Jajanan Rambut Nenek Simpel,Lucu Dan Manis

Jajanan Rambut Nenek

Buat Kalian yang doyan jajanan jaman sekolah. Terlebih jika kamu termasuk kids jaman old yang lahir tahun 1990an,kalian pasti sudah tak asing lagi dengan jajanan yang satu ini dan Kalian rindu nggak dengan jajanan legendaris ini,jajanan ini bernama rambut nenek jajanan ini pernah popular pada tahunnya ,yaitu pada tahun 1990-an jajanan ini sekarang jarang ditemukan tapi tenang saja mudah kok cara membuat jajanan rambut nenek ini.

Asal-Usul Rambut Nenek

Rambut nenek merupakan jajanan yang populer ditahun 1990-an.selain dikenal sebagai rambut nenek,jajanan ini disebut juga dengan arum manis.namun, nama sebenarnya adalah arbanat.nah,karena awalnya berwarna putih seperti uban,maka dinamanalah rambut nenek.

Arum manis pertama kali memperkenalkan pada tahun 1904 oleh William Morrison dan temannya yang bernama John C. Wharton di St. Louis World’f Fair dengan nama “Fairy Floss” atau yang dalam bahasa Indonesia disebut “Benang Peri”. Pembuatan rambut nenek ini adalah dengan memasukkan gula pasir dan pewarna makanan ke dalam  sembuah mesin .

Selain itu, menjual rambut nenek selalu menjajakan jajanannya sambil bermain alat musik berupa rebab (semacam alat gesek seperti biola). Namun sekarang, penjual rambut nenek sudah tidak melakukan cara itu lagi. Seiring dengan tuanya zaman, pedagang rambut nenek makin jarang ekali ditemukan.

Tak hanya negara di Indonesia, rambut nenek juga ada di beberapa negara, salah satunya Perancis. ya negara Perancis,jajanan legendaris ini  disebut dengan nama Barbe a Papa. Artinya, jenggot ayah. Namun, jika melihat-lihat lagi, bentuknya lebih mirip dengan permen kapas.

Beberapa orang ada yang sebutkan,bahwa  rambut nenek berasal dari Kota Malang. tapi, ada juga yang menyebutkan bahwa jajanan legendaria ini berasal dari Desa Kesambi, Kabupaten Lamongan. ini bukan suatu masalah besar, sebab, kedua daerah tersebut merupakan daerah yang berada didaerah Provinsi Jawa Timur.

Rambut Nenek

Jajanan Rambut Nenek

Jajanan legendaris ini sampai saat ini masih menjadi favorit banyak orang sampai kalangan orang tua, Bahkan sekarang kemasan dan varian rambut nenek atau arbanat semakin kekinian. walaupun, bahan utama pembuatannya tetaplah sama, yaitu gula dan tepung. kalian juga bisa bikin sendiri ini di rumah dengan cara yang mudah, kok. Dengan begitu, kalian gak perlu khawatir lagi soal pemanis buatan atau pewarnanyakan?

Makanan ini hampir mirip dengan gulali. Bedanya, ada di proses pembuatannya. Jika gulali ini diputar memakai suatu wadah loyang yang bulat yang berputar dengan kecepatan sanggat tinggi, rambut nenek ini membuatnya dengan cara tradisional yang membutuhkan waktu sangatlah lama dari pembuatan gulali. makanan asal Jawa Timur ini dibuat dengan menggunakan  alat kayu yang berkawat di salah satu sisinya.

Menurut mereka, makanan seperti ini masih sanggat diminati oleh orang-orang yang pernah menikmati zaman dulu, rambut nenek sebagai jajan favorit di masa kecilnya. maka dari itu, mereka tak pernah berjualan di depan sekolah.melainkan berjualan didepan perkantoran, biasanya di Jalan Sabang Jakarta. Kalau di sekolah-sekolah, jarang lakunya kata mereka penjual.

Jajanan yang berwarna putih itu dijual dengan harga sangat murah meriah. kalian sudah bisa mencicipnya hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp3.000 dari kantong kalian. Sangat murah bukan? Apalagi di tengah kenaikan harga berbagai bahan pokok saat ini. Makanan ini juga sering disebut dengan nama gulali arum manis karena memang rasanya yang sangat lah manis.

Peluang Usaha Rambut Nenek

Pada saat ini, para penjual rambut nenek tradisional mulai sulit ditemui didaerah kota-kota gede misalnya Jakarta. Tak jarang, generasi muda saat ini tak mengenal jajanan tradisional kreasi orang asli Indonesia ini. Padahal ini merupakan salah satu kekayaan budaya dinegeri berbendera merah putih ini.

rambut nenek dibuatnya dengan alat yang sangat sederhana, berbeda jauh dengan arum manis modern yang dibuat menggunakan mesin Arum manis rambut nenek ini membuatnya dengan bahan yang berupa tepung terigu, gula, dan telur. Bahan-bahan itu dimasak lalu dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai rambut nenek. arum manis akan berbentuk kristal gula. Kristal gula tersebut juga akan mencair dan akan mengeluarkan rasa manis ketika dimakan didalam mulut kita.

Arum manis masih menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat jajanan legendaris street food karena keunikan jajanan tersebut. Jajanan ini pada awalnya ditemukan dinegara Italia, namun rambut nenek ini merupakan salah satu jenis jajanan rambut nenek khas Indonesia, tepatnya didaerah Provinsi Jawa Timur. Jajanan legendaris ini masih bertahan dengan romantismenya, walaupun popularitasnya kian menurun.

Konsumsi snack atau jajanan kini tengah menjadi kebutuhan masyarakat di Indonesia. Terutama pelajar dan pekerja yang membutuhkan asupan ditengah jeda kerjanya. Hasil survey yang diadakan oleh Mondelez menemukan bahwa biskuit industri menempati posisi paling tinggi jajanan favorit masyarakat dinegara Indonesia. Nilai bisnis konsumsi jajanan masyarakat dinegara Indonesia mencapai 243 Trilliun Rupiah.

Salah satu jajanan khas yang kerap hadir saat Lebaran yakni arbanat atau arumanis. Desa Kesambi di Kecamatan Pucuk dikenal sebagai desa arumanis karena mayoritas warganya pembuat jajanan tersebut.Selain itu, arumanis juga kerap disebut rambut nenek karena bentuknya yang menyerupai rambut. Warga di desa tersebut membuat jajanan itu secara turun temurun,dari nenek nenek moyangnya.
Jajanan Rambut Nenek

Macam-Macam Gulali

1.Gulali Gula Jawa

Jenis jajanan yang satu ini adalah gulali yang tertua menurut  cara pembuatannya yang masih sangat tradisional di antara gulali yang lainnya.gulali jenis ini adalah cikal bakal dari munculnya berbagai macam-macam gulali yang ada saat ini. Gulali ini memiliki warna cokelat karena dibuat menggunakan bahan dasar gula jawa atau gula merah.

Ciri lain dari gulali ini yaitu teksturnya yang sangatlah keras dan lengket banget. Dengan cara ditusuk menggunakan tusukan kayu atau bambu yang kecil-kecil, gulali ini bisa disebut dengan permen lollipop tradisional. Selain gulali polos,jarang orang mencampurkann kacang tanah ke dalam gulali gula jawa tersebut sebagai penambah rasa. Rasa manis dari gula jawa akan diimbangi dengan gurihnya kacang tanah goreng.

2.Gulali Gula Pasir

Meskipun cara membuatnya sama dengan gulali gula jawa, gulali gula pasir memiliki tampilan yang sangatlah berbeda. Gulali gula pasir memiliki banyak warna yang berasal dari bahan pewarna makanan. Karena bahan baku gula pasir berwarna putih, penambahan warna diperlukan agar gulali tampak lebih menarik.dan pemicu para pembeli

Selain berwarna-warni, gulali ini juga biasanya dijual dalam bermacam-macam bentuk yang unik-unik, mulai dari bunga hingga aneka bentuk binatang seperti ayam, burung, kupu-kupu, sehingga para pembeli semakin tertarik untuk membelinya. Gulali bisa dibentuk dengan cara manual dengan tangan maupun menggunakan cetakan khusus. Sama persis seperti gulali gula jawa, gulali gula pasir juga disajikan dengan cara ditusuk.

3. Gulali Permen Kapas (Cotton Candy)

Jenis gulali yang terakhir ini memiliki tekstur yang sangatlah lembut,  kita menyebutnya dengan nama permen kapas (cotton candy). Permen kapas dibuat dengan menggunakan mesin modern. Putaran mesin yang sangat cepat akan menghasilkan serat-serat gula halus yang jika dikumpulkan membentuk seperti kapas.

Karena terbuat dari gula murni,jadi rambut nenek akan meleleh di mulut dan meninggalkan rasa lengket dimulut. Jika terkena udara secara langsung, serat-seratnya akan berubah menjadi keras dan kasar karena bersifat higroskopis. maka dari itu permen kapas biasanya dijual dengan cara dikemas di dalam plastik yang bening.

Baca juga Cara Membuat Gulali Kapas Sendiri Dirumah.

Trik Membuat Rambut Nenek

  1. Untuk membentuk rambut nenek ini, butuh tenaga yang cukup ekstra. Jadi sebaiknya bagi adonan gulali menjadi dua atau tiga agar lebih mudah.
  2. Kamu bisa tambahkan pewarna makanan saat memasak adonan gulali.
  3. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah cairan gula sudah siap untuk ditiriskan.
  4. Siapkan mangkuk kaca berisi air dingin (air es), lalu tuang satu sendok makan cairan gula. Biarkan beberapa detik sebelum diambil. kalau masih cair gak bisa dibentuk bola
  5. Kalau teksturnya sudah agak kaku, sudah bisa dibentuk bulat, tapi letoy dan garisnya turun saat ditarik horizontal
  6. Kalau teksturnya sudah mengeras, bisa dibentuk bulat, dan membentuk garis yang kokoh saat ditarik horizontal, artinya gulali sudah siap dibentuk.
  7. Jika kalian ngak mau ribet,sekarang sudah ada mesin penbuat arum manis rambut nenek.

Cara Membuat Jajanan Rambut Nenek

Jajanan Rambut Nenek

1.Cara Membuat Jajanan Rambut Nenek Kering

Bahan-Bahan A:

  • 250 gr Tepung ketan
  • 2 sdm susu bubuk

Bahan-Bahan B:

  • 250 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • 1/4 sdt Citrun atau ½ sdt perasan jeruk nipis atau ¼ sdt cuka

Cara Membuat Jajanan Rambut Nenek Kering:

  1. Sangrai bahan A sampai harum, matikan kompor. Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai tersebut ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan dengan merata dan diamkan hingga panasnya menghilang. Sambil menunggu adonannya dingin, sekarang kita membuat adonan gulalinya.

  2. Campurkan semua bahan B Setelah itu masak menggunakan api sedang sambil kalian diaduk sampai mendidih. Terus dimasak sampai berbusa dan agak kental kira-kira 8-10 menit. Tapi untuk sesi ini setelah mendidih, cukup aduk sesekali ya. Jadi kalau sudah mendidih jangan sering-sering diaduk agar gula tidak mengkristal.

  3.  Untuk mengetahui apakah gulanya sudah cukup kental atau belum caranya ketika sudah mendidih dan berbusa. Matikan kompor, terus kaian diaduk-aduk jika busanya cepat hilang berarti adonan masih sangat cair jadi silahkan dimasak lagi. Tapi jika kompornya sudah mati, terus diaduk-aduk busanya lama menghilang berarti adonan sudah pas tingkat kekentalannya. Jadi bisa dikatakan sudah jadi Gulali.

  4. Aduk hingga busa hilang dan menjadi bening. Angkat wajan tersebut lalu tuang adonan gulali panas ke wajan lain yang sudah ditempatkan diatas bak berisi air. Diamkan gulali hingga kental dan sangatlah mengeras.

  5. Setelah mengental dan mengeras ambil adonan secukupnya lalu bentuk seperti karet gelang. Lalu gulingkan ke atas tepung susu yang sudah disangrai tadi sambil terus lipat ulang dan dipilin ulang lalu ditarik. Jadi begitu caranya  terus kalian lakukan hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek.
  6.  Penggunaaan susu bubuk itu opsional dan cukup sedikit saja.penggunaan tepungnya tetep harus lebih banyak, karena jika kebanyakan menggunakan susu bubuk maka sebentar saja Gulali Rambut Neneknya jadi lengket dan menyatu lagi susah untuk dipisah-pisahkan. maka dari itu, kalau mau lebih awet lagi dan kesat teksturnya kalian bisa lewatkan saja penggunaan susu bubuknya.
  7. Penggunaan citric acid harus sesuai takaran ya, karena jika kebanyakan menggunkannya ya hasilnya gulali jadi susah mengeras. Tapi jika dilewatkan juga Gulalinya jadi cepat mengeras. Karena itu pastikan sesuai takaran

2.Cara Membuat Jajanan Rambut Nenek Basah

Bahan-Bahan:

  • 125 Gram Gula Pasir
  • 150 Gram Tepung Ketan Putih
  • 100 Ml Air
  • 1/4 Sdt Perasan Air Jeruk Nipis
  • Secukupnya Pewarna Makanan

Cara Membuat Jajanan Rambut Nenek Basah:

  1. Sangrai Tepung Ketan Putih Hingga Ringan.Angkat Dan Dinginkan.Sisihkan
  2. Siapkan Alas Rata anti lengket,Jika tidak ada bisa menggunakan alas apapun kemudian olesi sedikit minyak.Sisihkan
  3. Masak Gula,Air,Perasan Jeruk Nipis,dan pewarna secukupnya.Masak hingga mendidih dan berbuih dengan api kecil.
  4. Cek Gulali dengan menyiapkan air dingin.Kemudian Tuang Sedikit Gulali ke dalam air dingin.Jika Gulali dipegang masih cair itu tandanya gulali belum siap dibentuk,teruskan memasak.
  5. Ulangi lagi,jika gulali dipegang mulai padat tapi ketika ditarik masih jatuh,itu juga tandanya masih belum siap.Terus Memasak
  6. Saat pengecekan ke 3,gulali diangkat dari air dingin mulai padat dan saat ditarik terbentuk garis lurus kokoh dan tidak jatuh,itu tandanya gulali siap dibentuk rambut nenek.
  7. Pindahkan gulali ke dalam alas/wadah yg telah diberi minyak.Biarkan uap panasnya menghilang,dan gulali menjadi hangat.Kalian Boleh Mengaduknya sesekali,tapi jangan terlalu sering,karena jika terlalu sering diaduk gulali akan mengkristal menjadi gula pasir kembali.
  8. Jika sudah mulai dingin dan padat,gulali bisa kita uleni dengan tangan(pastikan tangan bersih ya) atau bisa menggunakan sarung tangan plastik.Mulai Bentuk,beri lubang ditengah gulali lumuri tepung.Lebarkan,lipat menjadi dua,lebarkan kembali,lakukan hingga mendapatkan rambut nenek.
  9. Jika Sudah Jadi Bisa Langsung Dimakan atau bisa disimpan di tempat kedap udara.Karena rambut nenek Gulali basah ini tidak bisa tahan di udara luar.Jika terlalu lama diluar,gulali bisa mencair dan menempel kembali satu sama lain.

3.Cara Membuat Gualali Gual Merah

Bahan-bahan :

  • 500 gram gula mera yang sudah dihaluskan.
  • 125 ml air atau secukupnya.
  • Kacang tanah yang sudah ditumbuk kasar atau dipotongan kecil.
  • Tusuk sate.

Cara Membuat Gulali Gula Merah :

  1.  Masukan gula merah dan air ke dalam wajan atau pemanggang roti kemudian aduk-aduk sampai tercampur dengan rata. Nyalakan kompor dengan api sedang, kemudian letakan wajan tersebut di atasnya.
  2. Aduk terus menerus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu di aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan Anda angkat wajan tersebut dan diamkan hingga adonan terlihat mulai mengental.
  3. Jika adonan sudah mengental, silahkan celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya.
  4. Selamat menikmati gulali gula merah tradisonal ini. Jika Anda ingin menyimpan dalam jangka yang lama, Anda dapat membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik kemudian masukan ke dalam toples.

4.Cara Membuat Gulali Gula Pasir

Bahan-bahan :

  • 500 gram gula pasir
  • 125 ml air atau secukupnya
  • Pewarna makanan
  • Tusuk sate

Cara Membuat Gulali Gula Pasir :

  1. Anda masukan gula pasir, pewarna makanan, dan air ke wajan kemudian aduk hingga rata. Setelah itu, panaskan wajan tersebut di atas api sedang dengan terus mengaduk-aduknya.
  2. Aduk terus hingga mendidih dan airnya mulai berkurang. Setelah itu, angkat wajan kemuadian diamkan hingga adonannya mengental. Jika sudah mengental, ambil dengan tusuk sate lalu bentuk menjadi aneka macam binatang dan bentuk lainnya.
  3. Selain dibentuk manual dengan tangan, gulali ini juga bisa ditiup menjadi berbagai bentuk yang lebih besar. Tetapi Anda memerlukan sebuah cetakan khusus untuk membuat bentuk dari tiupan tersebut.

5.Cara Membuat Gulali Permen Kapas (Cotton Candy)

Bahan-bahan:

  • Siapkan  mesin untuk membuat Permen Kapas.
  • 1 centong kayu untuk mengaduk gulali.
  • 1 sendok makan.
  • Tusuk yang terbuat dari bambu atau cone stick (untuk menggulung  permen kapas atau arum manis).
  • Gula pasir putih sebagai bahan utamanya untuk membuat permen kapas atau arum manis sekitar 1 kg.
  • Asam citrum 1 sdm.
  • ¾ atau 100 ml air matang.
  • Pewarna makanan (sesuai dengan selera).

Cara Membuat Permen Kapas :

  1. Campur gula pasir dengan pewarna makanan yang sudah Anda sediakan sesuai dengan keinginan Anda, kemudian diaduk hingga benar-benar rata.
  2. Panaskan mesin pembuat permen kapas.
  3. Jika gula dan pewarna sudah tercampur dengan rata, lalu masukkan ke dalam mesin yang sudah dipanaskan dan tunggu beberapa menit agar serabut gula keluar dari mesin pembuat permen kapas atau arum manis tersebut.
  4. Gulung dengan gerakan memutar serabut gula menggunakan bilah bambu atau cone stick, sesuaikan dengan ukuran yang Anda inginkan.
  5. Tarik terus dengan cara yang sama agar gula berubah seperti helaian rambut sampai halus, kemudian menariknya harus dengan tenaga extra.
  6. Cara membuat permen kapas ini harus telaten jika tidak nanti akan menjadi kristal-kristal kecil yang kasar.
  7. Jika sudah terbentuk, bungkuslah permen kapas atau arum manis ke dalam plastik atau toples yang tertutup sangat rapat agar tidak terpapar udara secara langsung dan membuatnya akan mengeras atau mengecil.

Demikian artikel dari saya,Terima kasih atas waktu yang kalian berikan untuk membaca artikel yang saya yang Bertema Jajanan Rambut Nenek.jika ada kata-kata yang kurang tepat dimengerti atau pun salah-salah kata saya mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

 

 

 

 

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •