Home » Artikel » Artikel Proses » Asli Indonesia Dan Enak! Inilah Resep Opor Ayam Porsi 8 Orang

Asli Indonesia Dan Enak! Inilah Resep Opor Ayam Porsi 8 Orang

Resep opor ayamOpor ayam merupakan salah satu makanan asli dari Indonesia yang dimana makanan tersebut tidak kalah enaknya dengan makanan amerika yang beredar luas di Indonesia. Makanan ini menjadi hal yang sering di sajikan oleh beberapa orang terutama ketika hari raya idul fitri.

Baca juga : Inilah Manfaat Air Kelapa Muda Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Banyak orang yang menyukai opor ayam karena rasanya yang nikmat ditambah dengan teksturnya ayamnya yang sangat lembut. Membuat lidah merasa manja dan ingin memakannya sampai habis. Opor ayam juga sering di hidangkan bersama dengan ketupat pada saat hari raya idul fitri.

Ciri khas ketupat yang menjadi ikon idul fitri dan dikombinasikan dengan opor ayam menjadikan makanan ini tidak kalah dengan junkfood yang beredar di pasar luas. Pastinya sudah banyak ibu ibu yang tahu cara membuat opor ayam ini karena opor ayam ini adalah makanan yang sangat populer dikalangan masyarakat.

Karena sudah populer pastinya banyak orang yang dapat memasaknya meskipun rasanya berbeda – beda dari setiap orang yang memasaknya. Ya terkadang ada beberapa orang yang memasak sama persis cara dan bahan namun tetap orang yang lebih berpengalaman lebih enak rasanya.

Padahal semua sudah ditakar dengan sama banyak dan cara memasaknya sama namun entah apa yang membuat orang yang lebih berpengalmaan memeiliki rasa yang lebih enak. Oleh karena itu kemampuan memasak haruslah terus diasah dan dilatih jika ibu ibu ingin selalu menghidangkan makanan enak untuk keluarga.

Dalam topik kali ini saya akan membahas mengenai resep opor ayam. Resep ini sudah menjadi andalah orang – orang banyak karena memang menu ini menjadi wajib saat perayaan hari raya idul fitri.

Sebelum masuk ke resep opor ayam saya akan menjelaskan beberapa paparan mengenai opor ayam dan cara memilih santan yang baik.

Penjelasan Opor Ayam

Opor ayam meruapkan sebuah makanan yang bahan utamanya ayam dan memiliki kuah santan yang cukup kental. Biasanya berwarna putih atau terkadang juga berwarna kekuning-kuningan, yang dimasak bersamaan dengan rempah-rempah tertentu. Terakdang juga makanan ini dimasak bersamaan dengan telur rebus.

Banyak orang yang cukup malas untuk memasak makanan ini. Mengapa? karena memang prosesnya yang cukup sulit dan memakan waktu yang cukup lama menjadikan beberapa orang hanya memasak untuk perayaan tertentu saja. Seperti yang saya katakan tadi sering beberapa anggota keluarga dan hari sudah mendekati hari raya idul fitri,

Mereka membuat sebuah hidangan guna menyambut tamu yang datang saat hari raya idul fitri. Ada yang membuat dodol, ada pula yang membuat opor. Nah memang opor cukup memakan waktu dan tenaga maka hidangan ini menjadi pantas untuk menyambut tamu pada saat perayaan hari raya idul fitri.

Nah oleh karena itu pada artikel rumahmesin kali ini saya akan membahas mengenai resep opor ayam untuk 8 porsi. Terutama bagi Anda yang hendak menyambut tamu keluarga dari jauh. Nah resep opor ayam kali ini sangat cocok untuk keluarga jauh Anda.

Sebelum anda membuat makanan ini saya akan memberi beberapa tips yang mungkin cukup penting bagi Anda untuk menghasilkan opor yang terbaik.

Cara memilih santan yang bagus

Resep opor ayam

Salah satu bahan yang diperlukan adalah santan nah berikut ini adalah tips cara mencari santan yang bagus untuk membuat opor terbaik.

Walaupun sudah digunakan untuk berbagai macam makanan khas Asia khususnya Indonesia, santan juga merupakan salah satu bahan tambahan minuman atau makanan penutup. Santan ternyata diambil dari pengolahan buah Kelapa, oleh sebab itu mendapatkan santan sangatlah mudah. Santan bisa ditemui di Supermarket, pasar modern maupun pasar tradisional.

Kini santan sudah memang banyak dijual dalam kemasan terutama di pasar retail modern, walaupun begitu rumahmesin menyarankan untuk membeli Santan langsung dari para penjual – buah Kelapa. Selain lebih terjamin rasanya dan juga alami, membeli di pasar tradisional dapat menghemat waktu. Anda juga tidak perlu repot untuk mengupas atau memeras, mereka akan dengan senang hati melakukannya untuk Anda dan menunjukkan kelapa yang terbaik yang disesuaikan untuk keperluan santan Anda

Lalu bagaimana caranya suapya dapat memilih Santan yang baik, terutama ketika memilih kelapa yang baik untuk santan? Berikut tips dan caranya:

1. Tentukan Sesuai Keperluannya

Ketika hendak membeli kelapa perlu diperhatikan untuk menentukan keperluannya terlebih dahulu. Misalnya untuk membuat sebuah taburan kue tentu tipe santannya berbeda dengan membuat makanan rendang. Atau juga untuk resep kolak dengan santan tentu berbeda dengan santan untuk nasi tumpeng tujuh belasan, atau tumpeng ulang tahun, dst.

Dari situ kita akan dapat menentukan santan dari buah kelapa yang seperti apakah dan bagaimana. Apakah buah kelapa yang umurnya muda atau yang umurnya tua, kelapa ijo (hijau) atau merah, kelapa dengan kuah santan yang putih terang atau lebih gelap, atau bahkan mana kelapa yang juga menghasilkan minyak lebih banyak, mana yang akan sedikit dan sebagainya.

Sebagai sebuah contoh khusus buah kelapa yang diambil santannya atau diolah sebagai serundeng atau taburan kue. Sebaiknya juga dipilih kelapa yang agak muda. Kulitnya yang masih sangat lunak, karena kelapa ini rasanya lebih lembut dan manis. Jika kelapa ini digunakan sebagai taburan kue dapat diparut arah memanjang, dan tips cara memilih santan yang baik dan diambil santannya, parutlah membujur.

Lalu kupas kelapa itu agar menghasilkan santan dengan warna yang lebih putih. Langkah terakhir, parut dan peras kelapa sesaat akan dipakai. Meskipun sangan sangat tidak direkomendasikan, Anda tetap bisa menyimpan santan tersebut di dalam kulkas, tapi memang sebaiknya langsung dipakai agar aromanya segar dan masih gurih.

Saat Anda memilih kelapa untuk santan sebaiknya pilih kelapa yang tua, berdaging tebal, keras jika ditekan dan terasa berat jika diangkat dalam juga keadaaun utuh. Kelapa yang seperti ini akan menghasilkan santan yang lebih banyak dan baik

2. Cara Membedakan Kelapa yang Tua dan Muda

Yang paling dasar untuk menentukan sebuah kelapa yang tua atau muda adalah mendengar bunyi air didalamnya jika dikocokkan. Jika Kamu mendengar ada bunyi kocokan air, maka berarti kelapa itu masih muda. Jika tidak terdengar bunyi apapun, maka bisa jadi kelapa itu sudah tua.

Dan dari segi tampilan. Ciri-ciri kelapa yang sudah tua yaitu, batoknya berwarna lebih coklat dan keras, dan kadang sabut kelapanya telah menipis.

Cek dan lihat di bagian ujung bontos kelapa terdapat lingkaran yang menandakan apakah ada biji didalam. Orang juga biasa menyebut jambu dan semakin besar biji/jambu kelapa, pertanda kelapa tersebut sudah tua. Pilihlah sebuah biji kelapa yang sedang jangan terlalu besar, karena semakin besar; kandungan minyaknya semakin sedikit.

Dan untuk  tingkat advanced (yang sudah sering memilih kelapa), cukup dengan cara mengetuk-ngetuk buah kelapa tersebut dan mendengarkan bunyi getokannya dapat membedakan mana kelapa yang lebih bagus.

3. Mengecek Aroma dan Bau

Aroma dan bau kelapa juga berpengaruh terhadap hasil dari santan yang akan digunakan. Jangan Anda pilih yang berbau tengik pada bagian kelapa karena kualitas daging buahnya tidak baik untuk diolah sebagai santan. Saat Anda membeli kelapa, Anda bisa mencium terlebih dahulu permukaan kelapa. Aroma dalam buah kelapa yang baik adalah bau segar, dan tercium gurih khas buah kelapa, bukan bau atau rasa asam maupun tengik.

4. Proses Pengolahan Santan

Dari segi pengolahan atau dari proses pembuatannya, mengupas kulit kelapa jangan terlalu bersih, terutama bagi yang membutuhkan kandungan minyak berlebih. Sisakan dengan sedikit-sedikit supaya kandungan minyaknya tidak habis.

Selain itu bila semua sudah dikerat sabutnya, kelapa hanya bertahan beberapa hari. ketika kelapa sudah ditelanjangi tempurungnya, kelapa sebaiknya segera digunakan.

Untuk membuat sebuah santan, banyaknya air yang digunakan tergantung tingkat kekentalan yang diinginkan. Sebutir kelapa biasanya dicampur dengan 1 lt air, peras. Jika mau lebih kental, kurangi airnya, demikian sebaliknya

5. Memilih Santan Dengan Kemasan?

Sekali lagi, Cara Memilih Santan yang Baik tentu tergantung dari tujuan keperluannya, untuk beberapa resep masakan tertentu, sebagai contoh Nasi Tumpeng. Santan yang akan dipilih sebaiknya bukan yang kemasan. