Hot..! Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wanita Terupdate

Mengulik Secara Lengkap Mengenai Manfaat Kopi Bagi Kehidupan Kita

Sebelum kita mengulik secara mendalam mengenai manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan, saya rasa kita perlu lebih dahulu mengetahui tentang akar dan pondasinya. Yang saya maksud disini adalah asal-usulnya. Siapa yang mengira bahwa biji dari pohon kopi yang berwarna merah dan hijau dapat disulap menjadi minuman hitam pekat dengan khasiat yang begitu banyak.

Asal-Usul Kopi dan Perkembangannya di Indonesia

Mengulik Secara Lengkap Mengenai Manfaat Kopi Bagi Kehidupan Kita 1

Sebenarnya, kopi merupakan komoditi asli dari daratan Afrika nun jauh di sana, dan bukan merupakan komoditas asli dari Indonesia. Tanaman kopi sendiri pertama kali ditemukan di Afrika dan setelah itu dibudidayakan dan tersebar ke berbagai pelosok belahan dunia.

Dahulu kala, tanaman kopi yang saat ini kita nikmati hasil olahannya dalam bentuk minuman awalnya tidak dikonsumsi dengan cara demikian. Pada awalnya, kopi hanya dikeringkan kemudian diseduh saja, baru setelah 500 tahun ditemukan, muncullah alat untuk menghancurkan biji kopi. Pada saat itu pengolahan kopi juga masih sangat sederhana.

Sejarah kopi yang ada di Indonesia juga tidak lepas dari peran Belanda sebagai penjajah. Hal ini dikarenakan bibit kopi pertama yang dibawa ke Indonesia merupakan bawaan dari pemerintah Belanda. Baru pada tahun 1700-an, kopi berhasil dibudidayakan di Indonesia. Sampai Indonesia merdeka, Belanda menjadi pemasok kopi terbesar di dunia.

Pasca penjajahan, semua perkebunan dan pabrik kopi yang semula dikuasai oleh pemerintah kolonial Belanda dinasionalisasikan dan menjadi milik pemerintah Indonesia. Jenis-jenis kopi yang ditanam pada saat penjajahan kebanyakan adalah kopi arabika dan robusta yang mempunyai daya jual rendah. Berkat kegigihan para petani kopi yang ada di Indonesia, akhirnya perkebunan kopi lambat laun semakin berkembang.

Setelah era tahun 2000’an, perkembangan kopi kembali melejit. Di tahun ini masuklah era modern kopi. Sejak saat itu, kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Apalagi olahan kopi sejak saat itu semakin bervariasi. Tidak hanya kopi hitam yang berasa pahit saja, namun sudah banyak kopi dengan rasa yang nikmat.

Pada tahun 2000’an ini, di Indonesia mulai ditemukan kopi jenis baru yaitu kopi luwak. Kehadiran kopi jenis baru ini membuat komoditi kopi di Indonesia semakin berkembang maju.


Manfaat Kopi

Banyak orang yang beranggapan bahwa kopi memiliki banyak efek samping yang dapat merugikan peminumnya. Disini saya akan memberitahu anda bahwa manfaat kopi jauh lebih banyak ketimbang kerugiannya.

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan konsentrasi. Tapi selain itu, kopi juga mengandung antioksidan dan nutrisi penting bagi tubuh, seperti riboflavin atau vitamin B2, asam pantothenic atau vitamin B5, magnesium dan niacin (B3), serta mangan dan potasium.

Tahukah kamu bahwa manfaat kopi dapat meningkatkan kecerdasan orang yang mengonsumsinya? Saya tahu ini mungkin sulit dipercaya, tapi coba baca dulu lebih lanjut. Kafein dari kopi akan diserap darah dan sampai ke otak—tempat kafein akan memblokir adenosine—sehingga neurotransmitters, seperti norepinephrine dan dopamine,bertambah. Alhasil, otak bisa bekerja maksimal. Kopi juga mendukung fungsi kognitif otak sehingga ingatan lebih kuat, mempertajam emosi, meningkatkan kewaspadaan, serta fungsi kognitif otak.

Selain itu, kopi juga dapat membantu tubuh dalam membakar lemak lho. Kalau kamu belum tahu, hampir setiap suplemen pembakar lemak selalu pasti mengandung kafein. Ini dikarenakan kafein adalah bahan alami yang telah terbukti sanggup membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3-11%.

