Keripik Singkong Balado lezat ,penasaran? simak artikel berikut!

keripik singkong balado
Keripik Singkong Balado merupakan penganan atau jajanan yang sangat enak karena mempunyai rasa yang khas dan bervariasi. Ada yang balado, keju, asin, atau original. dan texture nya juga yang sangat renyah sehingga makanan ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan,kalian masih penasaran tentang fakta unik lainnya dari singkong?,simak artikel berikut.

Sejarah Singkong

Manioc (ubi kayu), dalam bahasa latin disebut Manihot Esculenta Crantz, sebenarnya berasal dari Brazil. Namun kini tumbuhan ini sangat akrab bagi kita dan sering dipandang sebagai makanan kelas bawah. Jika kita ingat sedikit tentang hari-hari penjajahan para bekas orang asing.

Indonesia pernah dijajah oleh Portugis, salah satu bangsa yang menjajah Indonesia. Portugis yang membawa tanaman asli Brasil ini ke Indonesia. Di daerah asalnya (Amerika Latin), umbi singkong merupakan makanan pokok karena diketahui umbi singkong memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Portugis tidak hanya membawa singkong, tetapi mereka juga mulai mengembangkan program penanaman singkong hingga singkong ditanam secara komersial, mengingat potensi yang dihasilkannya sangat besar.

Singkong merupakan tanaman yang mudah tumbuh, bahkan di daerah yang gersang yang tanahnya kurang hara (cukup untuk merekatkan bagian batang dengan ukuran tertentu). Tanaman ini bebas perawatan dan biasanya memiliki hasil yang cukup tinggi setelah 9 bulan tanam. Selain itu, potensi penggunaan semua bagian fasilitas ini sangat besar. 

Daunnya kaya zat besi dan sering digunakan sebagai sayuran. Bagian utamanya yaitu umbi-umbian memiliki kalori lebih banyak dari pada nasi, sehingga tujuan orang Portugis menghadirkan tanaman ini adalah menjadikan singkong sebagai makanan pokok bangsa Indonesia. Di beberapa daerah terbukti bahwa ubi kayu merupakan makanan pokok. 

Sejarah dan khasiat singkong di atas seharusnya menyadarkan kita bahwa singkong bukanlah makanan kelas bawah. Apalagi sekarang ini banyak sekali makanan olahan ubi kayu yang enak, bergizi, dan menarik.

Perbedaan antara Singkong, Kentang dan Talas

1. Bentuk

Ubi jalar berbentuk lonjong dengan kedua ujungnya meruncing. Seperti ubi, singkong berbentuk lonjong dan runcing di kedua sisinya. Hanya saja bentuk ubi kayu secara keseluruhan lebih ramping dibandingkan dengan ubi. Taro sekarang adalah bentuk yang paling umum dari keduanya.

2. Warna ke-2 nya

Ubi jalar memiliki berbagai macam warna. Ada yang putih, kuning, merah, atau ungu. Berbeda dengan ubi kayu yang bagian dalamnya hanya berwarna putih atau kuning. Sedangkan talas berwarna putih atau ungu. Talas putih sering disebut juga dengan talas bogor atau talas lengket. Sedangkan talas ungu dikenal dengan nama talas Pontianak.

3. Tekstur dan Rasa

Ubi jalar umumnya memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan ubi kayu. Dibandingkan ubi dan ubi kayu, talas memiliki tekstur yang “lebih padat”. Ubi jalar adalah yang paling manis dari ketiganya dalam hal rasa. Sementara itu, singkong lebih enak dan talas memiliki rasa paling lembut. Namun tekstur dan rasa juga berbeda-beda tergantung jenis atau varietas ubi jalar, singkong dan talas.

4. Makanan Olahan

Pada dasarnya ada banyak jenis makanan yang bisa dibuat dari ubi jalar, singkong, dan talas. Hanya saja kita perlu tahu jenis makanan apa yang akan kita buat. Dengan cara ini kita bisa menyesuaikannya dengan rasa dan tekstur dari ketiga jenis umbi itu.

Masakan kolak bisa menggunakan ubi yang teksturnya lebih rapuh. Gunakan ubi jalar merah untuk kentang goreng karena tidak mudah gosong saat digoreng. Jika Anda ingin membuat kue dan puding terlihat menarik, pilih ubi ungu.

Anda memilih Singkong atau Kentang ,sebagai pengganti Nasi?

Untuk menggantikan nasi putih, Anda bisa mengonsumsi 1,5 singkong. Meski singkong bisa menggantikan nasi putih, hati-hati cara mengolahnya. Agar tidak kehilangan khasiat baiknya, jangan menggoreng singkong dan menambahkan terlalu banyak garam agar enak.
singkong atau kentang ,sebagai pengganti nasi
Singkong sendiri sudah memiliki rasa yang alami dan hanya perlu diolah dengan cara dikukus atau direbus. Porsi bisa dicincang, dibentuk kembali, atau diparut seperti kentang tumbuk. Jangan lupa cuci dan kupas kulitnya terlebih dahulu, lalu masak hingga benar-benar matang untuk menghindari keracunan. Pemilihan ubi kayu atau kentang sebagai pengganti nasi pada dasarnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

Fakta Unik Seputar Manfaat Singkong

Singkong merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang telah lama dikonsumsi dan dikenal oleh banyak orang. Kandungan nutrisi dan karbohidrat yang tinggi pada singkong menjadikannya sebagai pengganti nasi. Singkong tinggi serat tetapi rendah kolesterol, kalori, dan gula. Sehingga sangat menyehatkan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Fakta Unik Singkong

Singkong terlezat diolah melalui pemasakan. Selain teksturnya yang halus dan rasanya yang tidak membosankan, singkong juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Padahal, olahan singkong masak kini telah dijadikan olahan kekinian.

1. Mencegah Osteoporosis

Singkong mengandung vitamin K yang mampu melindungi massa tulang dari keropos akibat osteoporosis. Vitamin K juga dapat mencegah kerusakan saraf pusat akibat Alzheimer.

2. Sumber Mineral Binaraga

Manfaat singkong terletak pada melimpahnya mineral seperti magnesium, mangan, dan zat besi yang berguna untuk pertumbuhan tubuh. Kalium pada singkong juga akan mengatur tekanan darah dan pembentukan sel dalam tubuh.

3. Baik untuk Pencegahan Anemia

Manfaat singkong terletak pada vitamin zat besi dan B kompleks, seperti riboflapin, yang merangsang pertumbuhan sel darah merah dan meredakan gejala anemia.

4. Singkong Kaya Serat

Hal ini menjadikan ubi kayu lebih baik sebagai makanan pokok karena mengandung banyak serat alami yang membantu proses pada pencernaan. Kalori yang terkandung dalam makanan pokok juga bisa dengan mudah dicerna dengan kandungan serat ini. Sangat aman bagi penderita penyakit maag demi menjaga kesehatan pencernaan dan menjauhkan penyakit berbahaya pada sistem pencernaan yaitu gejala kanker usus besar.

Kandungan Gizi dan manfaat Singkong

Kandungan nutrisi dan manfaat singkong

Singkong mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh. 100 gram singkong matang mengandung 112 kalori, 98 persen di antaranya berasal dari karbohidrat dan sisanya dari protein dan lemak. Dalam takaran yang sama, singkong juga mengandung serat, serta beberapa vitamin dan mineral.

1. Karbohidrat

Setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Karena itu, singkong menjadi sumber energi yang bagus untuk Anda yang sering melakukan aktivitas fisik yang berat. Aktivitas fisik memecah glikogen, suatu bentuk glukosa yang tersimpan pada otot. Saat Anda memakan singkong, karbohidrat terubah menjadi glukosa, yang kemudian mengubah lagi menjadi glikogen dan tersimpan pada otot. Jadi manfaat singkong untuk menambah tenaga itu sangat besar bagi tubuh.

2. Serat

Singkong mengandung cukup banyak serat untuk membantu mencegah sembelit. Serat juga membantu Anda menurunkan berat badan karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan seratnya membawa manfaat singkong untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, menurunkan risiko obesitas, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat singkong juga bisa didapatkan untuk anda yang memiliki penyakit diabetes. Makan singkong bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Ini karena serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah kita.

3. Mineral

Singkong kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi dan kalium. Mineral ini sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan dan fungsi jaringan tubuh. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi membantu membuat protein (hemoglobin dan mioglobin) yang membawa oksigen ke semua jaringan.

Sementara itu,  membantu juga pembentukan tulang, jaringan ikat, dan hormon seks. Kalium dibutuhkan untuk sintesis protein dan membantu memecah karbohidrat. Selain itu, singkong juga mengandung magnesium dan tembaga yang sangat tinggi. Magnesium dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko osteoporosis. Tembaga menjaga fungsi saraf tetap sehat.

4. Vitamin

Singkong kaya akan vitamin C, vitamin E, dan asam folat serta memiliki banyak manfaat. Kandungan ini menawarkan manfaat singkong yaitu melindungi dari kanker usus besar dan mengurangi resiko komplikasi selama kehamilan. Selain itu, vitamin C juga melindungi Anda dari berbagai penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker

Keripik Singkong Balado

makanan ini tentu sudah tidak asing bagi kalian kan? jelas makanan ini sudah terkenal di seluruh manca negara ,karena makanan ini bukan hanya lezat tetapi juga murah harganya.

Kripik singkong balado saking terkenalnya sudah banyak orang yang memproduksinya ,tapi dari banyak orang tidak semuanya lezat pasti memiliki rasa yang berbeda-beda, nah disini saya akan memberi tahu resep dan cara membuatnya agar singkong yang di olah memperoleh hasil yang memuaskan.

1. Resep Keripik Singkong Balado Pedas

Kripik Singkong Balado 

Bahan Keripik Singkong Balado :

  • 3 kg singkong
  • 0,75 liter minyak sayur

Bumbu Keripik Singkong Balado:

  • 200 gram gula merah
  • 120 gram gula pasir
  • 7 siung bawang putih
  • 50 g asam jawa larut dengan 50 ml air panas yang sudah tersaring
  • Asam atau cuka juga bisa juga
  • 50 ml air bersih
  • 400 gram cabai merah
  • 8 buah cabai rawit ukuran besar
  • 2 sendok makan minyak untuk menggoreng bumbu
  • 1 sendok teh garam

Langkah Membuat Keripik Singkong Balado:

  1. Goreng kentang goreng dengan api sedang sampai berwarna cokelat muda
  2. Siapkan bumbu yang perlu. Dan potong cabai menjadi dua agar tidak terlalu lama di dalam blender. Dan panaskan air untuk memasak cabai
  3. Saat air mendidih, masak cabai. Dan bila tekstur cabai sudah empuk, angkat dan biarkan mengering sehingga air cabai rontok
  4. Campur cabai yang sudah matang dalam blender. Tekstur sesuai selera bisa sedikit kasar atau sebaliknya jika sesuai selera masing-masing.
  5. Panaskan 2 sendok makan minyak. Tambahkan bawang putih giling, tumis sampai harum dan tambahkan cabai bubuk. Kemudian tambahkan 1 sendok teh garam.
  6. Tambahkan 50 ml air, 50 ml air asam jawa yang sudah disaring dan tambahkan gula pasir dan gula merah. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. Kurangi panas memasak hingga air berkurang (biasanya ditandai dengan gelembung yang semakin sedikit di permukaan). Aduk sesering mungkin pada tahap ini untuk menghindari bumbu masak yang tidak merata dan luka bakar.
  7. Bila bumbu sudah mengental, penyuka daun jeruk bisa menambahkan daun jeruk goreng. Aduk rata dan matikan kompor. Tambahkan kentang goreng dan aduk rata. Proses pengadukan harus cepat dan hati-hati. Karena chip akan cepat pecah jika didorong terlalu keras. Dan pencampuran bumbu dengan kentang goreng perlu dalam keadaan panas agar bumbu tidak menggumpal.
  8. Biarkan keripik mendingin dan masukkan ke dalam gelas. Mengatup. Jika Anda tidak menyimpan keripik, segera tutup stoples selagi keripik masih panas. Karena hal ini menyebabkan keripik berkeringat dan menempel pada mereka.

2. Resep Keripik Singkong Balado Manis Pedas

Keripik Singkong Balado Manis Pedas

Bahan Keripik Singkong Balado Manis Pedas :

  • 1,5 kg singkong
  • 1 sendok teh soda bubuk
  • 2/3 sendok teh garam (2 sendok teh untuk bumbu perendam dan setengah standar untuk saus sambal)
  • Air panas (bukan air mendidih)
  • 1/2 gula merah bulat
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 ruas asam jawa (peras dengan air panas, ambil airnya)
  • 10 buah cabai merah besar
  • 15 buah cabai rawit
  • 3 siung bawang putih

Langkah Keripik Singkong Balado Manis Pedas :

  1. Cuci singkong dan kikis singkong agar tidak mudah gosong pada bagian tepinya saat menggoreng. Kemudian potong tipis-tipis dan cuci lagi sampai airnya jernih (saya cuci sampai 5 kali) lalu tiriskan.
  2. Letakkan singkong dalam baskom / ember besar, lalu tuangkan air panas secukupnya hingga singkong benar-benar terendam. Taburi dengan soda bubuk + garam, aduk hingga rata, tunggu selama 30 menit atau hingga air mendingin.
  3. Singkong yang sudah direndam lalu tiriskan dan cuci bersih, lalu tiriskan.
  4. Jika singkong digoreng sedikit demi sedikit dengan minyak yang banyak, panaskan minyak dengan api besar (saya pribadi menambahkan 1-2 sendok makan air asin ke dalam wajan agar rasanya lebih gurih, dan juga di wajan berikutnya) jika demikian a sedikit kecokelatan atau agak renyah, tiriskan.
  5. Aduk cabai besar + rawit + bawang putih + bubuk cabai hingga halus.
  6. Goreng bumbu yang sudah halus hingga harum, lalu tambahkan garam + gula pasir + gula merah (yang sudah diiris sebelumnya), aduk hingga rata hingga kuah mengental. Jika sudah mengental, kecilkan api lalu masukkan singkong, aduk hingga singkong tercampur rata, lalu angkat dan sajikan

3. Resep Keripik Singkong Balado Daun Jeruk

Keripik Singkong Balado Daun Jeruk

Bahan Keripik Singkong Balado Daun Jeruk :

  • 1 kg singkong
  • 200 gr Cabai Setan
  • 50 gram gula merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 bawang merah
  • 20 lbr daun jeruk (cincang halus)
  • 500 ml minyak goreng
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • Kaldu bubuk

Langkah Keripik Singkong Balado Daun Jeruk :

  1. Kupas, cuci bersih dan tiriskan singkong
  2. Potong singkong tipis-tipis agar renyah ,potong dengan pisau
  3. Panaskan minyak dan goreng keripik hingga kering. Warnanya agak kuning. Angkat dan biarkan mengering. Goreng hingga kosong
  4. Haluskan bumbu halus, cabai setan, bawang merah, bawang putih, lalu goreng, tambahkan gula merah, kaldu bubuk, daun jeruk cincang halus, aduk hingga keluar harum dan minyaknya, lalu tambahkan air asam jawa, periksa rasanya
  5. Setelah matang, tambahkan kentang goreng dingin, kecilkan api dan hati-hati Lalu tuangkan 1lt air. Rendam selama 30 menit
  6. setelah 30 menit tiriskan air. Kemudian siapkan sepanci air untuk memasak singkong
  7. Setelah air mendidih, masukkan singkong. Biarkan mendidih sebentar, kira-kira 1 menit (Biarkan mendidih hanya 5 menit agar terlalu rapuh dan empuk)
  8. Setelah masak, angkat dan lalu tiriskan
  9. Siapkan banyak minyak untuk menggoreng singkong. Tambahkan singkong saat minyak sangat panas dan dengan api besar. Goreng dan aduk hingga tidak lengket dan gosong. Tiriskan keripik di atas handuk dapur atau saputangan
  10. Selanjutnya masak bumbu cabai. Panaskan minyak sebanyak 5 sendok. Masukkan bawang putih dan cabai, masak sebentar.
  11. Tambahkan gula (bisa tambahkan sedikit terlebih dahulu sesuai selera), jus lemon, dan garam. Tambahkan sedikit air untuk melarutkan gula.
  12. Pengecap untuk mengoreksi rasa. Masak terus cabai dengan api kecil sambil daduk sampai kental dan tidak lembab (masak sebentar sampai bumbu benar-benar kering). Matikan apinya.
  13. Saat cabai masih hangat, masukkan kentang goreng dan aduk perlahan hingga merata.dan sajikan

Dibalik hasil yang memuaskan terdapat peralatan yang handal saya sarankan jika anda ingin membuat kripik singkong balado ,gunakanlah mesin keripik singkong multifungsi dari rumah mesin, dijamin kerja kalian akan sangat terbantu dan menghemat waktu.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •