Keripik Gedebog Pisang Enak Yang Bikin Ketagihan

Keripik gedebog pisang

Hai hai hai gais panas banget ya hari ini? btw gimana kabar kalian? semoga dalam kondisi yang menyenangkan ya sama kaya mimin yang hari ini mau berbagi resep dan cara membuat keripik gedebog pisang enak dan tentunya selain bikin kalian ketagihan, juga menyimpan berbagai manfaat dan khasiat di dalamnya.

Kenapa kita juga harus memperhatikan manfaat dan khasiat? karena bakal calon cemilan yang akan kita konsumsi ini juga diharapkan membantu tubuh kita dalam menjaga kestabilannya agar senantiasa dalam keadaan yang prima.

Apa Itu Keripik Gedebog Pisang?

Batang Pisang

Gedebog pisang sendiri sebenarnya adalah bahasa atau kata lain dari batang pisang sendiri. Di luar negeri sana tepatnya di negara negara barat juga lebih mengenal nama batang pisang daripada gedebog pisang. Kata Gedebog pisang ini lebih sering digunakan dan dipakai di Indonesia tepatnya di pulau Jawa sendiri.

Bahkan tau kah kalian bahwa gedebog pisang ini lebih populer di negara negara barat sana daripada di Indonesia sendiri? Hal ini sendiri karena berbaga manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya, siapa yang menyangka batang pohon pisang ini memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang tersembunyi? Padahal di Indonesia batang atau geebog pisang ini sangat berlimpah namun sayangnya justru jarang sekali yang mengolah dan memanfaatkaannya.

Ini semua mungkin karena kurangnya pengetahuan tentang apa saja manfaat dan khasiat yang terdapat di dalam gedebog pisang ini. Nah pada artikel kali ini, mimin mau ngasih tau ke kalian apa saja manfaat dan khasiat yang terdapat dalam gedebog pisang ini, cekidott!!

Manfaat Yang Terdapat Dalam Keripik Gedebog Pisang

1. Mengobati batu ginjal dan ISK

Gedebog batang pohon pisang akan semakin efektif bila dicampur dengan kapulaga, yang digunakan untuk melemaskan kandung kemih dan mencegah batu ginjal.

Bisa juga dengan mengonsumsi jus yang terbuat dari batang pohon pisang dengan campuran jeruk nipis untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Metode ini juga membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh ISK.

2. Mengontrol kolesterol dan tekanan darah

Kandungan batang pohon pisang juga kaya vitamin B6 dan zat besi yang dapat meningkatkan jumlah hemglobin manusia.

Selain itu minuman ini juga diperkaya dengan potasium yang efektif mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi.

3. Menyembuhkan asam lambung

Bagi orang yang memiliki masalah perut atau asam lambung, batang pohon pisang bisa menjadi pilihan sebagai ramuan obat alami.

Karena sari batang pisang efektif membantu mengatur kadar asam dalam tubuh dan mengembalikan keseimbangan.

Penderita acid reflux tidak akan lagi merasakan perut gosong atau gosong hanya dengan meminum jus pohon pisang secara rutin.

4. Mengurangi demam nifas

Tak jarang seorang wanita akan mengalami demam saat melahirkan. Untuk menurunkan demam ini, kita bisa mengkonsumsi jantung pisang. Parut hati pisang lalu gunakan sebagai kompres.

Ini karena parutan hati pisang memiliki khasiat yang menenangkan.

5. Mengobati infeksi

Batang tanaman pisang sangat kaya akan potasium dan vitamin. Kandungan inilah yang membuat batang tanaman ini mampu mengobati infeksi.

Salah satu jenis infeksi yang dapat diobati melalui jus pohon pisang adalah infeksi saluran kemih atau ISK. (*)

6. Mengobati cacar air

Banyak yang percaya bahwa manusia pasti pernah terkena cacar air setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Nyatanya, ini belum tentu benar. Memang, orang yang pernah menderita cacar air kemungkinan tidak akan mengalaminya lagi.

Namun, bukan berarti orang yang belum pernah merasakan acar air akan mengalaminya.

Terjangkit cacar air atau tidak tergantung dari kekuatan daya tahan tubuh dan juga kebersihan tubuh.

Namun, jika benar demikian, tidak perlu khawatir karena cacar air atau yang biasa disebut cangkrang dapat dengan mudah diobati dengan menggunakan kumbang batang pisang.

Caranya, ambil air punuk pisang dan campur dengan batang pulosari dan adas. Didihkan campuran ini dan minum 2 kali sehari.

7. Menstabilkan gula darah

Batang tanaman pisang memiliki kandungan glikemik yang rendah. Artinya, jika dikonsumsi, batang tanaman ini bisa mencegah lonjakan gula darah.

8. Detoksifikasi sistem pencernaan

Gedebog pohon pisang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan ramuan alami ini sangat efektif dalam membersihkan sistem pencernaan penyebab penyakit.Karena jus pohon pisang membantu memperlancar buang air besar dan mengandung serat yang baik untuk usus manusia.

9. Penurunan berat badan

Gedebog atau batang pohon pisang yang mengandung serat juga memperlambat pelepasan gula dan lemak dalam sel-sel tubuh manusia.

Alhasil batang pohon pisang ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan kandungan kalorinya juga tidak akan membuat berat badan bertambah drastis.

10. Mengurangi asam lambung

Saat Anda bangun di pagi hari, asam lambung biasanya meningkat. Untuk menetralkan kembali lambung, usahakan untuk mengonsumsi olahan batang pisang setiap hari sebelum sarapan pagi.

11. Bakar Lemak Di Perut

Menambahkan sedikit jahe ke jus batang pisang dapat membantu membakar lemak perut yang membandel. Pasalnya, kombinasi bahan-bahannya membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Karena sarat serat, sari buah, bahkan secangkir rebusan batang pisang yang mengisi perut akan membuat kenyang dalam waktu yang lama.

12. Mengobati Diabetes

Karena kandungan batang pisang dapat mengatur kadar insulin yang terdapat di dalam tubuh, sangat bermanfaat untuk mengobati diabetes. Kandungan serat pada batang pisang juga bisa mencegah kadar gula darah naik.

 

Mantap banget ngga tuh manfaat dan khasiat yang mimin tulis di atas? Mimin berharap dengan kalian membaca dan mengetahui manfaat serta khasiat yang terkandung dalam gedebog pisang ini dapat menigkatkan rasa ingin mengonsumsi gedebog pisang. Gedebog pisang tadi bisa diolah dengan membuatnya menjadi jus dan keripiki, namun kali ini yang akan mimin bagi di bawah adalah cara membuat keripiknya yang tentunya sangat mudah sekali karena kalian bisa menggunakan mesin peniris minyak untuk meiriskan minyak yang terdapat dalam gedebog pisang tersebut agar kripik yang kalian buat nanti bisa krispi krunchy dan renyah tentunya.

Baiklah tanpa perlu basa basi lagi langsung aja kali ya mimin bagi ke kalian resep dan cara membuatnya. lesgooo!!

Resep Keripik Gedebog Pisang Enak:

Keripik Gedebog Pisang

Bahan – bahan :

  • 10 porsi / 800 gr
  • 10 sampai 12 batang batang pisang alias pisang gedebog [berat total sekitar 800 gram setelah diiris]
  • Bahan Perendaman
  • 6 Liter Air
  • 3 sdt Kapur Sirih
  • 3 sdm garam, kasar atau halus, secukupnya
  • Bahan Marination
  • 1 sdt kaldu ayam
  • 1/2 sdt garam100 gr Tepung Ayam Crispy instan
  • 400 ml air
  • 1 sdt merica
  • 1/2 sdt Soda kue
  • 1 sdt Bubuk Bumbu Ngo Hiang, opsional
  • Bahan Pelapis Serbuk
  • 150 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung tapioka
  • 100 gr Tepung Beras
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt bubuk kari, opsional
  • Topping dengan Rempah-rempah [Opsional]
  • Beragam bumbu halus dengan rasa sesuai selera, misalnya rasa balado, rasa jagung bakar, rasa keju, daging pangang dll.

Cara Membuat Keripik Gedebog Pisang :

  1. Di baskom besar siapkan sekitar 6 liter air, atau jika semua bagian batang pisang akan terendam seluruhnya. Tambahkan larutan kapur sirih air dan garam kemudian aduk hingga rata dan sisihkan.
  2. Pilih batang pisang yang terbaik yaitu di sini yang mimin pakai adalah batang buah Pisang Kepok. Jika menggunakan Pisang Kluthuk, Pisang Raja juga tidak masalah ini tergantung selera juga. Tteapi saran mimin sih sebaiknya hindari penggunaan batang pisang ambon. Kenapa begitu? karena nanti hasilnya rawan pahit. Ambil batang Pisang sekitar ½ bagian pohon ke bawah. Artinya, dari pangkal pisang ke atas cukup untuk setengah batang pohon pisang aja, dengan panjang batang sekitar 100 sampai 150 cm, lalu potong menjadi dua agar tidak terlalu panjang. Jadi 1 pohon pisang itu bisa dibuat 2 kali untuk mengulangi resep ini.
  3. Ambil pelepah batang pada lapisan ke-6 atau ke-7 dari luar, jadi hindari penggunaan bagian luar batang pisang yang sudah tua, karena hasilnya kurang baik untuk pembuatan keripik. Jadi sebaiknya gunakan bagian batang pisang muda yang tebal pada lapisan ke enam dan seterusnya
  4. Ambil selembar tangkai pelepah pisang, lemparkan pada kedua sisinya. Jadi ambil saja bagian tengahnya. Kemudian potong memanjang menjadi 2 atau 3 bagian, dengan lebar sekitar 3 sampai 4 cm. Kupas kulit luar batang pisang dengan cara menatanya dengan pisau tajam sampai terlihat lembaran inti pisang (bagian yang terlihat seperti serat kotak-kotak seperti tekstur Jaring talas)
  5. Jika bagian intinya terlalu tebal, kita juga dapat membaginya lagi menjadi 2 sampai 3 bagian, sehingga menjadi lembaran inti Pisang yang tipis. Kemudian dipotong memanjang sesuai selera kalian masing masing. Kurang lebih 3 dikali 5 cm, sesuai selera aja. Nantinya setelah dipotong sebaiknya segera dimasukkan ke dalam air rendaman yang telah kita buat tadi agar tidak basi dan rawan menghitam. Atur sisanya sampai habis. Kemudian rendam setidaknya selama kurang lebih 24 jam. Lebih lama boleh juga tapi maksimal 48 jam saja
  6. by the way, fungsi perendaman di air garam tadi untuk mengeluarkan racun yang terdapat pada Batang Pisang, sedangkan larutan sirih berguna agar getahnya bisa hilang sehingga terbebas dari rasa pahit dan asam. Selain itu juga agar teksturnya menjadi lebih kuat dengan rasa yang lebih gurih dan mantap sehingga saat digoreng nanti menjadi lebih renyah.
  7. Setelah direndam selama kurang lebih 24 jam, cuci bersih dengan air mengalir. Bilas hingga 3 hingga 4 kali. Cuci dengan lembut, jangan sampai teksturnya hancur. Cuci bersih hingga airnya jernih dan bebas kapur sirih. Lalu peras dan buang airnya, sisihkan.
  8. Setelah dicuci. Siapkan bumbu perendam dengan mencampurkan semua bahan bumbu, lalu aduk rata. Masukkan irisan batang pisang ke dalam larutan bumbu rendaman yang telah kita buat. Aduk perlahan. Diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap. Sambil menunggu, selanjutnya siapkan bahan pelapis untuk keripik. Campur semua bahan pelapis yang telah disiapkan sebelumnya. Aduk rata.Kemudian segera sisihkan.
  9. Setelah 30 menit direndam, pisahkan potongan batang pisang dari air yang telah direndam, dengan cara ditiriskan, dan peras searah agar tidak hancur. Peras hingga kasar agar tidak mudah menggumpal selama proses pelepasan. Setelah abrasif, kemudian segera tiriskan.
  10. Panaskan minyak goreng. Gulung batang pisang ke dalam lapisan tepung satu per satu agar tidak lengket. Aduk hingga seluruh batang pisang terlapisi tepung. Kemudian, goreng dengan minyak panas dengan api sedang besar di awal. Lakukan sisanya hingga wajan penuh. Setelah mengeras, alihkan ke api sedang-kecil sampai oli agak dingin. Setelah keripik hampir matang, panaskan kembali. Goreng dengan api besar pada menit terakhir selama 1 hingga 2 menit lalu angkat dan tiriskan
  11. Dengan teknik pengaturan api yang tepat, batang atau gedebog sendiri tidak mudah berminyak. Goreng sisanya sampai habis. Setelah digoreng, jika sudah agak dingin anda bisa memasukkannya ke dalam mesin spinner agar minyaknya turun dan hilang. Cara lain bisa dimasukkan ke dalam penggoreng udara digital dengan berdiri. Masukkan mesin water fryer dengan suhu 180 dercel, nyalakan selama kurang lebih 5 sampai 7 menit. Dengan begitu, keripik bisa benar-benar kering dan bebas minyak.
  12. Cara lain adalah dengan menggunakan oven, oven dengan suhu rendah, yaitu 130 dercel. Panggang selama sekitar 20 menit. Cara lain, agar lebih ekonomis dapat ditiriskan dengan membungkusnya dalam bungkus plastik besar yang dilapisi tisu atau lapisan kertas HVS, kemudian diikat erat dan disimpan minimal 24 jam. Dengan begitu minyak biasanya akan terserap di dalam kertas, sehingga hasil keripik bisa lebih kasar dan tidak mudah tengik.
  13. 1 Resep dengan bahan baku 800 gram atau bisa kita sama ratakan juga sekitar 800 gram. Kemas dalam plastik seberat 80 gr atau 100 gr, sesuai selera. Per 100 gr harga jual Rp. 10.000 hingga 15.000 tergantung pangsa pasar.
  14. Catatan penting: Untuk bumbu yang diasinkan, 1 butir telur dapat ditambahkan dengan mengurangi jumlah air menjadi 350 ml. Jika direndam menggunakan telur, pastikan saat akan dilapisi dengan tepung, peras terlebih dahulu hingga mengeras agar tidak mudah menggumpal. Selain itu, saat memotong potongan batang pisang sebaiknya dibuat agak tebal agar tidak mudah rapuh.
  15. Kalau suka, bisa juga kita tambahkan taburan bumbu secukupnya. Bisa panggang daging sapi, barbeque, balado dll. Cuma kalau pakai bumbu taburan ini, sebaiknya bikin Keripik Netral alias dibuat dengan sedikit bumbu garam. Jadi lebih baik jika Anda melewatkan penggunaan garam selama perendaman, begitu pula saat membuat tepung pelapis. Karena kalau kripiknya sudah asin, baru kita taburkan taburan ini, hasilnya keripiknya terlalu asin. #merekam
  16. Pemakaian kapur sirih sebenarnya tidak wajib, karena selama kita menggunakan jenis pisang yang jantungnya bisa dimakan, batang pisang juga aman untuk dikonsumsi. Jadi jika tidak ada kapur sirih, anda cukup merendam potongan batang pisang tersebut dalam air garam, minimal 2 atau 3 jam. Jadi tidak perlu menginap. Kemudian dicuci dan diolah seperti biasa. Namun yang pasti teksturnya LEBIH RINGAN dan tidak sama dengan keripik yang direndam dalam jeruk nipis.

Menarik bukan resep dan cara membuat keripik debog pisang yang mimin bagikan di atas? Kalian bisa segera mencobanya di rumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan juga. Selain itu bagi kalianyang ingin mencoba terjun ke dunia usaha kuliner bisa memulai dengan resep yang mimin kash di atas tadi.

Peluang Usaha Kerpik Gedebog Pisang

Kalian bisa mulai mencoba coba bervariasi dengan resep keripik debog tadi, contohnya bisa kalian berikan perisa dan rasa rasa yang menarik dan lebih menarin tentunya. Atau kalian bisa gunakan kemasan dan packing yang menarik mata konsumen kalian, tentunya juga dengan menggunakan branding yang baik dan benar juga agar dapat menggaet banyak konsumen dan dapat menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Jangan takut intinya sebelum mencoba gais, harus yakin kalo kalian bisa dan tentunya dicoba dulu hehehe. Selamat mencoba gaiss!!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •