Risoles atau rissole adalah merupakan cemilan pasar tradisional yang berbentuk lonjong dengan warna emas kecoklatan dan diisi dengan berbagai macam isian. Cukup dengan seribu sampai dua ribu rupiah, Anda sudah bisa merasakan kenikmatan risoles .Kali ini saya akan membagikan cara membuat risoles mudah yang bisa anda coba dirumah.

Cara Membuat Risoles

cara membuat risoles

Beda orang, pasti beda selera. Biasanya, risoles diisi dengan wortel dan kentang, namun ada juga penjual risoles yang mengisinya dengan daging ayam, daging sapi, seafood, bahkan mayonaise. Sebagai penikmat jajanan pasar tradisional, tentu kita lebih sering membeli daripada membuatnya sendiri. Atau bahkan tidak pernah membuat?

Memang lebih mudah membeli, disamping tidak punya waktu, kita hanya tinggal mengambil uang lalu memakannya. Tapi kita tidak tahu gimana cara pembuatan risoles yang kita beli hingga berada di tangan kita. Emang sih gak boleh berpikiran negatif terus, tapi kita juga perlu untuk berjaga-jaga terhadap kesehatan badan kita dengan memilih-milih makanan yang akan kita masukkan dalam tubuh kita.

Selain isinya, ciri khas risoles terdapat pada kulitnya. Apakah Anda sudah mengalami memakan risoles yang kulitnya terlalu tebal atau sudah keras dan kaku? Pasti nggak enak bukan. Nah,keadaan seperti inilah yang perlu kita cegah dengan cara membuat risoles sendiri. Sebenarnya cara membuat risoles cukup mudah kok.

Tidak perlu bahan-bahan yang mahal dan waktu yang lama. Bahkan dengan membuat sendiri risoles di rumah, Anda bisa mengkreasikan isi dan rasa sesuai dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tahu dengan cara membuat risoles , langsung saja simak di bawah ini.

Sebelum kita membuat risoles ,pastinya kita akan memerlukan kulitnya terlebih dahulu. Buat Anda yang tidak punya cukup waktu untuk bikin risoles sendiri, Anda bisa membeli kulit risoles yang dijual di pasar.Tetapi alangkah lebih baik jika Anda membuat sendiri kulitnya.Caranya bisa kalian simak dibawah ini.

1.Cara Membuat Kulit Risoles Menggunakan Telur

Bahan :

  • Tepung terigu 500 g
  • susu sapi murni 1 L
  • Telur ayam 5 butir
  • Garam dapur 2 sdt
  • Minyak sayur / minyak goreng / mentega cair 8 sdm

Cara membuat :

  1. Kocok telur dalam wadah hingga tercampur, kemudian tambahkan garam.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur. Uleni adonan dengan tangan hingga tercampur sempurna.
  3. Masukkan minyak sayur / minyak goreng/ margarin cair ke dalamnya. Uleni lagi.
  4. Tutupi bagian atas wadah dengan kain atau plastik. Biarkan adonan dengan suhu ruangan selama 30 menit.
  5. Panaskan wajan penggorengan. Beri sedikit minyak, lalu masukkan adonan ke dalam penggorengan sedikit saja dan tipis. Usahakan bentuknya lingkaran.
  6. Tidak perlu memanggang dalam waktu lama atau jangan memanggang adonan hingga berwarna emas kecoklatan.
  7. Lakukan sampai adonan dalam wadah habis.

2.Cara Membuat Kulit Risoles Tanpa Telur

Bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 3 sdm maizena atau tapioka
  • Secukupnya garam atau penyedap
  • 3 sdm minyak goreng
  • 600 ml air

Cara membuat :

  1. Tepung terigu, maizena dan garam diaduk, diaduk jadi satu.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit lalu aduk sampai air habis
  3. Masukan minyak.
  4. Adonan kulit ready untuk digoreng

Dibawah ini adalah cara membuat risoles dengan berbagai varian.

1. Cara Membuat Risoles Kentang

Bahan :

  • Kulit risoles
  • Wortel 2 buah
  • Kentang 2 buah
  • bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 4 buah
  • Merica 1 sdt
  • Garam 2 sdt
  • Telur ayam 1 butir
  • Tepung panir 200 g

Cara membuat :

  1. Kupas kulit wortel dan kentang lalu cuci. Potong dadu kecil.
  2. Haluskan bawang putih dan bawang merah. Tambahkan merica dan garam.
  3. Tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan hingga berbau harum.
  4. Masukkan wortel dan kentang yang sudah dipotong dadu kecil.
  5. Tumis lagi. Tambahkan air mineral gelas.
  6. Tumis hingga air mengering.
  7. Angkat dan dinginkan.
  8. Siapkan kulit risoles .
  9. Tuang wortel dan kentang yang sudah ditumis pada bagian tepi kiri kulit risoles . Jangan terlalu pinggir. Sisakan jarak.
  10. Lipat sisi kiri yang kosong ke kanan.
  11. Lipat sisi atas menuju bawah, lalu lipat sisi bawah menuju atas
  12. Gulung bagian kiri ke kanan hingga kulit menyelimuti sempurna.
  13. Kocok 1 butir telur.
  14. Masukkan ke dalam kocokan telur, lalu masukkan ke dalam tepung panir.
  15. Panaskan minyak dengan api kecil.
  16. Goreng hingga berwarna emas kecoklatan.

2. Cara Membuat Risoles Mayonaise Sosis

Bahan :

  • Kulit risoles
  • Telur ayam 4 butir
  • Sosis ayam 3 buah
  • Mayonaise 100 g 2 sachet
  • Tepung panir 200 g

Cara membuat :

  1. Rebus 3 butir telur ayam hingga matang. Kupas kulitnya. Potong menjadi 4 bagian.
  2. Potong sosis ayam menjadi 4 bagian sama besar
  3. Siapkan kulit risoles .
  4. Taruh telur dan sosis pada bagian tepi kiri kulit risoles . Jangan terlalu pinggir. Sisakan jarak.
  5. Tambahkan mayonaise sesuai selera.
  6. Lipat sisi kiri yang kosong ke kanan.
  7. Lipat bagian atas menuju bawah, lalu lipat kulit bagian bawah menuju atas
  8. Gulung bagian kiri ke kanan hingga kulit menyelimuti sempurna.
  9. Kocok 1 butir telur.
  10. Masukkan ke dalam kocokan telur, lalu masukkan ke dalam tepung panir.
  11. Panaskan minyak dengan api kecil.
  12. Goreng hingga berwarna emas kecoklatan.

3. Cara Membuat Risoles Isi Sayur

Bahan :

  • Kulit risoles
  • Wortel 2 buah
  • Kentang 2 buah
  • Buncis 100 g
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 4 buah
  • Merica 1 sdt
  • Garam 2 sdt
  • Telur ayam 1 butir
  • Tepung panir 200 g

Cara membuat :

  1. Kupas kulit wortel dan kentang lalu cuci. Potong dadu kecil.
  2. Cuci bersih buncis kemudian potong serong tipis-tipis buncis.
  3. Haluskan bawang putih dan bawang merah. Tambahkan merica dan garam.
  4. Tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan hingga berbau harum.
  5. Masukkan wortel, kentang, dan buncis ke dalamnya.
  6. Tumis lagi. Tambahkan air mineral gelas.
  7. Tumis hingga air mengering.
  8. Angkat dan dinginkan.
  9. Siapkan kulit risoles .
  10. Tuang wortel, kentang, dan buncis yang sudah ditumis pada bagian tepi kiri kulit risoles . Jangan terlalu pinggir. Sisakan jarak.
  11. Lipat sisi kiri yang kosong ke kanan.
  12. Lipat bagian atas menuju bawah, lalu lipat kulit bagian bawah menuju atas
  13. Gulung bagian kiri ke kanan hingga kulit menyelimuti sempurna.
  14. Kocok 1 butir telur.
  15. Masukkan ke dalam kocokan telur, lalu masukkan ke dalam tepung panir.
  16. Panaskan minyak dengan api kecil.
  17. Goreng hingga berwarna emas kecoklatan.

4. Cara Membuat Risoles Coklat Lumer

Bahan :

  • Dark cooking chocolate 80 g
  • Susu cair rasa coklat 200 ml
  • Gula pasir 100 g
  • Tepung maizena 2 sdm
  • Tepung terigu 2 sdm
  • Coklat bubuk 1 sdm

Cara membuat :

  1. Cincang dark cooking chocolate.
  2. Masukkan susu, tepung maizena, epung terigu, coklat bubuku, dan gula pasir dalam wadah.
  3. Masak dengan api sedang. Aduk hingga mengental.
  4. Tambahkan dark cooking chocolate. Aduk lagi.
  5. Angkat dan sisihkan.
  6. Tuang isi pada bagian tepi kiri kulit risoles . Jangan terlalu pinggir. Sisakan jarak.
  7. Lipat sisi kiri yang kosong ke kanan.
  8. Lipat bagian atas menuju bawah, lalu lipat kulit bagian bawah menuju atas
  9. Gulung bagian kiri ke kanan hingga kulit menyelimuti sempurna.
  10. Kocok 1 butir telur.
  11. Masukkan ke dalam kocokan telur, lalu masukkan ke dalam tepung panir.
  12. Panaskan minyak dengan api kecil.
  13. Goreng hingga berwarna emas kecoklatan.

Detail Produk Peluang Usaha Risoles dan Analisa Usahanya

cara membuat risoles

Risoles merupakan salah sau jenis jajanan yang digemari oleh banyak orang. Risoles menjadi salah satu makanan digoreng yang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Dalam isian risoles pun cukup bervariasi yakni menggunakan kentang, wortel, soun, dan juga telur.Dibawah ini adalah analisa usahanya.

  • Bahan Baku

Untuk menjalankan usaha risoles membutuhkan juga bahan baku untuk membuat risoles seperti tepung terigu, tepung panir, telur ayam, daging ayam ,minyak goreng dan lainnya. Untuk risoles ini juga memakai bumbu untuk bahan penting yang lainnya.

Bahan baku yang diperlukan dalam membuat risoles memmang sangat beragam. Dalam jumlah proporsi bahan baku yang dipakai untuk membuat risoles ini memang tidak pasti sehingga bisa diukur sendiri sesuai dalam kebutuhan usaha. Resep dalam membuat risoles juga sangat banyak dan masing-masinganya menonjolkan ciri khas tersendiri sehingga bagi setiap penjual yang menjajakan risoles mempunyai ciri rasa khas tersendiri.

  • Lokasi Usaha

Menjalankan usaha risoles memang memerlukan lokasi usaha dengan strategis seperti memilih lokasi di sekitar area pemukiman yang ramai dan asyik, wilayah perkantoran, kampus juga sekolah. Lokasi yang bertempat di pinggiran jalan yang ramaipun dapat Anda jadikan pilihan lokasi usaha yang bagus.

Banyak orang yang mencari risoles ini sebagai salah satucamilanm lezat yang sering membuat ketagihan, oleh karena itu penentuan untuk lokasi usaha yang mudah untuk dijangkau dengan lokasi strategis perlu dipertimbangkan lebih jelas.

  • Perlengkapan Usaha

Untuk menjalankan usaha risoles bisa juga dengan cara menjualnya lewat skala usaha kecil. Bila Anda tertarik dalam usaha risoles maka Anda harus memiliki gerobak yang dipakai sebagai sarana untuk cara berjualan. Kebutuhan akan perlengkapan lainnya juga wajib tersedia seperti meja, kursi, peralatan untuk memasak, peralatan unutk makan serta yang lainnya.

  • Harga Jual Risoles

Dalam menjual risoles, Anda perlu untuk mematok harga risoles dengan kisaran yang sewajarnya jangan terlalu mahal dan sebaliknya lebih murah namun jangan sampai Anda merugi.

Pada umumnya kisaran harga risoles dalam harga Rp 2.000 – Rp 5000 per buah. Harga jual risoles yang Anda patok misalnya di angka Rp 3000 per buah,Pasti ini akan lebih mudah untuk dijangkau banyak orang sehingga menjadi laku di pasaran.

  • Karyawan

Karyawan adalah salah satu tenaga operasional yang turut membantu dalam membangun usaha risoles ini. Untuk menjalankan usaha risoles, tenaga keryawan sangat dibutuhkan agar usaha risoles dapat berjalan lebih lancar dan maksimal. Untuk memilih karyawan, maka sebaiknya memilih orang yang jujur, bertanggung jawab dan rajib. Untuk mengawali usaha risoles Anada dapat merekrut seorang karyawan.Anda juga bisa simak  cara membuat ayam penyet untuk menambah menu makanan anda dirumah.

  • Promosi

Pengenalan usaha risoles secara masal kepada masyarakat memang dapat dilakukan dengan promosi. Untuk pemasaran risoles ini dapat dilakukan dengan cara membuat olahan risoles dengan lezat dan berbeda dengan yang lainnya. Hal ini dapat memunculkan promosi gratis lewat banyak dibicarakan orang.

Selain itu pula cara promosi melalaui internet dan beberapa fasilitras media sosialpun dapat ditempuh. Anda dapat memasarkan produk risoles ini seperti di faceboook. Dalam menjalankan promosi Anda dapat menjuall produk dengan harga diskon. Lewat diskon ini maka usaha risoles akan banyak didatangi orang sehingga promosi lebih efektif. Cara yang lainnya juga bisa seperti dengan memasang banner atau spanduk di depan loasi usaha risoles.

  • Resiko Usaha

Apapun usaha yang dijalankan memang selalu memiliki resikonya entah itu baik atau buruk. Tidak hanya sukses saja yang akan digapai namun berbagai kendala juga muncul terlebih dahulu. Seperti usaha risoles ini yang kini semakin tinggi untuk jumlah saingnya.

Banyaknya orang yang mencari risoles sebagai camilan yang lezat memang bikin segelintir orang memilih untuk menjalankan usaha risoles.Banyaknya persaingan usaha risoles memang membuat banyak pelaku usaha risoles kini mendatangkan ide unik yang lebih inovatif dan juga kreatif. Produk risoles dibuat seunik mungkin agar lebih membuat banyak orang makin tertarik.

  • Resep Usaha Risoles

Untuk membangun usaha risoles memang butuh pula adanya resep pengolahannya bagi Anda yang belum pernah coba membuat risoles ini. Dalam pengolahan risoles sendiri memang  cukup mudah dan juga sangat cepat. Penggunaan bahan –bahan yang dipakai dalam membuat risoles cukup mudah dicari di pasaran.

Produksi risoles yang lezat dan juga enak memang butuh pula cara membuat yang baik. Untuk membuat olahan risoles ini mka Anda dapat pula melihat resep risoles yangkami muat di bawah. Resep risoles sangat dibutuhkan supaya nantinya anda akan lebih mudah untuk melakukan proses produksi risoles tersebut.

Anda juga harus mengatahui analisa usaha risoles untuk lebih mengenal dan tahu berpaakah anggaran biaya yang diperlukan dalam menjalankan usaha tersebut. Analisa usaha risoles sangat penting dibutuhkan sebagai suatu gambaran bila mana anda nantinya menjalanakan peluang bisnis risoles.

Berapakah modal biaya yang diperlukan dan juga hasil keuntungan yang didapatkan lewat usaha risoles tersebut. Dengan mengetahui analisa usaha risoles ini maka usaha yang hendak akan jalankan akan dapat berjalan secara maksimal. Lantas bagaimana dengan analisa usaha risoles tersebut? Langsung saja silahkan Anda membaca analisa usaharisoles yang kami muat dalam analisa usaha risoles yang ada di bawah ini

  • Analisa Usaha Risoles

Asumsi

  • Masa penggunaan etalase/gerobak selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan wajan penggoreng selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan cobekan selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan mesin mixer selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan pisau selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan meja selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan kursi selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan kompor dan gas  waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan nampan dan serbet selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan piring selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan sendok selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan gelasselama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan garbu selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan wadah selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Investasi

Peralatan

Harga

etalase/gerobak Rp.      2,163,000
wajan penggoreng Rp.          231,500
cobekan Rp.           97,500
mesin mixer Rp.      1,879,000
pisau Rp.           69,000
meja Rp.      1,472,000
kursi Rp.         881,500
kompor dan gas Rp.         319,000
nampan dan serbet Rp.           62,500
piring Rp.           97,000
sendok Rp.           69,500
gelas Rp.           59,000
garbu Rp.           64,500
wadah Rp.          215,500
Peralatan tambahan yang lainnya Rp.            37,500
Jumlah Investasi Rp.   7,718,000

 

Biaya Operasional per Bulan

Biaya Tetap Nilai
Penyusutan etalase/gerobak 1/62 x Rp.2.163.000 Rp.           35,000
Penyusutan wajan penggoreng 1/62 x Rp. 231.500 Rp.             4,000
Penyusutan cobekan 1/44 x Rp. 97.500 Rp.             2,000
Penyusutan mesin mixer 1/62 x Rp. 1.879.000 Rp.          30,000
Penyusutan pisau 1/44x Rp. 69.000 Rp.              1,500
Penyusutan meja 1/62 x Rp. 1.472.000 Rp.           24,000
Penyusutan kursi 1/62 x Rp. 1.472.000 Rp.           14,000
Penyusutan kompor dan gas 1/62 x Rp.319.000 Rp.             5,000
Penyusutan nampan dan serbet 1/62 x Rp. 62.500 Rp.             1,000
Penyusutan piring 1/44 x Rp. 97.000 Rp.             2,000
Penyusutan sendok 1/44 x Rp. 69.500 Rp.              1,500
Penyusutan gelas 1/44 x Rp. 59.000 Rp.             1,000
Penyusutan garbu 1/44 x Rp. 64.500 Rp.             1,000
Penyusutan wadah 1/44 x Rp. 215.500 Rp.             5,000
Penyusutan peralatan tambahan 1/44 x Rp. 37.500 Rp.             1,000
gaji karyawan Rp.        650,000
Total Biaya Tetap Rp.      778,000

 

Biaya Variabel

daging ayam Rp.    76,000 x 30 = Rp.     2,280,000
bawang merah Rp.    21,000 x 30 = Rp.        630,000
bawang putih Rp.    14,000 x 30 = Rp.        420,000
kentang Rp.    20,000 x 30 = Rp.        600,000
wortel Rp.    60,000 x 30 = Rp.     1,800,000
telur Rp.    22,000 x 30 = Rp.        660,000
susu cair Rp.      9,000 x 30 = Rp.        270,000
tepung terigu Rp.    28,500 x 30 = Rp.        855,000
garam Rp.      2,000 x 30 = Rp.          60,000
gula pasir Rp.      6,000 x 30 = Rp.        180,000
merica bubuk Rp.       5,500 x 30 = Rp.        165,000
margarin Rp.      8,000 x 30 = Rp.        240,000
minyak goreng Rp.    35,000 x 30 = Rp.     1,050,000
tepung panir Rp.    31,000 x 30 = Rp.        930,000
pembungkus Rp.     16,500 x 30 = Rp.        495,000
cabai Rp.    12,000 x 30 = Rp.        360,000
saus Rp.    10,000 x 30 = Rp.        300,000
gas lpg Rp.     17,500 x 30 = Rp.        525,000
sewa tempat Rp.     15,000 x 30 = Rp.        450,000
air dan listrik Rp.     13,500 x 30 = Rp.        405,000
Total Biaya Variabel Rp.  12,675,000

 

Total Biaya Operasional

Biaya tetap + biaya variabel = Rp.  13,453,000

 

Pendapatan per Bulan

   175 buah x Rp.   3,000 = Rp.      525,000
Rp.    525,000 x    30 hr = Rp.  15,750,000

 

Keuntungan per Bulan

Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.    15,750,000  13,453,000 = Rp.  2,297,000

 

Lama Balik Modal

Total Investasi / Keuntungan = Rp.   7,718,000 :  2,297,000 =            3 bln

Demikian artikel cara membuat risoles yang bisa anda coba dirumah. Jika anda bosan memakan resoles, anda juga bisa mencari resep cara membuat getuk .Semoga bisa menambah wawasan anda.Selamat mencoba!