Resep Cold Brew yang Mudah, Murah, dan Simpel

resep cold brew

Cukup mudah untuk membuat kopi karena terdapat banyak alat untuk membuatnya. seperti resep cold brew berikut ini…

Pengertian Cold Brew

resep cold brew

Cold brew atau seduh dingin adalah salah satu metode menyeduh kopi yang sedang digemari saat ini. Ada banyak cafe yang menghidangkan kopi ini sebagai salah satu menu andalan di cafe mereka, begitu pula permintaan-permintan yang semakin meningkat setiap harinya.

Teknik cold brew ini sebenarnya sudah digunakan di Jepang sejak berabad-abad lalu, tetapi teknik seduh ini terkenal karena tampilannya kopi yang lebih soft dan lebih tasty.

Kopi menggunakan metode Cold brew memiliki rasa asam yang sedikit, sehingga banyak orang mengatakan bahwa kopi ini mempunyai rasa yang sedikit lebih manis jika dibandingkan dengan kopi lainnya.

Dengan rasa asam yang sedikit membuat umur simpan kopi cold brew menjadi lebih lama (sekitar satu bulan) jika dibandingkan dengan kopi lainnya .

Cold brew ini memiliki perbedaan dengan kopi yang dihidangkan dengan es (iced coffee). Jika kopi cold brew sama sekali tidak menggunakan air panas dan tidak memanaskan kopinya, sedangkan kopi pada iced coffee diseduh menggunakan proses pemanasan dan mengalami penurunan suhu.

Cold brew ini merupakan kopi yang sangat mudah jika dibuat di rumah anda. Hanya menggunkan air dingin, kopi yang bertekstur kasar, dan waktu seduh selama satu malam.

Alatnya sendiri cukup menggunakan toples dari kaca, mangkok berukuran besar, saringan dan kertas saring, maka sudah bisa mendapat dan membuat kopi cold brew dirumah.

Untuk proses cold brew ini membutuhkan waktu yang cukup lama, waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 18 hingga 24 jam.

Hal tersebut disebabkan oleh proses ekstraksinya yang tidak sebanding dengan kopi yang diseduh dengan cara pada umumnya.

Kopi cold brew juga memiliki keunggulan tersendiri, yaitu bebas ampas kopi karena dalam proses pembuatan, kopi sudah disaringan berkali sehingga ampas kopi dapat terpisahkan.

Keuntungan Menggunakan Metode Cold Brew

Metode cold brew termasuk gampang dilakukan, jadi kita dapat membuat sendiri. Karen proses ektraksinya yang cukup lama, menyebabkan cold brew mempunyai rasa asam dan pahit yang sedikit.

Jadi cukup aman diminum bagi orang yang menderita asam lambung tinggi. Dan saat proses ekstrasi itu pula kopi dapat menghasilkan rasa manis secara alami.

Untuk penyimpanan, cold brew memiliki masa simpaan yang sedikit lebih lama karena disimpan dalam lemari es dan masih bisa mendapatkan kualitas terbaiknya.

Kopi cold brew ini dapat disimpan paling maksimal selama 2 minggu.

Perbedaan Kopi Diseduh Panas dengan Cold Brew

Yang pertama adalah pada waktu penyeduhannya yang berbeda. Jika diseduh panas hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Sedangkan cold brew membutuhkan waktu selama satu malam untuk proses ekstrasinya.

Kedua, cold brew membutuhkan banyak bubuk kopi dan harus kasar, sedangkan pada kopi panas lebih sedikit bubuk kopinya dan tidak kasar.

Ketiga, cita rasa yang dihasilkan pun jelas berbeda. Pada cold brew memiliki rasa yang sedikit asam dan pahit.

Baca Juga: Cara Membuat Coffee Yang Enak Ala Cafe

Alat-alat untuk Membuat Resep Cold Brew

resep cold brew

Jika tertarik untuk membuat kopi seduh dingin atau kopi cold brew ini, terdapat beberapa alat pembuat kopi seduh dingin yang cukup mudah digunakan. Berikut adalah contohnya;

1.)  Toddy Cold Brew

Alat memiliki 2 komponen utama : Pertama brewing container yaitu tempat yang digunakan untuk menyeduh kopi dan yang kedua adalah glass decanter untuk menampung hasil seduhan.

Bentuknya cukup sederhana, cara pemakaiannya juga cukup mudah. Yaitu dengan menambahan bubuk kopi yang akan digunakan ke dalam penampungnya, tidak harus  diaduk, hanya dibenamkan dengan gerakan lembut. Kemudian diamkan selama kurang lebih 8-12 jam.
Karena cara pemakaiannya yang cukup mudah dan simpel dengan hasil seduhan yang cukup memuaskan,  tidak heran jika alat ini bisa menjadi alat favorit dari banyaknya para pecinta kopi.

2.) Hario Mizudashi coffee pot

Alat ini memiliki dua bagian yang terintegrasi dengan pitcher berukuran sekitar 1 liter, Mizudashi dari Hario ini membuat proses cold brewing menjadi sangat mudah.
Hanya perlu mengisi bubuk kopi pada filter basket,kemudian tuangkan air dan didiamkan kurang lebih selama 9-24 jam. Mizudashi juga mempunyai filter permanen yang memudahkan ketika dibersihkan.

3.) Body Brew Bod

Bentuk body brew bod ramping seolah-olah semakin menegaskan kesan yang stylish. Meski demikian, alat cold brew ini tidak lupa denan sisi kualitas kopinya.
Body brew ini tidak mudah tumpah, pecah, atau boco, bahkan bisa juga dibawa kemana-mana. Alat ini juga memiliki filter stainless steel di dalamanya yang tahan terhadap karat dan tidak mengakibatkan korosi.
Bod juga banyak dipercaya mampu mengurangi kadar bitter-acids dan cafesfol (sejenis komponen minyak kopi) yang membuat minuman seduhannya menjadi lebih ramah untuk jantung atau lambung.

4.) Brewover Cold Brew

Alat ini memiliki konsep yang memadukan antara V60 dan Chemex yang menurut produsennya dapat memaksimalkan fungsi dari penyeduhan kopi.
Ditambah lagi dengan adanya control valve yang unik dan dapat memberi kendali penuh saat sedang menyeduh dan menghindari segala kesulitan saat seduhan kopi telah selesai.

5.) Primula Cold Brew

Alat seduh ini dapat dibilang mirip dengan one-stop-tool untuk membuat cold brew. Cara kerjanya juga hampir sama dengan brewer yang di atas tadi.
Cara penggunannya cukup memasukkan bubuk kopi, air, dan biarkan agar kopi terseduh dengan sendirinya. Carafe-nya tersusun dari bahan borosilicate glass yang tahan dengan perubahan suhu.

6.) OXO Good Grips

Desain oxo good grips cukup modern dan cukup jenius juga untuk digunakan sebagai penyeduh kopi. Pada bagian reservoir atas, ada secorak filter yang memiliki fungsi seperti sistem rainmaker sehingga saat menuangkan air, air akan jatuh dengan merata ke seluruh bagian kopi.
Brewer ini juga dilengkapi dengan saklar yang ccukup ditekan untuk memulai proses dripping ke server bawah. Untuk menghentikan drippingnya, cukup menekan balik. Sangatlah otomatis.

7.)  Filtron Cold Brewer

Alat seduh yang satu ini cukup banyak digunakan di kedai-kedai kopi, salah satu contohnya adalah Stumptown dan Blue Bottle.
Filtron sendiri terdiri dari satu buah pot yang digunakan untuk menggabungkan bubuk kopi dengan air dan menggunakan sebuah filter pada bagian bawahnya.
Saat kopi sudah dirasa cukup, kita cukup menarik steker kecil pada bawahnya agar bisa mengalirkan konsentrat kopi.
Konstruksinya solid, desainnya cukup sederhana, dan hasil seduhannya banyak. Tidajk heran jika cold brewer banyak dipakai di kedai-kedai kopi.

Macam-macam Resep Cold Brew

resep cold brew

1.) Resep Cold Brew Menggunakan French Press

French press adalah salah satu alat seduh kopi yang paling umum dan jiga  bisa digunakan untuk membuat kopi cold brew. Berikut adalah cara untuk membuat culd brew menggunaakn french press;

Bahan yang dibutuhkan :

  • French press.
  • 30 gr bubuk kopi medium. (atau seseaikan ukuran french pressnya)
  • 300 gr air mineral dingin/suhu ruangan.
  • Timbangan.

Cara Membuat :

  1. Sedikan french press dan timbangan.
  2. Masukkan kopi yang sudah disiapkan ke dalam french press.
  3. Tuang air mineral ke dalam french press kutang lebih 80 gr.
  4. Lalu, aduk selama 20 detik hingga merata.
  5. Kemudian, tambahkan air sampai 300 gr.
  6. Letakkan plungernya dan simpan dalam kulkas selama 12-13 jam.
  7. Jika sudah 12 jam, pindah kopi dari french press ke wadah yang lain untuk menghentikan proses ekstraksinya.
  8. Nikmati kopinya bersama batu es.
  9. Selesai.

2.) Resep Cold Brew Menggunakan Hario Mizudashi Coffee Pot

Bahan yang dibutuhkan :

  • Pot mizudashi
  • 80 gr bubuk kopi medium.
  • 500 gr air mineral dingin/suhu ruangan.

Cara Membuat :

  1. Giling biji kopi menggunakan messin pengilig kopi pada ukuran medium coarse (cukup kasar saja) kurang lebih 80 gr.
  2. Masukkan bubuk kopi ke bagian strainer (saringan) Mizudashi. Pasang strainerke pot.
  3. Tuang air dingin sebanyak 500 gr.
  4. Aduk kopi secara perlahan agar kopi dan air bisa tercampur seluruhnya. Jangan gunakan benda-benda yang berujung tajam saat mengaduk agar tidak merusak filternya.
  5. Tutup pot Mizudashinya. Kemudian masukkan ke lemari es. Waktu pas untuk ‘merendam’ kopi cold brew pada umumnya adalah 8-12 jam, tapi lamanya pendinginan ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
  6. Jika sudah, keluarkan Hario Mizudashi coffee pot dari lemari es. Copot bagian saringannya (strainer), jika ingin membiarkan saringan di dalam pot setelah ekstraksi, maka rasanya akan menjadi lebih pekat dan lebih pahit.
  7. cold brew coffee siap dinikmati.

3.) Resep cold brew ala rumahan

Alat dan bahan :

  • Botol atau toples kaca
  • Saringan
  • 100 gr kopi giling
  • 800 ml air dingin/suhu ruangan

Cara membuat :

  1. Masukkan kopi giling dan juga air ke dalam botol atau toples kaca.
  2. Simpan di lemari pendingin selama 8-12 jam.
  3. Keluarkan dari kulkas dan saring lalu buang ampasnya.
  4. Cold brew sudah siap disajikan.

Kesalahan Dalam Membuat Resep Cold Brew

Untuk membuat kopi cold brew sebenarnya mudah sehingga mampu dipraktekkan sendiri di rumah. Alat yang digunakan juga tidak harus canggih seperti yang ada di kedai-kedai kopi professional, cukup menggunakan Mizudashi ukuran kecil kita sudah bisa membuat cold brew sendiri.
Meski pun untuk membuat kopi cold brew itu cukup gampang, tapi masih ada saja kesalahan yang terjadi saat membuat kopi cold brew ini.
Berikut adalah beberapa kesalahan dalam pembuatan kopi cold brew:

1. Salah Memilih Kopi

Kopi itu memang soal selera. Tapi ada “norma” yang harus diperhatikan supaya rasa kopi cold brew yang diseduh nantinya tidak berakhir dengan rasa kecut menggetar.
Salah dalam memilih kopi dapat mencakup banyak faktor. Contohnya, kopi yang dipilih itu kopi robusta yang digiling terlalu halus dan dark roasted.
Mungkin, karena inilah masyarakat Turki menyebutnya dengan “strong as death”. Perlu diingat juga, bahwa prinsip dari cold brew yaitu direndam selama berjam-jam lamanya.
Maka pilihlah biji kopi yang ketika direndam selama berjam-jam dapat mengeluarkan karakter-karakter ajaib yang ada pada bijinya.

2. Kualitas Air

Air juga dapat memengaruhi kualitas dari rasa yang akan dihasilkan oleh cold brew ini. Jika bisa apasaja, para juara Barista Championship tidak akan susah-susah membawa air sendiri ketika berkompetisi.
Saat menyeduh kopi, sebaiknya perhatikan agar air yang akan digunakan tidak mengandung terlalu banyak alkaline atau chlorine.
Air mineral memang yang bagus, tetapi air yang difilter umumnya dapat meningkatkan rasa dari hasil seduhan kopi dan menjadi setingkat lebih nikmat.

3. Waktu Ekstraksi yang Terlalu Panjang

Baiknya, waktu ekstraksi yang digunakan untuk membuat kopi cold brew rata-rata adalah 8-12 jam. Bukan 12 hari. Bubuk kopi yang direndam semakin lama, pasti akan berasa semakin enakkan.

Belum lama ini, seorang penggemar kopi begitu bersemangat bercerita bahwa ia sedang membuat cold brew, tapi waktu untuk ekstraksi yang ia pakai lumayan panjang, yaitu sekitar 10 sampai 12 hari.

Dan ujung-ujungnya dia tanya, “Kok rasanya kayak ada kandungan alkoholnya, ya?”

4. Menyeduh Dengan Air Panas lalu Dimasukkan ke Kulkas

Ini adalah yang paling kacau sekali. Inti dari cold brewing menurut ahli kopi adalah untuk mengeliminasi kadar keasaman pada kopi.

Jadi air yang dipakai untuk menyeduhnya adalah air dingin atau air yang bersuhu ruang. Air yang dingin tidak akan ikut mengekstraksi keasaman dari kopi dan sebaliknya, jadi menonjolkan sweetness dan karakter lembut dari kopi.

Menyeduh kopi dengan air panas kemudian dimasukkan ke dalam kulkas, tentu sama sajadengan membuat iced coffee.

5. Mencampur Dengan ‘Ramuan Lain’

Contohnya, mencampur hasil seduhan menggunakan sirup lychee atau gula sebelum didinginkan pada lemari pendingin degan tujuan untuk menjadikan kopi cold brew-nya terasa sedikit lebih ‘manis’.

Membuat cold brew sebenarnya cukup mudah, karena tidak semua biji kopi dan single origin cocok untuk dijadikan kopi cold brew.

Tapi itulah seninya. Kita harus pandai memilih biji kopi apa yang ketika diseduh cold brew, agar cita rasa atau karakter yang akan dihasilkan bisa menakjubkan tanpa harus mencampurkan gula atau pemania lainnya.

6. Salah Penyimpanan

Misalnya, disimpan pada wadah atau botol bekas menyimpan bumbu dapur atau bekas rendang. Tentu tidak bagus jugakan jika cold brewnya berasa bumbu.

Sebaiknya, pilih botol yang bersih dan tidak memiliki bau atau aroma apapun supaya tidak mempengaruhi hasil rasa dari kopi cold brew.

7. Gilingan yang Tidak Tepat

Karena direndam dalam waktu yang lama dan notabene proses ekstraksinya juga lumayan panjang, sebaiknya sebelum menyeduh cold brew, giling kopi dalam level medium.

Kopi yang terlalu halus/fine akan menyebabkan rasa cold brew menjadi semakin intens dan kuat. Kecuali jika kalian menyukai karakter yang demikian, tentu saja boleh dicoba.

Manfaat dari Kopi Cold Brew

Proses menyeduh kopinya yang berbeda ini menyebabkan sejumlah khasiat luar biasa bisa diperoleh dari mengkonsumsi minuman jenis ini. berikut adalah manfaatnya:

1. Meningkatkan Mood Secara Efektif

Kafein yang dihasikan pada kopi cold brew ini memiliki kemampuan tidak hanya untuk menjaga fokus tetapi juga untuk meningkatkan, mood terutama saat kita kurang tidur.

Penelitian yang dilakukan kepada 370 ribu orang menyatakan bahwa orang yang meminum kopi memiliki tingkat depresi yang lebih rentah.

2. Meningkatkan Metabolisme

Semakin tinggi metabolisme tubuh seseorang, semakin banyak pula kalori yang terbakar saat kita beristirahat. Kopi dipercaya dapat meningkatkan metabolsme tubuh seseorang sampai 11%.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam segelas kopi cold brew terkandung senyawa yang mampu melawan kondisi yang mempengaruhi jantung, seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri koroner lainnya.

Senyawa yang ditemukan dalam kopi dingin mampu meningkatkan sensitivitas dari insulin dan menstabilkan tekanan gula darah.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Baik penyakit alzheimer ataupun parkinson, keduanya bisa disebabakan karena kondisi neurodegeneratif. Hal tersebut dapat disebabkan karena matinya sel otak yang terjadi seiring berjalannya waktu.

Penyakit ini bisa berujung pada penurunan kesehatan mental dan demensia. Dengan meminum kopi cold brew, dapat menurunkan penyakit yang berhubungan terhadap penyakit ini secara efektif.

5. Membantu Kamu Hidup Lebih Lama

Umumnya, mengonsumsi kopi cold brew bisa menurunkan risiko kematian. Karena hal ini dapat mengurangi risiko munculnya penyakit jantung, strokes, cedera, diabetes, kecelakaan, sistem pernapasan, maupun infeksi. Salah satu penyebabnya adalah karena kopi memiliki antioksidan yang cukup tinggi.

 

Demikian artikel resep cold brew yang dapat saya sampaikan, semoga kita yang mau membaca dan mengamalkannya bisa mendapatkan manfaat, dan semoga kita selalu diberi kesehatan.

_Terima Kasih_

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •