Resep Bolu Jagung Panggang dan Kukus Yang Legit

Resep Bolu Jagung

Bolu memang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Bolu biasanya dijadikan teman minum teh,susu,kopi dan lainnya. Nih resep bolu jagung!

Bolu Jagung

Banyak resep bolu yang telah kita kenal, dan salah satu resep tersebut adalah resep bolu jagung. Resep bolu jagung sendiri merupakan salah satu resep olahan jagung berbentuk sponge cake dengan tambahan jagung, baik berbentuk biji jagung utuh, biji jagung giling, maupun perisa atau pasta jagung. Meskipun masih kalah populer jika dibandingkan dengan bolu coklat dan bolu pisang, bolu jagung tidak kalah enak dari kedua bolu tersebut. Resep bolu jagung memiliki banyak variasi sesuai keinginan. 

Resep Bolu Jagung

1. Resep Bolu Jagung Panggang

resep-bolu-jagung-panggang

Bahan-bahan:

  • 2 telur besar atau 3 telur kecil
  • 1 cangkir gula putih
  • 1 cangkir tepung serbaguna, diayak
  • 1/4 gelas air dingin atau susu
  • 300 gram biji jagung yang telah dipipil atau 1 buah jagung manis
  • 2 sendok teh baking powder
  • Sedikit mentega (opsional)

Cara Membuat Resep Bolu Jagung Panggang:

1. Siapkan Bahannya

Sebelum Anda mulai, siapkan semuanya bahan dan alat. Hasil bolu kedepannya berpengaruh dari kesigapan Anda dalam memanajemen waktu.

  • Ayak tepung kue ke tepung sebelum Anda mulai. Sisihkan sampai saat tepung dibutuhkan.
  • Panaskan lebih dulu oven ke 375ºF (190° C.)
  • Lapis wajan dengan mentega sebelum memulai. Sebagai pengganti mentega atau semprotan memasak, gunakan kertas perkamen. Kertas perkamen adalah kertas yang tahan minyak dan lembab. Saat menggunakan kertas roti, tidak perlu mentega atau semprotan memasak karena kue, kukis, atau makanan panggang lainnya tidak akan lengket. Ini juga membantu membersihkan loyang, karena Anda tidak akan memiliki sisa adonan untuk dicuci. Jika menggunakan kertas roti, potong selembar kertas menjadi bentuk dan ukuran bagian bawah wajan. Anda juga bisa melapisi sisi loyang dengan kertas, atau Anda bisa menggunakan semprotan memasak atau mentega.
2. Haluskan Jagung

Cuci bersih dan pipil jagung, lalu blender biji-biji jagung tersebut tanpa tambahan air hingga benar-benar halus. Jika tidak mau pipil jagung gunakan mesin perontok jagung.  Setelah biji-biji jagung sudah cukup halus, saring dan buang ampasnya. Campurkan 1 saset kental manis putih dan aduk hingga rata. Lalu sisihkan.

3. Pecahkan Telur ke Dalam Mangkuk

Kocok telur menggunakan mixer listrik. Anda dapat menggunakan mixer tangan standar atau mixer berdiri. Pastikan telur berada pada suhu kamar saat dimasak. Keluarkan telur dari kulkas 30 menit sebelum Anda mulai memastikan telur-telur tersebut bersuhu ruangan. Jangan biarkan telur-telur tersebut berada di luar kulkas lebih dari 30 menit.

4. Campurkan Gula ke Dalam Telur

Dengan menggunakan hand mixer, kocok sampai adonan berwarna kuning pucat dan bertekstur creamy. Anda juga bisa mencampur gula dan telur bersamaan dengan alat pengocok listrik.

5. Campur

Tambahkan air dingin ke dalam adonan dan kocok hingga rata. Masukkan tepung yang telah diayak dan jagung saat mixer masih menyala secara bergantian. Kocok hingga rata.

6. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Anda bisa menggunakan loyang bundar, Angel Food Cake Pan, atau loyang jenis lainnya.Untuk mencegah adanya gelembung udara di dalam adonan, hentakkan loyang secara perlahan. Panggang pada suhu 375ºF selama 30 hingga 35 menit.

7. Awasi Bolu

Tiap oven memiliki waktu panggang yang berbeda, sehingga jika bolu telah terpanggang selama 30 hingga 35 menit, Anda harus mulai mengawasi bolu tersebut. Periksa apakah bolu telah matang dengan menyentuh bolu secara perlahan-lahan dengan jari Anda. Tenang saja, titik bolu yang Anda tekan akan kembali seperti semula. Namun, jika Anda kurang yakin, Anda bisa menggunakan tusuk gigi atau garpu ke titik tengah bolu. Jika tidak ada adonan yang lengket pada tusuk gigi atau garpu, artinya bolu telah matang.

8. Diamkan Bolu

Keluarkan bolu yang telah panggang dari oven. Diamkan bolu selama 15 sampai 20 menit sebelum dikeluarkan dari loyang. Jika Anda melapisi loyang dengan mentega atau semprotan minyak, longgarkan tepi bolu dengan pisau, lalu balikkan bolu ke atas piring.

9. Sajikan

Anda bisa menyajikan bolu jagung ini dengan toping keju parut dan krim.

2. Resep Bolu Jagung Kukus

Bolu Jagung Kukus

 

Bahan Carlo atau Olesan Loyang:

  • Tepung Terigu 1 sendok makan
  • 1 sendok makan Mentega
  • Minyak goreng 1 sendok makan

Bahan-bahan Bolu Jagung Kukus:

  • 2 buah Jagung Manis berukuran sedang
  • 100 ml minyak makan
  • 200 gr Tepung terigu Segitiga Biru
  • 1 saset kental manis putih
  • 1 saset susu bubuk dancow putih
  • 4 butir Telur
  • 150 gr Gula pasir
  • 1/2 sendok teh Vanili bubuk
  • 1 sendok teh SP
  • 1/2 sendok teh Garam
  • Pewarna makanan berwarna kuning (opsional)

Cara Membuat Carlo :

  1. Masukkan dan campurkan semua bahan Carlo dengan perbandingan sama, yaitu 1:1:1.
  2. Aduk semua bahan hingga rata, lalu simpan di dalam kulkas.

Cara Membuat Resep Bolu Jagung Kukus:

1. Haluskan Jagung

Cuci bersih dan pipil jagung, lalu blender biji-biji jagung tersebut dengan tambahan minyak makan hingga benar-benar halus. Setelah biji-biji jagung sudah cukup halus, tuang ke dalam mangkuk besar dan jangan buang ampasnya. Lalu sisihkan.

2. Panaskan Kukusan

Tuang air secukupnya ke dalam panci kukusan. Nyalakan kompor dengan api besar dan letakkan panci tersebut diatasnya. Tutup panci agar panas terjebak didalamnya.

3. Siapkan Loyang

Oleskan bagian dalam loyang dengan Carlo menggunakan kuas. Anda bisa menggunakan minyak atau semprotan minyak sebagai pengganti Carlo. Namun, rasa bolu akan berbeda dengan bolu yang menggunakan Carlo sebagai pelumas loyang.

4. Ayak Tepung

Ayak dengan tepung perlahan ke dalam mangkuk besar. Campurkan tepung yang telah diayak dengan susu bubuk, lalu sisihkan.

5. Campurkan Bahan-bahan Bolu

Campurkan telur, garam, gula, dan SP. Mixer keempat bahan dengan kecepatan tinggi selama 5 sampai 12 menit, atau hingga bahan-bahan tersebut berwarna putih dan bertekstur kaku. Campurkan kental manis dan mix dengan kecepatan rendah sampai rata. Campurkan tepung yang telah diayak dan jagung yang telah dihaluskan ke dalam adonan tadi, dan mixer dengan kecepatan rendah atau aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata. Anda bisa menambahkan pewarna makanan yang berwarna kuning agar tampilan bolu lebih menarik.

6. Tuang Adonan

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah di olesi Carlo dengan perlahan. Hentakkan loyang dengan perlahan sebanyak 1 atau 2 kali agar gelembung-gelembung udara di dalam adonan keluar.

7. Kukus

Jika panci kukusan sudah cukup panas, masukkan loyang ke dalam panci. Ikat tutup panci dengan serbet agar embun air tidak menetes mengenai bolu. Pastikan panci sudah benar-benar panas saat dimasukkan loyang. Agar bolu tidak bergelombang, langsung atur api kompor menjadi sedang. Jika api kompor disetel berukuran besar selama pengukusan, permukaan bolu bisa pecah dan mengurangi nilai estetika bolu tersebut.

8. Tunggu

Kukus bolu selama 30 sampai 35 menit. Jika sekiranya bolu sudah masak, periksa apakah bolu telah matang dengan menyentuh bolu secara perlahan-lahan dengan jari Anda. Tenang saja, titik bolu yang Anda tekan akan kembali seperti semula. Namun, jika Anda kurang yakin, Anda bisa menggunakan tusuk gigi atau garpu ke titik tengah bolu. Jika tidak ada adonan yang lengket pada tusuk gigi atau garpu, artinya bolu telah matang.

9. Diamkan Bolu

Keluarkan bolu dari panci dan biarkan bolu didalam loyang sampai bolu cukup dingin. Jika bolu sudah cukup dingin, keluarkan bolu dari loyang. Beberapa adonan bolu akan tertinggal pada loyang. Namun, bolu yang loyang nya yang telah diolesi Carlo dapat keluar dengan mudah tanpa ada sisa di adonan loyang nya.

10. Sajikan

Anda bisa menyajikan bolu dengan toping keju parut dan krim vanila. Bolu kukus akan memiliki rasa yang berbeda dengan bolu panggang.

Bagi para pemula maupun yang sudah sering membuat bolu jagung, ada banyak hal yang perlu diketahui dalam pengaplikasian resep bolu jagung, baik resep bolu jagung panggang maupun resep bolu jagung kukus. Nah, berikut ini adalah beberapa tips dalam memasak bolu apapun, terutama bolu jagung.

Baca Juga : Cara Membuat Bolu yang Enak dan Nikmat

Tips Membuat Resep Bolu Jagung 

1. Tentukan Resep Bolu Jagung yang Ingin Anda Pakai

Beda resep, beda pula cara membuatnya. Sebelum mulai memasak, Anda harus yakin dengan pilihan resep bolu jagung yang akan Anda buat.

2. Pastikan Semua Bahan Berada Pada Suhu Ruangan

Telur yang dingin akan sulit untuk mengembang saat di kocok, begitu juga dengan bahan bolu lainnya. Jika bahan-bahan bolu berada di atas atau di bawah suhu ruangan, Anda harus membuatnya menjadi bersuhu ruangan. Anda bisa menunggu, memasukkan bahan yang panas ke dalam kulkas selama 1/2 sampai 1 menit, atau memanaskan bahan dingin dengan api kompor hingga mencapai suhu ruangan.

3. Perhatikan Penggunaan Margarin Cair

Jika Anda ingin menggunakan margarin cair untuk dicampurkan ke dalam adonan, jangan menggunakan margarin cair yang masih panas, tapi Anda harus menggunakan margarin cair yang hangat. Margarin cair yang hangat tidak akan membuat telur menjadi masak terlalu awal.

4. Penggunaan Wadah Adonan

Tiap resep bolu jagung dan bolu lainnya menggunakan wadah dan alat yang berbeda, tergantung jenis bolu dan kebutuhan. Wadah yang biasa digunakan untuk membuat bolu, baik bolu panggang maupun kukus ialah:

  • Loyang persegi panjang
  • Loyang lingkaran
  • Angle food cake pan
  • Cup kertas

Ingat, wadah-wadah tersebut harus digunakan secara tepat sesuai jenis resep bolu yang digunakan.

5. Bersihkan Peralatan

Gunakan peralatan yang bersih dan layak guna saat memasak bolu. Dan jangan lupa untuk membersihkan alat-alat tersebut setelah menggunakannya.

6. Waktu Mengocok Adonan

Jangan mengocok adonan terlalu lama atau terlalu sebentar. Sesuaikan waktu untuk mengocok adonan sesuai kecepatan mixer dan tekstur adonan yang diinginkan.

7. Penggumpalan Tepung

Mengayak tepung berfungsi untuk mencegah adanya tepung yang menggumpal. Tepung yang menggumpal akan membuat adonan akan lebih susah diaduk.

8. Mengatur Suhu Oven

Tips ini khusus untuk resep bolu jagung panggang dan bolu panggang lainnya. Tiap oven memiliki suhu dan waktu panggang yang berbeda. Namun, Anda hanya perlu waktu sekitar 5 sampai 10 menit untuk memanskana oven. Jangan lebih dari itu agar bolu tidak cepat gosong.

9. Perhatikan Jenis Jagung yang Anda Pakai

Tips ini khusus untuk resep bolu jagung panggang dan kukus. Anda bisa menggunakan jagung utuh, jagung yang telah dipipil, pasta jagung, maupun perisa jagung. Tiap-tiap bahan tersebut memiliki fungsi, rasa dan membuat hasil bolu yang berbeda. Sesuaikan penggunaan bahan-bahan ini sesuai takaran, jangan berlebihan.

10. Perhatikan Takaran Bahan

Tidak hanya bolu, semua jenis kue kering dan basah lainnya juga tidak toleran dengan bahan yang kurang atau lebih, seperti ukuran telur dan massa tepung. Tentukan takaran masing-masing bahan yang akan Anda gunakan untuk membuat bolu. Takaran yang berbeda akan menghasilkan kualitas dan rasa bolu yang berbeda juga.

Sekian dulu pembahasan kita tentang resep bolu jagung panggang dan kukus, beserta tips-tips nya. Semoga, artikel resep bolu jagung ini bermanfaat bagi para pembaca dan mudah untuk diaplikasikan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •