Resep Kue Kering Lebaran Unik – Siapa sih yang tidak kenal dengan kue kering yang manis dan nikmat ini? Kue yang selalu menjadi primadona saat lebaran ini memiliki banyak penggemarnya. Alasannya simpel, ya karena manis, enak, dan lezat saat disantap bersama keluarga dan teman, apalagi di momen-momen yang tak terlupakan.

Kue khas yang menjadi sajian ketika lebaran tiba ini menjadi salah satu sajian wajib untuk menyambut keluarga maupun tamu yang berkunjung ke rumah. Resep kue kering lebaran unik ini memiliki banyak kreasi rasa dan bentuknya yang menarik.

Resep kue kering lebaran unik ini memiliki daya tarik tersendiri dan juga memiliki nilai tambah yang spesial. Resep kue kering lebaran unik ini sangat dicari banyak orang, apalagi dari bentuknya yang berbeda daripada yang lainnya, jadi tampilan yang dihasilkan pun akan terlihat sangat menarik bagi setiap orang yang mencobanya.

Sekilas Tentang Kue Kering

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Ya seperti yang sudah kita ketahui semua, kue kering itu merupakan istilah yang digunakan untuk jenis kue yang mempunyai tekstur yang keras dan renyah, serta memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di-oven atau dipanggang dengan menggunakan mesin oven kue, tapi ada juga kue kering yang digoreng. Kue kering yang di-oven itu biasanya disebut ‘Cookies‘.

Resep kue kering lebaran unik ini mempunyai daya tahan yang cukup lama. Bahan yang umumnya digunakan untuk pembuatan kue kering itu diantaranya ada tepung beras, tepung ketan, tepung terigu, tepung sagu, dan masih banyak lainnya.

Kue kering sendiri merupakan makanan ringan yang sangat nikmat untuk dijadikan cemilan sehari-hari, jadi bukan merupakan makanan utama. Tapi selain kue kering, ada juga kue basah. Kue basah ini pada umumnya mempunyai tekstur yang empuk, lembut, dan tidak bertahan lama (hanya bertahan selama beberapa hari saja, lalu basi ditandai dengan tumbuhnya jamur disekeliling kue). Kue basah biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, bahkan ada juga yang digoreng. Kue basah bisa dan sering kite temukan di pasar tradisional maupun pasar swalayan.

Sekarang ini kita bisa menemukan ada banyak sekali aneka variasi resep kue kering lebaran unik dengan rasa dan bentuknya yang menarik. Sudah ada banyak produsen kue kering baik dari skala rumahan sampai skala industri yang menciptakan variasi-variasi baru dalam membuat dan mengolah kue kering sesuai dengan selera dan permintaan masyarakat.

Berikut ini Resep Kue Kering Lebaran Unik yang bisa Anda coba di rumah.

Resep Kue Kering Lebaran Unik

1.) Resep Kue Nastar

Kue kering yang satu ini mungkin Anda sudah tahu, karena menjadi salah satu kue kering yang wajib dan selalu ada pada saat lebaran. Meskipun begitu, kue nastar tetap masuk ke dalam salah satu jajaran resep kue kering lebaran unik kali ini. Kenapa? Karena akhir-akhir ini semakin bermunculan kue nastar dengan variasi yang berbeda. Tidak hanya isi selai nanas saja, sekarang ada kue nastar isi strawberry, blueberry, dan masih banyak lainnya.

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Nah supaya nastar tidak pecah saat dipanggang, jangan mengocok menteganya terlalu lama, dan gunakan mixer dengan kecepatan rendah. Jangan memasukkan isian selai nastar terlalu banyak, sehingga kulit kue nastar menjadi terlalu tipis. Selain itu, pada saat memanggang, jangan menyusun adonan nastarnya terlalu rapat, supaya suhu ovennya bisa menyebar dengan rata.

Kalau Anda bermaksud membuat kue nastar untuk sajian saat hari raya, Anda bisa membuat resep ini sekitar seminggu sebelum hari H. Selama ditempatkan di wadah kedap udara, nastar bisa tahan hingga 2 bulan. Kalau wadah sudah dibuka, kerenyahan nastar bisa bertahan hingga 7 hari. Lebih dari itu biasanya kulit luar mulai melempem.

Bahan Kue Nastar

  • 400 g tepung terigu protein rendah
  • 100 g tepung maizena
  • 4 kuning telur
  • 1 putih telur
  • 1 sdt garam
  • 150 g gula bubuk
  • 250 g mentega
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2 kuning telur, untuk olesan
  • Margarin secukupnya, untuk olesan
  • Cengkeh, untuk hiasan

Selai Kue Nastar

  • 600 g buah nanas, parut (bisa juga dengan menggunakan buah lainnya sesuai selera Anda)
  • 150 g gula pasir
  • 5 butir cengkih
  • 3cm kayu manis
  • 50 g kismis

Cara Membuat Isian Selai Nastar

  1. Nanas dikupas dan diparut
  2. Masukkan gula pasir dan masak sampai matang dan kental
  3. Dinginkan hingga bisa dibulat-bulatkan sebesar mutiara

Cara Membuat Adonan Kue Nastar

  1. Siapkan loyang berbentuk persegi panjang dan olesi dengan margarin
  2. Kocok 4 kuning telur dengan gula halus dan mentega hingga mengembang
  3. Masukkan parutan keju ke dalam adonan
  4. Masukkan terigu dan vanili
  5. Aduk-aduk hingga membentuk adonan yang bisa dibulatkan

Cara Membuat Kue Nastar

  1. Bulatkan kue dengan tangan hingga berukuran sedikit lebih kecil dari ukuran bola golf.
  2. Masukkan bulatan selai ke dalam bulatan kue.
  3. Potong kismis menjadi 2 atau 4 bagian kecil, letakkan sepotong kismis di atas kue.
  4. Olesi permukaan kue dengan kuning telur.
  5. Susun kue di dalam loyang dan panggang di dalam oven gas.
  6. Sajikan untuk 40 butir.


2.) Resep Kue Keju / Kastengel

Diadaptasi dari kue khas negeri kincir angin, kue keju atau yang biasa disebut dengan kastengel ini sudah menjadi salah satu ikon kue kering pada hari lebaran. Tak lengkap rasanya kalau di hari raya lebaran tanpa ada cemilan kastengel.

Cita rasa kue keju yang gurih dan asin ini menjadi favorit banyak orang. Apalagi kalau kualitas keju edam yang digunakan pada resep kue kering lebaran unik ini adalah keju dengan kualitas yang terbaik, dijamin kue keju atau kastengel buatan Anda akan laris dihabiskan para tamu.

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Untuk adonan kue memang biasanya digunakan keju edam, tapi kalau keju edam sulit ditemukan atau harganya terlalu mahal, penggunaannya pada resep kastengel ini bisa Anda ganti dengan keju cheddar.

Nah supaya tidak hancur saat dipanggang, berikan jarak yang cukup antar kue sehingga panas oven bisa merata. Setelah dikeluarkan dari oven, biarkan hingga benar-benar dingin, baru pindahkan ke stoples penyimpan.

Bahan Kue Keju / Kastengel

  • 250 gram mentega
  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 100 gram keju edam parut
  • 100 gram keju cheddar parut
  • 3 kuning telur, untuk olesan
  • Margarin secukupnya untuk olesan

Cara Membuat Kue Keju / Kastengel

  1. Kocok mentega dengan putih telur hingga putih dan mengembang
  2. Masukkan keju edam parut sambil dikocok hingga rata
  3. Masukkan tepung terigu, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
  4. Giling adonan dengan ketebalan ½ cm, potong-potong dengan lebar ½ cm panjang 2cm. Letakkan dan susun di dalam loyang datar yang telah diolesi margarin.
  5. Olesi atasnya dengan kuning telur, taburi keju cheddar parut. Panggang dengan suhu 160C selama 25 menit hingga berwarna kuning kecokelatan dan kering. Angkat dan biarkan dingin. Simpan di dalam stoples kedap udara.

3.) Kue Putri Salju

Perpaduan rasa gurih dari kacang mede dalam adonan kue, serta sensasi dingin dan manisnya gula halus di bagian luar membuat kue kering yang satu ini menjadi kesukaan semua orang, baik muda maupun tua. Resep kue putri salju juga cukup mudah untuk dipraktekkan. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah saat mencetak adonan membentuk kelereng, jangan terlalu besar, karena adonan yang terlalu besar bisa menyebabkan matang yang tidak merata.

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Saat meletakkan di dalam loyang pemanggang, usahakan jangan terlalu rapat sehingga sirkulasi panas di dalam oven bisa berjalan bagus, sehingga risiko kue retak bisa dihindari.

Untuk variasi, kacang mede bisa juga diganti dengan kacang tanah biasa. Hanya saja rasa kue akan sedikit berkurang gurihnya. Untuk gula halus, pilihlah gula halus yang berkualitas bagus dan tidak lembab. Gula yang lembab bisa mengakibatkan penampilan kue di dalam stoples tidak cantik.

Kue putri salju ini bisa bertahan dalam stoples kedap udara kurang lebih selama 1 bulan. Tapi kalau
stoples sudah dibuka, biasanya gula halus akan cepat menjadi lembab. Jadi sebaiknya segera dikonsumsi kue ini setelah stoples dibuka.

Bahan Kue Putri Salju

  • 200 gr kacang mede, sangrai dan haluskan
  • 200 gr tepung terigu protein rendah
  • 100 gr gula mentega
  • 200 gr gula bubuk, untuk taburan
  • 1 sdt garam
  • Margarin untuk olesan

Cara Membuat Kue Putri Salju

  1. Campur tepung terigu, gula bubuk, kacang mede yang dihaluskan, mentega, dan garam menjadi satu. Aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  2. Buat bulatan sebesar kelereng, letakkan di atas loyang datar yang telah diolesi margarin.
  3. Panggang dengan suhu 160C selama 25 menit hingga matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin.
  4. Lumuri dengan gula bubuk hingga rata. Simpan dalam stoples kedap udara.

4.) Resep Kukis Selai Kacang Coklat

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Siapa yang tak kenal dengan kue kering yang satu ini? Kukis kacang legendaris khas Indonesia ini selalu menjadi makanan ringan sehari-hari bagi banyak orang, serta terasa nikmat saat menemani waktu santai Anda dengan segelas kopi. Citarasa kacangnya yang khas, gurih, dan wangi memang tak pernah lekang oleh zaman. Kue kacang tradisional Indonesia ini umumnya dibuat dari kacang tanah yang dicincang kasar, sehingga membuat teksturnya lebih legit dan nikmat di lidah.

Bahan Kukis Selai Kacang Coklat

  • 250 gr tepung terigu serbaguna, ayak
  • 1 sdt baking soda
  • 1 cangkir selai kacang (halus atau berbutir kasar)
  • 4 sdm mentega tawar, simpan dalam suhu ruangan
  • 110 gr brown sugar
  • 100 gram gula pasir
  • 2 buah telur
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • 8 ons coklat batang semi-manis, potong-potong kecil

Cara Membuat Kukis Selai Kacang Coklat

  1. Panaskan oven hingga 180 derajat celcius.
  2. Campur terigu dengan baking soda, sisihkan.
  3. Gunakan wadah lain, campur selai kacang, mentega dan gula, kocok dengan menggunakan mixer roti berkecepatan sedang hingga lembut dan mengembang. Tambahkan telur, vanilla, aduk hingga lembut.
  4. Turunkan kecepatan mixer hingga rendah, tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit hingga rata
  5. Tambahkan potongan coklat ke dalam adonan
  6. Ambil adonan menggunakan sendok, teteskan ke atas loyang panggang yang telah dilapisi kertas panggang.
  7. Panggang 15 menit hingga merata.
  8. Sisihkan kukis dan dinginkan.

5.) Resep Kue Lidah Kucing

Resep kue kering lebaran unik ini diadaptasi dari kue khas Belanda ‘kattetong’ yang secara harfiah artinya lidah kucing. Kenapa disebut lidah kucing? Karena memang dilihat dari bentuknya yang panjang dan tipis menyerupai lidah kucing. Resep kue kering lebaran unik yang satu ini bisa dibilang cukup mudah, baik secara teknik pembuatan maupun bahan-bahan yang dibutuhkan.

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Nah yang perlu diperhatikan hanyalah pada saat proses pemanggangannya. Jangan gunakan oven dengan suhu yang terlalu tinggi, cukup 160derajat Celcius saja, dengan lama pemanggangan 20 menit. Jika mengunakan oven dengan suhu terlalu tinggi, kue lidah kucing akan gosong dibagian pinggirnya dan masih lembek dibagian tengah.

Saat ini di pasaran sudah tersedia loyang khusus untuk membuat kue lidah kucing, jadi Anda bisa meminimalkan resiko kue patah saat diangkat dari loyang ataupun bentuknya yang jadi tidak cantik karena adonan meleber saat dicetak. Dengan loyang khusus ini, Anda hanya perlu mengolesi margarin setiap kali akan memanggang. Kalau suka, Anda juga bisa menambahkan bahan perenyah kue dalam adonan resep kue lidah kucing. Tapi biasanya dengan perbandingan putih dan kuning telur yang tepat, bahan perenyah kue tidak terlalu dibutuhkan.

Bahan Kue Lidah Kucing

  • 600 gram mentega
  • 350 gram gula halus
  • 1 sdt pasta vanili
  • 600 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram susu bubuk fullcream
  • 2 sdm gula pasir
  • 4 butir telur, ambil putihnya saja
  • 2 kuning telur

Cara Membuat Kue Lidah Kucing

  1. Kocok mentega, gula halus, pasta vanili hingga putih pucat, tambahkan kuning telur, kocok kembali hingga adonan mengembang.
  2. Campur tepung terigu dan susu, ayak sambil dimasukkan dalam adonan telur.
  3. Kocok putih telur pada wadah terpisah hingga mengembang, masukkan gula pasir, kocok terus hingga kaku.
  4. Secara bertahap, masukkan adonan putih telur pada adonan kuning telur sambil diaduk rata menggunakan spatula.
  5. Tuang adonan yang sudah jadi kedalam plastik segitiga yg sudah dipasang spuit motif polos. Semprotkan adonan pada cetakan lidah kucing. Panggang dalam oven bersuhu 160C selama 20 menit.

6.) Resep Kue Semprit

Memiliki bentuk bunga dan berhiaskan sukade (irisan buah kering) pada bagian tengahnya, siapa yang tidak tertarik dengan tampilan kue semprit ini? Dari segi bahan bakunya, kue kering ini hampir mirip dengan kue keju sagu, bedanya hanya pada penggunaan tepungnya saja. Kue semprit ini menggunakan lebih banyak tepung terigu, sedangkan kue sagu sesuai dengan namanya menggunakan tepung sagu.

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Nah kenapa dinamakan Kue Semprit? Mungkin karena orang Indonesia agak kesulitan menyebutkan kata ‘spuit’, yaitu berupa plastik segitiga dan besi corong khusus untuk membuat kue ini, sehingga muncul istilah Kue Semprit, karena lebih mudah untuk diucapkan.

Sukade yang digunakan dalam resep kue semprit ini adalah sejenis manisan kering dari labu. Biasanya di psaran terdapat tiga warna sukade; merah, hijau, dan kuning. Di dalam resep ini hanya digunakan sukade merah saja. Untuk lebih meriah, Anda bisa menggunakan sukade berbagai macam warna.

Bahan Kue Semprit

  • 350 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr tepung maizena
  • 200 gr mentega
  • 200 gr gula bubuk
  • 4 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 50 gram Sukade/buah kering untuk hiasan
  • 1 sdt vanila bubuk
  • ½ sdt garam
  • Margarin untuk olesan

Cara Membuat Kue Semprit

  1. Kocok mentega dengan ½ bagian gula bubuk hingga mengembang. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigu, garam, vanili bubuk dan tepung maizena, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga rata.
  3. Kocok putih telur dengan sisa gula bubuk hingga mengembang dan kaku. Masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga yang telah diberi mata spuit bentuk bintang. Semprotkan adonan bentuk bunga di atas loyang datar yang telah diolesi margarin. Hias bagian atasnya dengan sukade.
  5. Panggang dengan suhu 160°C selama 25 menit hingga matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin. Simpan dalam stoples kedap udara.

7.) Resep Kue Sagu Keju

Resep kue kering lebaran unik ini menjadi salah satu primadona kue lebaran bersama dengan kastengel dan kue nastar. Kue sagu keju ini memiliki tekstur yang lembut karena berbahan dasar tepung sagu, sehingga ketika kue ini digigit, ia akan lumer dengan sendirinya di dalam mulut. Berpadu dengan parutan keju cheddar yang gurih akan semakin menambah cita rasa yang lezat.

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Yang harus diperhatikan pada pembuatan kue sagu keju ini biasanya adonan kue terlalu encer, jadi agak sulit untuk dicetak dan bentuknya jadi terlihat kurang menarik saat dipanggang. Nah untuk menghindari hal ini, kocok mentega dalam keadaan beku, jadi menteganya tidak mengeluarkan minyak saat dikocok.

Tips selanjutnya, untuk mencegah kue menjadi gosong, panggang kue sagu keju dengan suhu oven rendah, atau juga bisa dengan menggunakan loyang dengan alas yang agak tebal (loyang jenis insulated). Tapi kalau tidak punya, bisa juga menggunakan 2 lapis loyang aluminium biasa.

Kue sagu keju termasuk jenis kue kering yang mudah melempem jika terkena angin. Maka dari itu, Anda bisa membuatnya ketika sudah mendekati hari Lebaran. Atau jika sudah terlanjur melempem, bisa juga dipanggang ulang dengan oven suhu rendah selama 5 menit.

Bahan Kue Sagu Keju

  • 400 gr tepung sagu, sangrai hingga kekuningan
  • 200 gr gula bubuk
  • 2 butir telur
  • ½ sdt garam
  • 200 gr mentega
  • 100 gr keju cheddar parut
  • Margarin untuk olesan

Cara Membuat Kue Sagu Keju

  1. Kocok mentega dan gula bubuk hingga putih dan mengembang. Masukkan telur, kocok hingga rata.
  2. Masukkan keju parut, garam, dan tepung sagu. Aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit. Semprotkan adonan bentuk bunga ke dalam loyang datar yang telah diolesi margarin.
  4. Panggang dengan suhu 160C selama 25 menit hingga matang dan kering. Angkat, biarkan dingin.
  5. Simpan dalam stoples kedap udara.

8.) Resep Kue Jahe

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Kue kering di Indonesia pada umumnya merupakan asimilasi kebudayaan dengan para pewaris tanah di Indonesia, terutama di Eropa. Mereha membawa budaya bersantai sambil minum teh atau kopi di sore hari selepas bekerja dengan ditemani kue-kue kecil, termasuk kue kering. Nah salah satu kue klasik yang mendunia ini adalah Kue Jahe, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Gingerbread‘. Kue Jahe ini hadir untuk menghangatkan suasana dan tubuh Anda dengan cita rasanya yang manis, serta sensasi pedas-hangat yang berasal dari jahe.

Bahan Kue Jahe

  • 250 gram tepung tapioka
  • 125 gram tepung beras
  • ½ sdt soda kue
  • 50 gram jahe, parut
  • 3 butir telur ayam
  • 250 gram gula halus
  • Gula icing secukupnya

Cara Membuat Kue Jahe

  1. Siapkan oven, panaskan hingga 180ºC
  2. Kocok telur dan gula dengan mixer kecepatan tinggi,hingga putih
  3. Masukkan parutan jahe dan aduk-aduk hingga rata.
  4. Masukkan tepung tapioka, tepung beras dan soda kue, lalu aduk sampai rata.
  5. Olesi loyang dengan mentega. Bentuk adonan bulat-bulat kecil, atau berbentuk manusia. Letakkan di loyang dan pipihkan. Beri jarak antar kue.
  6. Panggang adonan di oven 180ºC sampai matang (10-15 menit), setelah matang, angkat dan dinginkan.
  7. Hiasi kue dengan gula icing jika suka.
  8. Masukkan kue yang sudah dingin ke dalam toples kedap udara.

9.) Resep Kue Kering Kacang Mede

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Resep kue kering lebaran unik lainnya yang wajib ada untuk disajikan adalah Kue Kering Kacang Mede. Kue berbahan dasar kacang ini memiliki cita rasa yang gurih, wangi, dan tekstur yang menggigit di lidah, maka dari itu tak jarang orang menggunakan kacang sebagai bahan campuran kue kering.

Bahan Kue Kering Kacang Mede

  • 125 gram gula halus
  • 150 gram margarin
  • 1 kuning telur
  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok makan susu cair
  • 100 gram kacang mede sangrai, didinginkan, dihaluskan
  • ½ sendok teh baking powder
  • 2 kuning telur untuk olesan
  • 75 gram kacang mede, belah dua, sangrai setengah matang.

Cara Membuat Kue Kering Kacang Mede

  1. Siapkan oven, panaskan hingga suhu 150ºC.
  2. Kocok margarin dan gula halus menggunakan mixer berkecepatan tinggi selama 2 menit. Tambahkan kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit. Kocok kembali hingga rata.
  3. Masukkan kacang tanah ke dalam adonan, aduk rata menggunakan spatula. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Giling adonan hingga tebalnya sekitar 2-3 cm. Cetak bulat dengan diameter 3 cm, atau dengan cetakan berbentuk bulan sabit. Letakkan di loyang yang telah dioles mentega/margarin sebelumnya, beri jarak antar kue.
  5. Oleskan kuning telur ke atas kue, letakkan satu buah kacang mede di atasnya.
  6. Oven dengan api bawah, suhu 150ºC selama 40 menit sampai matang.
  7. Angkat dan dinginkan, masukkan ke toples kedap udara untuk penyimpanan.

10.) Resep Kue Kering Coklat Kopi

Resep Kue Kering Lebaran Unik

Bagi para penggemar coklat dan kopi pasti akan menyukai citarasa kopi dari sajian salah satu resep kue kering lebaran unik ini. Meskipun rasa kopinya tidak terlalu pekat tapi tetap saja aroma kopi dari kue kering ini menggugah selera. Rasa dari Kue Kering Coklat Kopi ini tidak terlalu manis dan pas di lidah.

Bahan Kue Kering Coklat Kopi

  • 125 gram mentega
  • 100 gram gula halus
  • 1 sdm kopi instan
  • 2 butir kuning telur
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sdm cokelat bubuk
  • Dark cooking coklat secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Coklat Kopi

  1. Lelehkan dark cooking cokelat
  2. Kocok mentega dan gula sampai lembut. Masukkan telur, kopi, cokelat dan susu kemudian aduk rata
  3. Masukkan tepung terigu, aduk sampai kalis lalu sisihkan
  4. Giling adonan setebal 1 ½ cm kemudian cetak
  5. Panggang dalam oven selama ± 15 menit hingga matang kemudian angkat dan dinginkan
  6. Hias kue dengan cokelat leleh, kemudian biarkan hingga dingin. Sajikan
WhatsApp chat