Resep Es Buah Untuk Jualan – Siapa sih yang gak suka dengan es buah? Apalagi kalau cuaca kemarau panas-panasnya. Hmm, merasakan nikmat dinginnya es buah serta kesegaran dan manisnya buah di lidah itu… lezatt.

Membayangkan kesegarannya saja sudah membuat kita sampai meneteskan air liur bukan? Selama ini jika kalian ingin es buah apakah selalu beli di orang yang jualan es buah?

Apakah ada buah khusus yang kalian sukai ketika mengkonsumsi es buah guyss? Namanya juga es buah, biasanya penjual memasukkan berbagai macam buah ke dalamnya ditambah dengan kuah manis dan es batu untuk menambah kesegaran dan kenikmatan di es buah itu sendiri.

Seperti yang biasa kita ketahui, es buah dihidangkan sebagai hidangan penutup atau dessert. Atau dapat juga sebagai camilan di kala cuaca lagi panas banget. Kebanyakan dari kita biasanya sih beli, tapi membuat resep es buah untuk jualan sendiri itu mudah banget lho.

Es buah biasanya dicampur dengan agar – agar dan santan biar lebih sedap, tetapi kalian harus mengetahui cara membuat agar – agar  supaya tidak repot – repot membeli. Resep es buah untuk jualan bisa anda dapatkan di artikel berikut.

Kalian hanya perlu membeli buah-buahan yang Anda sukai untuk dimasukkan dalam es buah buatan kalian sendiri, tinggal menyesuaikan selera Anda saja kok. Bagaimana, apakah Kalian tergoda untuk membuat es buah sendiri?

Yuk, simak tips resep es buah untuk jualan dan berbagai es segar lainnya yang enak dan segar di bawah ini. Tidak membutuhkan waktu lama lho, cukup dengan 10 menit saja.

Resep Es Buah Untuk Jualan Dan Berbagai Es Lainnya

1. Resep Membuat Es Buah Untuk Jualan

Resep Es Buah Untuk Jualan

 

Bahan – Bahan Es Buah

  1. Semangka merah atau kuning 100 g, potong dadu
  2. Nanas 100 g, potong dadu
  3. Melon 100 g, potong dadu atau dibentuk kelereng
  4. Pepaya 100 g, potong dadu
  5. Anggur 100 g, belah jadi dua
  6. Es batu yang sudah diserut 500 g
  7. Air mineral 1 L
  8. susu kental manis vanila 100 ml
  9. Sirup vanili 5 sdm

Cara Membuat Es Buah

  1. Siapkan mangkuk.
  2. Masukkan buah-buahan ke dalam mangkuk. Pastikan setiap jenis buah yang anda pakai ada.
  3. Dalam wadah yang berbeda, masukkan air lalu campur dengan susu kental manis. Aduk hingga merata. Pastikan rasanya sudah manis atau disesuaikan dengan selera kalian.
  4. Setelah itu tuang air susu ke dalam mangkuk berisi buah-buahan.
  5. Masukkan es serut.
  6. Lalu tuangkan sirup vanili di atas es serut.
  7. Es buah siap Anda nikmati.
  8. Selain kesegaran dari es buah, Anda juga bisa menikmati kesegaran buah dengan cara lain yaitu dengan cara membuat es krim buah. Tidak sulit kan, cara membuat es krim buah mudah saja.

2. Resep Membuat Es Krim Buah Mangga

Resep Es Buah Untuk Jualan

Bahan – Bahan Membuat Es Kirm Buah Mangga

  1. Susu kental manis 100 ml
  2. Whipped cream 150 g
  3. Air es 200 ml
  4. Mangga 3 buah

Cara Membuat Es Krim Buah Mangga

  1. Ambil 2 buah mangga lalu kupas kemudian diblender hingga halus tanpa memakai air. Sisihkan.
  2. Tambahkan air pada whipped cream lalu kocok hingga mengental lalu campur mangga yang telah diblender tadi ke dalamnya.
  3. Kocok hingga semua tercampur sempurna.
  4. Diamkan selama 10 menit. Lalu masukkan ke dalam lemari es / freezer.
  5. Tunggu selama 15 menit, lalu aduk kembali es krimnya. Lakukan hal itu sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut.
  6. Terakhir masukkan ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku sempurna.

3. Resep Membuat Es Krim Buah Naga

Resep Es Buah Untuk Jualan

Bahan – Bahan Membuat Es Krim Buah Naga

  1. Buah naga 1 buah, blender sampai halus tanpa air
  2. Susu sapi murni 850 ml
  3. Susu kental manis vanila 1 kaleng
  4. Tepung maizena 5 sdm
  5. SP (pengembang kue) 1 sdm, ditim terlebih dahulu lalu didinginkan

Cara Membuat Es Krim Buah Naga

  1. Rebus susu hingga mendidih.
  2. Masukkan maizena ke dalam susu sembari terus diaduk. Matikan api, biarkan dingin dengan suhu ruangan.
  3. Campurlah susu kental manis dengan sp yang sudah ditim sampai mengembang dengan menggunakan mixer.
  4. Kemudian masukkan susu dan maizena yang sudah dicampur. Mixer hingga tercampur sempurna.
  5. Masukkan buah naga yang sudah diblender, mixer lagi hingga tercampur sempurna.
  6. Masukkan dalam wadah lain, lalu taruh di freezer selama beberapa jam.
  7. Es krim buah naga siap dimakan.

4. Resep Membuat Es Krim Buah Pisang

Resep Es Buah Untuk Jualan

Bahan – Bahan Membuat Es Krim Buah Pisang

  1. Pisang 5 buah, iris dan bekukan
  2. Susu bubuk 5 sdm
  3. Coklat bubuk 5 sdm
  4. Madu 3 sdm
  5. Vanilla 1 sdt
  6. Secukupnya kacang almond, potong-potong halus
  7. Choco chips 3 sdm

Cara Membuat Es Krim Buah Pisang

  1. Masukkan buah pisang yang telah dibekukan ke dalam blender, dan aduk sampai halus.
  2. Tambahkan madu, vanilla, dan susu bubuk.
  3. Aduk hingga adonan tercampur rata dan halus.
  4. Masukkan choco chips dan kacang.
  5. Aduk dengan menggunakan sendok hingga tercampur rata.
  6. Adonan dimasukkan ke dalam wadah.
  7. Simpan selama beberapa jam di dalam freezer hingga membeku.

Manfaat Jika Anda Mengonsumsi Es Buah

Setelah kalian mengetahui resep es buah untuk jualan dan berbagai resep es segar lainnya alangkah baiknya jika anda mengetahui manfaat mengonsumsi es buah. Berikut ini manfaat jika anda mengonsumsi es buah.

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Minuman es buah ini merupakan sebuah minuman yang di dalamnya telah memiliki berbagai macam buah. Tentu, dengan banyaknya buah tersebut dipastikan juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Dengan hal ini nantinya dipercaya memiliki dampak yang baik yang dapat membantu kesehatan tubuh anda. Jadi, bagi kalian yang ingin memiliki tubuh yang sehat, bisa untuk mengkonsumsi minuman ini.

2. Menyegarkan Tubuh

Kandungan di dalam minuman ini juga telah dipercaya memiliki manfaat yang nantinya bisa membantu menyegarkan tubuh kalian. Tentu, bagi kalian yang ingin memiliki tubuh yang segar dan sehat, bisa untuk mengkonsumsi minuman sop buah yang dipercaya kaya akan vitamin ini.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Buah merupakan sebuah makanan yang memiliki sumber air dan juga mempunyai kandungan gizi yang baik. Kandungan yang telah ada di dalam buah ini sangatlah berguna sekali lantaran bisa membantu memenuhi gizi yang ada di tubuh.

Tentu, hal ini sangatlah bagussekali lantaran bisa membantu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh anda.

4. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan vitamin C yang telah ada buah di es buah ini memiliki dampak yang baik. Vitamin ini nantinya akan berperan menjadi antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Radikal bebas sendiri merupakan salah satu hal yang sangatlah berbahaya yang telah disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Oleh sebab itu, hal ini perlu untuk diatasi lantaran bisa menyebabkan kanker. Untuk mengatasi hal ini, kalian dapat meminumes buah yang telah dipercaya bisa menangkal radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Mata Anda

Khasiat es buah lainnya juga bisa membantu menjaga kesehatan mata anda. Mata merupakan salah satu organ yang sangatlah penting dan harus dijaga.

Kandungan vitamin A yang telah ada pada minuman ini telah dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan mata kalian. Oleh karena itu, jika anda ingin memiliki mata yang sehat, dapat untuk mengkonsumsi minuman ini.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Memiliki pencernaan yang lancar adalah salah satu hal yang telah diinginkan oleh banyak orang. Dengan sistem pencernaan yang lancar nantinya bisa membantu anda dalam menjauhi penyakit penyakit yang telah diakibatkan oleh pencernaan kalian.

Kandungan serat di dalam minuman ini dapat membantu memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh anda. Tentu, dengan mencukupi serat di tubuh bisa membantu melancarkan sistem pencernaan kalian.

7. Membantu Program Diet

Diet  atau menurunkan berat badan adalah salah satu hal yang biasanya dilakukan banyak orang untuk mengurangi lemak di dalam tubuh anda. Untuk anda yang sedang memiliki masalah dengan berat badan dan ingin menurunkan, anda dapat mengkonsumsi minuman sop buah ini.

Kandungan di dalam minuman ini telah dipercaya dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan anda.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memiliki tubuh yang kebal ialah salah satu hal yang perlu untuk dimiliki oleh tubuh. Kandungan di dalam es buah ini telah memiliki berbagai macam kandungan yang telah dipercaya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan tubuh yang kebal nantinya dapat membantu anda untuk melawan berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh anda.

9. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangatlah kronis dan mematikan. Oleh karena itu, penyakit ini perlu sekali untuk dicegah. Untuk mencegah kanker, anda bisa mengkonsumsi es buah.

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam minuman ini akan membantu kalian dalam mencegah kanker yang sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh.

10. Menjadikan Wajah Menjadi Lebih Awet Muda

Mempunyai wajah yang awet muda dan kencang merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh banyak orang. Dengan wajah yang kencang maka bisa membuat kita terlihat lebih awet muda.

Untuk kalian yang ingin memiliki wajah yang awet muda, bisa untuk mengkonsumsi es buah ini yang bisa membantu mencegah penuaan dini.

Perbedaan Es Buah, Es Teler, Es Campur, Dan Es Oyen

Setelah anda tahu resep es buah untuk jualan, perlu anda ketahui juga perbedaan es buah dengan berbagai es seperti es teler, es campur, dan es oyen. Berikut perbedaan es buah dengan es lainnya.

1. Es Buah

Es buah merupakanhidangan yang sangat sering kita lihat di jalan-jalan dan juga di warung-warung kecil. Tidak sedikit orang yang berjualan es buah juga ikut  menjual es buah, perbedaan dari sop buah dengan es buah terletak pada kuahnya.

Sop buah atau es buah ini menggunakan sirup dan isinya juga bermacam-macam, mulai dari stroberi, melon, mangga, alpukat sampai nangka. Dijamin kamu akan menelan ludah pada saat melihat es buah sewaktu berpuasa.

Saran saya dari pada kalian harus membelinya di warung, lebih baik kalian mencobanya membuat resep es buah untuk jualan. Saat anda menikmati es buah buatan anda sendiri pasti rasanya akan lebih nikmat dan bahagia.

Perbedaannya dengan es teler adalah es teler ada yang menggunakan tape, sedangkan es buah tidak menggunakan tape atau peuyem.

2. Es Teler

Salah satu ciri khas es teler merupakan potongan alpukat di dalamnya. Ada juga tambahan perpaduan kelapa muda, nangka, sirup, santan, gula cair, dan es serut atau es batu. Sekilas tampak mirip dengan es buah, ya?

Bedanya, es teler ini lebih bervariasi, bukan hanya diisi dengan buah saja. Es buah juga cenderung memadukan buah manis yang disatukan dengan sirup dan susu.

Di beberapa daerah terutama di Jawa Barat, es teler sering disebut juga dengan es doger. Keduanya sama-sama menggunakan bahan dasar santan, gula, kelapa muda, alpukat, dan susu.

Bedanya hanya pada isiannya saja, terkadang mereka juga menambahkan tape (peuyeum), ketan hitam, dan beberapa jenis buah lainnya. Hmm, lalu apa bedanya es teler dengan es campur ya guys?

3. Es Campur

Selain es buah dan es doger, es teler juga tak kalah mirip dengan es yang satu ini yaitu es campur. Rasanya pun menyegarkan, bedanya es teler lebih encer dari pada es campur. Sesuai namanya, isian es campur lebih bervariasi lagi dibandingkan es teler.

Banyak sekali bahan yang disatukan di dalamnya, di antaranya roti, blewah, rumput laut, mutiara, agar-agar, singkong, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setiap daerah tentunya mempunyai variasi bermacam – macam. Conttohnya seperti di Medan, es campur di sana menggunakan kacang merah, pacar China, dan biji delima.

Rasanya juga bervariasi, dapat juga lebih manis atau asam, tergantung bahan yang dipadukan di dalamnya. Biasanya es campur tidak menggunakan santan, es campur memadukan sirup dan susu kental manis.

4. Es Oyen

Jika kedua sebelumnya terasa familiar, bagaimana dengan es oyen? Kuliner ini asalnya dari Kota Kembang, sama persis dengan es doger. Dilihat dari isiannya, es oyen dan es campur hampir tidak ada bedanya guys.

Kamu bisa membedakan keduanya melalui warnanya. Es oyen lebih berwarna merah muda, sedangkan es teler atau es campur berwarna agak putih. Selain itu, proses pembuatan es oyen sama dengan proses pembuatan es teler yang menggunakan santan di atas es serutnya.

Jadi, kamu yang ingin merasakan sensasi menyantap es buah, es campur sekaligus es teler, pesan saja es oyen. Atau kamu juga bisa membuat resep es buah untuk jualan agar lebih praktis. Resep es buah untuk jualan tadi mudah bukan dari pada kamu harus repot – repot membeli.

Selain tips resep cara membuat es buah di atas, kalian juga bisa mengkreasikannya dengan cara membuat es krim stik buah lho. Caranya sama saja, hanya hasil akhirnya kalian sajikan dalam wadah khusus es krim bentuk stik.

Kini kalian bisa menikmati kesegaran buah yang kalian sukai dengan berbagai cara yang tentu saja dapat memuaskan dahaga kalian dan semoga bermanfaat.

Yahh, itukah artikel tentang resep es buah untuk jualan yang bisa saya berikan. Semoga berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian. Sekian dan selamat mencoba.