Tentang Keripik Sayur

Apakah Anda termasuk orang yang tidak suka makan sayuran? Kalau iya, sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini, sudah ada olahan makanan yang lebih nikmat dan tetap bergizi yang dinamakan Keripik Sayur.

Di Indonesia sendiri, keberadaan dan keanekaragaman sayuran itu sangat melimpah. Tapi sayangnya, meskipun mempunyai kandungan gizi yang tinggi, banyak juga orang yang kurang atau tidak suka mengkonsumsi sayur-sayuran dengan alasan yang beragam.

Dan sebetulnya semua itu tergantung dari bagaimana kita mengolahnya. Salah satu alternatifnya itu dengan mengolahnya menjadi aneka keripik sayur.

Aneka keripik sayur ini merupakan makanan ringan yang banyak digemari oleh masyarakat kita. Ada beberapa jenis yang selalu laris dijual di pasaran, seperti keripik bayam, keripik wortel, keripik kentang, dan masih banyak lainnya.

Selain rasanya yang gurih dan renyah, aneka keripik sayur ini juga mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi, jadi aman untuk kita konsumsi sehari-hari. Keripik sayur ini juga jadi bisa lebih tahan lama dan awet sampai berminggu-minggu.

10 Aneka Keripik Sayur Yang Cocok Untuk Ide Bisnis Keripik Rumahan Anda

Kalau kita melihat pasar Indonesia, tentu ada banyak sekali peluang usaha makanan yang bisa dilakukan oleh calon pebisnis yang memang menyukai usaha kuliner. Apalagi masyarakat Indonesia terkenal konsumtif dibanding dengan negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan.

Indonesia juga terkenal dengan jenis makanannya yang beragam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan. Harganya pun beragam mulai dari yang murah, sampai yang mahal. Maka dari itu, olahan keripik sayur menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi Anda.

Selain keripik sayur, Anda pun juga bisa Cek 14 Macam Keripik Buah Unggulan ini, Untuk Ide Usaha Anda.

10 Aneka Keripik Sayur Yang Cocok Untuk Ide Bisnis Keripik Rumahan Anda

1.) Keripik Kentang

keripik kentang

Keripik yang satu ini masuk ke dalam urutan yang pertama, karena jenis umbi-umbian ini yang paling populer, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Citarasanya yang enak dan gurih ini membuat keripik kentang semakin banyak digemari di kalangan masyarakat. Selain itu, cara membuat keripik kentang pun juga tidak terlalu sulit.

Keripik kentang ini menjadi salah satu cemilan yang sangat cocok untuk dinikmati di segala suasana. Kalau dulu hanya memiliki rasa original saja, saat ini keripik kentang ada banyak jenis, varian, dan rasanya yang beredar di pasaran.

Para pengusaha keripik kentang berlomba-lomba untuk membuat dan menciptakan hasil olahan kentangnya sendiri. Tentunya Anda pun juga bisa membuat dan mengolah keripik kentang dengan resep dan ciri khas Anda sendiri, dengan begitu orang akan semakin tertarik untuk mencoba keripik kentang buatan Anda.


2.) Keripik Bayam

keripik bayam

Bayam adalah salah satu tumbuhan yang termasuk dalam golongan sayuran hijau. Bayam merupakan tumbuhan sehat yang dapat dikonsumsi dan memiliki daun yang lebar. Tumbuhan dapat dijadikan berbagai macam masakan yang sangat enak lezat salah satunya dibuat menjadi sayur bening.

Tapi siapa sangka, ternyata bayam yang dikenal memiliki banyak kandungan zat besinya ini juga bisa diolah menjadi keripik bayam, tentunya juga dengan rasa yang enak dan gurih. Anda pun bisa mencoba sendiri dirumah sebagai cemilan atau pendamping makanan yang menyehatkan.


3.) Keripik Wortel

keripik wortel

Mungkin banyak diantara Anda yang belum pernah mencoba keripik wortel. Wortel selama ini dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan vitamin.

Selama ini wortel lebih sering diolah menjadi sop, tumis, atau sekedar dijadikan minuman jus biasa. Saat ini, ada inovasi baru dalam mengolah wortel. Wortel yang kaya akan gizi ini akan diolah menjadi cemilan yang sehat berupa keripik wortel.

Keripik wortel merupakan makanan yang sangat digemari karena memiliki rasa yang sangat gurih dengan perpaduan bumbu-bumbu yang pas.

Keripik wortel adalah jenis jajanan pasar yang banyak tersedia dimana-mana. Selain dipasaran, keripik yang satu ini juga biasa kita temui dan dijual oleh para pedagang kaki lima dipinggir jalan.


4.) Keripik Sawi

keripik sawi

Seperti yang sudah Anda ketahui, sawi banyak digunakan untuk membuat masakan sup atau tambahan sayur pada pembuatan mie ayam.

Sawi hijau juga biasanya dapat dijadikan sebagai bahan untuk mempercantik tampilan masakan. Tapi kali ini sawi hijau juga bisa dikreasikan menjadikan kripik yang memiliki cita rasa khas dengan rasa gurih dan renyah.

Keripik sawi ini ternyata juga mempunya citarasa yang gurih dan renyah. Selain itu, sawi ini juga mempunya nilai gizi yang cukup tinggi, dimana di dalam sawi terdapat kandungan vitamin K yang membantu dalam penyerapan kalsium dan mengurangi pengeluaran kalsium yang direkomendasikan bagi tubuh.


5.) Keripik Kacang Panjang / Buncis

keripik buncis

Buncis merupakan sayuran seperti kacang panjang namun lebih manis dan lebih banyak air. Buncis termasuk polong-polongan, ini berarti manfaat buncis tidak jauh berbeda seperti pada manfaat kacang panjang, manfaat kacang merah dan manfaat kedelai.

Keripik buncis atau keripik kacang panjang ini juga sangat enak untuk dikonsumsi sebagai cemilan, karena mempunyai citarasa dan tekstur yang gurih dan renyah.

Selain itu, cara membuat keripik buncis ini juga cukup mudah, Anda pun bisa mulai mencoba untuk membuatnya sesuai dengan kreasi Anda sendiri.


6.) Keripik Lobak

keripik lobak

Lobak merupakan satu jenis sayur yang dimanfaat bagian umbinya. Jenis lobak ini beragam, khusus jenis lobak menurut warna, lobak ada yang berwarna putih, lobak merah bahkan ada lobak berwarna ungu. Lobak putih sangat cocok untuk dibuat menu sayuran yang berkuah atau pun manisan.

Tapi selain itu, ternyata lobak ini juga bisa diolah menjadi makanan ringan yang gurih dan renyah, serta bergizi, yaitu keripik lobak. Variasi makanan ringan dari lobak ini tentu akan menambah hidangan selera makan siang bersama keluarga di rumah.


7.) Keripik Ubi Jalar

keripik ubi

Ubi jalar adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat. Ubi jalar ini bisa dijadikan sebagai salah satu bahan masakan yang dibuat dengan segala macam pembuatannya. segala macam makanan yang terbuat dari bahan utama ubi jalar, seperti ubi jalar yang diolah menjadi keripik yang sangat renyah.

Keripik ubi jalar ini merupakan cemilan ringan yang banyak digemari oleh semua masyarakat luas mulai dari anak-anak, para remaja, sehingga orang tua. Selain cita rasanya nikmat dan renyah, keripik ubi jalar ini mampu dijadikan sebagai makanan yang bisa menemani Anda ketika lagi bersantai.


8.) Keripik Jengkol

keripik jengkol

Siapa sangka, dibalik baunya yang terkesan kurang sedap, ternyata jengkol ini bisa diolah menjadi salah satu cemilan yang memiliki rasa yang enak dan gurih, selain itu aromanya pun jadi sedap, yaitu keripik jengkol.

