Home » Artikel » Artikel Proses » Panduan Memulai Usaha Keripik Buah Yang Menguntungkan

Panduan Memulai Usaha Keripik Buah Yang Menguntungkan

“Anda ingin memulai usaha keripik buah? Ya bersyurkurlah, anda sedang membaca artikel yang tepat, sebuah referensi lengkap tentang cara memulai usaha keripik buah. “


Semua pengusaha menginginkan usahanya berjalan dengan lancar dan dapat mendatangkan keuntungan. Salah satunya adalah usaha keripik buah.

Usaha keripik buah saat ini menjadi usaha yang prospektif, apalagi camilan yang terbuat dari bahan alami dan mempunyai banyak nutrisi ini, makin banyak di cari oleh konsumen.

Bukan hanya rasa saja yang dibutuhkan konsumen, melainkan manfaat dari keripik buah sendiri yang bagus untuk kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Hal ini menjadi nilai tambah tersendiri usaha keripik buah.

Panduan Memulai Usaha Keripik Buah

 

Sejauh mana besarnya prospektif Usaha Keripik Buah, berikut ini kami akan mengulaskan tentang usaha keripik buah atau keripik sayur mulai dari persiapan, peluang, cara menggunakan mesin hingga cara membuat produk nya.

Tentunya untuk menjalankan bisnis dengan baik, memang awalnya butuh perjuangan dan anda harus ekstra dalam belajar membangun bisnis anda ini.

Dan kabar baiknya kami akan mengulaskan apa saja yang harus anda lakukan dan anda persiapkan sehingga usaha atau usaha keripik buah dan sayur anda menjadi sukses. Dan berikut adalah ulasan nya:

 

A. 5 Hal Penting dalam Persiapan Usaha Keripik Buah dan Sayur

  1. Modal

Modal adalah salah satu hal penting yang harus anda miliki, setidak nya anda bisa mengumpulkan modal hingga bisa anda gunakan untuk membeli keperluan usaha anda kedepan nya agar produk keripik buah anda memiliki kualitas yang bagus.

Modal ini adalah modal yang nantinya akan anda gunakan untuk membeli mesin vacuum frying. Vacuum frying adalah mesin yang digunakan untuk menggoreng buah dalam kondisi vacuum. Dan untuk mendapatkan keripik buah yang bagus memang harus menggunakan vacuum frying.

Untuk kapasitas dari mesin vacuum frying yang bisa anda gunakan untuk memulai bisnis keripik buah ini baiknya adalah  kapasitas 10-15 kg dalam 1 proses agar anda tidak banyak membuang waktu untuk memproduski keripik buah.

Semua mesin vacuum frying cara penggunaannya sama, cara menggoreng nya juga sama dan waktu yang digunakan nya juga sama sehingga anda paling tidak harus menggunakan vacuum frying yang memiliki kapasitas 10-15 kg dalam 1 proses agar anda bisa menghasilkan lebih banyak keripik dalam satu kali kerja.

Jadi intinya semakin banyak kapasitas isi vacuum frying yang anda gunakan, maka akan semakin efisien untuk anda karena tidak membutuhkan tenaga yang lebih banyak atau biaya operasionalnya akan lebih sedikit dan hasilnya akan lebih banyak.

Selain modal utama berupa pembelanjaan untuk mesin, anda juga harus mempersiapkan modal untuk membayar karyawan, bahan baku, tempat produksi dan lainnya juga.

 

  1. Lokasi Usaha Keripik Buah

Lokasi usaha adalah mencakup 2 pilihan, yang pertama adalah tempat anda berjualan atau biasa disebut dengan toko dan yang kedua adalah tempat dimana anda memproduksi keripik buah anda.

Semuanya harus anda persiapkan dengan baik, atau anda membuat satu tempat yang bisa digunakan untuk keduanya. Besar minimal mesin vacuum frying adalah 2×2 cm, sehingga anda setidaknya membutuhkan ruangan yang lebih besar dari itu,  karena anda membutuhkan ruang gerak ketika hendak membuat keripik buah dengan mesin tersebut.

 

  1. Kebutuhan Listrik

Kebutuhan listrik juga sangat penting karena mesin vacuum frying anda memang harus dijalankan dengan listrik. Untuk kebutuhan daya mesin vacuum frying ukuran standart nya rata-rata menggunakan 1000 watt/220 V sehingga instalasi listrik minimum nya adalah 1300 Watt.

Sedangkan untuk mesin vacuum frying yang berukuran 25 kg dalam setiap proses pengerjaan membutuhkan daya listrik sebesar 1500 watt. Jadi instalasi listrik nya harus di atas 1500 watt. Hal ini memang harus anda pikirkan demi kelancaran proses pembuatan keripik buah nantinya.

 

  1. Bahan Baku Usaha Keripik Buah

Masalah bahan baku kembali lagi pada dimana tempat anda akan memproduksi keripik buah tersebut, dan bagaimana anda akan mendapatkan bahan bakunya.

Sebaiknya anda menggunakan bahan baku yang memang banyak di daerah anda seperti misalnya jika anda berada di malang, maka lebih baik anda membuat keripik buah apel karena memang buah apel sangat melimpah di kota malang. Dan begitu juga dengan kota-kota lain nya.

Jika memang anda masih baru, anda bisa menggunakan satu jenis buah terlebih dahulu sampai anda menemukan pemasok bahan buah yang anda perlukan dalam jumlah banyak dan continue atau terus menerus.

Hal ini untuk membuat konsumen anda percaya anda tahu bahwa produksi keripik buah anda sangat konsisten terhadap harga, kualitas dan rasanya.

Bahan lain yang anda perlukan adalah minyak goreng, sebaiknya anda menggunakan minyak goreng yang bagus dan jernih karena minyak goreng akan mempengaruhi rasa, roma dan warna keripik buah yang dihasilkan. Untuk Hal ini sangat direkomendasikan menggunakan minyak kelapa.

Untuk persoalan minyak ini, carilah partner kerja yang bagus untuk menjadi suplayer minyak anda agar anda selalu mendapatkan minyak yang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.

 

  1. Siap Jadi Pengusaha

Hal terakhir yang harus anda persiapkan adalah anda harus siap untuk menjadi seorang pengusaha karena seorang pengusaha memang haruslah siap menerima resiko apapun yang terjadi.

Selain anda harus memiliki pengetahuan yang dalam seputar Usaha keripik buah yang akan anda jalankan, anda harus memiliki kekuatan mental dan fisik agar anda bisa membuat keripik buah yang enak dan mampu memasarkan nya dengan baik dan benar.

Kemudian tak kalah penting,  anda harus membuat brand untuk usaha anda, jika anda sudah memutuskan untuk terjun ke dunia Usaha keripik buah, maka buatlah brand sendiri agar anda memiliki hak ciptanya dan anda bisa menjual produk anda lebih mahal dibandingkan dengan produk lain. Tentu rasa dan kualitas nya harus lebih bagus dibandingkan dengan produk lain agar bisa bersaing di pasaran.

 

Kenapa Harus Menggunakan Mesin Vacuum Frying?

Mungkin anda sedikit penasaran sebenarnya kenapa anda harus menggunakan mesin vacuum frying? Apakah tidak ada cara lain yang bisa anda gunakan untuk memulai Usaha keripik buah untuk pertama kalinya.

Sebenarnya ada saja caranya hanya saja semuanya tergantung dari bagaimana anda ingin memajukan usaha ini, dan siapa target market anda kedepannya. Anda harus tahu bagaimana gaya produk anda, apakah memiliki merk sendiri atau hanya keripik buah pasaran biasa saja?.

Semuanya harus anda pikirkan agar anda bisa menentukan berapa besar modal yang anda perlukan untuk membuat keripik buah yang enak.

Namun yang harus anda ketahui adalah perbedaan keripik buah yang diolah menggunakan vacuum frying dan produk keripik buah yang diolah secara sederhana dan manual. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah apa keuntungan yang akan anda dapatkan jika menggunakan mesin vacuum frying?

Dan berikut ini kami akan mengulaskan alasan kenapa anda harus menggunakan mesin vacuum frying untuk membuat keripik buah.

 

B. Apa Keuntungan Menggunakan Mesin Vacuum Frying?

Untuk sebagian orang mungkin agak bingung apa itu Mesin Vacuum Frying karena memang mesin ini memiliki nama dalam bahasa Inggris yang sebenarnya merupakan salah satu mesin yang bisa digunakan untuk menggoreng buah atau lainnya untuk dijadikan keripik.

Sebenarnya apa Mesin Vacuum Frying itu? Bagaimana fungsinya dan cara proses kerja nya?

Mesin Vacuum Frying adalah mesin yang digunakan untuk menggoreng buah atau sayur yang menggunakan teknik sedot atau vacuum sehingga buah tersebut bisa memiliki bentuk baru berupa keripik buah.

 

“Apa kegunaan Mesin Vacuum Frying”?

Mesin Vacuum Frying ini bisa digunakan untuk menggoreng barang yang tidak bisa di goreng dalam titik didih sekitar 160 derajat celcius.

Mesin ini memang tercipta dari ide untuk menggoreng bahan yang tidak bisa digoreng dan akhirnya terciptalah mesin ini sehingga anda sekarang sudah bisa menggoreng semua bahan dalam titik didih rendah, jadi tidak harus menggunakan minyak goreng yang bisa mencapai titik didih hingga 160 derajat tersebut. Anda bisa menggoreng hanya dengan suhu rendah misal 70°C – 80°C saja.

Ada banyak orang yang lebih suka membuat keripik buah karena memangrasa nya lebih enak, gurih dan memiliki rasa manis yang alami. Namun untuk membuatnya memang membutuhkan Mesin Vacuum Frying karena buah memiliki kandungan air yang tidak bisa digoreng dengan cara biasa sehingga anda membutuhkan Mesin Vacuum Frying untuk menggoreng nya.

Alat ini memang terbilang cukup mahal karena untuk ukuran 5 hingga 6 kg harga nya sekitar 15-20 juta, namun mesin ini bisa digunakan untuk membuat keripik dari segala jenis buah, dan anda akan dengan mudah balik modal jika anda bisa membuat keripik buah yang enak dan anda bisa memasarkan nya dengan baik.

Ketika anda ingin membuat keripik buah dengan penggorengan biasa, maka anda harus menjemur buah dalam waktu yang cukup lama. Dan ketika digoreng, untuk buah yang memiliki kandungan glukosa yang tinggi serta air yang tinggi seperti semangka misalnya, maka cara ini tidak akan berhasil, karena itulah Mesin Vacuum Frying ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku Usaha keripik buah.

Buah yang digoreng biasa juga akan menjadi lembek atau lengket di wajan sehingga anda hanya akan rugi waktu, rugi bahan dan tenaga.

 

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN MESIN VACUUM FRYING

 

Dengan menggunakan Mesin Vacuum Frying, anda akan mendapatkan banyak keuntungan karena Mesin Vacuum Frying memiliki banyak kelebihan, dan berikut kami ulaskan tentang kelebihan menggunakan Mesin Vacuum Frying untuk menggoreng buah:

 

  1. Kandungan nutrisi tidak hilang

Kandungan nutrisi yang masih tetap terjaga membuat orang lebih suka membeli keripik anda karena banyak nutrisi yang ada di dalamnya. Selain rasa, biasanya orang suka membeli makanan yang memiliki manfaat serta kandungan yang baik untuk tubuh, jadi keripik buah adalah jawabannya.

 

  1. Tidak gosong

Keripik buah yang gosong akan membuat pelanggan anda enggan untuk memakan nya dan tidak akan pernah membeli keripik anda lagi karena sudah kapok dengan hasil keripik yang pernah dibeli nya. Dengan menjaga kualitas keripik buah yang tidak gosong serta memiliki rasa yang enak akan membuat anda mendapatkan banyak pelanggan setia.

 

  1. Rasa dan aromanya sesuai dengan bahan aslinya

Selain bahan buah, anda tidak perlu dan tidak membutuhkan bahan lain nya sehingga akan lebih menghemat anda, yang anda perlukan hanya membeli buah yang berkualitas dan minyak yang berkualitas agar keripik menjadi enak.

Kelebihan lainnya adalah Rasanya juga asli dari buah sehingga tidak membuat orang yang memakan nya merasa “enek”. Aroma buah nya juga tetap ada sehingga bisa menggugah orang yang mencium aroma nya.

 

  1. Tidak perlu lagi ditambahkan rasa buatan

Penambahan rasa lainnya biasa digunakan pada keripik, namun untuk keripik buah ini anda tidak perlu memberinya rasa lain karena memang rasanya sudah asli dari keripik buah tersebut jadi anda tidak harus memberi perasa buatan.

 

  1. Renyah

Keripik yang menggunakan Mesin Vacuum Frying akan lebih renyah karena prosesnya memang dilakukan oleh mesin sehingga waktu nya akan sangat tepat, jadi tidak ada gosong atau belu matang. Rasa nya pas dan lebih renyah.

 

  1. Tidak membutuhkan bahan pengawet atau bahan kimia

Bahan pengawet atau bahan kimian memang sering digunakan untuk membuat keripik menjadi awet dan bisa bertahan dalam waktu yang lama. Namun untuk keripik buah yang di olah menggunakan Mesin Vacuum Frying ini akan bertahan lama meskipun tidak di tambahkan bahan pengawet apapun.

Hal ini juga akan menambah sisi baik pada produk anda karena tidak mengandung bahan kimian atau bahan yang bisa berbahaya lain nya.

 

Cara Pemakaian Mesin Vacuum Frying

Cara pemakaian Mesin Vacuum Frying ini sangatlah mudah, anda hanya perlu memotong buah yang ingin anda buat keripik dalam ukuran yang anda inginkan, sebaiknya sesuaikan ukuran nya agar mudah untuk dimakan. Jika terlalu besar, konsumen akan kesulitan untuk memakannya, dan jika terlalu kecil maka proses nya akan lebih lama dan membuang-buang waktu.

Setelah buah selesai di potong, anda hanya perlu memasukkan buah yang sudah di cuci tersebut ke dalam  Mesin Vacuum Frying dan anda tidak perlu menambahkan perasa atau bahan-bahan lain nya ke dalam Mesin Vacuum Frying karena memang rasa  dari keripik buah ini sangat alami dari buah tersebut.

Hal ini tidak akan anda dapatkan jika anda tidak menggunakan Mesin Vacuum Frying untuk menggorengnya.

Hampir semua buah bisa digunakan untuk membuat keripik buah, dan buah yang sering digunakan untuk membuat keripik adalah nangka, salak. Mangga, melon, apel, waluh, wortel, kacang panjang, terong, nanas, durian, kentang, pepaya dan masih banyak buah lain nya yang bisa anda gunakan untuk membuat keripik. Semua tergantung dari kreasi anda untuk produk anda.

 

“Untuk mengetahui lebih lengkap bagaimana membuat keripik buah, baiknya saksikan video operasional mesin vacuum frying dibawah ini”

https://www.youtube.com/watch?v=2ukOJ98fhtY

Video cara membuat keripik buah menggunakan mesin vacuum frying buatan CV Rumah Mesin

 

7 Alasan Kenapa Anda Harus Mulai Usaha Keripik Buah

Jika di atas anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan Mesin vacuum frying  dan keunggulan nya, maka anda juga harus tahu sebenarnya apa yang membuat usaha keripik buah ini sangat menjanjikan?

Bisnis buah adalah salah satu bisnis yang sangat menjanjikan melihat bagaimana orang sangat suka memakan buah dan buah yang kaya manfaat memang sering dicari oleh masyarakat untuk di ambil manfaat nya.

Umumnya pelaku buah hanya melirik bisnis buah segar tanpa memperhatikan bahwa sebenarnya ada bisnis yang bisa anda lakukan dengan buah seperti keripik buah.

Olahan buah yang satu ini memang banyak dilirik oleh para konsumen tapi produsen nya masih cukup sedikit sehingga tingkat persaingan nya tidaklah terlalu tinggi dan hal ini sangat bagus untuk anda yang baru memulai bisnis.

Potensi olahan buah sangatlah besar untuk diterima di masyarakat apalagi jika anda membuat keripik buah menggunakan Mesin vacuum frying yang bisa menghasilkan keripik buah yang enak dan aroma buah nya tetap terjaga, yang terpenting lagi adalah manfaat dari buah-buahan nya masih terjaga dengan baik sehingga konsumen akan mendapatkan 2 keuntungan, yaitu rasa nya yang enak dan nutrisi nya yang tetap terjaga dalam keripik buah.

Bagi anda yang masih ragu untuk memulai Usaha keripik buah ini, kami akan mengulaskan tentang 7 Alasan Kenapa Anda Harus Mulai Usaha Keripik Buah sehingga anda bisa yakin dan tidak perlu khawatir lagi untuk memulai nya:

 

1. Banyak Jenis Buah Di Indonesia

Di Indonesia sendiri merupakan Negara yang memiliki hasil bumi sangat melimpah seperti hal nya hasil buah-buahan, ada banyak sekali jenis buah yang dihasilkan sehingga anda tidak perlu khawatir akan bahan buah yang akan anda gunakan untuk produksi karena memang buah sangat melimpah hasil nya serta jenis nya.

Kebanyakan petani hanya menjual buah dalam keadaan segar tanpa mengolah nya terlebih dahulu sehingga ini bisa anda jadikan alasan utama kenapa anda harus memulai Usaha keripik buah ini.

 

2. Manfaat Buah yang Baik Untuk Kesehatan

Buah-buahan adalah makanan segar yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat karena rasa nya enak dan memiliki banyak kandungan yang bagus untuk kesehatan, sebagian masyarakat tentu ingin makan buah dalam bentuk yang berbeda sehingga olahan makanan nya bisa bermacam-macam dan rasa nya tentu sedikit berbeda, jadi peluang untuk membuat olahan buah seperti keripik bisa anda jadikan bisnis yang menguntungkan karena keripik buah adalah olahan buah yang kaya akan manfaat dan rasa nya lebih enak dari buah yang belum di olah.

 

3. Kebutuhan Konsumen Akan Makanan Ringan yang Sehat

Di jaman seperti sekarang ini mencari makanan ringan untuk waktu bersantai memang sering dilakukan karena bisa membuat tubuh lebib relax, namun kesalahan yang sering terjadi adalah tidak tepat nya ketika memilih camilan.

Saat ini banyak camilan yang serba instan dan tidak mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh, bukan nya mendatangkan kebaikan malah membawa penyakit nantinya.

Oleh karena itulah camilan yang sehat dan enak akan menjadi pilihan yang tepat bagi para konsumen sehingga keripik buah anda dengan mudah bisa mendapatkan perhatian khusus karena kandungan nutrisi nya serta rasa nya yang enak dan aroma buah nya yang alami.

 

4. Tidak Butuh Modal Besar

Dalam memulai Usaha keripik buah ini tidak membutuhkan modal yang besar, yang anda butuhkan adalah keterampilan dan mesin untuk membuatnya.

Untuk harga mesin sendiri anda bisa menganggapnya sebagai investasi awal karena mesin bisa anda gunakan seumur hidup, mesin vacuum frying memang tahan lama dan anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dalam sekali proses produksi terjadi.

Yang paling penting adalah bagaimana anda memasarkan produk anda agar anda bisa mendapatkan laba dengan cepat dan anda bisa memproduksi keripik buah dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang cukup singkat.

Anda hanya butuh modal untuk mesin dan bahan buah nya saja jika anda menggunakan tenaga anda sendiri untuk membuat keripik buahnya.

Jadi anda tidak perlu khawatir jika anda tidak memiliki modal yang cukup banyak, anda bisa menabung terlebih dahulu. Yang terpenting adalah niat untuk bisa memuaskan pelanggan dengan rasa keripik yang lebih enak dari keripik di luaran.

 

5. Mudah Dalam Memasarkan Keripik Buah

Dalam memasarkan produk secara offline, anda bisa menggunakan jasa dari keluarga anda atau kerabat anda yang ada di kota-kota besar untuk mendistribusikan produk anda atau menjual nya kembali. Berikan beberapa keuntungan ketika mereka bisa menjual keripik buah anda.

Semakin besar jaringan reseller atau dropshipper anda, maka semakin luas juga jangkauan anda untuk mengenalkan produk anda ke masyarakat luas.

Untuk onlinenya, anda bisa menggunakan website atau toko online untuk mengenalkan dan memasarkan produk anda agar mudah dikenal oleh masyarakat luas. Situs-situs marketplace seperti bukalapak atau tokopedia sangat memberi kemudahan dalam pemasaran produk makanan.

Selain itu gunakan sosial media via facebook atau twitter untuk mengenalkannya, semakin aktif anda berpromosi, maka semakin bagus juga untuk keripik buah anda. Buat strategi marketing khusus untuk keripik buah anda.

 

6. Mesin Produksi dan Pengolahan Nya Mudah

Saat ini mesin vacuum frying sangat mudah di dapatkan dan anda bisa memesan nya dari kami, sedangkan untuk pengolahan nya juga sangat mudah, anda tidak membutuhkan keterampilan khusus untuk memulai usaha ini karena anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah penggunaan nya saja.

Cara menggunakan mesin vacuum frying juga sangat mudah, intinya anda hanya perlu mengiris buah dalam ukuran yang anda inginkan dan anda bisa mencucinya. Kemudian memasukkan nya ke dalam mesin dan mesin akan memproses nya secara otomatis.

Metode pengolahan keripik buah memang semakin mudah karena telah ada nya mesin vacuum frying dan anda bisa memesan nya segera di www.rumahmesin.com dan anda akan mendapatkan mesin yang bagus dan berkualitas sehingga proses produksi lebih cepat dan hasil nya juga sangat bagus dan enak rasa nya.

 

7. Peluang Pasar Tinggi

Dengan menggunakan mesin vacuum frying sangatlah mungkin untuk anda bisa bersaing dengan para produsen keripik buah lain nya karena anda juga bisa menghasilkan keripik buah yang enak, gurih dan tahan lama.

Bahkan permintaan pasar akan keripik buah juga sangat tinggi di luar ataupun di dalam negeri sehingga anda bisa mengepakkan sayap lebih lebar untuk memasarkan produk anda.

Rasa keripik yang enak dan kaya akan manfaat akan mengantarkan produk anda sampai di pasar international, namun sebelumnya anda perlu mempersiapkan semua nya mulai rasa nya yang unik, kemasan yang menarik, brand yang bagus dan banyak hal lain yang harus anda persiapkan untuk bisa memasarkan produk anda hingga keluar negeri.

Dengan kemauan dan kerja keras anda bisa mencapai pasar yang lebih luas karena keripik buah memang makanan yang bisa diterima di seluruh penjuru dunia sehingga tidak hanya sebatas dijual di sekitar rumah saja, anda bisa menguasai Indonesia dan menjadikan usaha keripik buah anda terkenal di seluruh dunia.

 

Tips Tambahan Usah Keripik Buah

Kembali lagi pada hal yang paling penting, yaitu rasa dan enaknya olahan keripik anda. buatlah variasi rasa dari berbagai buah yang akan anda olah, misalnya saja anda mengolah keripik buah mangga apel menjadi satu dan membuat nya berada dalam satu wadah serta orang yang memakan nya bisa merasakan kedua rasa tersebut secara bersamaan. Itu adalah salah satu contoh yang bisa anda lakukan untuk membuat produk keripik buah anda.

Setelah anda berhasil mempersiapkan segala sesuatu nya dengan baik, mulai dari modal, dan semua hal lain nya, anda bisa segera bertindak belajar bagaimana cara menggunakan mesin vacuum frying dan belajar apa saja yang menjadi keunggulan produk anda.

Setelah itu anda harus tahu kenapa anda memilih produk keripik buah, jika semua nya sudah selesai. Maka anda perlu belajar bagaimana cara membuat keripik buah yang enak dan memiliki kandungan buah yang terjaga.

Salah satu jenis buah yang bisa anda gunakan adalah buah mangga, serta kulit mangganya, sehingga kami akan mengulaskan tentang cara membuat keripik buah mangga dan di ikuti cara membuat keripik buah kulit mangga. Hal ini bisa menjadi lebih menguntungkan bagi anda karena anda akan mendapatkan keuntungan dari buah nya dan juga kulit mangga nya.

 

D. Cara Membuat Keripik Buah Mangga Renyah dan Enak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa buah mangga memang merupakan salah satu buah yang menjadi salah satu bahan utama dalam membuat keripik buah, sejauh ini mangga memang merupakan buah yang memiliki rasa manis dan memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk kesehatan, rasa nya yang menis membuat orang suka makan buah yang satu ini. Oleh karena itulah tidak heran jika banyak orang yang suka membeli keripik buah mangga ini.

Buah mangga sendiri memiliki berbagai macam jenis, dan setiap jenis nya memang memiliki tingkat kemanisan yang berbeda, dan serat nya juga berbeda ketika dimakan. Meskipun begitu semua jenis mangga tetap disukai oleh masyarakat.

Buah mangga seringkali dimakan secara langsung tanpa di olah, tapi ternyata banyak olahan dari buah mangga ini, salah satu nya adalah keripik buah.

Orang yang tadi nya hanya mengkonsumsi buah mangga secara langsung, saat ini mereka sudah bisa menemukan anek makanan dari buah mangga termasuk keripik mangga.

Keripik buah mangga yang merupakan camilan atau makanan ringan ini memang enak dan renyah, meskipun sudah di goreng dan tidak seperti buah, tapi keripik mangga masih mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh dan inilah yang menjadi kelebihan dari keripik buah, khusus nya buah yang digoreng menggunakan mesin vacuum frying.

Mungkin anda sudah sangat penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat keripik mangga?

Dan bagi anda yang ingin memulai usaha dari keripik buah mangga ini juga tidak ada salah nya karena dengan mudah anda bisa mendapatkan bahan baku nya dan ada banyak keuntungan yang akan anda peroleh dari keripik buah mangga ini.

Cara Membuat Keripik Buah Mangga

Dan berikut adalah ulasan tentang bagaimana cara membuat keripik buah mangga yang enak dan lezat:

Bahan Baku Keripik Buah Mangga

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan nya dan alat yang akan digunakan. Dan berikut adalah bahan untuk membuat keripik buah mangga:

  • Buah mangga yang sudah setengah matang sebanyak 10 kg
  • Minyak goreng berkualitas 3 kg
  • 350 gram gula pasir
  • 100 gram garam halus
  • 200 gram kapur sirih
  • Air secukupnya

 

Itu adalah bahan yang anda butuhkan untuk membuat keripik mangga, dan berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam membuat keripik buah mangga:

 

Cara Kerja Membuat Keripik Buah Mangga

  1. Kupas kulit buah mangga yang sudah setengah matang tersebut hingga bersih, kemudian iris sesuai ukuran yang anda inginkan. Sebaiknya ukuran tidak terlalu besar atau terlalu kecil.
  2. Campurkan kapur sirih dengan air secukup nya saja, kemudian aduk hingga merata.
  3. Setelah itu rendam buah mangga yang sudah di iris tadi ke dalam air kapur sirih dan tunggu selama 3 jam agar keripik menjadi renyah nantinya.
  4. Kemudian cucilah buah mangga yang sudah di rendam tadi dengan air bersih, pastikan bahwa buah mangga benar-benar bersih, setelah itu baru anda tiriskan hingga kering tanpa dijemur.
  5. Setelah buah mangga kering, anda masukkan buah mangga tersebut ke dalam mesin vacuum frying yang telah di isi minyak sebelumnya.
  6. Tunggulah hingga minyak yang anda masukkan ke dalam mesin tersebut tidak berbuih, itulah tanda bahwa keripik buah mangga sudah matang. Setelah itu anda bisa mengangkat nya dan meniriskan nya.
  7. Rebus gula pasir dan garam di dalam air mendidih secukup nya saja, aduk terus larutan tersebut hingga merata dan larut.
  8. Kemudian masukkan buah mangga ke dalam rebusan gula tersebut dan aduk hingga merata.
  9. Tunggu hingga keripik buah mangga mendingin.
  10. Keripik buah mangga siap untuk dikemas setelah mendingin.

 

Keripik buah mangga ini bisa anda kemas dalam bentuk rasa original atau di tambah rasa lain nya seperti di atas.

Sebenarnya untuk rasa dari buah mangga ini sudah sangat enak meskipun tidak di tambahkan perasa lain nya karena rasa dari buah mangga sendiri memang enak dan manis, jadi ketika digunakan sebagai bahan keripik, maka buah mangga ini akan memberikan rasa manis asli dan semakin renyah ketika dimakan.

Simpanlah buah mangga yang sudah jadi ini ke dalam wadah atau plastic yang tertutup rasapat agar makanan ringan ini bisa terjaga kualitas, rasa dan lebih tahan lama.

Karena anda membuat keripik buah ini menggunakan mesin vecum frying, jadi anda tidak perlu khawatir karena penggorengan menggunakan mesin vacuum frying akan membuat keripik buah anda lebih tahan lama meskipun tidak diberi pengawet.

Sedangkan kegunaan kapur sirih di atas adalah untuk membuat keripik menjadi lebih renyah ketika dimakan, untuk sebagian produsen memang tidak menggunakan cara tersebut dan memilih untuk langsung memasukkan buah yang sudah di iris ke dalam mesin vacuum frying, namun untuk anda yang ingin memiliki keunggulan dari segi kerenyahan, anda bisa mencoba nya terlebih dahulu.

Hal ini akan bagus untuk produk keripik mangga anda kedepan nya. Namun anda tidak bisa menggunakan nya pada buah yang memiliki banyak air seperti semangka dan lain nya. Selain itu anda juga harus tahu manfaat dari buah mangga itu sendiri.

Selain Keripik buah mangga, ada beberapa macam jenis keripik buah yang banyak dipasaran, dan memiliki potensi bagus, untuk detilnya bisa lihat di Artikel Aneka Macam Keripik Buah yg Populer ini.

Dan ada beberapa cara proses lain yang sudah kami siapkan, antara lain resep dan cara membuat keripik buah Pepaya, resep dan cara membuat keripik buah Nangka, resep dan cara membuat keripik buah Salak resep dan cara membuat keripik buah Apel.

E. Khasiat dan Manfaat Keripik Buah Mangga

Setelah belajar cara membuat keripik buah mangga, tentu anda juga harus tahu sebenarnya apa kelebihan dari keripik buah mangga dan buah lainnya. Kenapa anda harus memilih Usaha keripik buah? Dan seberapa banyak manfaat yang bisa di dapatkan tubuh ketika makan keripik buah?

Itu semua menjadi pertanyaan yang bisa di jawab dalam artikel kali ini karena memang buah mangga yang selalu menjadi pilihan para penggemar buah suka makan buah mangga, entah itu dalam keadaan dimakan secara langsung dalam bentuk buah atau setelah diolah.

Mangga adalah buah musiman yang hanya bisa dinikmati ketika musim nya datang, tapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa ada mangga ketika musim nya berlalu, tapi sangat jarang itu terjadi. Dan untuk mengatasi hal tersebut, para produsen keripik memilih untuk membuat keripik buah mangga agar orang yang ingin makan mangga bisa merasakan mangga dalam bentuk keripik buah mangga.

Keripik buah memang bisa bertahan lama sehingga lebih mudah untuk menyimpan nya dalam waktu yang lama.

Dengan adanya keripik buah membuat orang yang ingin makan buah mangga bisa memilih untuk membeli keripik buah mangga, hal inilah yang membuat keripik buah menjadi dalah satu camilan favorit keluarga. Selain rasa manis yang khas dari buah, aroma buah nya dan kerenyahan nya mampu membuat orang yang memakan nya merasa ketagihan.

Selain itu buah mangga juga menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari karena manfaat nya dan kandungan vitamin yang ada di dalam nya.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah mangga, anda tidak perlu lagi bingung ketika buah mangga belum musim nya Karena anda bisa mendapatkan manfaat dan kebaikan dari buah mangga melalui keripik mangga.

Kandungan yang ada dalam buah mangga memang tidak hilang dan selalu ada dalam keripik buah mangga, hal ini karena keripik buah mangga di olah menggunakan mesin vacuum frying yang bisa membuat kandungan dan nutrisi buah tidak hilang ketika buah tersebut berubah menjadi keripik.

 

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Mungkin anda ingin tahu sebenarnya apa saja khasiat dan manfaat buah mangga terhadap kesehatan tubuh manusia, oleh karena itulah kami akan memberikan ulasan tentang khasiat dan manfaat buah mangga yang tetap ada dalam keripik buah mangga:

 

  1. Kandungan Vitamin

Buah mangga memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap karena memang buah mangga memiliki vitamin E, vitamin C, karbohidrat, lemak, protein, kalsium, betakaroten, kalium, serat alami, seng, fosfor, dan masih banyak lagi. Semua kandungan di atas sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja vitamin C yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan mengurangi koleterol.

 

  1. Mengenyangkan

Kandungan karbohidrat yang ada dalam buah mangga juga masih ada dalam keripik buah mangga, yaitu mengandung karbohidrat yang bisa mengenyangkan sehingga ketika anda lapar, anda bisa menggunakan keripik buah mangga untuk mengurangi rasa lapar anda.

 

  1. Meningkatkan Memori

Asam glutamine adalah salah satu kandungan yang ada di buah mangga, sehingga ketika anda memakan nya, maka anda bisa meningkatkan memori otak anda. Ini sangat bermanfaat bagi anda yang pelupa atau anda yang ingin meningkatkan kecerdasan otak anda. kandungan protein nya juga akan membantu anda untuk  mengatasi masalah memori ingatan anda menjadi lebih bagus.

 

  1. Anti Kanker

Anti-cancerogenic serta mencegah kanker prostat, payudara, kolon dan penyakit leukemia. Hal ini tentu sangat baik karena penyakit tersebut bukanlah penyakit yang main-main dan anda bisa mendapatkan kebaikan dari buah mangga untuk mengobati penyakit-penyakit ganas di atas. Senyawa anti oksidan yang ada dalam buah mangga juga akan membantu anda untuk melindungi usus anda dari kanker usus yang bisa saja menyerang anda.

 

  1. Menurunkan Kolesterol

Mangga juga bisa menurunkan kolesterol karena mangga mengandung prebiotik serat makanan yang tinggi sehingga bisa membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol serum dalam tubuh anda, khusus nya Low-Density Lipoprotein atau kolesterol jahat.

 

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah mangga juga mengandung vitamin C dan dua puluh lima karotenoid yang berfungsi untuk menjaga system kekebalan tubuh anda agar tetap sehat dan kuat. Tentu dengan mengkonsumsi buah mangga secara teratur, anda bisa memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

 

  1. Menguatkan Tulang

Dalam buah mangga juga terdapat fosfor dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk tulang anda, bukan saja menguatkan, tapi kedua kandungan tersebut bisa membantu anda untuk tumbuh lebih cepat serta menjaga gigi anda untuk tetap kuat dan tidak mudah keropos dalam jangka waktu yang lama.

Itu adalah 7 manfaat dari buah mangga yang juga akan anda dapatkan dari keripik buah mangga yang digoreng menggunakan mesin vacuum frying.

Jadi selain rasa nya enak, keripik buah ini juga memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan orang yang memakan nya, meskipun masih mengandung lemak tapi lemak yang ada di dalam nya tidak akan membuat orang yang memakan nya gemuk sehingga anda tidak perlu khawatir pelanggan anda akan menghindar karena takut gemuk nantinya. Apalagi jika anda menggunakan minyak yang bagus, maka anda tidak perlu khawatir akan lemak yang ada dalam keripik buah mangga tersebut.

 

E. Kesimpulan Kenapa Usaha Keripik Buah Sangat Menguntungkan

BerUsaha keripik buah ini memang sangat menguntungkan jika anda sudah bisa menguasai dan melakukan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, namun untuk lebih jelas nya berikut adalah kesimpulan kenapa Usaha keripik buah sangat menguntungkan:

 

  1. Modal Cepat Kembali

Pada awal nya memang sudah dijelaskan bahwa modal adalah hal utama yang harus anda persiapkan, tapi modal cepat kembali ketika anda sudah belajar membuat keripik yang enak dan mampu menjual nya dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat.

Itulah kenapa bisnis ini sangat menguntungkan karena mesin vacuum frying yang anda gunakan juga merupakan mesin yang bagus sehingga kemungkinan untuk anda gagal membuat keripik sangatlah kecil, jadi anda hanya perlu memikirkan tentang pemasaran nya saja.

 

  1. Pasar nya Luas

Kabar baiknya adalah pasar di Indonesia ataupun luar negeri sangatlah luas untuk keripik buah ini sehingga anda tidak perlu khawatir bagaimana untuk menjual nya karena banyak sekali konsumen yang memang suka membeli keripik buah dan akan sangat mudah untuk anda menjual nya secara langsung atau lewat reseller anda. Jadi masalah untuk modal yang harus cepat kembali akan dengan mudah teratasi.

 

  1. Mesin Vacuum Frying

Nyatanya mesin ini bisa anda gunakan untuk berbagai jenis buah dan sayuran sehingga anda akan memiliki banyak sekali jenis keripik dan ini membuat pelanggan anda tidak akan bosan dan selalu ingin mencoba variasi keripik yang anda miliki.

Selain buah, keripik sayur juga bisa menjadi alternative untuk produk anda ini. Jadi mesin anda akan memiliki fungsi yang besar untuk pembuatan produk anda.

 

  1. Manfaat Keripik

Begitu banyak keunggulan keripik yang diolah menggunakan mesin vacuum frying sehingga anda bisa mendapatkan manfaat buah dari keripik yang anda produksi.

Tentu para konsumen lebih suka hal ini karena mereka ingin mengkonsumsi camilan yang kaya akan manfaat juga. Sehingga keripik buah merupakan salah satu cara untuk mereka mendapatkan manfaat dari buah.

Demikian informasi tentang panduan lengkap memulai Usaha keripik buah yang menguntungkan bagi anda, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda yang sedang bingung ingin memulai bisnis apa yang bisa dijalankan dengan modal minim dan bisa mendapatkan kembali modal dengan cepat. Semua bisnis itu bisa mendapatkan banyak hasil asalkan anda tahu cara memulai nya dan tahu cara memasarkan nya. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

By |2017-11-04T10:05:02+00:00Mei 26th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Panduan Memulai Usaha Keripik Buah Yang Menguntungkan

About the Author:

WhatsApp chat