Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa, Manfaatnya Luar Biasa

usaha arang batok kelapa

Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa – Indonesia merupakan komoditas tanaman kelapa terpenting. Hampir setiap daerah menghasilkan pohon kelapa. Tanaman kelapa sudah dikenal masyarakat sejak lama sebagai tanaman yang memiliki berbagai fungsi dan kegunaan, mulai dari akar hingga daunnya.

Lokasi Indonesia berada di iklim tropis yang sangat cocok untuk penanaman pohon kelapa. Keberadaan pohon kelapa di daerah tropis ini dikarenakan pohon kelapa dapat hidup dimana saja walaupun struktur tanahnya berbeda-beda. Terdapat banyak pohon kelapa yang hidup di daerah pesisir, dataran, dan di daerah pegunungan.

Pemanfaatan pohon kelapa banyak dijumpai di sekitar kita. Mulai dari daun, batang, batang, buah, dll. Berbagai penelitian berhasil membuktikan khasiat bagian-bagian pohon kelapa. Namun masih ada bagian dari pohon kelapa yang perlu diteliti dan dikembangkan manfaatnya yaitu Tempurung kelapa.

Tempurung kelapa adalah bagian dari buah kelapa yang berbentuk endokrin, keras, dan dilapisi sabut kelapa. Bagian kelapa ini biasanya digunakan sebagai bahan kerajinan, bahan bakar, dan briket tempurung kelapa.

Tempurung kelapa yang diolah dapat menghasilkan nilai tambah yang sangat berharga. Tempurung kelapa memiliki potensi yang besar dan praktis dalam penggunaannya. Bentuk Tempurung kelapa yang bulat dan keras memudahkan para pengrajin Tempurung kelapa untuk membuat kerajinan tangan.

Saat ini yang menjadi pusat perhatian dan pemanfaatan terbesar dari Tempurung kelapa adalah sebagai penyimpan energi dengan dijadikan briket. 

 

Kandungan Tempurung Kelapa

membuat briket arang tempurung kelapa

Tempurung kelapa mengandung 75-95% karbon. Tempurung kelapa juga mengandung bahan lain, yaitu: H2O sebanyak 8,7%; nitrogen sebanyak 2,9%; oksigen sebanyak 7,0%; dan pH sebesar 6,4%.

Arang Tempurung kelapa dapat digunakan sebagai penyimpanan energi listrik, membuat briket arang Tempurung kelapa, pemurnian dan pemurnian udara, menyerap zat beracun, menurunkan kolesterol, mengikat nutrisi di udara, mempercepat pertumbuhan tanaman, dan penyembuhan luka.

Dari sekian banyak manfaat arang Tempurung kelapa, pemanfaatan yang paling efektif adalah menyimpan energi listrik. Daya serap arang Tempurung kelapa cukup tinggi, karena arang Tempurung kelapa memiliki diameter pori kecil, sehingga memiliki kapasitas internal yang luas.

Luas permukaan arang adalah 2 x 104cm2 per gram, tetapi setelah aktivasi kimia memiliki luas 5 x 106 cm2 hingga 1,5 x 107 cm2 per gram. Arang Tempurung kelapa adalah salah satu sumber energi alternatif dan merupakan toko energi yang ramah lingkungan dan dapat menunjukkan ekspresi bahan baku.

 

Manfaat Arang Tempurung Kelapa bagi Kesehatan

membuat briket arang tempurung kelapa

1. Sebagai Obat Dapat Ular

Manfaat arang Tempurung kelapa yang telah melalui proses yang sangat efektif digunakan sebagai penangkal racun.

Bisakah hewan ular seperti ular, laba-laba atau lebah dapat dibantu dengan menggunakan arang Tempurung kelapa baik dalam bentuk karbon aktif, tetapi juga bisa menggunakan arang yang masih arang biasa.

2. Sebagai Anti-Racun

Arang Tempurung kelapa adalah peredam racun yang sangat efektif. Racun dalam tubuh yang Anda dapatkan dari makanan dapat diserap secara efektif dengan mengonsumsinya.

Tetapi akan lebih baik menggunakan arang yang telah menjadi karbon aktif. Karena selain jauh lebih efektif, karbon aktif jauh lebih aman karena telah melalui proses yang memungkinkan salah satu bentuk arang ini aman bagi tubuh Anda.

3. Menurunkan Kolesterol

Tidak semua kolesterol harus dikeluarkan dari tubuh Anda, Anda tahu. Selain itu, kolesterol adalah kolesterol baik. Kolesterol jahat dan kolesterol baik dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Tetapi harus dalam tingkat normal dan tidak melebihi ambang normal. Untuk mengatasi kolesterol tinggi, karbon aktif dapat menjadi solusi efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

4. Membersihkan Sistem Pencernaan

Ingin pencernaan yang bersih dan lancar? Manfaat arang Tempurung kelapa dapat membantu membersihkan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Arang Tempurung kelapa dapat digunakan untuk mendetoksifikasi atau menghilangkan kotoran dan racun di organ pencernaan Anda.

5. Jauhkan dari Sakit Perut

Karbon aktif bisa sangat berguna untuk mengobati sakit perut. Seperti yang Anda tahu, karbon aktif yang terbuat dari Tempurung kelapa adalah media detoksifikasi yang sangat efektif.

Karbon yang dapat digunakan untuk mengobati sakit perut karena karbon aktif akan menyerap dan membantu mengeluarkan kotoran dan racun di usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan.

6. Sebagai Obat Inflamasi

Selain mengeluarkan racun dalam tubuh, arang Tempurung kelapa dapat berguna untuk mengurangi peradangan. Karena racun, bakteri, virus, atau penyebab peradangan lainnya dapat diserap dengan baik oleh karbon aktif yang berasal dari arang Tempurung kelapa.

7. Sembuhkan Luka

Selain mengobati infeksi, luka bernanah juga dapat diobati menggunakan karbon aktif. Caranya cukup sederhana adalah dengan menempelkan karbon aktif pada lukanya.

8. Untuk Mengobati Diare

Karbon aktif yang berasal dari arang Tempurung kelapa juga dapat digunakan untuk diare. Seperti diketahui, manfaat arang Tempurung kelapa, terutama dalam bentuk karbon aktif dapat membantu menghilangkan racun yang menyebabkan diare dan menyembuhkan diare.

9. Mencegah Mabuk dengan Arang Tempurung Kelapa

Arang Tempurung kelapa, terutama yang berbentuk karbon, dapat digunakan untuk mencegah mabuk setelah mengonsumsi bir atau minuman beralkohol lainnya. Ini telah terbukti banyak. Dan sangat disarankan untuk mencegah mabuk setelah mengkonsumsi minuman beralkohol.

10. Memurnikan dan Memurnikan Air

Karbon aktif dari arang Tempurung kelapa dapat digunakan untuk menyaring berbagai zat berbahaya yang dibawa oleh udara. Karbon aktif juga dapat digunakan untuk membersihkan air minum dan Anda dapat mengkonsumsinya setiap hari.

11. Arang Tempurung Kelapa Untuk Mempercantik Kulit

Karbon yang dapat digunakan untuk mempercantik kulit digunakan sebagai masker atau scrub. Karbon aktif menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan kulit dan menghilangkan kulit mati dan membuat kulit lebih cerah, putih dan lebih indah.

12. Untuk Menghilangkan Berbagai Penyebab Penyakit

Adanya racun dalam kebutuhan bisa menjadi penyebab berbagai penyakit. Penyakit yang dapat disebabkan oleh racun ini termasuk nyeri hati hingga gagal ginjal.

Bahkan racun yang menumpuk di dalam tubuh juga dapat menyebabkan depresi. Detoksifikasi tubuh dari racun dapat meminimalkan kemungkinan terkena berbagai penyakit yang tergolong parah.

 

Briket Arang Tempurung Kelapa

Briket Arang tempurung kelapa sampai kapanpun akan dibutuhkan, karena ia adalah salah satu alternatif penghasil energi yang ramah lingkungan. Konsumen dalam maupun laur negeri sangat prefer terhadap produk briket tempurung tersebut. Yang ingin berinvestasi, So jangan khawatir kehilangan pasar pembeli 🙂

Untuk membuat briket tempurung kelapa ada beberapa hal yang perlu disiapkan, antara lain bahan baku, alat dan mesin proses dan ilmu atau teknik membuat briket tempurung kelapa.

1. Bahan Baku

  • Arang Kelapa
  • Tepung kanji dan
  • Air

Untuk membuat arang, ada beberapa proses antara lain dengan cara pirolisis atau juga dengan pembakaran melalui drum tertutup. Bedanya adalah proses pirolisis akan menghasilkan asap cair, sementara pembakaran drum tertutup, asap dibuang keluar.

Baca Juga : Briket Sekam Padi yang Mudah Membuatnya

 

2. Alat dan Mesin

Untuk membuat briket arang, dapat dilakukan secara manual maupun otomatis, untuk membantu memperlancar proses produksi, mesin otomatis lah yang biasaya dipilih. Alat dan mesinnya antara lain.

  • Mesin Penepung arang / Diskmill
  • Mesin pencampur adonan
  • Oven briket arang
  • Mesin pencetak briket arang dan

3. Cara Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa

  • Pengarangan
    Tempurung kelapa dibuat arang dengan cara pengarangan manual melalui tong kemudian (dibakar) dan ditutup hingga hanya ada sedikit ventilasi pada tong arang tersebut.  atau dengan cara proses pirolisis, dimana tempurung dimasukkan ke dalam tangki pirolisis dalam keadaan tertutup, kemudian asap dikondensasikan hingga dapat asap cair.
  • Penepungan
    arang yang dihasilkan melalui pembakaran manual atau pirolisis kemudian ditepung menggunakan diskmill
  • Pencampuran media
    Tepung tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan lem kanji. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari  tepung tempurung kelapa.
  • Pencetakan Briket Arang
    Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan briket dan kemudian dilakukan pengovenan maupun penjemuran.

Referensi Mesin briket yang dapat dijadikan acuan pembuatan briket tempurung kelapa, dapat dilihat di mesin briket atau Alat Pembuat Briket berikut ini atau silahkan klik disini.

Untuk membuat briket dengan bahan yang berbeda, gunakanlah mesin briket arang yang akan membantu anda membuat briket unggul.

Keuntungan dari Briket Tempurung Kelapa

Briket Tempurung kelapa memiliki banyak keuntungan, yaitu:

  • Lebih murah dan
  • Tidak ada risiko meledak atau terbakar seperti kompor minyak tanah dan kompor LPG.
  • Panas tinggi dan terus menerus sangat baik untuk membakar yang membutuhkan waktu lama.
  • Ini tidak membuat kebisingan dan tidak terlalu waspada, sehingga tidak merusak peralatan
  • Ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan, terutama bagi ibu rumah tangga yang sering memasak di
  • Sumber briket dari Tempurung kelapa sudah

 

Keunggulan dari Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa

Berdasarkan penelitian, briket arang Tempurung kelapa memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan briket yang terbuat dari arang kayu atau bahan bakar lainnya. Simak deskripsi berikut ini.

Energi Terbarukan

Jadi yang saya maksud dengan energi terbarukan adalah energi yang bisa kita dapatkan dan berasal dari sumber daya alam, sekarang bahan baku ini adalah hasil dari proses alam yang berkelanjutan, sehingga tidak akan ada habisnya karena selalu diproduksi oleh alam.

Biomassa

Briket arang Tempurung kelapa termasuk dalam kategori biomassa. Biomassa sendiri adalah salah satu jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme hidup. Beberapa contoh sumber biomassa termasuk bahan bakar kayu, kelapa, limbah, dan alkohol.

Panas Maksimum yang Dihasilkan

Berbeda dengan briket batubara, ternyata tingkat panas yang dihasilkan oleh briket arang Tempurung kelapa cukup tinggi, mencapai 7000 kal. Jadi bahan bakar kalori yang tinggi membuat proses memasak kita matang dengan sempurna lebih cepat.

Tidak Beracun

Nah karena proses pembuatan briket arang Tempurung kelapa memang dibuat dengan proses alami, maka briket ini aman untuk kita gunakan.

Bahan tambahannya hanya tepung tapioka yang berasal dari singkong sebagai perekat adonan briket. Oleh karena itu, hal ini menjadikan briket arang Tempurung kelapa sebagai bahan yang aman dan tidak beracun.

Bebas Asap

Jika arang terbakar biasanya akan mengeluarkan banyak asap, misalnya kita bisa melihat apakah kita memanggang sate pasti asap yang banyak keluar, padahal satenya harum.

Namun berbeda dengan briket arang Tempurung kelapa ini. Ketika dibakar asap yang dihasilkan sangat sedikit bahkan hampir berasap, sehingga tidak mengganggu lingkungan.

Go Green

Ini adalah salah satu briket arang Tempurung kelapa yang paling terkenal. Go Green Energy adalah istilah untuk sumber energi ramah lingkungan.

Ya, seperti yang saya katakan sebelumnya, dengan keunggulan briket arang Tempurung kelapa yang terbuat dari bahan baku kelapa dan juga bahan tambahan tapiokaflour, maka jika dibakar tidak akan berasap, oleh karena itu briket arang Tempurung kelapa sangat ramah lingkungan.

Penggantian Batu Bara

Jika kita melihatnya,biasanya bahan bakar yang digunakan terutama untuk industri adalah batu bara. Namun seiring dengan perkembangan zaman, berdasarkan beberapa penelitian ternyata eksplorasi batubara yang masif akan sangat merusak alam.

Inaddition, ternyata batubara lebih mungkin dan diklasifikasikan sebagai beracun dihirup oleh manusia. Itu sebabnya briket arang Tempurung kelapa bisa menjadi alternatif solusi bahan bakar untuk batubara.

Waktu Pembakaran Yang Lama

Briket arang Tempurung kelapa memiliki waktu pembakaran yang lama atau waktu pembakaran, sekitar 2-3 jam non stop. Menjadikannya bahan bakar yang relatif efektif dan efisien.

Alternatif untuk Penggunaan Kompor Gas

Hampir semua dari kita selalu menggunakan kompor gas saat memasak, bukan? Apalagi sekarang harga gas terus naik dan kadang konsumsinya selalu menipis, kita frustrasi.

Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan teknologi dan perkembangan zaman, kini beberapa produsen briket arang Tempurung kelapa telah melihat potensi yang dimiliki dengan membuat kompor briket. Tujuannya untuk mengganti kompor gas yang digunakan rumah tangga hingga saat ini.

 

Bisnis Briket Arang

Kerang atau Tempurung kelapa sering dibuang di pasar tradisional. Infact, Tempurung kelapa dapat digunakan sebagai bahan baku untuk diolah menjadi arang. Briket arang Tempurung kelapa sebagai bahan baku setengah jadi juga dapat diolah kembali menjadi produk arang yang inovatif.

Bisnis briket arang Tempurung kelapa dapat Anda pilih sebagai salah satu alternatif bisnis yang dapat Anda jalankan dengan mudah di rumah. Memproduksi briket arang Tempurung kelapa di your home, bisnis briket arang Tempurung kelapa adalah ide yang dapat dikatakan sederhana dan mudah dilakukan.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis briket arang Tempurung kelapa terlalu besar, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk segera memulai bisnis briket arang Tempurung kelapa ini. Yang perlu Anda persiapkan dari awal adalah tekad yang kuat dan mental yang keras.

Seorang pengusaha harus memiliki mental yang tangguh untuk menjadi tangguh. Dia harus menanggung semua jenis uji coba karena bisnis tidak dapat dibangun dengan mudah tanpa kendala. Modal ini sebenarnya sangat penting bagi seorang pengusaha, terutama pemula.

 

Peluang Bisnis Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa

Jika memungkinkan siapkan Mesin Briket Arang Kelapa baru yang dapat dipesan Rumahmesin.com sehingga dapat menghindari kerusakan peralatan dalam proses produksi nantinya.

Apabila memungkinkan, tangani proses produksi usaha arang Tempurung kelapa ini sehingga tidak perlu membayar gaji karyawan. Namun jika proses produksi dan distribusi berikutnya berjalan lancar sesuai rencana, Anda hanya mulai merekrut karyawan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Untuk proses distribusi atau penjualan, Anda harus dapat memanfaatkan berbagai media di sekitar Anda. Apakah mungkin untuk menjual secara manual? Jika Anda tidak mendukungnya, Anda dapat memanfaatkan media lain seperti radio, printmedia, atau internet.

Untuk saat ini internet sudah merambah ke berbagai kalangan sehingga mungkin lebih cocok digunakan sebagai media pemasaran. Dengan internet, ini seperti memiliki toko atau outlet Anda sendiri dengan jauh lebih banyak pengunjung daripada toko manual.

Peluang untuk menjualnya akan lebih besar. Selain itu, arang jika Anda dapat bekerja dengan mitra atau perusahaan lain yang mendukung Bisnis Rumah Arang Tempurung Kelapa Anda.

Potensi pasar ekspor briket arang Tempurung kelapa masih besar. Di Eropa, cangkang arang diperlukan untuk memanggang daging (barbeque). Di Timor Tengah, arang cangkang banyak digunakan untuk “merokok” atau shisha.

Sementara di Asia, seperti Jepang dan Korea Selatan, briket arang cangkang digunakan untuk keperluan memasak di restoran.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •