Hai sobat jika mendengar tentang kata dodol, mungkin sebagian sobat di sini ada yang langsung teringat dengan Kabupaten Garut. Karena Kabupaten Garut ini memang sangat dikenal dengan camilan manis khasnya, yaitu dodol Garut. Pada artikel kali ini akan menjelaskan tentang resep dodol garut, jenis – jenis dodol, cara membuat dodol sendiri di rumah.

Dodol di Indonesia

Resep Dodol Garut

 

Dodol merupakan makanan tradisional di Indonesia yang cukup popular dibeberapa daerah. Dodol dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu dodol yang diolah dari buah-buahan dan dodol yang diolah dari tepung-tepungan. Dodol yang diolah dari tepung-tepungan biasanya terbuat dari tepung beras dan tepung ketan.

Sekarang ini dodol lebih dikenal dengan nama dari daerah asal dodol tersebut seperti dodol garut, dodol kudus atau jenang kudus, gelamai Sumatra barat dan Kalimantan. Sedangkan dodol buah-buahan yang banyak di kenal seperti dodol apel, dodol stroberi, dodol pepaya, dan sebagainya.

Dodol buah terbuat dari daging buah matang yang dihancurkan hingga halus, lalu dimasak dengan penambahan gula dan bahan makanan lainnya atau tanpa di tambahkan bahan makanan lain. Seperti penjelasan tersebut dalam proses pembuatan dodol buah diperbolehkan untuk melakukan penambahan bahan makanan lain, seperti tepung tapioca, tepung ketan, tepunng hunkue, bahan pewarna makanan, maupun bahan pengawet makanan. Bahan-bahan yang ditambahkan harus sesuai dan tidak boleh lebih dari aturan yang telah ditentukan. Pada artikel ini tidak hanya membahas tentang Resep Dodol Garut saja tetepi juga menjelaskan perbedaan Dodol dan Jenang.

Dodol dan Jenang

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dodol sering disebut juga jenang. Namun sebenarnya Jenang lebih lembek dari pada dodol, lebih basah berminyak, dan umumnya dijual dalam bentuk lempengan atau plastikan. Jenang diiris sesuai permintaan pembeli.Sedangkan  Dodol lebih kering (kesat), dipotong dengan ukuran 2 cm×1 cm×3 cm. Pembungkus dodol baisanya berupa plastik atau kertas roti, dan dijual dalam jumlah banyak atau besar di dalam kardus. Saat ini dodol mulai banyak diminati konsumen dari negara lain, antara lain Belanda, Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia.

Jenis-Jenis Dodol

Indonesia dikenal dengan negara dengan banyaknya keberagaman, merupakan sebuah keunggulan dari tanah air kita ini. Sejalan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbagai macam dodol pun bisa anda temukan di nyaris setiap sudut di negeri ini.

Dodol menjadi salah satu dari sekian banyak makanan daerah yang legendaris di Indonesia. Berkat cita rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuat makanan ini begitu dicintai banyak orang. Banyak ragam jenis dodol dan penyebutannya yang dapat ditemui di Indonesia. Pada artikel ini tidak hanya membahas tentang Resep Dodol Garut saja tetepi juga menjelaskan berberapa dodol yang ada di indonesia.

Berikut ini adalah sedikit uraian mengenai beberapa macam dodol yang dapat kamu temui di Indonesia.

  1. Dodol Garut

Dodol Garut merupakan makanan khas dari Sunda yang terkenal di  kota Garut provinsi Jawa Barat. Terdapat banyak macam dodol Garut diantaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya, chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia), dodol picnic adalah jenis dodol yang paling populer dan menjadi salah satu ikon kota Garut serta masih banyak jenis dodol lainnya.Dodol ini termasuk makanan camilan yang rasanya manis dan lezat.Terdapat banyak sekali toko atau warung yang menjajakan dodol sebagai barang dagangannya.

  1. Dodol Betawi

Dodol yang legit ini sebenarnya tidak kalah terkenalnya dengan dodol Garut.  Sayang sekali sulit menjumpai dodol Betawi di ibukota. Masyarakat Betawi sangat antusias dalam menanggapi persoalan makanan manis ini. Bahan dasar yang digunakan untuk pembuat dodol ini terdiri dari santan kelapa, garam, gula pasir, tepung beras dan gula merah.

Dodol jenis ini dapat Anda jumpai di kampung Dodol yang terletak bilangan kalibata. Camilan ini berada di kampung itu karena wilayah tersebut merupakan sentra produksi dan penjualan dodol Betawi. Selain itu, dodol betawi merupakan salah satu makanan khas yang dimiliki masyarakat Betawi yang banyak diminati orang sejak zaman dulu sampai sekarang.

  1. Dodol Bali

Dodol tradisional dari Bali ini memang bukan dodol biasa. Mempunyai bentuk yang memanjang dibungkus daun jagung kering yang wangi aromanya. Tidak hanya laris-manis sebagai sajian upacara keagamaan tetapi juga banyak diborong sebagai oleh-oleh.

Dodol Bali atau kerap dikenal dengan dodol Buleleng ini memiliki cita rasa yang khas yaitu manis legit dan wangi. Bahan baku yang digunakan adalah ketan hitam, santan, dan gula merah. Proses pembuatan camilan ini pun masih tergolong sangat tradisional karena banyak diproduksi pada industri-industri rumahan di daerah Buleleng, Bali Utara yang merupakan kota asal pembuatannya.Seiring waktu dodol ini banyak dibawa oleh para pelancong yang datang sebagai oleh-oleh khas Bali.

  1. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan merupakan salah satu dari banyaknya keaneka ragaman kuliner yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Berbeda dari dodol pada umumnya, dodol Kandangan memiliki rasa lebih legit dan memiliki tekstur yang lebih lembut.

  1. Dodol Lempok / Durian

Lempok adalah jenis dodol yang menggunakan bahan baku utama buah durian yang merupakan makanan olahan tradisional andalan masyarakat Sumatra Selatan dan sekitarnya. Pembuatan lempok ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat dengan teknologi sederhana dan masih terkesan tradisoinal.

  1. Dodol Labu Kuning

Salah satu jenis dodol yang terkenal adalah dodol labu kuning, camilan ini khas Pontianak. Dodol tersebut selain memiliki rasa yang enak juga mudah untuk dibuat. Labu kuning merupakan bahan pangan yang diperkaya vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat.

  1. Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut merupakan makanan tradisional yang menggunakan rumput laut sebagai bahan utamanya. Selain itu, Camilan ini memiliki rasa yang cukup unik dan dipercaya dapat menyehatkan tubuh karena mengaduk serat-serat yang sangat baik untuk pencernaan kita.

Setelah membahas pengertian dan beberapa jenis-jenis dodol yang ada di Negeri kita ini, berikut kami akan memberikan Resep Dodol Garut dan berbagai resep dodol khas daerah lainnya yang ada di Indonesia dan cara membuat dodol ini bisa Anda coba praktikan sendiri di rumah.

Cara Membuat Dodol

membuat dodol

Membuat dodol dikenal cukup rumit dan panjang dalam proses pengolahannya. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk anda coba buat di rumah. Jika anda berniat membuat dodol di rumah dengan jumlah produksi yang banyak, menggunakan mesin pengaduk dodol adalah salah satu alat yang membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat dodol. Berikut teknik utama agar sukses dalam membuat dodol sendiri:

  1. Bahan-bahan dicampur bersama dalam kuali yang besar lalu dimasak dengan api sedang.
  2. Adonan dodol yang sedang dimasak tidak boleh dibiarkan terlalu lama tanpa pengawasan, karena jika dibiarkan begitu saja maka dodol akan mudah lengket, keras, hangus pada bagian bawahnya dan akan membentuk kerak pada kuali/wajan.
  3. Campuran dodol harus terus menerus diaduk untuk mendapatkan hasil yang baik. Waktu pemasakan dodol kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 4 jam dan jika kurang dari itu, dodol yang dimasak akan kurang enak untuk dimakan.
  4. Setelah kurang lebih 2 jam memasak, pada umumnya campuran adonan dodol akan berubah warna menjadi cokelat pekat. Pada saat itu juga campuran dodol akan mendidih dan mengeluarkan gelembung-gelembung udara.
  5. Dodol harus terus diaduk agar gelembung udara yang terbentuk saat proses pemasakan tidak meluap-luap keluar dari kuali sampai saat dodol tersebut matang dan siap untuk diangkat.
  6. Langkah terakhir, dodol tersebut harus di dinginkan dalam periuk yang besar. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan rasa yang enak, dodol harus berwarna cokelat tua, berkilat dan pekat. Setelah didinginkan, dodol tersebut bisa dipotong-potong dan siap untuk dimakan.

Resep Dodol Garut dan Resep Dodol Lainnya

Resep Dodol Garut

Berikut ini saya paparkan beberapa resep dan cara membuat dodol yang bisa langsung anda coba di rumah.

1. Resep Dodol Garut dan Cara Membuatnya

Bagi anda yang sering mengunjungi kota Garut di Jawa Barat, pastinnya Anda sudah tak asing lagi dengan dodol garut ini. Makanan daerah khas Garut yang biasanya dijadikan oleh-oleh. Berikut ini resep Dodol Garut dan langkah-langkah pembuatannya.

Bahan Resep Dodol Garut :

  • Tepung Ketan 1 kg
  • Gula Merah 2 kg (diiris halus)
  • Santan Cair 2 sdm
  • Gula Pasir 2 ons
  • Santan Kental (dari 5 buah kelapa tua)
  • Garam secukupnya

Langkah-langkah Membuat Dodol Garut :

  1. Campurkan bahan-bahan seperti tepung ketan, dengan irisan gula merah, kemudian masukan santan cair dan beri sedikit garam.
  2. Setelah itu, rebus campuran tadi dengan api kecil hingga mengental lalu tuangkan kembali santan kental dan gula pasir.
  3. Masak dan aduk terus campuran adonan hingga kental sekali selama kurang lebih 3 ½ jam.
  4. Setelah itu, lanjut dengan menuangkan adonan dodol ke atas wadah yang besar yang sudah di lambari kertas minyak sebelumnya.
  5. Sesudah di tuang, langkah selanjutnya oleskan minyak goreng hingga merata pada adonan dodol.
  6. Setelah itu, dinginkan terlebih dahulu adonan dodol lalu gulung hingga membentuk bulat lonjong seperti bentuk dodol pada umumnya, atau bisa juga disesuaikan dengan selera Anda.
  7. Langkah yang terakhir bungkus adonan dodol menggunakan kertas minyak.
  8. Dodol sudah siap untuk dihidangkan.

2. Resep Dodol Durian / Lempok dan Cara Membuatnya

Buah Durian yang kerap dijuluki sebagai rajanya buah-buahan ini memang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satunya adalah dodol durian ini. Karena menjadi makanan khas di beberapa daerah, tidak sulit untuk menemukan dodol di toko oleh-oleh.Cara membuat dodol durian tidak terlalu sulit dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk ditemukan. Berikut ini bahan dan langkah-langkah pembuatannya.

Bahan Resep Dodol Durian/Lempok :

  • Buah Durian Matang 4-5 kg
  • Garam 1 sdt
  • Gula Pasir 1 kg

Alat :

  • Tungku
  • Pisau besar
  • Plastik pembungkus
  • Pengaduk
  • Kuali

Langkah-langkah Membuat Dodol Durian :

  1. Buka buah durian dan ambil isinya. Pisahkan daging buah dengan isinya. Agar memudahkan membuka buah durian kalian bisa menggunakan Alat Pembelah Durian.
  2. Lalu masukkan gula pasir dan daging buah serta garam ke dalam kuali yang diletakkan di atas tungku. Jika anda tidak memiliki tungku, anda bisa membuatnya sendiri. Dengan cara yaitu membelah drum bekas menjadi dua kemudian buat lubang kayu.
  3. Masak bahan-bahan di atas dengan menggunakan api sedang, Aduk bahan adonan dodol durian yang ada di atas kuali secara terus menerus.Terus lakukan pengadukan bahan selama kurang lebih 3 sampai 4 jam.
  4. Setelah kurang lebih 3sampai 4 jam, dodol durian sudah siap untuk diangkat. Untuk mengetahui siap atau tidaknya, anda bisa mengetahui dari lengket atau tidaknya adonan dodol durian di pengadukan.
  5. Setelah itu, dinginkan terlebih dahulu adonan dodol, Setelah dingin potong-potong adonan menjadi seperti bentuk dodol pada umumnya dengan menggunakan pisau besar.
  6. Bungkus dengan menggunakan plastik.
  7. Lempok sudah siap untuk dihidangkan.

3. Resep Dodol Betawi dan Cara Membuatnya

Dodol Betawi ini memiliki warna cokelat-kehitaman dan memiliki varian rasa yang berbeda ketimbang dodol daerah lainnya. Proses pembuatan dodol betawi ini pun tergolong sangat rumit dibanding resep dodol lainnya. Dodol dari daerah Betawi ( Jakarta ) ini harus dimasak di atas tungku dengan kayu bakar selama kurang lebih 8 jam. Wow cukup lama ya sobat untuk membuat Dodol Betawi ini. Berikut ini bahan dan langkah-langkah pembuatannya.

Bahan Resep Dodol Betawi :

  • Beras Ketan Hitam/Putih 1 kg
  • Gula Merah 700 gr
  • Gula Pasir 700 gr
  • Santan Kelapa Murni 1 1/4 liter
  • Daun Pandan 3 lembar

Langkah-langkah Membuat Dodol Betawi :

  1. Masukan bahan-bahan diatas seperti santan, gula pasir, gula merah dan daun pandan ke dalam kuali. Masak hingga bahan tersebut hingga mendidih
  2. Aduk-aduk namun jangan sampai santan pecah.
  3. Saring campuran bahan tadi lalu di masak kembali bersama-sama dengan tepung beras ketan.
  4. Aduk adonan dodol Betawi secara perlahan dan masak adonan dodol Betawi dengan api kecil.
  5. Pastikan kayu pengaduk adonan dodol mencapai dasar kuali, agar adonan dodol teraduk secara merata dan tidak membuat kerak pada bagian dasar kuali.
  6. Masak kurang lebih sekitar 3 sampai 4 jam hingga adonan dodol Betawi berubah warna, mengental dan tidak lengket di kuali.
  7. Pastikan juga adonan benar-benar matang.
  8. Setelah kurang lebih 3sampai 4 jam, dodol durian sudah siap untuk diangkat.
  9. Lalu setelah itu, dinginkan terlebih dahulu adonan dodol, Setelah dingin potong-potong adonan menjadi seperti bentuk dodol betawi pada umumnya.
  10. Lakukan pengemasan dodol dan setelah di kemas dodol siap di

4. Resep Dodol Jahe dan Cara Membuatnya

Seperti diketahui banyak orang, jahe memiliki khasiat yang banyak dan luar biasa. Salah satunya jahe mampu menghangatkan tubuh. Berikut tutorial membuat dodol jahe.

Selain buah Durian, Dodol juga dapat dibuat dari bahan dasar yang lain yaitu salah satunya Jahe. Seperti diketahui banyak orang, jahe memiliki khasiat yang banyak dan luar biasa. Salah satunya jahe mampu menghangatkan tubuh.

Dodol Jahe memiliki cita rasa yang tidak kalah unik dibandingkan dodol durian. Hal ini dikarenakan jahe memiliki keunikan aroma wangi dan hangat yang khas. Rasa pedas dan hangat pada jahe yang dipadukan dengan rasa khas dodol merupakan kombinasi yang cocok.

Proses pembuatan dodol memang tidak terlalu sederhana dan bisa cukup memakan banyak waktu, begitu pula dengan dodol jahe ini. Tetapi bukan berarti Anda tidak dapat membuatnya. Berikut bahan dan cara membuat dodol jahe yang lezat.

Bahan Resep Dodol Jahe :

  • Tepung Ketan
  • Air secukupnya
  • Jahe Segar (diparut)
  • Gula Pasir 500 gram
  • Gula Merah 2 kg
  • Framboz
  • Wadah
  • Plastik Pembungkus
  • Tali Pita Kecil

Langkah-langkah Membuat Dodol Jahe :

  1. siapkan wajan dan hidupkan api kompor, setelah panas masukkan air,  gula pasir, dan gula merah. Aduk hingga merata
  2. Diamkan sebentar.
  3. Masukkan framboz dan jahe parut, aduk secara
  4. Berikutnya, Campurkan tepung ketan yang dicampurdengan air, aduk sebentar hingga agak kental lalu masukkan tepung ketan dan aduk hingga merata.
  5. Setelah adonan dodoldimasak sekitar 3 sampai 4 jam dan adonan dodol sudah mengental matikan api dan angkat,
  6. taruhlah adonan dodol kedalam wadah, dinginkan terlebih dahulu adonan dodol.
  7. Setelah adonan sudah tidak terlalu panas, lumuri tangan anda dengan sedikit margarin,mulailah mengambil dan membentuk adonan sesuai selera.
  8. Setelah adonan dodol dibentuk, masukkan ke wadah plastik pembungkus dan ikat ujungnya dengan pita kecil agar lebih menarik.
  9. Jika semua langkah sudah selesai di kerjakan maka dodol jahe siap di hidangkan atau bisa juga untuk dijual.

Demikianlah sedikit informasi tentang Resep Dodol Garut yang bisa kami berikan untuk Anda,  mengenai  dodol dan cara membuat dodol yang manis dan legit.Mungkin bisa Anda gunakan referensi ini untuk memulai usaha atau untuk Anda coba praktikan sendiri dirumah.

Note :

Hai Sobat jika anda ingin memanfaatkan peluang usaha cemilan dodol ini dengan optimal, maka sangat disarankan untuk menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan guna kuantitas dan kualitas produksi yang maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Sobat Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman mu ya !.

Terimakasih sudah membaca artikel mengenai Resep Dodol Garut Dan Berbagai Macam Dodol Lainnya. Baca juga berbagai macam artikel yang menarik dan inspiratif lainya pada website ini !