Home » Artikel » Artikel Proses » Keripik Wortel Alternatif Camilan Sehat Untuk Anak Anda

Keripik Wortel Alternatif Camilan Sehat Untuk Anak Anda

Keripik Wortel Alternatif Camilan Sehat Untuk Anak Anda

keripik wortel

Di zaman serba praktis sekarang banyak beredar makanan ringan
(camilan). Mudah sekali bagi anak-anak menemukan makanan ringan dilingkungannya. Tapi apakah semua camilan itu sehat bagi anak-anak? Tak jarang camilan tersebut  enak di lidah namun menjadi racun bagi tubuh karena memakai campuran zat kimia. Zat-zat kimia ini mengendap dalam tubuh dan lama kelamaan akan menimbulkan berbagai hal berbahaya untuk tubuh anak. Maka dari itu, di zaman sekarang ini sangat dibutuhkan suatu cemilan yang tidak hanya enak di lidah tapi juga memberi manfaat bagi tubuh.

Wortel merupakan sayuran yang dikenal karena kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Wortel adalah salah satu sumber makanan detoksifikasi yang mempunyai kemampuan untuk mengatur ketidakseimbangan dalam tubuh. Wortel merupakan komoditas sayuran yang banyak mengandung beta karoten yang merupakan prekusor vitamin A. Sebagai sumber vitamin  A berfungsi untuk membantu proses penglihatan. Vitamin tersebut merupakan bagian yang snagat penting dari penerimaan cahaya mata. Semua pigmen penglihatan mata dibuat dari rotein yang mengandung vitamin A.  Kekurangan vitamin A yang banyak terkandung dalam wortel dapat menyebabkan katarak dan kebutaan. Setiap tahun di Indonesia diperkirakan 60.000 anak Indonesia menderita gangguan penglihatan. Indonesia masih kekurangan vitamin A sekitar 1,5-13,9% yang pada umumnya diderita anak pra sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa selain bagi kesehatan mata, mengonsumsi wortel memberikan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh seperti untuk kesehatan pecernaan, kesehatan jantung, kesehatan kulit, mencegah kanker, mengontrol kolesterol dan masih banyak khasiat lainnya.

Wortel sebenarnya bisa lansung dikonsumsi mentah, namun karena tekstur dagingnya yang keras membuat kebanyakan orang mengolahnya terlebih dahulu agar lebih mudah dikonsumsi. Terlebih anak-anak biasanya tidak suka makanan yang keras. Umumnya, wortel diolah menjadi masakan untuk sehari-hari atau diolah menjadi jus wortel agar lebih lunak ketika dikonsumsi.  Namun, ada salah satu bentuk olahan wortel yang sangat praktis yang dapat menjadi alternatif para ibu untuk menyajikan olahan wortel yaitu keripik wortel.

Siapa yang tidak kenal dengan keripik? Pasti anak-anak  suka sekali terhadap camilan yang satu ini karena sensasi krenyes krenyes nya ketika dikunyah. Keripik wortel menjadi alternatif pilihan camilan yang sehat dan aman bagi anak karena selain sensasi krenyesnya juga  banyak manfaat yang diperoleh dari kandungan wortelnya. Olahan keripik wortel dapat menjadi andalan para Ibu untuk menyajikan camilan yang sehat bagi anaknya.

Cara pembuatan keripik wortel sangat praktis. Berikut tips-tips untuk membuat keripik wortel yang sehat dan lezat :

Cara membuat adonan keripik wortel:

  1. Wortel dikupas dan dipotong-potong menjadi kecil
  2. Kemudian wortel diblender hingga halus, saringlah wortel yang diblender dan diambil sari airnya.
  3. Haluskan bawah putih dan campur sari air wortel tersebut
  4. Masukkan juga tepung tapioka, tepung terigu dan garam, telur dan gula tepung.
  5. Aduk higga rata dan jangan terlalu lembek, jadilah adonan keripik wortel, jika kesulitan gunakan mesin pengaduk adonan.
  6. Kemudian bentuklah menjadi lonjong bulat atau kotak juga bisa.

Cara membuat keripik wortel :

  1. Potong tipis-tipis adonan tersebut.
  2. Keringkan dan jemur adonan tipis tersebut.
  3. Setelah kering, gorenglah dengan menggunakan mesin vacuum frying keripik wortel mentah tersebut
  4. Kurangi minyak pada keripik dengan mesin spinner.
  5. Keripik wortel siap disajikan.

Anda masih kesulitan menghasilkan keripik dari buah dan sayuran dengan kualitas yang baik? Gunakanlah Mesin vacuum frying dari Rumahmesin.com,   Keripik wortel dapat menjadi salah satu alternatif camilan sehat yang dapat disajikan para Ibu untuk konsumsi anak karena begitu banyak khasiat yang diberikan sayuran berwarna jingga ini bagi tubuh.  Selamat mencoba.

 

 

By |2017-10-27T10:42:41+00:00April 3rd, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Keripik Wortel Alternatif Camilan Sehat Untuk Anak Anda

About the Author:

WhatsApp chat