Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang resep kopi susu, jadi simak sampai akhir agar tau bagaimana cara membuatnya ya.

Selain membuat tetang resep kopi cappuccino, kali ini saya membahas tentang Resep kopi susu mudah dan sederhana juga nikmat

Resep Kopi Susu Mudah dan Sederhanadan juga Nikmat

Resep Kopi Susu

Kopi susu adalah minuman mirip dengan susu coklat, namun, bukannya sirup cokelat, sirup kopi yang digunakan. Ini merupakan minuman negara resmi Rhode Island di Amerika Serikat

Sejarah

Kopi susu pertamakali diperkenalkan ke Rhode Island kapan di awal 1930-an. Ini muncul dari restoran kreatif serta operator apotek mencoba untuk menarik pelanggan baru dengan minuman yang kreatif. Salah satu operator, identitas di antaranya telah hilang dari sejarah, manis sisa ampas kopi dengan susu dan gula.

Hal ini menciptakan suatu-molasses seperti ekstrak yang menjadi populer. Kopi susu menjadi favorit di antara Rhode Islanders dan menciptakan permintaan untuk ini sirup kopi. Permintaan itu begitu besar yang, pada tahun 1993, mengalahkan Del Limun sebagai minuman resmi Rhode Island.

Ketersediaan

Di bagian timur laut dari wilayah AS New England, dapat ditemukan dalam kasus susu dari toko tepat di samping susu rasa lainnya seperti cokelat, strawberry dan vanili, dan sering ditemukan pada menu minuman pengunjung di seluruh negara bagian.

Minuman ini sulit untuk menemukan di luar wilayah New England, bagaimanapun, dan pelancong memintanya sering keliru disajikan kopi dengan susu. Salah satu merek terkenal sirup kopi adalah “otokrat.” Otokrat Inc, yang juga menghasilkan merek Eclipse dan CoffeeTime dari sirup kopi, yang berbasis di Lincoln, Rhode Island.

Kopi susu ada di keran di aula makan dari Brown University dan University of Rhode Island, mengacaukan banyak mahasiswa dari luar negara.

Baru-baru ini, sirup menjadi tersedia selatan sejauh New Jersey, tapi dalam kemasan yang berbeda. Hal ini dicap sebagai sirup “Waktu Kopi” – masih dibuat oleh otokrat di Rhode Island.

Membuat Es Kopi Susu yang Kekinian

Es Kopi Susu Kekinian yang Belakangan Populer Merupakan Campuran Dari:

  • 15 gr bubuk kopi (gilingan fine atau medium)
  • 100 ml air panas
  • 5-10 sdm gula merah cair
  • 100 ml susu full cream
  • 2 sdm krimer bubuk

Cara membuatnya mudah, cukup campurkan semua bahan diatas dan tambahkan es batu. Tertarik membuatnya sendiri? Inilah caranya.

Di kota-kota besar seperti layaknya Jakarta, minuman es kopi susu kekinian sedang banyak digemari oleh remaja dan juga tentunya orang dewasa. Berawal dari cafe, sekarang banyak gerai dan bisnis kecil yang menyediakan minuman ini. Lalu apa yang membuat minuman kopi susu ini berbeda dengan es kopi susu biasa?

Perbedaan utamanya ialah pada penggunaan susu sebagai bahan campurannya. Resep es kopi susu yang tradisional menggunakan krimer kental manis sebagai bahan campuran, sedangkan yang kekinian menggunakan susu cair full cream. Gula merah atau gula aren digunakan pada resep es kopi susu kekinian kali ini untuk menggantikan manis dari krimer kental manis.

Cara membuat es kopi susu kekinian sangat mudah karena dapat dibuat sendiri di rumah tanpa menggunakan alat seduh khusus. Untuk hasil yang maksimal kami menyarankan untuk menggunakan biji arabika yang memiliki karakter asam agar rasanya sedikit segar.

Bahan Bahan Resep Kopi Susu

  • 15 gr bubuk kopi (gilingan fine atau medium)
  • 100 ml air panas
  • 5-10 sdm gula merah cair
  • 100 ml susu full cream
  • 2 sdm krimer bubuk

Setelah semua bahan siap, yang harus Anda lakukan adalah menyeduh kopinya dengan air panas, saring, lalu campur kopi dengan semua bahan lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan es batu untuk sajian minuman yang dingin.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat minuman ini lebih nikmat. Semisal, menggunakan espresso single atau double shot untuk memperkuat citarasa kopinya. Variasi lainnya yaitu dengan menggunakan coffee cube agar rasa kopinya tidak semakin encer saat es sudah mencair.

Membuat Kopi Susu Rumahan

kopi merupakan hasil olahan dari biji kopi yang telah disangrai kemudian dibuat bubuk sehingga bisa diseduh dengan air hangat untuk dibuat minuman.

Kopi

Kopi sering dijadikan mindset oleh masyarakat sebagai minuman anti ngantuk karena kadar kafeinnya yang bikin kita tetap semangat.makanya minum kopi cocok buat para pekerja pekerja lembur atau nemenin para mahasiswa buat ngerjain tugas dosen atau skripsinya yang ga kelar kelar hehehe….

Susu

Susu merupakan suatu cairan yang dihasilkan dari kelenjar susu yang dimiliki oleh mamalia misalnya yaitu sapi.Susu yang Paling sering serta paling umum dikonsumsi oleh khalayak ramai adalah susu Sapi.

Nah sekarang saatnya kita meluncur ke topik pembahasan kita yang kali ini yaitu Cara Membuat kopi susu ala kafe versi rumahan.
Pertama-tama kalian siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu :

Bahan Bahan Resep Kopi Susu

  • 1 sdm kopi bubuk hitam
  • 3 sdt gula pasir
  • Air panas secukupnya
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 sdm creamer
  • 1 sdt bubuk coklat plain
  • Cara membuat kopi susu ala kafe versi rumahan

Langkah Langkah

  1. Masukan kopi bubuk, gula pasir, serta bubuk coklat plain dalam satu gelas ataupun cangkir yang sudah
  2. disiapkan.
  3. Tambahkan air panas 160 ml ke dalam gelas/cangkir tadi.Setelah itu dilakukan, tambahkanlah susu kental
  4. manis(kalau bisa susu tuang barengan dengan air panas).
  5. Aduk-aduk sampai semua ter-mix(campur rata).
  6. Agar mendapat rasa kopi yang lebih nendang bin nikmat, bisa ditambahkan krimer diata kopinya.
  7. Aduk sampai merata dan kopi susu siap disruput.

Es Kopi Susu

Bahan Bahan Resep Kopi Susu

  • 1 sachet skm
  • 2 sachet bubuk kopi (top kopi)
  • Gula (untuk yang suka manis)
  • Air hangat (dikira” saja)

Langkah Langakah

  1. Seduh kopi.. Lalu saring hingga benar-benar tidak ada ampas kopinya
  2. Taruh kopi ke iced cube dan taruh ke freezer hingga benar” beku
  3. Setelah kopi beku taruh kedalam gelas
  4. Seduh susu dengan air hangat dan tambah kan gula (untuk yang suka manis, jika tidak suka manis bisa skip)
  5. Lalu tuang susu kedalam gelas yang sudah berisi kopi beku tadi, dan ice kopi susu ala cafe siap di minum

Manfaat Kopi Susu

resep kopi susu

1. Menambah Tekstur Kopi

Sebagian besar susu terdiri dari protein serta manfaat lemak yang keduanya sangat penting untuk membuat secangkir kopi. Lemak dalam susu akan meningkatkan kualitas rasa dari kopi yang dicampurkan dengan susu. Sedangkan manfaat lemak dalam susu akan mengubah tekstur kopi semakin tebal serta lebih lembut.

2. Mengurangi Rasa Pahit

Protein yang terkandung dalam susu juga bisa mengurangi rasa pahit dari kopi hitam itu sendiri, caranya yaitu dengan cara mengikat senyawa polifenol seperti tanin. Meski tanin berguna untuk tubuh namun rasa astringen bisa mengurangi rasa dari kopi dan ini bisa ditutupi dengan menambahkan susu dalam secangkir kopi hitam

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dari penelitian membuktikan jika kopi bisa mengurangi risiko terkena stroke serta penyakit jantung sebab kopi bisa membersihkan sistem serta menjaga jantung agar berfungsi secara optimal sekaligus menyembuhkan aritmia yakni irama jantung abnormal.

Sedangkan tambahan susu dalam kopi juga berguna untuk mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskular juga kemungkinan stroke karena kandungan kalsium tinggi dalam susu, magnesium dan juga kalium.

4. Mengurangi Keasaman Kopi

Menambahkan susu kedalam kopi juga sangat penting untuk mengurangi keasaman dari kopi itu sendiri. Sama seperti cara kerja susu dalam mengikat tanin, protein dalam susu juga akan bereaksi pada asam klorogenik sehingga rasa asam pada kopi bisa dikurangi. Meski rasa asam merupakan ciri khas dari kopi, namun tidak semua penikmat kopi menyukai rasa asam tersebut sehingga menambahkan susu menjadi cara terbaik untuk mengurangi rasa asam dari kopi.

5. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi kopi juga dadpat dijadikan solusi untuk kanker khususnya yaitu dua jenis kanker yakni kanker hati serta kolorektal yang merupakan beberapa jenis kanker mematikan sekaligus mencegah terjadinya melanoma untuk seseorang yang mengkonsumsi kopi dengan teratur. Menambahkan susu dalam kopi ternyata juga dapat menambah manfaat pada minuman ini, yaitu untuk memperpanjang kehidupan seseorang yang didiagnosis terkena penyakit kanker usus besar.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Asam klorogenik yang terkandung dalam kopi sangatlah baik dikonsumsi untuk mencegah kerusakan retina sekaligus merupakan sumber antioksidan agar mengurangi stres oksidatif yang bisa mempengaruhi mata. Sedangkan susu mengandung vitamin A serta B yang bisa meningkatkan penglihatan agar selalu dalam keadaan sehat.

7. Minuman Baik Pasca Latihan

Mengkonsumsi dua cangkir kopi yang ditambahkan dengan susu sangat baik untuk mengurangi rasa sakit ataupun nyeri otot sesudah latihan hingga mencapai presentase 48%. Sedangkan susu juga bisa mencegah karbohidrat untuk penambahan berat badan peminumnya, memperbaiki otot serta mengembalikan energi yang sudah hilang sesudah latihan.

8. Penambah Energi

Kopi susu juga menjadi minuman dengan sumber energi karena mengandung kafein yang bisa meningkatkan aliran darah kemudian mengalir ke otak dan pada akhirnya menghasilkan neurotransmitter bernama adenosine yang bekerja layaknya dopamin alami untuk menambah energi pada tubuh peminumnya.

9. Menurunkan Berat Badan

Kopi serta susu sama sama merupakan minuman yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Kopi sangat baik untuk meningkatkan proses pembakaran lemak serta bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sedangkan susu juga membantu dalam menurunkan berat tubuh dengan cara mengurangi rasa lapar diantara jam makan sekaligus mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh.

10. Sumber Antioksidan

Dalam kopi susu juga bisa memberikan manfaat antioksidan yang sangat tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan teh serta anggur. Untuk itu, minum secangkir kopi susu di pagi hari sangat penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit bagi peminum.

11. Menurunkan Risiko Diabetes

Dari penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa meminum kopi susu pada pagi hari bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 sehingga tidak hanya menjadi minuman yang nikmat untuk diminum, namun kopi susu juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes bagi peminumnya.

12. Meningkatkan Koordinasi

Kafein dalam kopi juga bisa meningkatkan koordinasi neuromuskular sehingga otak bisa mengirimkan pesan ke otot dengan lebih cepat. Hal ini tentunya sangat membantu dalam banyak hal baik dalam bekerja atau belajar

13. Memperbaiki Kesehatan Organ Hati

Selain memiliki banyak manfaat minum kopi hitam, kopi susu juga dikatakan sebagai salah satu minuman yang super untuk melindungi dan memproteksi organ hati dari kerusakan seperti sirosis hati dimana jika minum 2 cangkir kopi susu setiap hari bisa menurunkan risiko sirosis hati hingga mencapai presentase 44%.

14. Mengurangi Risiko Parkinson

Parkinson merupakan penyakit yang bisa berkembang secara perlahan selama beberapa tahun yang nantinya menimbulkan gejala seperti tremor, masalah dalam berbicara, gerakan melambat dan masalah kesehatan lainnya. Untuk mencegah penyakit parkinson yang satu ini bisa dilakukan dengan cara menyenangkan yakni minum kopi susu dengan teratur.

15. Memperpanjang Umur

Fakta menarik yang telah ditemukan dalam kopi susu ialah bisa membuat seseorang hidup lebih lama dimana 1 cangkir kopi susu yang diminum setiap hari sudah cukup baik untuk menambah umur sekitar presentase 12%.

16. Mengurangi Depresi

Selain memiliki banyak manfaat kopi untuk diet, minum 1 hingga 2 cangkir kopi susu per hari juga bisa membuat dan menata mental seseorang semakin baik. Kopi susu ini bertindak sebagai antidepresan ringan sehingga bisa menghasilkan rasa nyaman pada otak yang bahkan menurut hasil riset juga bisa menurunkan risiko ingin bunuh diri hingga mencapai presentase 50%.

17. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Minum kopi susu dikatakan dapat mengatasi lelah lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum kopi susu. Kandungan kafein dan juga banyak vitamin serta mineral dalam susu merupakan kombinasi yang sangat baik untuk membuat aktivitas fisik terasa lebih mudah untuk dilakukan.

18. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dalam penelitian lain yang telah dilakukan yaitu pada tahun 2017 telah ditemukan bahwa seseorang yang minum kopi susu juga bisa mengurangi masalah pencernaan seperti crohn, celiac, solusi maag, sakit perut serta berbagai gangguan pencernaan lainnya.

19. Menahan Kantuk

Menahan rasa kantuk mungkin menjadi manfaat yang paling terkenal dari kopi susu dimana kandungan kafein dalam kopi bisa membantu otak agar tetap terjaga dengan cara memblokir adenosine kimia yang menyebabkan rasa kantuk pada peminum.

20. Meningkatkan Suasana Hati

Kopi susu tidak hanya berfungsi sebagai antidepresan tetapi juga dapat mencegah perubahan suasana hati sehingga bisa merasa lebih bahagia secara menyeluruh.

Hal ini disebabkan karena kafein dalam kopi dan juga kandungan dalam susu yang bisa mengendalikan mood lewat neurotransmitter pada otak sehingga bisa memberikan perasaan yang jauh lebih menyenangkan.

Manfaat Kopi Susu dari Resep Kopi Susu

resep kopi susu

Kopi susu, alias caffè latte, hampir sama dengan segelas cappuccino — terbuat dari espresso dan susu kukus. Yang membedakan keduanya ialah perbandingan porsi susu didalam kopi susu yang lebih banyak dibanding pada cappuccino.

Segelas kopi susu ukuran Tall (12 oz.) dengan susu kedelai tanpa gula mengandung 18 gram karbohidrat, 130 kalori, 4 gram lemak, 7 gram protein, 18 gram karbohidrat, dan 30 persen kalsium. Sementara itu, segelas kopi susu berukuran sama yang diracik dengan susu tanpa lemak mengandung 100 kalori, 10 gram protein, 15 gram karbohidrat, serta 35% kalsium.

Jika Anda menggunakan susu full-fat, kandungan gizi dalam gelas kopi susu Anda menjadi: 180 kalori, 9 gram lemak, 14 gram karbohidrat, 10 gram protein, serta 30 persen kalsium. Segelas kopi susu ukuran Tall mengandung rerata 75 mg kafein.

Penutup Resep Kopi Susu

Terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel resep kopi susu ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu anda untuk membuat kopi susu sesuai dengan keinginan anda, tentu dengan beragam manfaat anda akan lebih tertarik bukan utuk mencoba resep kopi susu, sekian terimakasih 🙂