Keripik jengkol merupakan salah satu cemilan yang termasuk kedalam golongan makanan ringan. Keripik jengkol adalah jenis cemilan yang memang sengaja dibuat dari bahan dasar jengkol.

Makanan ini memiliki rasa yang renyah dan gurih juga dapat dijadikan sebagai lauk untuk teman makan nasi, bisa juga dimakan dan dipadukan dengan makanan berkuah misalnya baso atau soto.


9.) Keripik Terong

keripik terong

Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga pecandu berat rokok, terong ungu dapat dijadikan salah satu solusi untuk mengurangi candu rokok, karena didalam terong ungu terdapan kandungan nikotin yang rendah yang dapat dikonsumsi dan tidak merusak kesehatan Anda.

Kandungan gizi yang terdapat pada kulit terong ungu sangat berkhasiat untuk menutrisi otak dan kulit, terong ungu juga mengadung zat besi yang mampu menutrisi kerja jatung. Anda dapat mengolah terong ungu menjadi keripik yang renyah sebagai cemilan di sore hari.


10.) Keripik Pare

keripik pare

Pare adalah sayuran yang banyak terdapat di bagian daerah yang mempunyai iklim tropis. Tumbuhan yang pahit ini banyak di tanam dan ditemukan disawah-sawah, ditegalan dan lain-lain, pare memang memiliki rasa yang pahit namun jenis sayuran ini menyehatkan pada tubuh kita karena dapat mengandung gizi, vitamin, dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup sehingga baik untuk dikonsumsi.

Buah bercita rasa pahit ini biasanya diolah dengan beragam rempah-rempah yang menggoda selera, dan kini pare yang menjadi salah satu bahan makanan yang cukup dihindari ini telah diinovasi menjadi olahan keripik pare yang renyah dan gurih.


Cara Membuat Keripik Sayur Yang Gurih dan Renyah

Untuk menggoreng sayur-sayuran yang akan dijadikan sebagai produk olahan terlebih keripik, kita memang harus memiliki sebuah alat yang dinamakan Vacuum Fryer (Mesin Penggoreng Hampa). Rasanya agak sulit untuk bisa menghasilkan produk sayur olahan berupa kripik dengan menggunakan alat penggoreng biasa.

Seperti yang sudah Anda ketahui, untuk komoditi sayur-sayuran hampir semuanya memiliki kandungan gizi. Maka dari itu, kalau kita mengolahnya dengan cara menggoreng menggunakan alat penggoreng biasa, keinginan untuk bisa berubah menjadi kripik tidak akan mungkin bisa tercapai, justru sayuran yang kita goreng malah menjadi lembek atau membuat buah menjadi gosong dan tidak layak untuk dijual maupun dikonsumsi.

Berikut beberapa kelebihan menggoreng buah dengan mesin vacuum frying :

  1. Tidak gosong
  2. Kandungan nutrisi tidak hilang (tetap menyehatkan)
  3. Rasa, dan aroma sesuai bahan aslinya
  4. Renyah
  5. Tidak perlu bahan pengawet atau bahan kimia
  6. Tidak perlu penambah rasa buatan
  7. Makanan yang memiliki nilai gizi dan serat tinggi

Cara pemakaian mesin vacuum frying juga sangat mudah. Potong-potong sayuran yang ingin dibuat keripik hingga ukuran yang nyaman untuk dimakan. Untuk Lebih jelas cara pembuatannya, silahkan bisa Lihat Cara Membuat keripik Sayur memakai Vacuum Frying. 

 


6 Tips Membuat Keripik Sayur Gurih dan Renyah

Untuk membuat keripik sayuran yang renyah ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena jika tidak, keripik buatan Anda akan layu, dan tidak crispy lagi. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki kandungan air yang cukup banyak.

1. Pilih sayuran terbaik
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis sayuran yang berkualitas. Jika Anda ingin sayuran dengan tekstur yang menyerupai kentang Anda dapat memilih sayuran jenis labu, lobak, ubi, wortel dan bit.

2. Metode memasak
Metode tradisional dengan menggunakan banyak minyak dalam menggoreng mungkin bisa menjadi pilihan tepat. Tetapai jika Anda ingin keripik yang sehat Anda dapat menggunakan metode panggang atau dengan menggunakan microwave.

3. Kulit atau non kulit
Pilihan ini dapat disesuaikan dengan selera. Jika Anda menyukai keripik dengan kulit, Anda dapat mencuci bersih terlebih dahulu kemudian mengirisnya. Tetapi jika Anda ingin keripik bersih tanpa kulit, sebaiknya sayur dikupas terlebih dahulu kemudian baru mengirisnya.

4. Iris tipis
Ketika Anda siap mengiris sayuran, gunakanlah pisau setajam mungkin untuk mendapat hasil yang tipis. Ukuran irisan yang tebal akan membuat sayuran tidak renyah.

5. Air garam
Untuk menghasilkan keripik sayuran yang renyah, kandungan air di dalamnya harus dikeluarkan terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan merendamnya di larutan air garam sebelum digoreng. Waktu yang dibutuhkan sekitar 20-30 menit. Selanjutnya sayuran dibilas dengan air bersih dan dikeringkan.

6. Finishing
Hal yang perlu diperhatikan agar tekstur renyahnya bertahan lama adalah cara penyimpanan. Dinginkan keripik yang telah digoreng sebelum disimpan dalam toples. Hawa panas dalam toples akan menimbulkan uap air.

Selain tips diatas, Baca juga Tips Cara membuat keripik sayur yang bikin ketagihan lidah 


3 Kunci Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Keripik Sayur

Ada beberapa kunci sukses di bisnis keripik sayur ini, yaitu :

1. Tampilan yang Menarik

Tampilan keripik Anda harus menarik, bersih, tidak gosong. Hal ini bergantung pada beberapa aspek, yaitu:

  • Pemilihan bahan yang tepat
  • Proses penggorengan yang benar
  • Menggunakan mesin vacuum frying berkualitas
  • Penyortiran dan quality control yang akurat

2. Kemasan Produk Anda Harus Profesional Dan Menarik

Bisa saja Anda menjual kripik dalam bentuk kiloan, tapi ini hanya untuk konsumsi agen-agen penjualan. Selain dalam bentuk kiloan, Anda juga perlu menjual dalam bentuk kemasan yang rapi.

Label yang menarik juga akan memikat hati para pembeli. Untuk keperluan toko-toko, anda bisa menyertakan kontak pemesanan di label kripik. Hal ini perlu, karena pembeli yang tertarik bisa dengan mudah menghubungi anda untuk memesan produk serupa.

Sangat dianjurkan untuk memilih kemasan transparant agar tampilan kripik yang sudah menarik ikut mengundang selera calon pembeli.

Disarankan juga untuk menyertakan toples-toples besar transparat kalau ingin menitipkan ke toko-toko kecil. Produk yang digantung-gantung menggunakan kawat akan terkesan murahan dan mudah hancur karena biasanya untuk mengambil satu kemasan harus meremas kemasan yang lain.

3. Memilih Metode Pemasaran

Anda bisa memasarkan keripik sayur menggunakan cara-cara berikut :

  • Membentuk agen penjualan yang akan memasarkan produk-produk anda ke toko-toko kecil, pedagang kaki lima dan pedagang asongan.
  • Bekerjasama dengan toko-toko makanan atau restoran dengan menyuplai produk kripik anda.
  • Bekerjasama dengan katering-katering
  • Merintis peluang ekspor jika produk yang anda hasilkan cukup banyak.

5 Tahapan Dalam Menjalankan Bisnis Keripik Sayur

 

Menentukan Target Pemasaran Keripik Sayur


Penentuan target ini dibutuhkan bagi Anda yang baru mulai menjalankan bisnis keripik sayur. Sasaran yang dituju harus sesuai dengan kapasitas produksi keripik sayur.

Misalnya Anda ingin memproduksi keripik sayur untuk bisa ditawarkan di supermarket maupun di swalayan, tentu ukuran keripik sayurnya harus lebih besar karena fokus untuk memasarkan kalangan menengah atas.

Tapi kalau sasaran Anda adalah kalangan menengah bawah, tentu Anda juga harus menyesuaikan harga yang murah dengan bentuk yang sederhana.

 

Pemilihan Bahan Baku

Untuk membuat keripik sayur ini tentu Anda harus menyesuaikan dengan musim yang ada. Penyesuaian terhadap musimnya ini tentu akan mengehmat biaya bahan baku maupun produksi.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan mengenai pemilihan kualitas sayur yang baik. Sebaiknya pilih sayur yang masih fresh atau segar pada saat membuat keripik sayur, karena dengan kualitas sayur yang baik tentu akan menghasilkan keripik sayur yang berkualitas tinggi.

Tahap Produksi Keripik Sayur

Tahapan produksi sayur menentukan hasil akhir dari rasa keripik sayur. Dalam tahapan ini harus benar-benar dijaga agar prosesnya mampu menjaga kualitas produk keripik sayur yang Anda buat.

Setelah pemilihan sayur dengan kualitas yang baik dan fresh, kemudian sayur dibersihkan dari segala macam kotoran maupun bagian yang tidak bisa dimakan.

Setelah itu berlanjut ke proses pencucian, sebaiknya sayur dicuci dengan air yang mengalir agar terbebas dari kotoran yang masih melekat pada sayur.

Berikut ini testimoni penggunaan mesin vacuum frying. Mesin yang bisa digunakan dengan mudah dan bisa menghasilkan keripik buah dan sayur dengan kualitas terbaik.

Tahap Pengemasan Keripik Sayur

Keripik sayur yang sudah jadi bisa langsung dikemas dengan menggunakan mesin pengemasan. Dalam pengemasan ini juga diperlukan tampilan yang menarik, bagus, dan bersih. Jangan lupa untuk mencantumkan brand produk kemasan keripik sayur Anda.

Sebaiknya juga menggunakan kemasan plastik yang lebih tebal untuk mempertahankan kualitas serta mutu hasil keripik sayur Anda yang akan dijual.

 

Tahap Pemasaran Keripik Sayur

Cara memasarkan produk keripik sayur memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa melakukan strategi pemasaran dengan pemanfaatan berbagai sarana yang ada baik melalui cara online maupun offline. Misalnya Anda bisa menawarkan produk keripik sayur kepada keluarga, saudara, teman, tetangga, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa memasarkan dengan cara menitipkan ke toko, warung, supermarket, minimarket, swalayan, mall, maupun toko oleh-oleh. Pemanfaatan akses internet juga bisa Anda gunakan dalam mempromosikan bisnis keripik Anda, misalnya dengan membuat toko online melalui website ataupun sosial media.

Dalam memasarkan produk keripik sayur ini, Anda juga tidak boleh lupa untuk menentukan harga jual yang ada. Sebelum menentukan harga jual, Anda juga harus melihat kisaran harga yang ada di pasaran. Jangan menjual harga terlalu tinggi atau terlalu rendah, gunakan harga yang pas dan seimbang dengan modal yang dibutuhkan.

Kesimpulan Tentang Keripik Sayur

 

Tipikal bisnis keripik sayur dan buah adalah sama, dan jika anda ingin belajar bisnis ini, pelajari juga panduan bisnis memulai usaha keripik buah ini, yang kami yakin akan sangat bermanfaat untuk anda

Demikian informasi mengenai 10 Aneka Keripik Sayur Yang Cocok Untuk Ide Bisnis Keripik Rumahan Anda dan analisa usahanya yang bisa Anda lakukan. Bisnis keripik sayur ini tentu menjadi salah satu inovasi bisnis keripik yang menguntungkan serta menjanjikan. Semoga informasi keripik sayur dan analisa usahanya ini bisa bermanfaat dan berguna untuk menambah wawasan serta referensi bisnis Anda di waktu mendatang. Terima kasih.