Kopi juga dapat membuat kamu lebih bertenaga. Kadar adrenalin dalam darah dapat ditingkatkan oleh kafein. Kafein juga bisa menghancurkan sel lemak dalam darah dan mengubah lemak menjadi energi yang memberi tenaga bagi tubuh. Meminum secangkir kopi murni tanpa gula setengah jam sebelum berolahraga dapat membuat Anda lebih kuat menghadapi latihan fisik yang intens.

Ditambah lagi, kopi juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, membuat umur panjang, dan yang pastinya, manfaat kopi membuat hidupmu lebih bahagia. Nah, untuk detilnya yuk kita simak ulasan di bawah ini.


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Mengulik Secara Lengkap Mengenai Manfaat Kopi Bagi Kehidupan Kita 2

1. Meningkatkan Level Energi dan Membuat Kita Lebih Cerdas

Rasa lelah dapat dihilangkan dengan meminum kopi, sehingga hasilnya kita menjadi lebih enerjik. Manfaat kopi satu ini disebabkan oleh kandungan stimulan dalam kopi yang disebut kafein. Apabila kita meminum kafein, cara kerja otak akan terpengaruhi dan mendapat rangsangan. Efek ini menghasilkan level energi, suasana hati, serta kesadaran dan fungsi otak yang meningkat.

2. Membantu Membakar Lemak

Seperti saya katakan tadi di atas, bahwa banyak suplemen pembakar lemak yang memiliki kandungan kafein. Ini dikarenakan kafein yang merupakan satu dari sekian zat alami yang terbukti dapat membantu pembakaran lemak. Akan tetapi, manfaat kopi satu ini akan berkurang bagi orang yang sudah mengonsumsi kopi dalam kurun waktu lama.

3. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe-2

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan yang sangat besar. Saat ini ada sekitar 300 juta penderita diabetes di seluruh dunia. Penelitian menunjukan bahwa resiko para penikmat kopi untuk terkena diabetes tipe 2 adalah 23-50% lebih kecil dibandingkan dengan orang-orang yang tidak meminum kopi. Bahkan salah satu penelitian menunjukan penurunan sebesar 67%.

4. Melindungi dari Penyakit Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer adalah penyakit penurunan kemampuan saraf yang sangat umum dan penyebab utama dimensia di seluruh dunia. Umumnya penderitanya adalah orang tua dengan umur lebih dari 65 tahun. Sayangnya sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan Alzheimer.

Namun ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit ini, salah satunya dengan cara minum kopi. Beberapa penelitian menunjukan bahwa resiko peminum kopi untuk terkena Alzheimer adalah 65% lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang tidak meminum kopi.

5. Mengurangi Risiko Terkena Parkinson

Penyakin Parkinson adalah penyakit penurunan kemampuan saraf nomor dua setelah Alzheimer. Parkinson disebabkan oleh matinya saraf penghasil dopamin di otak. Sama halnya dengan Alzheimer, obat untuk menyembuhkan Parkinson juga masih belum ditemukan. Karena itu, sangat penting untuk mencegah penyakit ini. Penelitian menunjukan bahwa resiko peminum kopi untuk terkena Parkinson lebih rendah sekitar 32-60%.
Dalam hal ini, penurunan resiko ini tampaknya disebabkan oleh kafein.

6. Mengobati Depresi

Dalam suatu penelitian oleh Harvard yang dipublikasi tahun 2011, wanita yang meminum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari mempunyai peluang 20% lebih rendah untuk terkena depresi. Penelitian lain dengan peserta sebanyak 208.424 menunjukan bahwa orang yang meminum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari mempunyai peluang bunuh diri lebih rendah, yaitu 53% lebih rendah.


Manfaat Kopi untuk Kesehatan Wanita

Mengulik Secara Lengkap Mengenai Manfaat Kopi Bagi Kehidupan Kita 5

Berikut ini adalah manfaat kopi khusus untuk kesehatan wanita:

1. Melawan Depresi

Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara depresi dengan minum kopi. Apalagi pada wanita yang sering kali mendapatkan depresi oleh beberapa kegiatan sehari-hari. Kandungan kopi dapat membantu meminimalisir depresi. Bagi yang mengonsumsi kopi akan mengurangi 10% depresi daripada mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Meskipun kandungan kafein juga terdapat pada soda, akan tetapi penelitian ini tidak menemukan hubungan antara minuman soda dengan penurunan depresi dikarenakan kandungan gula yang terlalu tinggi. Sehingga untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat kopi sebaiknya kurangi kandungan gula yang berlebih.

2. Menghindari Stress Dan Putus Asa

Pada sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi maksimal 2 cangkir kopi per harinya dapat mengurangi risiko bunuh diri pada wanita. Aroma kopi diyakini mempunyai peranan dalam mengurangi stress karena memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. Meskipun demikian, para peneliti mengingatkan bahwa mengkonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiap hari akan merugikan kesehatan anda.

3. Menjaga Kesehatan Hati

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat membantu kesehatan hati. Konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan kanker.

Selain 3 manfaat di atas, terdapat juga manfaat kopi yang lain bagi wanita seperti membantu menurunkan berat badan, mempercantik penampilan, mengurangi risiko diabetes, risiko Alzheimer dan Parkinson, serta menangkal kanker kulit.


Manfaat Kopi Bagi Para Pria

Mengulik Secara Lengkap Mengenai Manfaat Kopi Bagi Kehidupan Kita 6

Selain dapat mengurangi risiko diabetes, memperlancar peredaran darah dan menghilangkan pusing, ternyata kopi juga dapat membuat pria terhindar dari gangguan disfungsi ereksi lho. Wow sekali bukan!

Pria yang mengonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari, yakni mengonsumsi kafein antara 85 miligram-170 miligram, sekitar 42 persen lebih kecil kemungkinan terkena disfungsi ereksi ketimbang mereka yang tidak minum kafein.

Para peneliti dari University of Texas, seperti dikutip girlfromcelebesonline.com dari The Mirror, menyatakan kafein yang memicu efek yang membuat arteri penis rileks dan meningkatkan aliran darah. Hasil penelitian ini dihimpun dari 4.000 pria dan menggunakan sekitar 24 jam catatan dan jumlah kopi yang dikonsumsi.

Selain itu, ternyata kopi juga bisa membuat sperma bisa berenang lebih cepat dan merangsang kesuburan pria. Penelitian ini berdasarkan survei 750 pria yang akan melakukan vasektomi.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan kelompok peneliti dari Universitas Sao Paulo, Brasil, pria yang rutin minum secangkir kopi setiap paginya memiliki sperma yang mampu berenang lebih lincah dibanding pria yang tak pernah minum kopi di pagi hari.

Ditambah lagi, mereka yang mengkonsumsi kopi secara rutin setiap harinya memiliki kualitas sperma yang jauh lebih sehat dibanding yang tak mengkonsumsi kopi.


Tidak hanya membuat sehat, manfaat kopi juga berlaku untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan lho. Simak disini resep-resep ampuh manfaat kopi untuk diet dan turunkan berat badan.

Manfaat Kopi dan Resep Turunkan Berat Badan

Mengulik Secara Lengkap Mengenai Manfaat Kopi Bagi Kehidupan Kita 3

Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih dan pengen kurus, kopi bisa jadi salah satu opsi kamu untuk menurunkan berat badan. Banyak sekali cara untuk diet, seperti mengonsumsi obat pelangsing, olahraga keras, maupun diet dengan ketat. Cara-cara diet seperti ini memang sangat menyiksa, dan bisa memperburuk kondisi tubuh kamu.

Nah, mungkin dengan cara diet dengan kopi ini akan mempermudah kamu dalam menjalankan diet. Asalkan kamu tahu cara mengonsumsinya yang baik dan benar. Kopi yang digunakan juga harus kopi murni dengan cara mengolah yang benar. Anda bisa gunakan mesin pengolah kopi untuk hasil yang bagus. Diet kopi merupakan salah satu manfaat kopi yang bertujuan untuk menghilangkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh dengan cara memasukkan kopi ke menu makanan sehari-hari.


Seperti yang kita semua sudah ketahui, kopi mengandung kafein. Dan kafein dapat membantu tubuh kamu mempercepat dan meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Alhasil, jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh semakin banyak.

Nah, jadi daripada kamu menghabiskan uangmu untuk membeli berbagai macam obat-obatan dan suplemen penurun berat badan, kenapa kamu tidak mencoba manfaat kopi untuk diet ini? Cara diet kopi ini terbilang sangat mudah, praktis, dan pastinya hemat.

Meskipun terdapat pro dan kontra terhadap manfaat kopi satu ini, namun terbukti banyak peneliti yang menggunakan metode diet kopi ini sebagai salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Nah, silahkan disimak caranya dibawah ini:

A. Setelah Sarapan

Setelah menikmati sarapan, anda dianjurkan untuk mengonsumsi kopi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi nafsu makan anda sehingga akan meminimalisir kemungkinan anda untuk mengonsumsi makanan secara berlebih pada waktu berikutnya.

B. Setelah Makan Siang

Setelah mengonsumsi kopi hitam setelah sarapan, mengonsumsi kopi hitam pada waktu makan siang juga menjadi suatu hal yang wajib kamu lakukan dalam menjalani diet ini. Fungsinya sama, yakni untuk menekan nafsu makan.

C. Setelah Makan Malam

Seperti sarapan dan makan siang, setelah makan malam pun anda dianjurkan untuk mengonsumsi kopi agar anda dapat terhindar dari kebiasaan ngemil dengan kudapan yang tidak sehat. Selanjutnya juga anda tidak boleh lupa untuk menggosok gigi agar gigi anda tidak terkena efek kuning dari meminum kopi.

D. Kurangi Krim dan Gula

Mengurangi konsumsi krim dan gula ketika menikmati kopi hitam untuk menurunkan berat badan merupakan hal yang wajib anda lakukan. Apabila anda menambahkan krim atau gula pada kopi dalam program diet anda, kalori anda akan meningkat. Hal ini dapat mengakibatkan penimbunan lemak dan kalori di tubuh dan membuat diet anda sia-sia.

E. Jangan Berlebih

Meskipun anda dituntut untuk menyertakan kopi kedalam menu makanan sehari-hari, lantas bukan berarti anda dapat mengonsumsi kopi secara berlebihan. Batasan yang cukup adalah dengan mengonsumsi kopi sebanyak 200 ml dalam setiap kali minum. Jadi total sekitar 600 ml per harinya.

F. Imbangi Dengan Minum Air Putih

Sifat diuretik yang dimiliki oleh kopi dapat membuat peminumnya kekurangan cairan. Maka dari itu, agar tubuh anda tetap terhidrasi, anda harus mengimbanginya dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per harinya.


Beberapa Fakta Tambahan Mengenai Manfaat Kopi dan Kafein

  • Kopi dikonsumsi setiap hari oleh 80% -90% populasi orang dewasa.
  • Bagi jutaan orang, kopi adalah gairah yang nyata.
  • Kopi adalah sebuah kenikmatan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Ada banyak kesalahan persepsi tentang sifat-sifat kopi dan efeknya pada kesehatan kita.
  • Orang-orang menyukai minuman yang mengandung kafein sejak zaman kuno.
  • Kopi mulai digunakan di Afrika sekitar tahun 575 AD, dimana biji kopi digunakan sebagai uang sekaligus dikonsumsi sebagai makanan.
  • Kandungan utama dari kopi, yakni kafein, ditemukan di lebih dari 60 tanaman yang berbeda.
  • Produksi kafein dapat dilakukan secara sintetis dan digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan, minuman dan minuman ringan.
  • Kafein juga digunakan dalam obat (biasanya dapat dibeli dengan menggunakan resep).

Sifat dari Kafein

  • Kafein adalah stimulan ringan. Orang-orang memiliki kepekaan yang berbeda-beda terhadap kafein. Meskipun banyak orang dapat minum beberapa cangkir kopi dalam satu jam dengan tidak mendapat efek samping, orang lain mungkin merasakan beberapa efek setelah meminum satu cangkir.
  • Setelah diserap oleh sistem pencernaan, kafein akan didistribusikan dalam tubuh dengan cepat. Kafein tidak menumpuk dalam darah atau tubuh dan diekskresikan normal beberapa jam setelah konsumsi.
  • Kafein meningkatkan kadar dopamin di otak. Dopamin membuat kita merasa lebih baik dan meningkatkan suasana hati kita.
  • Sifat penting kafein mempengaruhi sistem dan fungsi tubuh yang berbeda.
  • Kafein mempengaruhi otak dan pada kenyataannya merupakan stimulan sistem saraf pusat. Survei terbaru menunjukkan bahwa dosis sedang akan memperbaiki daya ingat.
  • Sistem kemih juga dipengaruhi oleh kafein. Ia memiliki sifat diuretic. Hal ini dianggap bahwa dalam dosis tinggi dan diuresis meningkat dapat menyebabkan dehidrasi. Itulah mengapa mereka yang minum minuman dengan konsentrasi tinggi kafein juga harus minum banyak air putih.
  • Pengonsumsian kafein juga dapat menyebabkan nafsu makan menurun.
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •