Resep Kopi Kekinian Ala Barista Yang Bisa Dibuat Sendiri

Disaat pandemi seperti ini, banyak orang yang memiliki waktu luang. Membuat minuman seprti pada resep kopi kekinian ini mungkin dapat mengisi waktu luang anda

Macam-macam Resep Kopi Kekinian

resep kopi kekinian

Kopi adalah minuman hasil dari olahan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan hingga menjadi bubuk dan disduh dengan air. Kopi sendiri terus berkembang dan saat ini kopi telah menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Bahkan kopi juga dapat diolah menjadi berbagai macam jenis minuman dan makanan dan saat ini, juga udah banyak yang telah mengembangkan berbagai resep kopi kekinian.

Proses Pengolahan Biji Kopi

1. Sortasi Buah Kopi

Tahap pertama yang harus dilalui adalah penyortiran buah kopi yang telah didapatkan dari hasil panen. Warna yang ada pada buah kopi termasuk ke dalam penyortiran. Pisahkan buah kopi yang bewarna merah dan buah kopi yang bewarna hijau.

2. Pengeringan

Kopi yang sudah melewati tahap penyortiran bisa dikeringkan. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam proses pengupasan buah kopi. Proses pengeringan kopi kurang lebih memakan waktu dua minggu hingga kadar airnya yang ada pada biji berkurang.

3. Pengupasan Kulit Buah

Setelah kering sesuai kadar yang diharapkan, masuk ke dalam tahap pengupasan kulit buah. Dalam bagian ini kita bisa menggunakan mesin pengupas kulit buah kopi atau dengan cara menumbuk untuk memisahkan kulit buah dari bijinya.

4. Pemilihan Biji Kopi

Meskipun diawal kita sudah melakukan pemilihan, ditahap ini kita juga perlu untuk melakukan penyortiran ulang, karena tidak semua biji kopi yang sudah dikupas dari kulitnya bisa menghasilkan biji kopi yang baik. Oleh karena itu pada proses ini kita perlu melakukan penyortiran ulang.

5. Penyangraian Biji Kopi

Biji kopi dapat di sangrai menggunakan mesin ataupun wajan. Selama proses penyangraian, biji kopinya harus kita bolak-balik secara berkala hingga warnanya menjadi cokelat gelap, aromanya semerbak, dan juga mudah dihancurkan.

6. Penggilingan Bubuk Kopi

Pada proses penggilingan biji kopi, kita bisa menggunakan mesin pembuat kopi agar hasilnya lebih oplimal. Jika sudah digiling sampai halus, sebaiknya bubuk kopi hasil proses pengolahan ini kita simpan di dalam wadah yang bersih, kering, dan tertutup rapat, jadi aroma dan rasanya bisa tetap terjaga.

Baca Juga: Resep Kopi Rempah dengan Alat dan Bahan Rumahan

Mesin Elektrik Untuk Membuat Resep Kopi Kekinian

resep kopi kekinian

Seiring berkembangnya zaman. Banyak perusahaan yang mengembang tekhnologi-tekhnologi modern, salah satunya yaitu mengembangkan alat elektrik pembuat kopi. Ada banyak jenisnya, yaitu:

1.) Mesin Espresso Semiotomatis

Mesin ini adalah salah satu mesin kopi elektrik yang banyak kita temui di kafe-kafe. Fungsinya adalah untuk membantu serta memudahkan dalam membuat coffee dan sangat cocok untuk mempraktikkan resep kopi kekinian.

Mesin ini memiliki dua tipe, tipe pertama adalah manual contrl yang dimana proses ekstraksi kopinya bisa dihentikan secara manual sesuai keinginan kita. Tipe yang kedua adalah tipe progammable doses, yaitu tipe yang berproses secara otomatis dan mesin ini akan berhenti sendiri begitu kopi telah mencapai takarannya.

2.) Mesin Espresso Superotomatis (Bean to Cup)

Pada mesin espresso superotomatis bean to cup, proses pembuatan kopi hanya cukup memasukkan biji kopi dan menekan tombol-tombol yang tersedia pada mesin.

Dan cara menggunakan mesin superotomatis ini pun sangat simple. Cukup menekan tombol yang tersedia sesuai dengan keperluan. Kemudahan yang ada pada mesin kopi espresso ini membuatnya cocok untuk digunakan di rumah.

3.) Filter Coffee Maker

Filter coffee maker atau drip coffee maker adalah mesin pembuat kopi yang biasanya digunakan di restoran atau hotel sebagai penyaji kopi dalam jumlah yang besar. Namun, ada pula coffee maker yang berukuran kecil dengan tujuan agar dapat digunakan di rumah.

Alat pembuat kopi otomatis ini juga dapat mengurangi tingkat keasaman pada kopi. Penggemar kopi yang peka terhadap rasa mungkin kurang suka dengan seduhan dari alat ini.

Alat Manual Untuk Membuat Kopi

resep kopi kekinian

1.) Moka Pot

Moka pot adalah alat untuk membuat kopi tradisional yang berasal dari Italia. Alat ini pertama kali diciptakan oleh Alfonso Bialetti pada tahun 1933. Moka pot ini merupakan alat pembuat espresso secara manual.

Untuk menggunakan alat ini tidak memerlukan daya listrik, cukup meletakkn moka pot diatas kompor atau diatas tungku hinga pnasnya pas.

Metode ini menggunakan tekanan uap yang tinggi seperti membuat espresso. Untuk mendapatkan tekanan cukup mudah, air yang mendidih akan menekan bubuk kopi yang dipadatkan hingga menembus ke saringan di atasnya dan akan keluar melalui corong bagian atas.

Cara membuat kopi menggunakan moka pot, yaitu:

  1. Isi bagian paling bawah moka pot dengan air panas hingga memenuhi garis batasnya. Perhatikan baik-baik takaran air yang kita
  2. pakai, karena jika terlalu banyak air, tekanan yang dihasilkan bisa terlalu besar dan menyebabkan moka pot meledak.
  3. Selanjutnya kita masukkan bubuk kopi yang sudah digiling halus ke dalam bagian moka pot yang berbentuk saringan. Ratakan
  4. bagian permukaanya.
  5. Panaskan moka pot dengan api kecil. Saat ekspresso telah terekstrak, maka akan muncul suara.
  6. Setelah itu, segera angkat moka pot dari atas kompor supaya kopi tak gosong dan letakkan moka pot di atas lap yang basah untuk mengurangi panasnya.
  7. Espresso pun siap kita tuang dan dinikmati sesuai selera.

2.) Rok Presso

Rok presso ini sama seperti alat kopi ekspresso lainnya, yaitu sama-sama menggunakan tekanan yang tinggi untuk mengekstrak kopi. Namun, bedanya dengan mesin espresso lainy adalah cara membuat tekanannya.

Rok presso membuat tekanan secara manual, yaitu degan cara menekan kedua tuas yang terdapat pada rok presso. Dahulu, piranti ini dikenal dengan sebutan presso saja. Namun, dari waktu ke waktu nama presso berubah menjadi rok presso.

cara membuat kopi menggunakn rok presso adalh;

  1. Siapkan bubuk kopi, lalu isi ke ‘PortaFilter’ dan padatkan dengan ‘Tamper Spoon’ yang tersedia.
  2.  Isi air panas pada tempat di bagian atas, dengan posisi kedua lengan ROK PRESSO tertutup.
  3. Tarik kedua lengan ke atas secara perlahan, agar air dapat membasahi permukaan bubuk kopi.
  4. Tekan kedua lengan kebawah dalam satu gerakan dengan mantap secara seimbang. Gerakan inilah yang akan menghasilkan tekanan.
  5. Setelah mentok, tahan di posisi itu kuat-kuat dengan tangan, dan lepaskan tahanan apabila air sudah tidak keluar.
  6. Secangkir Espresso siap dinikmati.

3.) French Press

French press ini adalah metode seduh yang paling sederhana setelah metode tubruk. Alat pembuat kopi sederhana ini terdiri dari bejana yang terdapat saringan di bagian atasnya dan diberi nama plunger.

Cara membuat kopi dengan french press, yaitu:

  1. Masukkan dua sendok makan kopi bubuk ke dalam wadah french press. Pastikan bubuk kopinya tidak terlalu halus agar tidak tercampur kedalam air.
  2. Lalu, tuangkan air panas ke dalam gelas yang berisi kopi. Pastikan air yang kamu gunakan bersuhu sekitar 85-96 derajat Celsius, agar dapat mengekstrasi kopi dengan sempurna.
  3. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 30 detik, agar aroma dan minyak pada kopi bisa keluar.
  4. Aduk kopi dan diamkan selama empat menit. Setelah empat menit, kamu bisa mulai menekan bagian plunger untuk menyarin kopi. Bila terasa sedikit berat saat ditekan, cobalah tarik sedikit ke atas dan mulailah tekan lagi hingga ke dasar wadah french press.
  5. Setelah selesai diseduh, tuanglah secepat mungkin untuk mencegah munculnya rasa pahit.

4.) Aeropress

Alat ini diciptakan pertama kali oleh Alan Adler pada tahun 2005. Alan Adler merupakan direktur perusahaan produk olah raga bernama Aerobie.

Desain aeropress cukup unik dan futuristik. Materialnya yang terbuar dari plastik membuat alat ini tidak mudah rusak ataupun pecah. Cara penggunaannya juga dengan menekan plunger.

Terdapat tiga bagian utama pada aeropress, yaitu chamber, plunger, dan cap. Aeropress juga memerlukan kertas filter untuk menyaring bubuk kopi yang ditekan.

Cara untuk membuat kopi menggunakan aeropress ini adalah:

  1. Letakkan filter di tutup bagian bawah aeropress yang berguna untuk menyaring kopi, lalu pasang kembali dan letakkan aeropress di atas gelas untuk menampung espresso.
  2. Selanjutnya, basahi filter dengan sedikit air panas untuk menghilangkan rasa kertasnya.
  3. Masukkan dua sendok bubuk kopi halus ke dalam aeropress
  4. Setelah itu, tuangkan setengah cangkir air panas.
  5. Setelah itu, aduk menggunakan sendok dan diamkan kurang lebih 30 detik.
  6. Sekarang, saatnya menekan plunger untuk mengekstrasi espresso. Tekan plunger secara perlahan, sampai espressonya menetes ke dalam gelas.
  7. Secangkir espresso sudah siap untuk kamu nikmati.

5.) V60

Alat pembuat kopi ini diciptakan di Tokyo, Jepang pada tahun 2004 oleh perusahaan bernama Hario. Diberi nama V60 karena bentuknya menyerupai huruf “V” dan memiliki sudut 60°.

Bentuk V60 menyerupai cangkir tapi terdapat lubang di bagian bawahnya. Bahan dasarnya bermacam-macam. Ada yang dari kaca, plastik, maupun keramik.

Alat ini merupakan penerapan metode pour over, di mana penyajiannya dihasilkan melalui tetesan-tetesan bubuk kopi yang diseduh perlahan. Oleh karenanya, V60 membutuhkan kertas penyaring atau filter.

Cara menggunakannya, yaitu:

  1. Siapkan gelas khusus V60 dan filter di atasnya.
  2. Basahi filter dengan air panas.
  3. Masukkan bubuk kopi pada dripper.
  4. Seduh dengan gerakan memutar secara konstan dan perlahan.
  5. Tuangan pertama untuk blooming, proses mengeluarkan karbondioksida. Tuang sampai timbangan menunjukkan angka 30 ml dan tunggu 45 detik.
  6. Tuangan kedua untuk mendapatkan keasaman. Tuang hingga 80 ml, tunggu 45 detik.
  7. Tuangan ketiga untuk mendapat body. Tuang kurang lebih 150 ml, tunggu hingga 30 detik. Tuangan terakhir sebanyak 195 ml.
  8. Sebelum tetesan berhenti, angkat filter agar yang terakhir tidak ikut tercampur.

Macam-macam Resep Kopi Kekinian

resep kopi kekinian

a.) Dalgona Coffe

Bahan-bahan:

  • 4 sdm bubuk kopi
  • 4 sdm gula
  • 4 sdm air panas

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan dan kocok menggunakan mixer atau alat lainnya hingga mengembang.

Cara penyajian:

  1. Masukkan es batu dalam gelas saji, lalu tuang susu kental sebanyak 3/4 bagian gelas
  2. Kemudian beri topping dengan dalgona cream, lalu taburi choco granola atau sesuai selera di atasnya
    Sajikan.

b.) Resep Kopi Kekinian Coffe Milk Boba

Bahan-bahan:

  • 1,5 sdt kopi Nescafe classic robusta
  • 2 sdt muncung gula aren bubuk
  • 50-60 gr air panas (untuk menyeduh kopi)
  • 40 gram boba (sesuai selera)
  • 30 gram sirup monin caramel
  • 75-90 gram susu cair full cream (sesuai selera)
  • es batu secukupnya

Cara Membuat:

  1. Seduh kopi dan gula aren bubuk dengan air mendidih dan aduk lalu sisihkan
  2. Rebus air, masukkan boba. Masak sampai mengapung dan matang
  3. Tuang pada gelas dan campurkan dengan sirup
  4. Tambahkan es batu secukupnya, tuang susu cair. Masukkan seduhan kopi dan gula, aduk rata.

c.) Resep Kopi Kekinian Avocado Coffee

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus kopi instan
  • 1 buah alpukat
  • 1/3 gelas susu kental manis
  • 2 scoop es krim cokelat
  • 200 ml air

Cara membuat:

  1. Larutkan kopi instan dengan air, lalu sisihkan.
  2. Blender buah alpukat sampai halus
  3. Masukkan susu kental manis lalu tambahkan sedikit air.
  4. Sajikan dengan es krim cokelat di atasnya.
  5. Siram dengan kopi hingga gelas penuh.
  6. Avocado coffee siap disajikan.

d.) Resep Kopi Kekinian Coffee Latte

Bahan-bahan:

  • 6 sdm kopi instan
  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml cream kental
  • 800 ml susu full cream hangat

Cara membuat:

  1. Campur bubuk kopi dan susu hangat, lalu aduk hingga merata.
  2. Tuangkan campuran bubuk kopi dan susu ke dalam gelas lalu sisihkan.
  3. Masukkan cream kental dan gula pasir ke dalam shaker, lalu kocok hingga tercampur.
  4. Beri campuran cream dan gula ke atas kopi dan hias sesuai selera.

e.) Kopi Susu Keju

Bahan-bahan:

  • 100 ml air panas
  • 100 ml susu cair
  • 1 sachet kopi instan
  • 3 sdm gula aren cair
  • 2 sdm krimer bubuk
  • cream cheese secukupnya
  • 3 sdm bubuk cream cheese
  • 100 ml susu segar full cream
  • 3 sdm gula pasir
  • garam secukupnya
  • es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur bubuk kopi, gula aren cair, bubuk krimer, dan air panas. Aduk hingga rata dan tambahkan susu cair.
  2. Campur cream cheese, susu segar, dan bubuk cream cheese. Kocok hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Kemudian tambahkan gula dan sedikit garam.
  3. Tuangkan es batu ke racikan kopi, lalu tuang kira-kira 3/4 gelas, tambahkan cream cheese di atasnya.

f.) Es Kopi Susu Regal

Bahan-bahan:

  1. double shots espresso
  2. 250 ml susu cair
  3. 4 keping biskuit Marie Regal
  4. es batu secukupnya
  5. 3 sdm madu
  6. 2 sdm sirup vanila (tidak wajib)

Cara membuat:

  1. Tuang 45-60ml espresso ke dalam shaker atau gelas kocok.
  2. Lalu tuangkan susu cair, es batu, madu, dan sirup vanila. Terakhir, ambil tiga biskuit Marie Regal, lalu hancurkan.
  3. Kocok semua bahan sampai tercampur rata dan tuang ke gelas saji.
  4. Tambahkan sisa biskuit Marie Regal sebagai topping.

g.) Es Kopi Thailand

Bahan-bahan:

  • 3 sendok makan kopi bubuk yang halus, larutkan dengan sedikit air yang sudah panas
  • 150 ml susu UHT full cream
  • 50 ml kental manis
  • 3 gelas air
  • es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Larutkan kopi bubuk dengan air panas. Diamkan hingga dingin.
  2. Siapkan botol atau shaker bertutup rapat. Masukkan susu UHT dan kental manis. Kocok-kocok sampai tercampur rata dan agak berbusa.
  3. Siapkan gelas saji, lalu tuangkan kopi. Tuangkan juga campuran susu yang sudah dikocok perlahan-lahan.
  4. Tambahkan es batu secukupnya. Bisa dipercantik dengan menambahkan bubuk kopi di atasnya.

h.) Resep Kopi Kekinian Mocha Frappuccino

Bahan-bahan:

  • 80 ml air panas
  • 80 ml susu cair
  • 2 sachet kopi bubuk tanpa ampas
  • 2 sendok makan sirup cokelat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • es batu secukupnya

Topping:

  • whipped cream secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur kopi bubuk dengan air panas dan gula pasir, kemudian dinginkan.
  2. Masukkan es batu secukupnya, campurkan kopi, sirup cokelat, dan susu cair lalu blender hingga halus.
  3. Tuang ke dalam gelas, kemudian beri semprotan whipped cream sebagai topping.

Resep kopi kekinian di atas adalah hasil dari inovasi minuman kopi yang telah ada sejak dulu. Dan kini telah muncul berbagai macam bisnis dan usah yang menjual berbagai macam jenis minuman kopi, mulai dari yang sederhana hingga yang paling merarik mintat sekalipun.

Demikian artikel seputar resep kopi kekinian, semoga apa yang saya bagikan ini, dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya. Sekian dan terimakasih.

 

_Selamat Mencoba_

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •