Home » Artikel » Artikel Proses » Terungkap! Inilah Cara Membuat puding yang Simpel tapi Enak

Terungkap! Inilah Cara Membuat puding yang Simpel tapi Enak

Cara Membuat Puding – Siapa yang tak kenal dengan makanan pencuci mulut yang satu ini? Puding adalah makanan yang terbuat dari Agar-agar yang memiliki kaya bermanfaat bagi kesehatan kita, karena serat yang terkandung di dalamnya. Salah satu fungsi serat dari Puding adalah membantu membersihkan usus, dengan cara memperlancar metabolisme.

Dengan lancarnya metabolisme, maka tubuh akan menjadi lebih sehat, fungsi alat-alat pencernaan berjalan dengan baik, sehingga tubuh lebih bugar, sehat dan tidak mudah sakit. Tak heran mengapa banyak orang menyukai jenis makanan pencuci mulut yang satu ini

Belum lagi fungsinya yang mengenyangkan, namun tidak menggemukkan. Oleh karena itu, Puding sangat disarankan sebagai pengganti snack yang berkarbohidrat tinggi karena fungsinya tersebut, dan lagipula Puding dapat dikonsumsi sesering mungkin.

Sejarah Puding

Pada saat masa Abad Pertengahan, masyarakat kaya lebih suka mengonsumsi buah-buahan yang diawetkan, jelly, dan wafer sebagai makanan penutup. Saat itu bangsa Romawi mengetahui bahwa telur bisa digunakan untuk membuat puding. Namun pada zaman itu, puding lebih identik sebagai makanan yang berbahan dasar daging. Bahkan sebelum dikenali sebagai makanan pencuci mulut pada abad ke 19, puding beras dianggap sebagai obat untuk mengobati masalah pencernaan.

Selama beberapa abad, puding lebih identik dengan makanan yang berbahan dasar daging. Baru pada abad ke-19, puding akhirnya hadir dengan bahan dasar manis. Apalagi dengan adanya Revolusi Industri, produksi kue dan jelly menjadi lebih berkembang.

Beberapa macam makanan dessert baru ditemukan pada abad ini. Seperti Bakewell tart yang dulunya lebih dikenal puding Bakewell. Puding ternyata tercipta dari sebuah kecelakaan yang tidak disengaja pada tahun 1859. Namun puding dengan resep yang serupa muncul lebih dahulu pada abad ke-16 di daerah tersebut yang membuat masyarakat sana meragukan cerita ‘kecelakaan’ tersebut.

Manfaat Mengonsumsi Puding

Kandungan gizi dalam Puding

Sebelumnya, mari kita tengok kandungan gizi yang terdapat dalam puding:

  • Kalsium

Kandungan susu membuat puding memiliki kadar kalsium cukup tinggi. Kalsium adalah unsur penting bagi kekuatan tulang dan gigi. Kalsium juga merupakan mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh kita, seperti di sel darah, tulang, dan gigi. Kalsium juga mempengaruhi kontraksi otot, keseimbangan hormon dan transmisi impuls saraf. Tak hanya lezat, puding juga merupakan cara sehat mendapatkan kalsium bagi tubuh si kecil.

  • Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral adalah komponen esensial pada puding. Anak-anak sangat memerlukan vitamin D serta magnesium yang jika dikombinasikan dengan kalsium, dapat memperkuat struktur tulang dan lapisan luar gigi mereka. Vitamin lain yang terkandung dalam puding antara lain vitamin A, C, B6, B12, dan E.

  • Protein

Salah satu nutrien penting yang diperlukan anak-anak adalah protein, yang mengandung enzim spesial yang berguna untuk metabolisme dan pencernaan tubuh. Selain itu, protein juga memiliki peran dalam dalam kontraksi otot dan reproduksi sel darah merah. Protein juga berguna dalam menjaga agar rambut, kuku, dan kulit anak sehat.

Apa saja manfaat besar puding bagi kesehatan tubuh? simak informasinya berikut ini.

  1. Anti Kanker

Penelitian dari Harvard School of Public Health di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika.

Hal tersebut disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka. Dengan kata lain, khasiat dari rumput laut sendiri sangat besar karena mampu menjadi obat sebagai anti kanker.

  1. Antioksidan

Bukan hanya teh saja yang mengandung antioksidan tetapi puding juga memilikinya khususnya puding yang terbuat dari rumput laut. Klorofil yang ada pada rumput dan ganggang laut dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

  1. Mencegah Kardiovaskular

Jika Anda ingin terhindar dari Kardiovaskular dan penyakit jantung lainnya, maka tidak ada salahnya menjadikan puding sebagai kudapan lezat setiap harinya.

Para Ilmuwan di negara Jepang mengungkapkan bahwa ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi. Selain itu, bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

  1. Makanan untuk Diet

Kenyal dan nikmat, itulah dua hal yang sangat identik dengan puding. Dengan kelezatannya, makanan ini pun dipercaya mampu menurunkan berat badan serta melancarkan pencernaan.

Kandungan serat atau dietary fiber di dalam puding khususnya yang mengandung rumput laut tinggi bisa dijadikan makanan diet. Serat ini memiliki sifat mampu mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas.

Disamping itu, karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan. Agar-agar atau puding adalah makanan penyelamat bagi orang yang bermasalah dengan kegemukan.

Penikmat kuliner mungkin sudah tak lagi asing dengan hidangan pencuci mulut bernama puding. Sajian makanan pencuci mulut ini seringkali dijadikan menu makanan yang paling dicari dan disukai. Rasanya yang cenderung relatif manis yang menggoda akan membuat siapa saja tergoda dengan hidangan yang satu ini.

Cara Membuat Puding

cara membuat puding

Bahan-Bahan Untuk Puding:

  • Susu putih cair 300 ml
  • Telur ayam 3 butir
  • Keju atau kismis yang sudah diparut
  • Vanili bubuk 1/4 sdt
  • 5 lembar roti tawar
  • 30 gram margarine
  • Gula pasir sekitar 50 gram

Cara Membuat Puding :

  1. Rebus dahulu susu putih cair dalam panci dan masukkan kedalamnya gula pasir 50 gram dan vanili bubuk. Aduk-aduk bahan ini didalam satu panci sampai gula putih larut dengan rata.
  2. Sambil menunggu silahkan kocok telur bersama dengan telur sampai mengembang. Anda bisa memakai mixer atau wire whisk untuk mengocok adonan ini sampai semua adonan tercampur secara merata.
  3. Setelah susu mendidih, masukkan roti kukus kedalamnya dan aduk-aduk secara perlahan. Tunggu sebentar sampai roti benar-benar hancur secara merata.
  4. Masukkan campuran telur dan margarin kedalam rebusan susu dan aduk-aduk kembali sampai tercampur secara merata hingga keseluruhan.
  5. Kemudian tunggu sementara sampai menguap. Setelah itu, baru masukkan bahan-bahan ini dalam cetakan yang sudah anda siapkan dan kukus dalam panci kurang lebih 5 menit.
  6. Angkat puding dari kukusan dan taburi dengan kismis dan juga keju parut secara merata dibagian atasnya.
  7. Jika sudah selesai, masukkan kembali puding dalam panci untuk kembali di kukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai puding mengeras dan bersatu sampai matang.

Cara Membuat Puding Keju Vla

cara membuat puding

Puding tidak selalu identik dengan rasa manis . Terbukti dengan adanya kreasi puding asin yang terbuat dari olahan susu dan keju ini.Rasanya yang lembut dengan citarasa gurih keju dan santan sungguh nendang di lidah.Karena menggunakan santan didalam adonan jadi hasil puding susu kejunya akan terasa creamy ketika sedang berada dimulut.

Selain pudingnya yang super lembut,olahan spesial puding susu keju ini terletak di vla homemadenya. Lagi lagi vla yang identik dengan rasa manis ini disulap dengan rasa manis yang dipadukan dengan rasa gurih .Mungkin karena adonan vla hanya menggunakan susu kental manis dan tidak menggunakan gula pasir lagi jadi rasa manis gurihnya pas ketika di kombinasikan antara puding susu keju cheddar dengan vla santan

cara membuat puding susu keju ini ternyata mudah dan simpel.Proses pembuatannya hampir sama dengan ketika akan membuat olahan puding pada umumnya.daripada penasaran yuk kita simak sama sama proses opembuatan puding keju vla ini

Bahan Membuat Puding Kejunya
1. Agar-agar  2 pcs .
2. Telur ayam 5 butir diambil bagian putihnya saja (kuning telurnya nanti untuk bahan vla pudingnya).
3. Gula pasir putih 450 gram .
4. Air 900 ml atau sebanyak 3 gelas standar.
5. Keju cheddar secukupnya sesuai selera untuk parutan diatas pudingnya.
Bahan Untuk Membuat Vla Susu
1. Susu kental manis 1 kaleng ukuran biasa.
2. Santan 900 ml.
3. Tepung maizena 3 sdm.
4. Garam dapur beryodium 1/4 sdt.
5. Kuning telur 5 butir .
6. Vanila halus atau bubuk vanila sedikit saja, sesuai dengan selera.

Cara Membuat Puding Susu Keju Dengan Vla Lembut

  • Siapkan satu panci ukuran sedang kemudian masukkan semua bahan vla diatas kemudian diaduk-aduk supaya tercampur rata.
  • Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan matang.
  • Setelah matang dan mendidih, angkat dan tuang di cetakan puding yang akan digunakan kemudian sisihkan.
  • Lalu kemudian kita buat pudingnya.
  • Tuang 5 butir putih telurnya kedalam wadah kemudian kocok sampai tercampur dengan ciri sudah
  • Tuang gula pasir putih sedikit saja (kurang lebih 1/4 bagian) sambil dimixer terus sampai semua bahan tercampur dan mengembang sempurna.
  • Siapkan panci dengan api sedang kemudian masukkan agar-agar bersama dengan sisa bagian gula pasir dan air bersihnya kemudian aduk-aduk sampai mendidih
  • Masukkan larutan agar-agar diatas kedalam wadah berisi campuran telur dan gula kemudian mixer dan kocok sampai benar-benar tercampur sempurna. Ingat, proses memasukkannya sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer ya.
  • Setelah rata, tuang adonan pudingnya kedalam wadah yang berisi vla yang sudah matang sebelumnya.
  • Ambil keju chedar dan parut diatas wadah diatas sampai rata dan semua bagian tertutupi sempurna
  • Setelah rata masukkan ke dalam kulkas dan sajikan puding keju vlanya dalam keadaan dingin.

Cara Membuat Puding Susu Coklat 2 Warna Spesial

cara membuat puding

Bahan Membuat Puding Coklat:

  1. Agar-agar 1 bungkus saja yang rasa coklat karena kita akan membuat puding susu coklat. Untuk mereknya sesuai selera saja.
    2. Susu fresh UHT cair yang rasa coklat secukupnya atau kurang lebih sebanyak 800 ml saja.
    3. Gula pasir secukupnya sesuai selera. Bisa dihilangkan kalau benar-benar tidak suka manis.
    4. Coklat blok berkualitas bagus secukupnya atau sesuai selera. Jika masih bingung dengan takarannya bisa ditakar kurang lebih sebanyak 50 gram sampai 75 gram saja.

Bahan Untuk Membuat Puding Susu Putih:

  1. Agar-agar 1 bungkus saja yang berwarna putih. Untuk mereknya bebas.
    2. Susu UHT fresh cair yang putih secukupnya atau kurang lebih pada takaran 800 ml saja.
    3. Gula pasir secukupnya sesuai selera. Bisa dihilangkan kalau benar-benar tidak suka manis.
    4. Coklat blok warna putih dengan kualitas bagus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 50 gram sampai 75 gram saja.

Cara Mudah Membuat Puding Susu Coklat Spesial

  1. Langkah pertama kita buat puding coklatnya terlebih dahulu.
  2. Siapkan panci kemudian masukkan agar-agar coklat, susu UHT, coklat blok dan susu UHTnya kemudian aduk-aduk sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih angkat kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah dipersiapkan dan tunggu sampai keras.
  4. Setelah jadi, keluarkan dahulu pudingnya kemudian potong menjadi 2 bagian sama besar.
  5. Masukkan kembali 1 bagian dan yang lainnya sisihkan.
  6. Langkah kedua kita membuat puding susu putihnya.
  7. Langkah sama seperti membuat puding coklatnya kemudian potong juga menjadi 2 bagian.
  8. Ambil satu bagian kemudian masukkan kedalam wadah cup yang pertama.
  9. Ulangi juga untuk sisa puding coklat yang disisihkan.
  10. Masukkan sebentar ke dalam kulkas dan sajikan saat puding susu coklat dingin lebih mantap.
  11. Kalau mau praktis, bisa langsung dituang cetakan puding yang besar.

Cara Membuat Puding Susu Oreo Sederhana

cara membuat puding

Bahan-bahan

  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah agar-agar tipe plain merek sesuai selera sebanyak 1 bungkus saja.
  • Oreo secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 8 sampai 10 pcs. Bisa dihancurkan dahulu atau dimasukkan dalam keadaan utuh.
  • Gula pasir sesuai selera secukupnya atau kurang lebih sebanyak 6 sampai 7 sendok makan saja.
  • Krimer kental manis atau susu ultra kurang lebih sebanyak 3/4 liter saja.

Cara Membuat Puding Susu Oreo Yang Mudah Praktis

  1. Siapkan satu panci dan tuang susu ultranya beserta gula pasir dan agar-agarnya kemudian aduk-aduk sampai hampir mendidih.
  2. Masukkan potongan oreo yang sudah dipersiapkan sebelumnya kedalam panci diatas secara pelan-pelan (jangan sampai hancur) dan masak kembali sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih tuang kedalam cetakan pudingnya dan tunggu sampai mengeras.
  4. Setelah mengeras, masukkan kedalam lemari pendingan dan sajikan dalam keadaan dingin.

Cara Membuat Puding Susu Nutrijel Warna Warni

cara membuat puding

Bahan Untuk Membuat Nutrijel Warna Warninya

1. Nutrijel ukuran 15 gram 3 macam rasa, strawbery, nutrijel melon, nutrijel jeruk atau tergantung selera.
2. Gula pasir putih sesuai selera atau dengan takaran 10 sendok makan.
3. Air matang bersih masing-masing rasa kurang lebih sebanyak 600 ml atau total sebanyak 1,8 liter.

Bahan Untuk Membuat Puding Susunya:

1. Agar-agar yang warna putih sebanyak 2 bungkus dengan merek bebas sesuai selera.
2. Air matang bersih kurang lebih pada takaran 1.5 liter.
3. Krimer kental manis merek sesuai selera sebanyak 1 kaleng.
4. Gula pasir putih sesuai dengan selera atau kurang lebih pada takaran 15 sendok makan.

bila ingin lebih real,bisa dengan menggunakan buah buahan asli yang telah dipotong dengan mesin pemotong buah dan sayur.

Cara Membuat Puding Susu Nutrijel Spesial

  1. Langkah pertama kita buat potongan nutrijel untuk tiap warnanya.
  2. Masukkan nutrijel warna pertama kedalam panci bersama dengan air dan gula pasirnya kemudian masak sambil diaduk sampai mendidih.
  3. Setelah matang tuang kedalam wadah dan biarkan mengeras terlebih dahulu kemudian dinginkan sebentar ke dalam lemari pendingin dan ulangi untuk kedua warna lainnya.
  4. Setelah dingin keluarkan dari kulkas dan potong-potong bentuk kotak nutrijelnya.
  5. Setengah dari potongan nutrijel diatas letakkan didalam wadah yang akan kita buat pudingnya dan sisanya sisihkan.
  6. Langkah kedua kita buat puding susunya.
  7. Siapkan panci dan masukkan air matang, gula pasir, susu kental manis dan agar-agarnya.
  8. Kemudian masak sambil diaduk-aduk dengan api sedang sampai mendidih kemudian matikan apinya.
  9. Tuang puding cair diatas kedalam wadah adonan yang berisi potongan nutrijelnya sampai terendam sempurna kemudian diamkan sebentar sampai agak dingin.
  10. Setelah agak dingin masukkan sisa potongan nutrijelnya kemudian tuang sisa puding susunya kedalamnya. Bisa dihangatkan sebentar puding susunya kalau sudah agak mengeras.
  11. Masukkan kedalam lemari pendingin dan sajikan puding susu nutrijel diatas dalam keadaan dingin.

Itulah pembahasan tentang cara membuat puding. Semoga bisa menambah wawasan Anda dalam mengkreasikan masakan masakan penutup mulut khususnya resep puding yang satu ini.

By |2018-12-22T09:32:47+00:00Desember 20th, 2018|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Terungkap! Inilah Cara Membuat puding yang Simpel tapi Enak

About the Author:

WhatsApp chat