Bagi teman teman yang hobi makan seafood, pastinya sudah mencoba dan merasakan kelezatan resep cumi goreng tepung renyah yang crispy dan gurih yang satu ini. Tidak hanya dijadikan cemilan, cumi goreng atau juga biasa dikenal dengan calamari ring tepung ini juga enak untuk teman makan nasi.

Apalagi di tambah dengan saus mayonise atau juga saus sambal yang pedas, yummy pasti bikin kita ketagihan bukan? Mungkin diantara kita pernah mengalami sendiri menggoreng cumi namun hasilnya lembek dan tidak renyah.

Untuk itu, saya akan mengajak teman teman sekalian untuk membuat Resep Cumi Goreng Tepung dan memberikan sedikit tips cumi goreng tepung renyah yang mudah.

Beberapa masalah yang banyak ditemui dalam mengolah Resep Cumi Goreng Tepung cumi biasanya adalah bau amis dan juga hasil jadinya yang keras dan tidak dapat renyah. Hal ini sebenarnya wajar sih, mengingat karateristik hewan laut ini memang seperti itu. Selain itu pilihlah cumi yang masih segar dan tidak berbau amis.

Berilah sedikit perasan jeruk nipis di atas cumi tersebut setelah anda bersihkan. Untuk menjaga kesegaran daging cumi tersebut, sebaiknya cucilah menggunakan air dingin.

Tekstur daging cumi yang kenyal memang jadi salah satu faktor hasil gorengannya nanti menjadi keras. Untuk itu, sebaiknya daging nya agak di empukkan terlebih dahulu menggunakan bahan pengempuk daging atau dapat juga sedikit dipukul pukul (jangan terlalu keras karena dapat merusak tekstur dagingnya).

Jika dalam artikel kemarin kami membuat kerajinan dari sabut kelapa,dalam artikel ini kami akan membuat resep cumi goreng tepung,hmm….yummii.

Selain itu, daging cumi sebelum dimasak juga dapat di bekukan terlebih dahulu di dalam freezer. Teman teman juga dapat merendamnya terlebih dahulu ke dalam susu sebelum digoreng selama kurang lebih sekitar 1 jam. Cumi Goreng tepung memiliki banyak manfaat seperti tongseng ayam.

Dalam proses membuat Resep Cumi Goreng Tepung nya, sebaiknya juga menggunakan minyak yang benar benar sudah panas dan jangan memggoreng terlalu banyak cumi dalam satu gorengan karena hasilnya akan tidak bagus. Oke, untuk detail bahan bahan yang digunakan dan cara membuatnya silahkan melihat di bawah ya,cekidot!

Resep Cumi Goreng Tepung

Resep Cumi Goreng Tepung

Resep Cumi Goreng Tepung

Berikut ini adalah cara membuat cumi goreng tepung yang renyah dan mudah, simaklah dibawah ini.

Bahan Bahan Resep Cumi Goreng Tepung:

  • Daging cumi segar yang sudah dibersihkan dan dibuang tintanya kurang lebih 750 gram. Pilih ukuran sedang dan potong dengan lebar yang sesuai selera (jangan terlalu lebar).
  • Jeruk Nipis kurang lebih 2 buah yang ukuran besar. Ambil air perasannya kurang lebih 1 sampai 1,5 sendok makan.
  • Telur ayam ukuran besar sebanyak 1 butir saja.
  • Merica halus atau bubuk sebanyak setengah sendok makan yang kecil. Dapat dihilangkan apabila mau memasak untuk anak anak yang tidak suka pedas.
  • Kaldu Ayam bubuk atau instan sebanyak kurang lebih satu sendok kecil saja.
  • Tepung Terigu yang halus sebanyak 150 gram
  • Garam dapur yang beryodium sebanyak setengah sendok teh.
  • Jahe yang sudah dibersihkan dan diparut sebanyak setengah sendok teh.
  • Bawang putih lokal satu setengah butir. Dikupas kulitnya dan juga diparut alus.
  • Minyak Goreng secukupnya saja.

Cara Memasak dan Goreng Resep Cumi Goreng Tepung:

  1. Cumi yang sudah dicuci bersih dan dipotong sesuai ukuran dan lebar yang diinginkan. Pastikan cumi tadi sudah melalui tips untuk mengempukkan dagingnya diatas.
  2. Ambil satu wadah berukuran sedang. Lumuri daging cumi yang sudah dipotong dengan air perasan jeruk nipisnya tadi yang sudah disiapkan. Aduk sampai rata dan pastikan semua bagian dagingnya terkena air jeruk nipisnya dan diamkan kurang lebih sekitar setengah jam.
  3. Ambil satu wadah lagi untuk tempat adonan celupannya.
  4. Masukkan tepung terigu, garam dapur, merica, jahe, bawang putih serta kaldu ayamnya. Aduk dan campur semua bahan tadi sampai tercampur rata.
  5. Masukkan telurnya dan aduk kembali hingga semua adonan benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  6. Masukkan cumi yang sudah dilumuri air jeruk nipis tadi ke dalam campuran tepung diatas. Bolak balikkan hingga semua bagian cumi tertutup rata oleh adonan tepung.
  7. Siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup banyak sampai panas, dan panaskan dengan api sedang.
  8. Tunggu hingga minyak panas dan masukkan cumi tepung diatas. Jangan memasukkan terlalu banyak cuminya supaya matangnya bisa merata.
  9. Bolak balik dan goreng cumi kurang lebih sekitar 3 menit. Jangan terlalu lama supaya hasil jadi cumi goreng tepung tidak menjadi keras.
  10. Tiriskan sampai benar benar tiris sebelum anda disajikan.

Bagaimana menurut teman teman resep cumi goreng tepung di atas? Tidak terlalu sulitkan asal tahu rahasia dan cara membuat Resep cumi Goreng Tepung Renyah yang Enak dan Crispy.

Cumi ini sebenarnya sudah enak untuk dimakan langsung akan tetapi rasanya akan bertambah lezat apabila ditambah dengan mayonise atau juga saus sambal yang pedas. Apabila teman teman memang penggemar berat masakan Seafood, jangan lupa untuk mencoba Resep Cumi Saus Padang Enak dan Resep Capcay Goreng Seafood.

Apa Itu Cumi?

Resep Cumi Goreng TepungCumi adalah sejenis sea food. Cumi merupakan hewan yang hidup di perairan laut yang dangkal. Cumi banyak ditemukan di daerah pantai seperti daerah Indonesia bagian selatan. Cumi merupakan komoditi pangan yang digemari oleh banyak orang. Cumi mempunyai daging berwarna putih dan kulit berwarna hitam atau merah.

Cumi mempunyai bentuk seperti anak panah dengan tentakel sebagai alat gerak. Cumi tidak memiliki tulang belakang sehingga mudah untuk diolah. Daging cumi cenderung amis namun mempunyai rasa yang manis dan gurih.

Seluruh bagian cumi bisa dikonsumsi dan tidak menyebabkan keracunan kecuali untuk memicu alergen pada penderita alergi makanan laut. Cumi mempunyai kantung tinta berwarna hitam untuk alat pertahanan diri.

Tinta cumi biasanya dimanfaatkan untuk bahan pewarna makanan. Cumi banyak dijual di swalayan maupun pasar pasar tradisional, terutama di kota dan juga kabupaten pesisir pantai.

Ada banyak sekali macam macam variasi masakan cumi yang kita kenal, seperti cumi asam manis, resep cumi goreng tepung saus mentega atau juga cumi goreng saus asam manis. Mulai dari restauran yang cukup bonafid hingga  warung kaki lima banyak kita jumpai dengan mudah penjual variasi masakan seafood ini.

Tidak hanya direbus, masak cumi dapat juga dengan di goreng crispy seperti ayam goreng. Tetapi memang mungkin tidak semua orang dapat membuatnya. Ada beberapa tips yang harus kita ketahui untuk dapat memasak cumi goreng tepung renyah yang enak dan gurih dengan sempurna.

 

Fungsi Cumi

Cumi mengandung senyawa omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak dan syaraf kita. Cumi juga mempunyai protein dan vitamin tertentu yang diklaim baik untuk membentuk hemoglobin di dalam darah, memperkuat tulang, dan juga mensuplai kebutuhan protein dalam tubuh.

Cumi juga menjadi primadona di bidang kuliner karena olahan cumi ini sangat disukai oleh banyak kalangan, baik tua ataupun muda. Daging cumi aman dikonsumsi dan mudah untuk diolah. Contoh masakan berbahan dasar cumi yaitu calamari atau cumi goreng tepung, cumi asam manis, cumi hitam atau olahan cumi dengan tinta, dan lain lain.
Tidak hanya itu saja, tinta cumi pun dapat dimanfaatkan untuk bahan pewarna hitam pada masakan seperti pada mie hitam dan masih banyak lagi.

Cara Mengolah

Untuk mengolah cumi memang gampang-gampang susah. Cumi tidak dapat dibiarkan dalam keadaan tidak segar karena mudah untuk busuk. Sebaiknya Anda segera membersihkan cumi setelah membelinya tadi. Cara mengolah daging cumi cukup mudah untuk dilakukan, seperti yang dijelaskan di bawah ini :

  1. Cuci bersih cumi yang masih utuh tadi, pisahkan tentakel dengan badan cumi tersebut.
  2. Pada bagian badan cumi yang seperti kantung itu ambil tulang cumi berwarna putih transparan lalu ambil kantung tintanya . Pada saat mengambil kantung tinta tersebut, sebaiknya Anda berhati-hati agar tidak pecah dan bisa mengotori daging cumi, baru kemudian bersihkan dalamnya itu.
  3. Jika Anda ingin mendapatkan daging cumi yang putih bersih, kupas kulit cumi dengan jari tangan anda, kemudian cuci sampai bersih.
  4. Rendam cumi sebentar dengan cuka atau air jeruk lemon. Daging cumi siap untuk digunakan.

Manfaat Cumi

1.Dapat Menyembuhkan Kanker

Kanker menjadi penyakit kronik yang sangat mematikan. Banyak orang yang sudah meninggal karena penyakit kanker ini, padahal sudah menjalani serangkaian pengobatan medis dari kemoterapi sampai radiasi. Bahkan banyak pula orang yang sudah menjalani pengobatan herbal, namun hasilnya tetap sama saja nihil.

Nah, jika anda termasuk seorang pasien kanker, atau kerabat anda ada yang mengidap penyakit ini. Coba sarankan untuk terapi kanker menggunakan tinta Cumi-Cumi. Ya, tinta yang terkandung di dalam tubuh Cumi ternyata banyak  mengandung protein anti kanker.

2. Khasiat Cumi-Cumi Kaya Dengan Senyawa Melanin

Warna hitam pada tinta Cumi terjadi karena kandungan senyawa melanin yang sangat tinggi. Seperti kita ketahui bersama, melanin ini merupakan pigmen warna hitam yang terkandung di dalam seluruh jaringan kulit dari binatang maupun manusia.

Melanin sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radiasi matahari yang sangat berbahaya, misalnya ultraviolet. Otomatis anda pun dapat terhindar dari bahaya kanker kulit.

3. Kandungan Asam Amino Essensial Dalam Cumi-Cumi

Asam Amino Essensial adalah protein utama penyusun tubuh manusia, yang mana tidak bisa diproduksi sendiri di dalam tubuh manusia. Sehingga keberadaannya perlu dipasok dari luar tubuh dengan melalui konsumsi makanan.

Salah satu makanan yang mengandung asam amino essensial ini adalah olahan dari Cumi-Cumi. Ketika anda menyantapnya, tubuh anda akan bereaksi memproduksi hormon dan memperbaiki sel yang rusak.

4. Mengandung Tirosin Sebagai Stimulus Hormon

Hormon di dalam tubuh manusia terkadang perlu juga didorong untuk aktif. Caranya dapat dengan konsumsi makanan, maupun dengan pola pikir yang sehat (jangan stress).

Kandungan zat Tirosin dalam Cumi-Cumi dapat menjadi stimulus atau perangsang hormon. Antara lain merangsang aktifnya hormon adrenalin, yang akan membuat jantung anda berdetak lebih enerjik namun tetap sehat.

5. Mengaktifkan Neurotransmitter Dopamin

Cumi-Cumi dapat mengaktifkan Neurotransmitter, yaitu semacam alat untuk menghantarkan sinyal ke dalam bagian otak manusia. Fungsinya biasanya dilakukan oleh sel, enzim, maupun hormon.

Seperti dopamin ini yang juga tergolong Neurotransmitter yang akan dapat menghantarkan sinyal energi ke dalam otak anda. Sehingga anda bisa berpikir lebih jernih dan bebas dari stress. Dopamin sering juga disebut-sebut sebagai hormon rasa senang.

6. Manfaat Cumi-Cumi Untuk Membantu Produksi Hormon Serotonin

Serotonin konon adalah hormon anti stress juga. Sangat cocok dikonsumsi oleh mereka para pengidap gangguan psikis dan mental, seperti depresi dan bipolar disorder. Hormon ini secara alami terdapat di dalam tubuh manusia. Namun kadarnya itu kadang terlalu sedikit, sehingga perlu untuk dilejitkan dengan bantuan Cumi-Cumi misalnya.

7. Mengandung Asam Amino Tirosin

Tirosin masih menjadi salah satu anggota asam amino essensial yang ada di dalam Cumi-Cumi. Fungsinya begitu penting untuk menyintesa protein. Dalam arti dapat memicu tumbuh kembangnya jenis protein lain di dalam tubuh manusia.

Tirosin fungsi utamanya yaitu untuk memperlancar kerja syaraf otak dan sebagai mood stabilizer. Maka dengan memakan Cumi, anda akan memiliki suasana hati yang selalu senang.

8. Manfaat Cumi-Cumi Untuk Memperlancar Metabolisme Tubuh dan Kandungan Taurin

Metabolisme merupakan proses tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi. Ini juga berkaitan dengan serangkaian reaksi tubuh anda saat tubuh menyantap makanan, apakah akan menimbun lemak maupun justru meluruhkan lemak itu.

Kandungan zat Taurin di dalam tubuh Cumi-Cumi dapat memperlancar metabolisme tubuh anda. Sehingga anda dapat sehat. Terhindar dari obesitas ataupun gizi buruk.

9. Manfaat Cumi-Cumi Mengandung Zat Alami Pengganti MSG

Cumi-Cumi mempunyai rasa yang alami gurih. Apalagi pada tintanya yang ternyata dapat menggantikan fungsi MSG (monosodium glutamate).

Sudah banyak literatur kesehatan yang menunjukkan akan bahaya MSG bagi tubuh, namun sayangnya banyak orang belum dapat lepas dari MICIN alias MSG ini. Nah, anda patut untuk mencoba zat alami MSG pada Cumi ini.

10. Mengandung Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks adalah sekelompok vitamin B yang sering dijuluki sebagai rajanya multivitamin karena khasiatnya yang sangat luar biasa.

Di dalam cumi-cumi terdapat banyak kandungan vitamin B1, B2, B6, dan B12 yang semuanya sama-sama mempunyai fungsi dalam metabolisme tubuh dalam menyerap karbohidrat maupun vitamin lainnya.

Macam Olahan Seafood

1. Fish And Chips

Pada awalnya, fish and chips adalah hidangan yang hanya disantap oleh masyarakat kelas bawah. Dan, seiring dengan kepopulerannya yang terus menanjak, kini Fish and Chips bisa dengan mudah ditemukan di cafe hingga restoran mewah.

2. Moules Marinieres

Resep Cumi Goreng Tepung

Moules marinieres merupakan hidangan tradisional yang berbahan dasar seafood favorit warga Prancis. Sajian lezat ini terbuat dari kerang yang sudah dimasak dengan bawang, krim, dan wine yang membuat rasanya menjadi unik.

Sambil berkumpul dengan keluarga saat liburan, warga Prancis biasa menyajikan moules marinieres ditemani garlic bread dan juga segelas wine.

3.  Ketam Cili

Selanjutnya ada sajian seafood khas dari negara tetangga yaitu Singapura, Bernama ketam cili atau chilli crab, hidangan ini terbuat dari kepiting yang berukuran besar yang dimasak dengan bawang, cabai, pasta tomat, telur, dan beberapa bumbu penyedap lainnya.

Rasanya yang enak dan pedas dengan kuah kental membuat ketam cili nikmat untuk disantap dengan sepiring nasi hangat. Selain itu kocokan telur pada kuah membuat rasanya semakin gurih dan begitu creamy.

4. Yum Pla Muk

Resep Cumi Goreng Tepung

Selain tom yum goong, Thailand juga mempunyai hidangan seafood lain yang bernama yum pla muk yang tak kalah segar. Bukan berupa sup, tetapi yum pla muk adalah salad khas negeri gajah putih yang terbuat dari gurita rebus bercampur bumbu yang segar seperti bawang, jahe, daun seledri, dan cabai merah pedas.

Ditambah dengan perasan lemon, cita rasa yum pla muk yang menyegarkan ini sangat nikmat untuk disantap saat makan siang. Selain itu, sajian ini juga rendah lemak, sehingga sangat baik bagi kesehatan.

Bagaimana tidak sulit kan untuk membuat cumi goreng tepung? Jika kalian tahu resep cumi goreng tepung dan ingin belajar membuat pastinya akan mudah dan jangan lupa untuk membaca resep cumi goreng tepung diatas, pastinya akan menambah pengetahuan anda.

Itulah ulasan tentang resep cumi goreng tepung yang renyah dan mudah. Kami menyarankan agar anda mendapatkan kenikmatan yang lebih anda dapat memakan cumi goreng tepung bersama terang bulan manis,semoga bermanfaat bagi kalian. Selamat mencoba dan sukses selalu. Sekian dan terimakasih