ladang atau sawah sambil memasak. Tinggalkan saja pepes di dalam abu hawu panas sementara mereka bekerja. Selesai bekerja, pepes pun sudah matang.

Sampai saat ini pepes Sunda yang asli masih bergantung pada kayu, walaupun tidak dimatangkan di dalam abu. Pepes sekarang dikukus dulu untuk menghemat waktu. Tapi, pepes yang enak tetap wajib dikukus dengan bahan bakar kayu.

Nah, begitulah asal usul pepes. Mari kita lestarikan budaya kuliner yang luar biasa ini dengan cara memperkenalkan hidangan ini pada anak dan cucu. Makin sering kita menyuguhkannya di rumah, makin kenal mereka dengan hidangan warisan nenek moyang ini.

Cara Membuat Pepes Ikan Mas dengan Resep Lengkap

cara membuat pepes ikan mas

Kunci dari cara membuat pepes ikan mas yang nikmat adalah bahan dasarnya yang segar. Jadi, tips utamanya adalah temukan ikan mas tersegar yang bisa anda dapatkan. Kondisi ikan mas masih hidup adalah opsi terbaik dan teraman bagi anda dan keluarga. Serta jangan lupa siangi ikan guna menghilangkan bau amis dan lumpur, juga gunakan rempah-rempah yang kaya dan berlimpah.

Nah, berikut ini akan saya bagikan resep cara membuat pepes ikan mas yang lezat. Silahkan disimak!

Pertama-tama mari kita siapkan bahan yang akan kita gunakan.

Bahan utama:
  • Ikan Mas Segar 2 ekor (masing-masing sekitar 600 gram)
  • Garam Halus 2 sdm
  • Jeruk Nipis 2 butir (peras airnya)
Bumbu halus I:
  • Kunyit 3 ruas jari
  • Serai 3 batang (ambil bagian putihnya saja)
  • Jahe 3 ruas jari
  • Lengkuas 3 ruas jari
  • Bawang Merah 10 butir
  • Bawang Putih 8 siung
  • Cabe Merah Keriting 140 gram
  • Cabai Rawit Merah 5 buah
  • Ketumbar Bubuk 1 sdm
  • Kemiri 8 butir (disangrai)
Bumbu halus II:
  • Cabe Merah Besar 4 buah (pisahkan bijinya, dirajang melintang)
  • Cabe Rawit Merah 6 buah (dibelah dua)
  • Daun Jeruk 10 lembar (dirajang halus)
  • Daun Kucai 1 ikat, bisa juga diganti dengan Daun Bawang 2 batang
  • Belimbing Wuluh 5 buah
  • Tomat Merah 2 buah
  • Daun Salam 4 lembar
Bumbu halus III:
  • Kaldu Bubuk 1 sdt
  • Garam 1 sdm
  • Gula Merah Sisir 3 sdm
Bahan tambahan:
  • Segepok daun pisang untuk membungkus 2 ikan
  • Daun Salam 10 lembar sebagai alas pepes
  • Kemangi 2 ikat
  • Tali/Lidi untuk mengikat daun pisang

Cara Membuat Pepes Ikan Mas

I. MEMBERSIHKAN IKAN MAS

  1. Siapkan ikan mas. Siangi ikan, buang isi perut, insang dan sisiknya. Menggunakan gunting dapur yang tajam, gunting bagian sirip ikan di punggung, dada dan bagian di dekat ekor, potong ujung ekor sedikit.
  2. Dengan membuang bagian ini jari anda akan terhindar tertusuk bagian sirip yang tajam dan membuat ikan lebih nyaman dimakan kala telah menjadi pepes.
  3. Bersihkan bagian dalam ikan hingga tidak ada sisa darah yang melekat. Saya menggunakan sikat untuk membersihkannya terutama bagian berwarna merah yang melekat di tulang tengah ikan. Semua darah dan warna-warna merah ini harus hilang sehingga ikan bebas bau amis.
  4. Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis, hingga seluruh sekujur badan ikan dan bagian dalam rongga badannya terlumuri.
  5. Masukkan sisa potongan kulit jeruk yang telah diperas airnya ke dalam rongga perut ikan dan bagian kepala.
  6. Diamkan ikan selama 15 menit, cuci dan bilas ikan hingga bersih, siap digunakan.
  7. Anda bisa merasakan setelah ikan dilumuri garam dan air jeruk, kulit ikan menjadi kesat dan semua lendir hilang.
II. MEMBUAT BUMBU
  1. Dengan menggunakan blender untuk menggiling biji dan bumbu (dry mill), proses bumbu yang dihaluskan hingga lumat.
  2. Untuk mempermudah proses potong-potong semua bumbu menjadi ukuran lebih kecil sehingga blender bisa bekerja maksimal.
  3. Pisahkan bumbu yang liat seperti jahe, serai, lengkuas dan kunyit dengan bumbu yang lebih lunak seperti bawang dan cabai.
  4. Baru kemudian bumbu diaduk menjadi satu.
  5. Masukkan semua bumbu dalam wadah besar.
  6. Tambahkan bahan II dan bahan III, aduk hingga rata.
  7. Saya menggunakan tangan terbungkus sarung tangan karena bumbu yang pedas. Cicipi rasanya, seimbangkan gula dan garam jika kurang asin.
III. MEMBUNGKUS PEPES

  1. Siapkan daun pisang yang akan anda gunakan, layukan daun dengan mengukusnya sebentar di dandang panas.
  2. Gunting sedikit bagian pangkal daun yang melekat di pelepah, bagian ini biasanya lebih keras dan susah untuk dilipat.
  3. Jika ada sisa pelepah yang masih menempel dan berukuran panjang, selamatkan. Anda bisa menggunakannya untuk mengikat pepes.
  4. Bagi bumbu pepes yang anda gunakan menjadi dua porsi.
  5. Tata beberapa tumpuk daun pisang melebar dan kira-kira pas untuk membungkus ikan yang besar.
  6. Tata 3 lembar daun salam, setumpuk daun kemangi dan segenggam bumbu pepes, ratakan di permukaan daun.
  7. Letakkan ikan diatasnya. Untuk memastikan kematangan yang maksimal, anda dapat sebelumnya mengukus ikan menggunakan steamer alat pengukus.
  8. Masukkan sebagian bumbu dan daun kemangi ke dalam perut ikan.
  9. Kemudian ambil lagi segenggam bumbu pepes, lumuri di bagian atas permukaan ikan hingga seluruh badan ikan tertutup bumbu.
  10. Letakkan kemangi dan beberapa lembar daun salam diatasnya, kemudian tekuk daun pisang hingga menutupi ikan.
  11. Lipat hingga rapat, ikat bagian tengah pepes dengan tali pelepah pisang atau tali benang lainnya.
  12. Semat kedua ujungnya dengan lidi.
  13. Pastikan bungkusan ikan rapat sehingga tidak ada bumbu yang bocor saat ikan dikukus atau di presto.

IV. MEMBUAT PEPES IKAN MAS DURI LUNAK

  1. Jika anda ingin membuat pepes ikan mas duri lunak,  alasi dasar panci tekanan tinggi (pressure cooker) terlebih dahulu dengan beberapa lembar daun pisang.
  2. Masukkan ikan ke dalam panci, tuangkan air hingga pepes terendam air. Masak dengan api besar hingga keluar suara desisan uap dari panci.
  3. Kecilkan api dan masak selama 40 menit – 1 jam. Dijamin ikan akan empuk hingga ke tulangnya.
    Note: Bungkusan ikan harus terendam air dan ketika desisan uap sudah keluar, masak ikan dengan api yang kecil saja untuk menjaga agar air tidak habis dan ikan menjadi gosong sementara durinya belum lunak.
  4. Angkat ikan dari kukusan atau keluarkan dari panci. Siapkan pan datar, olesi dengan 2 sendok makan minyak. Panggang pepes dengan api sedang hingga permukaan daun pisang menjadi terbakar, balikkan pepes dan panggang sisi sebelahnya lagi. Cara ini membuat pepes menjadi kesat dan tidak basah.

Khasiat dan Manfaat dari Cara Membuat Pepes Ikan Mas

cara membuat pepes ikan mas

Kita semua tahu bahwa mengkonsumsi ikan baik bagi tubuh kita. Bahkan fakta mengatakan bahwa ikan merupakan sumber makanan super untuk melawan efek penuaan (anti-aging superfood). Selain kandungan proteinnya yang tinggi, ikan juga mengandung lemak baik yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Ikan mengandung asam lemak Omega-3 yang membantu menjaga kesehatan organ jantung dan membuatmood kita tetap baik. Ikan telah terbukti merupakan makanan penting bagi orang yang memiliki usia yang panjang di berbagai belahan dunia.

By | 2017-11-15T16:55:26+00:00 April 16th, 2017|Artikel Proses|Comments Off on MakNyus…! Ini Dia Cara Membuat Pepes Ikan Mas yang Nikmat

About the Author: