Sekarang ini banyak yang tidak mengetahui  cara mengkonsumsi virgin coconut oil/VCO. Virgin coconut oil sendiri sangat banyak kegunaannya untuk kesehatan dan kecantikan. Kali ini saya akan membahas kegunaan virgin coconut oil untuk kesehatan dan kecantikan

Virgin Coconut Oil

virgin coconut oil

Virgin coconut oil adalah minyak alami yang terbuat dari kelapa yang diekstrak, Bisa di sebut juga minyak kelapa. Minyak alami ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga sebagai produk kecantikan. Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini banyak digemari.

Tidak tanggung-tangung, minyak alami ini pun mempunyai manfaat yang bisa kamu rasakan mulai dari ujung kaki hingga kepala. Oleh karena itu ada banyak cara menggunakan virgin coconut oil yang bisa kamu coba.

Kandungan virgin coconut oil kaya akan omega 3 yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah resiko penyakin jantung dan hati, serta meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, virgin coconut oil juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan lauric acid di dalamnya baik untuk melembapkan kulit dan memperkuat batang rambut.

Meski memiliki begitu banyak manfaat, tetapi masih sedikit orang yang tahu cara memanfaatkan minyak alami ini dengan optimal. Kebanyakan orang hanya menggunakan virgin coconut oil sebagai pengganti minyak goreng saat memasak.

Kamu ingin memanfaatkan virgin coconut oil tapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak ini 15 cara menggunakan virgin coconut oil untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kamu coba.

Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

1. Tambahkan Virgin Coconut Oil Untuk Memaksimalkan Program Diet

Bagi kamu yang sedang melakukan program diet untuk mengurangi berat badan, kamu bisa memanfaatkan virgin coconut oil untuk memaksimalkan program diet kamu. Minyak kelap  a ini memiliki kandungan asam lemak yang cepat diserap dan dapat meningkatkan jumlah pembakaran kalori di dalam tubuh.

Cara menggunakan virgin coconut oil untuk diet adalah dengan mencampurkannya pada makanan atau minuman. Kamu bisa menambahkan 1 sdm virgin coconut oil pada satu porsi salad atau smoothie.

VCO tidak sama dengan minyak kelapa biasa karena bahan mentah maupun proses ekstraksinya tidak menggunakan panas sama sekali. Perbedaan proses pembuatan ini membuat kandungan nutrisi dalam VCO juga tidak sama dengan minyak kelapa biasa.

Kandungan nutrisi inilah yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Lantas, apa ya yang membuat VCO jadi ampuh untuk menurunkan berat badan?

1. VCO Membakar Energi Lebih Banyak

Tubuh membutuhkan energi yang tinggi untuk kandungan asam lemak rantai sedang yang terkandung dalam VCO. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 1996.
Menurut penelitian ini, konsumsi 1-2 sendok makan asam lemak rantai sedang per hari akan meningkatkan pemakaian energi sebesar 120 kalori per hari. Jadi, jika kamu mengkonsumsi VCO, tubuh akan membakar energi lebih banyak dan berat badanmu menjadi turun.

2. VCO Bantu Mengurangi Nafsu Makan

Konsumsi VCO membantu mengurangi asupan kalori sebanyak 256 kalori per hari. Manfaat ini didapat dari kandungan asam lemak rantai sedang dalam VCO membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori harian.

3. VCO Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan asam lemak rantai sedang dalam VCO akan digunakan sebagai energi oleh tubuh dan cenderung tidak disimpan sebagai lemak. Hal ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara Terbaik Mengkonsumsi VCO

Lemonizen bisa meminum VCO secara langsung tiap hari sekitar 2 sendok makan atau 30 ml VCO per hari. Jumlah ini dirasa cukup sehingga kamu masih memiliki ruang untuk mengkonsumsi lemak sehat dari bahan makanan lain seperti kacang-kacangan dan alpukat.

Bila kamu belum pernah mengkonsumsi VCO sebelumnya, sebaiknya konsumsi VCO ditingkatkan secara bertahap, mulai dari 1 sendok teh per hari hingga menjadi 2 sendok makan per hari dalam waktu satu hingga dua minggu.

2. Gunakan Sebagai Cleansing Oil Untuk Menghapus Makeup

Penggunaan makeup yang berlebihan dapat berpengaruh pada kesehatan kulit, oleh karena itu sebaiknya bersihkan makeup dengan maksimal setelah beraktifitas.

Masalahnya, terkadang pembersih wajah yang digunakan justru membuat kulit kering dan terasa tertarik. Jika kamu sering mengalami hal tersebut, sebaiknya coba ganti pembersih makeup kamu dengan virgin coconut oil.

Cara mengunakannya cukup mudah, tuangkan minyak di telapak tangan kemudian oleskan perlahan ke bagian wajah yang ingin dibersihkan, terutama area mata. Virgin coconut oil juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan makeup waterproof.

Setelah itu usap-usap secara perlahan hingga sisa makeup luntur seluruhnya. Lalu, bersihkan sisa makeup menggunakan handuk yang telah direndam air hangat.

Tekstur minyak kelapa yang pas, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer membuatnya kerap digunakan sebagai makeup remover dan pembersih wajah. Selain ampuh dalam menghapus makeup waterproof, minyak kelapa juga sangat mudah ditemukan dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Tak hanya efektif mengangkat dan membersihkan makeup dengan cepat, minyak kelapa juga dapat bekerja menjaga kulit wajah agar tetap lembap.

Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak kelapa ke telapak tangan, kemudian mengaplikasikannya pada wajah. Untuk bisa memudahkan dalam mengangkat makeup, Anda bisa melakukan pijatan lembut.

Sedangkan bagi pemilik jenis kulit normal dan kering, Anda juga tetap harus melakukan patch test sebelum menggunakan minyak kelapa.

Hal ini diperlukan mengingat beberapa kandungan bahan kimia yang terdapat dalam minyak kelapa saat proses pembuatannya bisa berpotensi membuat kulit break out.

Virgin coconut oil memang salah satu bahan alami yang menawarkan beragam manfaat untuk kecantikan, namun Anda tetap harus menggunakannya dengan bijak untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalkan efek samping yang ditimbulkan.

3. Pakai Dalam Rangkaian Skincare Agar Kulit Lebih Lembab

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, virgin coconut oil juga dapat kamu gunakan untuk melembapkan kulit. Kandungan lauric aciddi dalamnya bersifat emollient, yaitu membantu mengisi kelembapan di antara sel kulit.

Kamu bisa menggunakan virgin coconut oil pada step terakhir di rangkaian skincare. Jika digunakan secara rutin, minyak alami ini dapat membuat kulit lebih lembap, terasa lembut, dan kenyal.

Beberapa studi menunjukkan bahwa VCO memiliki peran meningkatkan hidrasi kulit dan sama efektifnya dengan mineral oil lainnya. VCO juga telah terbukti membantu mengobati eksim, suatu kondisi kulit yang ditandai dengan ruam bersisik dan gatal.

Menerapkan  secara topikal dapat meningkatkan fungsi penghalang kulit dan menawarkan perlindungan UV.

4. Manfaatkan Sebagai Serum Untuk Mengatasi Rambut Rusak Dan Beruban

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan rambut kering dan rusak, kamu juga bisa memanfaatkan virgin coconut oil sebagai pengganti serum perawatan rambut.

Tuangkan dua sampai tiga tetes minyak kelapa ini di permukaan tangan. Lalu, oleskan pada batang rambut dan diamkan semalaman.

Ketika bangun pagi, bilas rambut dan keramas seperti biasa. Kadungan pelembap alami pada virgin coconut oil dapat membantu rambut lebih terhidrasi dan terjaga kilaunya.

VCO juga memiliki manfaat dan khasiat salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah rambut beruban. Cara menggunakannya yaitu usapakan VCO di tangan, kemudian usapkan di kulit kepala dan rambut secara merata, lalu pijat secara perlahan.

Setelah itu, diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air bersih lalu gunakan shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala anda. Jika anda menggunakannya secara rutin dan teratur maka perlahan-lahan uban akan menghilang dengan sendirinya.

5. Ganti Minyak Goreng Dengan Virgin Coconut Oil Untuk Masak Deep Fried

Virgin coconut oil terdiri dari lemak jenuh yang sangat tinggi. Kandungan tersebut menjadikannya salah satu lemak terbaik untuk memasak dengan suhu tinggi, termasuk menggoreng.

Lemak jenuh dapat mempertahankan strukturnya ketika dipanaskan pada suhu tinggi, tidak seperti asam lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam minyak nabati.

Minyak yang terbuat dari jagung atau safflower dikonversi menjadi senyawa beracun ketika dipanaskan dan berpotensi memiliki efek berbahaya untuk kesehatan.

Oleh karena itu, virgin coconut oil adalah alternatif yang lebih aman untuk memasak pada suhu tinggi, termasuk deep fried.

6. Oleskan Pada Kulit Untuk Mengatasi Iritasi Dan Eczema

Iritasi dan eczema adalah masalah kulit yang meresahkan. Untuk menanganinya pun tidak boleh sembarangan agar tidak memperparah kondisi kulit.

Cara menggunakan virgin coconut oiluntuk mengatasi iritasi dan eczema pada kulit yaitu dengan mengoleskan minyak alami tersebut pada area yang bermasalah. Oleskan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari agar hasilnya lebih optimal.

7. Gunakan Untuk Menggantikan Massage Oil

Tekstur virgin coconut oil yang lembut dan tidak lengket membuat minyak alami ini sangat sempurnya untuk dijadikan sebagai massage oil.

Tuangkan virgin coconut oil secukupnya pada telapak tangan, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang bermasalah dan pinjat dengan lembut agar kulit tidak iritasi.

8. Dijadikan Deodoran Natural Dan Tahan Lama

Coconut oil yang nanti akan luruh jika bertemu dengan suhu tubuh dijadikan salah satu alasan kenapa ini adalah bahan yang pas untuk membuat deodoran.

Terbuat dari baking soda dan tepung jagung juga pastinya coconut oil, menghasilkan wangi alami kelapa dan menjaga ketiak tetap kering dan harum. Selain itu wanginya tahan lama bahkan jika digunakan untuk beraktifitas berat.

9. Bahan Utama Membuat Pasta Gigi Sendiri

Jangan salah, coconut oil merupakan salah satu bahan alami anti-mikrobial yang membunuh bakteri dan jamur juga menghentikan pertumbuhannya.

Jadi wajar jika coconut oil digunakan untuk membuat pasta gigi sendiri. Tambahan pasta xilitol, essential oil seperti peppermint juga baking soda. Lebih alami dan membunuh bakteri di mulut lebih mudah.

10. Membantu Mengatasi Jerawat

Walaupun VCO kaya akan kandungan pelembab dari minyak esensialnya, namun, salah satu manfaat vco untuk kecantikan yang dikenal adalah membantu mengatasi masalah jerawat.

Apalagi saat ini jerawat bukan hanya masalah bagi remaja yang puber, tetapi juga serung menghantui orang dewasa. Karena, selain faktor hormon, penyebab jerawat bisa disebabkan karena bakteri yang menempel pada kulit.

Inilah mengapa kandungan asam laurat yang bersifat antibakteri di VCO ini bisa membantu mengatasi jerawat. Jika rutin menggunakan VCO tidak hanya mengatasi jerawat akan tetapi mencegah timbulnya jerawat batu.

Cara menggunakannya pakailah VCO pada saat malam hari sebelum tidur dengan mengusapkannya sedikit demi sedikit ke biang jerawat. Tetapi anda jangan khawatir, tekstur VCO yang ringan dan mudah diserap tak akan menimbulkan jerawat baru.

11. Membantu Melenyapkan Mata Panda

Apakah anda bosan dengan kantung mata hitam yang membuat anda terlihat seperti panda? jangan khawatir, karena VCO mampu membantu melenyapkan mata panda yang membuat penampilan wajah anda terlihat kurang segar dan lesu.

Sangat disarankan untuk menghilangkan mata panda menggunakan VCO dalam bentuk cold press. Jika menggunakan VCO cair yang dibuat dengan dimasak terlebih dahulu butuh kurang lebih satu bulan untuk menghilangkan mata panda.

Namun, jika anda menggunakan VCO dalam bentuk cold press anda bisa mendapatkan wajah yang bebas dari mata panda hanya dalam waktu satu minggu. Caranya hanya cukup oleskan VCO dibawah mata secara rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal.

12. Membantu Menebalkan Bulu Mata Dan Alis

Saat ini banyak kaum wanita yang mendambakan memiliki bulu mata dan alis yang tebal. Bahkan, sebagian dari mereka sampai melakukan prosedur kecantikan untuk memiliki bulu mata dan alis yang tebal dan tentunya memerlukan biaya yang mahal.

Tetapi, anda bisa menghemat biaya dengan mencoba menggunakan VCO. Cara menggunakannya cobalah dengan mengoleskan VCO ke alis dan bulu mata sebelum tidur secara rutin dan teratur hingga anda bisa menemui perbedaannya.

Tentu hasil yang didapat tak terlihat secara instan, namun anda juga tak perlu menanggung resiko prosedur kecantikan.

13. Membantu Meringankan Gejala Hypothyroidism

Erat kaitannya dengan manfaat minyak VCO ( Virgin Coconut Oil ), disebutkan juga bahwa minyak VCO ini sangat ampuh dalam meringankan gejala hypothyroidism. Atau dalam permasalahan ini sering dikenal dengan sebutan pembesaran kelenjar thyroid.

Tetapi, bagi anda yang ingin mencoba cara ini saat kelenjar thyroid anda mengalami pembengkakan, maka sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi anda.

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari dampak negatif yang atas pemberhentian obat-obatan yang diberikan dan beralih ke manfaat minyak VCO.

14. Membantu Mengatasi Masalah Ketombe

Jika anda memiliki masalah ketombe, cobalah untuk menggunakan VCO sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah ketombe. Selain itu, VCO memiliki kadar asam laurat yang cukup tinggi dan mudah diserap kulit kepala.

Kandungan asam laurat inilah yang sangat berkhasiat untuk membersihkan rambut hingga akar dan juga membasmi ketombe yang membandel di kulit kepala anda.

Sebenarnya, ketombe tidak mudah dihilangkan dengan shampoo apalagi jika munculnya akibat kesalahan pemakaian produk untuk rambut. Karena itulah, dengan mencoba menggunakan bahan alami seperti VCO maka akan jauh lebih aman.

15. Mengatasi Rambut Bercabang Dan Membantu Kesuburan Rambut

Masalah rambut bercabang merupakan masalah yang sering terjadi bagi anda yang sering melakukan perawatan di salon atau menata rambut.

Memiliki hobi meluruskan rambut ataupun mengeriting menggunakan catok, mengganti warna rambut sampai blow dry bisa membuat rambut anda bercabang dan mudah patah.

Untuk mengatasi masalah ini cobalah gunakan VCO di kepala dan ujung rambut untuk mengatasi masalah rambut bercabang.

Bagi anda yang memiliki rambut yang tipis dan jarang, maka cobalah untuk menggunakan virgin coconut oil secara rutin, dikarenakan VCO memiliki khasiat untuk membantu menebalkan rambut.

Selain kulit kepala akan dirangsang pertumbuhannya, kekuatan akar rambut juga akan terjaga. Rambut yang tebal, sehat dan berkilau bisa dicapai dengan rutin menggunakan virgin coconut oil.

Nah, itulah cara-cara menggunakan virgin coconut oil. Banyak kegunaanya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Dari kegunaan-kegunaan di atas bisa di coba di rumah, caranya sangatlah mudah.

WhatsApp Chat Whatsapp!