5 Peluang Usaha Ternak Unggulan Untuk Bisnis Baru di Tahun 2021

Peluang Usaha Ternak Unggulan Untuk Bisnis Baru di Tahun 2021

peluang usaha ternak

Peluang Usaha Ternak – Ada banyak sekali sektor yang bisa di jadikan usaha apabila anda bisa melihat peluang tersebut. Peluang setiap sektor hampir sama keuntungan dan resikonya. Namun hal tersebut kembali kepada orang yang ingin melakukan usaha tersebut.

Sebenarnya syarata keberhasilan, sangat bergantung dari seberapa giat pengusaha tersebut menjalankan usahanya dengan baik. Semua bisnis sektor usaha bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa terkecuali asal mau melakukannya dengan benar.

Salah satu sektor usaha yang menjanjikan dan tidak banyak resikonya adalah sektor peternakan. Meskipun masih banyak sektor usaha yang bisa anda lirik, namun tidak ada salah nya jika anda mencoba sektor usaha peternakan. Karena memang usaha peternakan memiliki prospek yang bagus.

Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya kebutuhan pangan dalam sektor ternak yang belum bisa dipenuhi dengan baik. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan pangan atau hewan peliharaan dan ini menjadi peluang usaha yang bisa anda lakukan.

Dengan demikian, hasil panen yang anda miliki nantinya tidak akan kehabisan target pasar atau kehabisan pangsa pasar. Bahkan setiap individu, entah itu dari kalangan atas hingga menengah ke bawah selalu membutuhkan bahan pangan. Rakyat Indonesia bisa dibilang sangat konsumtif, sehingga anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk membuat nya sebagai peluang usaha anda.

Sektor ternak bagian mana yang memiliki peluang tinggi? Berikut ini kami ulaskan untuk anda 5 peluang usaha ternak terbaik 2016 di bawah ini:

1. Ternak Ikan Lele

peluang usaha ternak

Berternak ikan lele juga akan memberikan anda peluang yang besar. Apalagi seluruh lapisan masyarakat suka mengkonsumsi ikan lele karena memang harga nya yang murah dan juga rasanya enak. Jadi tidak heran jika masyarakat lebih suka mengkonsumsi ikan lele.

Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan menggunakan 2 metode, yang pertama anda bisa menggunakan alas terpal sebagai tempat ternak lele anda. Cara ini cukup efektif untuk menghemat biaya pembuatan lahan dan juga cara ini bisa memudahkan anda untuk memindah lahan kapan saja.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan atau membuat kolam dari beton. Tentunya hal ini lebih bagus karena anda tidak perlu mengganti terpal nantinya, dan tentunya akan lebih awet. Namun hal yang harus tetap anda perhatikan adalah tempat anda membuat kolam karena memang usaha budidaya lele ini bisa menimbulkan bau yang tidak sedap Sehingga anda perlu membuat kolam ikan lele anda jauh dari pemukiman warga.

 

2. Budidaya Ayam Petelur

pakan ayam petelur

Salah satu dari 5 peluang usaha ternak terbaik 2016 adalah budidaya ayam petelur.  Hal ini di karenakan hasil dari usaha budidaya ayam petelur ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya. Pangsa pasarnya pun sangat jelas dan cenderung selalu diterima dengan baik oleh pangsa pasarnya.

Hanya saja yang berbeda dari budidaya ayam petelur adalah investasi atau modal yang dibutuhkan cukup banyak. Hal ini tentu tidak menjadi masalah ketika anda sudah mengalami masa panen. Namun sebelum nya anda memang harus mengeluarkan modal yang cukup besar untuk pembuatan kandang yang bisa menampung seluruh ayam anda.

Kuantiti ayam juga harus banyak karena jika tidak, anda bisa mengalami kerugian karena memang waktu yang dibutuhkan untuk bisa panen juga cukup lama. Dan akhir-akhir ini memang diketahui bahwa pasokan kebutuhan telur ayam negeri memang masih kurang dan tidak memenuhi permintaan pasar yang relative tinggi dan selalu meningkat setiap tahunnya.

 

3. Budidaya Jangkrik

Peluang Usaha Ternak

Sebagian besar orang masih belum melirik bisnis budidaya jangkrik ini karena memang banyak yang belum tahu tentang peluang dari bisnis ini.

Saat ini permintaan jangkrik di pasar cukup meningkat, hal ini di karenakan cukup banyak nya hewan peliharaan seperti burung misalnya yang memang membutuhkan jenis pakan seperti hewan jangkrik.

Dan untuk memulai usaha ternak jangkrik ini sendiri tidaklah sulit karena memang lahan yang dibutuhkan tidaklah harus luas atau jauh dari pemukiman warga.

Anda hanya membutuhkan sebuah box atau kotak kayu yang diberi tutup rapat dengan ukuran tertentu. Dan untuk pemasaran nya, anda bisa menjualnya langsung kepada pemelihara burung atau kepada pemasok nya. Budidaya ini cukup mudah dan relative menghasilkan lebih cepat.

 

4. Budidaya Ayam Potong

Peluang usaha ternak yang ke 4 adalah budidaya ayam potong, selain telurnya, daging ayam juga banyak dicari oleh para konsumen karena ayam potong memang merupakan salah satu daging yang banyak disukai oleh konsumen nya. Permintaan pasar daging ayam potong juga selalu tinggi, meskipun sebagian masyarakat tidak mengkonsumsinya setiap hari.

Untuk memulai bisnis ini tidaklah berbeda jauh dengan bisnis ayam petelur tersebut, namun bisnis ini lebih mudah karena perawatan nya, system yang digunakan pada kandang nya dan lain sebagainya berbeda dengan ayam petelur yang relative lebih ketat.

Peluang ini akan menguntungkan jika anda bisa melakukan nya dengan benar karena target pasaranya sudah jelas dan selalu dibutuhkan oleh pedagang atau konsumen langsung.

 

5. Budidaya Domba Garut

Domba Garut

Baca Juga : Trik Agar Usaha Camilan Healtyfood Anda Dilirik Konsumen, Begini Caranya

Peluang usaha ternak terbaik 2021 yang terakhir adalah budidaya domba garut sang pemakan rumput, meskipun domba garut memang bukan merupakan bahan pangan yang dibutuhkan setiap harinya oleh masyarakat, namun pada acara tertentu dombar garut banyak dicari oleh masyarakat, contohnya ketika hari raya idul adha yang memang banyak orang yang akan berkorban mencari domba terbaik atau domba garut.

Untuk membuat pakan domba garut, gunakanlah mesin pencacah rumput multifungsi.

;

Peluang usaha ini bisa sangat menjanjikan bagi anda yang mau menekuninya, tidak menutup kemungkin juga bahwa banyak orang yang mencari domba garut untuk acara pernikahan atau acara akikah dan lain nya.

Bukan hanya daging nya yang banyak di cari, namun bagian kulit dari domba garut juga banyak di cari untuk kebutuhan fashion, oleh karena itu setiap bagian dari domba garut ini juga akan menguntungkan bagi anda.

Demikian informasi tentang 5 peluang usaha ternak terbaik 2016 yang bisa kami berikan untuk anda. Kelima peluang usaha tersebut akan sangat menguntungkan jika anda bisa menekuninya dan anda bisa memberikan pakan dan pemeliharan yang baik tentunya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •