Cobain Kuyy! Cara Membuat Permen Gulali untuk Bernostalgia

Cara Membuat Permen Gulali

Cara membuat permen gulali atau gula kapas ini cukup sederhana, karena bahan yang paling penting atau utama dari jenis makanan ini adalah gula pasir. Permen Gulali sendiri biasanya memiliki warna yang banyak, atau warna-warni dan rasanya yang manis.

Apa Itu Permen Gulali?

Cara Membuat Permen Gulali dan Apa Itu Permen Gulali

Nama yang populer dari makanan atau jajanan ini adalah permen gulali, atau cotton candy, atau arum manis, atau bisa juga disebut dengan nama permen kapas. Dengan warna yang biasanya merah muda, hijau, dan putih ini ,cemilan ini sangat lembut dan ini memang mampu menggoda siapapun untuk segera menikmatinya.

Rasanya yang manis dan tekstur seperti kapas, ini membuatnya permen gulali digemari oleh seluruh kalangan. Uniknya, ketika anda memakan permen gulali tersebut, maka gulali tersebu akan meleleh dan akan terasa lengket dimulut. Permen kapas atau arum manis, banyak dicari karena rasa, warna dan bentuknya yang khas dan menarik.

Permen gulali ini bisa mendatangkan pembeli, terutama anak-anak. Hal ini merupakan peluang usaha yang lumayan menggiurkan untuk dicoba bukan?

Gulali atau Arum Manis adalah jajanan berbahan gula yang tak akan pernah kehilangan penggemar dan tak akan lekang oleh waktu. Namun cara membuat permen gulali yaitu diproses dengan tahapan yang sangat sederhana. Selain gulali kapas, gulali adalah makanan yang mengingatkan kita pada masa-masa kita masih kecil,sehingga berasa bernostalgia.

Gulali sendiri lebih mirip  permen lolipop, meskipun rasa yang dihasilkan pastinya berbeda Gulali sendiri 100% terbuat dari gula pasir yang dimasak atau lebih tepatnya dilelehkan didalam kuali atau wajan yang cukup besar lalu dijual menggunakan wadah kecil, kemudian dibawa berkeliling dengan cara dipikul.

Penjual permen gulali atau permen kapas ini dapat membuat gulali menjadi bentuk yang diinginkan , seperti mobil, motor, bebek, bunga, dan lainnya. Sehingga anak kecil banyak yang menyukainya.

Sifat yang ada di Permen Gulali

Permen gulali ini bersifat higroskopis, yaitu akan jadi keras dan kasar bila terkena udara yang lama atau secara langsung, jadi ketika gulali atau arum manis sudah selesai dibuat maka permen gulali harus segera di bungkus atau di kemas.

Jenis makanan yang seperti dibuat dari bahan gula ini, biasanya telah banyak dijual di pinggir jalan yang ramai, seperti taman bermain anak-anak dan pasar malam. Dalam bisnis permen gulali sering mengikuti perkembangan zaman yang tiap tahun semakin modern, berbagai jenis gulali yang dibuat dari gula merah tersebut  sudah sulit ditemukan.

Tetapi jika kalian ingin rindu akan masa kecil dan ingin bernostalgia dengan aneka jenis gulali tersebut, maka kalian dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang mudah dan banyak contoh tutorialnya.

Anda dapat membuat permen gulali ini sebagai  topping dalam desert maupun makanan penutup pada cafe cafe maupun restoran sekalipun. Contoh yaitu sebagai hiasan kue cupcake, biskuit, bolu, atau dijadikan topping minuman, es krim, milkshake, soda, dan bubble tea.

Selain dari contoh contoh tersebut, masih terdapat banyak kreasi lain yang dapat atau bisa kalian ciptakan dari permen gulali atau arum manis ini. Tentunya dapat menjadikan minat para pembeli untuk mencoba. Dengan harga yang sangat terjangkau dan murah sehingga sasaran pasar bisa dari masyarakat kalangan menengah, atas, maupun kalangan menengah bawah.

Baca juga Resep Makanan Dari Umbi Umbian Yang Baik Dikonsumsi dan Manfaatnya.

Fakta Dalam Permen Gulali

Sesuai dengan namanya, jajanan manis yang dibuat dari gula pasir dan pewarna makanan dicampur hingga rata kemudian di masukkan ke dalam sebuah mesin pembuat permen gulali. Di mesin permen gulali atau arum manis ini, gula pasir pasti akan meleleh dan sisa-sisanya itulah yang kemudian diputar-putar kemudian menjadi permen gulali atau gula kapas.

Walaupun bahan dasar utama pada permen gulali adalah gula, tapi permen gulali dipercaya tidak memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Panganan manis ini Gulali dikenalkan oleh Morrison dan John C. Wharton di St. Louis World’s Fair pada tahun 1904.

Di Amerika sendiri selalu mengadakan  atau merayakan hari Permen Gulali atau Gula Kapas atau Arum Manis Nasional setiap tanggal 7 Desember. Dan ini hanya berlaku di Amerika Serikat saja tidak yaa tidak di negara lain. Dan cara membuat permen gulali ini telah melebar luas ke penjuru dunia.

Jenis-jenis Permen Gulali :

Apakah kalian tahu apa aja jajanan anak-anak di era 90-an? kemungkinan kalian akan menyebutkan Gulali, Coklat Payung, atau Es Potong. Nah disini kami akan membahas Gulali. Tahun 90-an makakan atau jajanan gulali ini mudah di temui dimana-mana. Dan gulali sendiri dibagi menjadi 4 jenis. Berikut adalah jenis jenis gulali tersebut.

1. Permen Gulali Gula Jawa

Gulali gula jawa adalah gulali tertua yang ada di Indonesia, dan pembutannyapun masih sanget tradisional. Kabarnya, gulali ini adalah asal mula adanya berbagai macam gulali yang ada pada saat ini. Gulali ini biasanya memiliki warna kemerahan yang disebabkan oleh bahannya yaitu gula jawa.

Ciri dari gulali ini yaitu lengket dan keras. Gulali ini biasa disebut dengan lollipop tradisional karena ditusuk menggunakan bilah bambu. Selain gulali ini kadang polos dan ditambah dengan kacang tanah sebagai penambah rasa. Rasa manis yang di ciptakan akan diimbangi dengan gurihnya kacang tanah yang telah digoreng.

2.  Permen Gulali Gula Pasir

Cara membuat gulali gula pasir hampir sama dengan gulali gula jawa namun, penampakannnya berbeda. Gulali gula pasir memiliki banyak warna karena, gulali ini bisa ditambahi pewarna makanan. Bahan bakunya yang putih harus dicampuri pewarna agar memiliki ketertarikan tersendiri.

Selain warnanya yang beragam, bentuk dari gulali ini juga beragam agar, terdapat anak anak yang tertarik dengan gulali. Gulali dapat dibentuk dengan mudah dengan tangan ataupun mengguanakan cetakan sekalipun. Gulali ini sama dengan gulali gula jawa yang disajikan dengan ditusuk atau mengguanakan tangkai.

3 Permen Gulali Rambut Nenek atau Arum Manis

Gulali rambut nenek ini berbeda dengan gulali sebelumnya, gulali ini tidak berbentuk permen melainkan berbentuk rambut. Oleh sebab itu gulali ini dipanggil dengan sebutan rambut nenek karena bentuknya tersebut. Rambut nenek sendiri dibuat dengan cara yang cukup tradisional yaitu dengan mencampurkan tepung terigu dengan gula pasir yang sudah mengental.

Setelah itu adonan di tarik hingga membentuk serat yang tipis. Proses ini hampir sama dengan bagaimana kita membuat mie. Nama lain dari rambut nenek sendiri adalah arum manis, dan warga tiongkok menyebutnya jenggot naga.

Terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwa ini berasal dari Malang, tetapi ada yang mengatakan bahwa ini bersal dari Desa Kesambi, Lamongan. Terdapat cerita unik pada gulali ini.

Konon dulunya gulali rambut nenek ini dijual dengan cara barter atau dengan cara menukar rambut rontok, bukan dengan uang. Dan uniknya yang ditukar sesuai dengan rambut yang dikumpulkan. Rambut-rambut tersebut diteruskan penjual ke pembuat sanggul dan semacamnya.

4. Permen Gulali Kapas (Cotton Candy)

Pengertian Cotton Candy

Jenis gulali yang terakhir ini sering disebut dengan gulali kapas atau cotton candy. Gulali kapas dibuat dengan mesin yang sudah modern. Putaran pada mesin yang cepat akan mengeluarkan serat serat yang menyerupai kapas.

Dan karena bahan baku gulali kapas ini adalah gula murni maka akan meleleh dimulut dan akan lengket. Karena gulali kapas memiliki sifat hifroskopis maka akan mengecil dan mengeras jika terkena angin secara langsung. Oleh sebab itu, gulali kapas dijual dengan cara dimasukkan kedalam plastik.

Sejarah Cotton Candy

Gulali jenis ini telah dikenal oleh bangsa Italia pada abad 15. Suhu permen yang hangat dan lembut itu dapat dibentuk sesuai dengan yang diinginkan. Pada abad 19 terdapat orang yang diketahui adalah pembuat gulali kapas ini yaitu William Morrison dan John C. Wharton.

William J. Morrison adalah seorang dokter gigi dari Nashville , lalu bersama John C. Wharton yang bekerja membuat permen lokal dari Tennessee. Di tahun 1897 mereka bekerja sama Membuat mesin listrik peleleh gula pasir yang menggunakan gaya sentrifugal.

Dimana itu digunakan untuk mendorong penciptaan kapas-kapas gula. Kemudin mesin yang telah dibuat tersebut dipatenkan pada tanggal 1889 dan menjadi mesin pembuat gulali kapas pertama.

Lalu mereka memamerkan atau memperkenalkan gulali kapas pertama di St. Louis World Fair – Amerika Serikat pada tahun 1904 dengan nama “Fairy Floss” (benang peri) dan merupakan pencapaian yang sukses.

Keduanya dapat menjual 68.655 kotak dengan harga yang lumayan, karena harganya adalah setengah dari harga tiket masuk pada pameran tersebut. Dan sejak ssat itu gulali kapas ini menjadi populer dan selalu aa pada saat acara festival dan acara acara ramai lainnya.

Cara Membuat Permen Gulali

Cara membuat permen gulali

1. Cara Membuat Permen Gulali Kapas

Alat Dan Bahan Dalam Cara Membuat Permen Gulali:

  • Siapkan mesin arum manis.
  • 1 bambu
  • Sendok makan 1 buah
  • Tangkai yang terbuat dari bambu ataupun plastik (untuk menggulung  permen gulali atau arum manis).
  • Gula pasir putih sebanyak kurang lebih 1 kilogram
  • Pewarna makanan (sesuai selera masing-masing)

Cara Membuat Permen Gulali  :

  1. Pertama-tama siapkan gula pasir lalu campurkan dengan pewarna makanan agar gulali menjadi menarik, kemudian diaduk hingga benar-benar rata.
  2. Panaskan mesin yang akan digunakan untuk membuat permen gulali.
  3. Jika gula yang dicampurkan tadi telah tercampur dengan merata, kemudian masukkan ke dalam mesin yang telah dipanaskan dan tunggu beberapa detik agar gula yang diputar keluar seperti jaring dari mesin pembuat permen gulali atau arum manis tersebut.
  4. Gulung dengan gerakan memutar menggunakan tangkai atau bilah bambu yang disediakan, lalu sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan.
  5. Lalu padatkan gulali dengan menggesekkan ke bagian wadah stainless yang ada pada mesin.
  6. Cara membuat permen gulali ini harus sabar dan telaten jika tidak nanti akan menjadi kristal kecil yang kasar ataupun rusak.
  7. Jika sudah jadi, bungkuslah permen gulali atau arum manis ke dalam plastik yang tertutup sangat rapat agar tidak terkena udara secara langsung yang membuatnya akan mengecil atau mengeras.

2. Cara Membuat Arum Manis Atau Gulali (Gula Jawa)

Cara Membuat Arum Manis Atau Gulali (Gula Jawa)

Gulali ini biasanya memiliki warna yang biasanya coklat agak kehitam hitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan bambu kecil ataupun sedotan kecil. Gulali dari gula merah ini sering juga dicampur dengan kacang tanah yang tumbuk kasar.

Bahan Arum Manis Atau Gulali Gula Jawa :

  • Gula jawa yang sudah halus 500 gram.
  • Air secukupnya setidaknya sekitar 125 ml.
  • Kacang tanah yang sudah ditumbuk kasar (sesuai keinginan).
  • Tangkai babmbu kecil.

Cara Membuat Gulali Tradisional :

  1. Pertama, masukkan gula merah dan air ke dalam sebuah kuali yang kemudian diaduk hingga air dan gula merah tercampur dengan sangat merata.
  2. Kemudian, nyalakan kompor dengan api yang sedang setelah itu letakan kuali diatas api.
  3. Aduk adonan tersebut hingga mendidih, setelah itu masukkan kacang yang telah di tumbuk kasar tadi lalu di aduk hingga merata.
  4. Lalu, jika air dalam kuali atau adonan sudah mulai sedikit berkurang, angkat kuali lalu diamkan adonan tersebut hingga mulai mengental.
  5. Ketika adonan sudah mengental, masukkan tangkai kecil ke dalam adonan lalu putar gulalinya agar berbentuk agak melingkar seperti permen.
  6. Arum manis atau gulali siap disantap atau dinikmati. Jika kalian akan menyimpan dalam kurun waktu yang lumayan lama, kalian dapat membungkus arum manis atau gulali yang sudah ditusuk dan dibentuk itu dengan plastik dan kemudian simpan dalam wadah.
  7. Jika kalian ingin mencoba untuk membuat suatu hal yang baru bagi kalian ,tambahkan saja ceres, coklat ataupun selai ke gulali tersebut agar memiliki cita rasa yang baru dan unik tentunyaa

Permen gulali atau arum manis bisa dijual lagi loh, untuk menambah uang jajan. Kenapa tidak?. Selain itu kalian juga dapat menjual di acara ulang tahun, restoran, atau cafe sekalipun. Tetapi juga harus diperhatikan dalam hal pengemasannya. Jika anda ingin memeiliki kualitas yang sangat terjaga, serahkan saja pada mesin cup sealer. Kualitasnya tidak perlu kalian ragukan lagi.

Meraup Keuntungan dari Usaha Permen Gulali

Permen kapas atau arum manis terasa lengket. Meskipun gulali atau gula kapas ini terlihat seperti awan ataupun kapas sebenarnya, makanan ini segera meleleh di dalam mulut. Jika terkenaair atau udara permen kapas ini akan berubah menjadi lengket. Karena gula pada gulali bersifat higroskopis dan mempunyai ruang permukaan yang cukup luas.

Permen gulali akan menjadi lebih kasar, keras, dan biasanya tidak begitu halus lagi setelah terkena udara langsung. Dalam iklim yang lembab atau suhu yang rendah permen kapas harus untuk dimakan dalam beberapa jam setelah dibuat atau dibeli, jika tidak permen kapas akan menyusut atau mengecil.

Membuat permen gulali ini tidak menggunakan modal yang cukup besar, tapi bisa dapat keuntungan yang luar biasa dari usaha permen gulali ini. JIka Dilihat dari bahan bakunya, pembuatan permen gulali ini hanya membutuhkan gula pasir dan pewarna makanan (sesuai selera kalian).

Untuk satu sendok teh gula pasir dapat menghasilkan satu permen kapas yang lumayan besar, dan jika dijual seharga 3.000 sampai 5.000 rupiah. Bayangkan jika dalam satu hari saja, kalian dapat menghabiskan satu kilogram gula pasir dengan harga 10.000 rupiah saja. Dan pastinya itu sangatlah murah, dan tentunya untung yang di dapat pasti lumayan banyak.

Kelebihan Berbisnis Permen Gulali atau Arum Manis

Bila kalian ingin membuka atau mencoba berbisnis dengan membuat gulali itu sangat mudah. Karena yang dibutuhkan hanya mesin gulalinya saja, dan membuatnyapun tak terlalu butuh kehebatan atau ketelatenan yang bagus.Jadi ini merupakan usaha yang lumayan mudah. Selain itu bahan bahan yang digunakan untuk membuat atau dibutuhkan juga sangat mudah ditemukan di sekitar kalian.

Kita juga dapat berjualan tanpa harus sewa tempat yang dimana memakan biaya, mendapat keuntungan yang lumayan besar, bisa membuka banyak cabang, produk dapat di distribusikan ke banyak toko, restoran dan cafe,  jenis produk yang agresif, blue ocean business, bisnis yang mudah dan, tak mengenal rugi.

Bagaimana menggiurkan bukan cara membuat permen gulali? Selamat mencobanya dan semoga jika kalian mencobanya kalian bisa sukses dan memiliki outlet dimana mana.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •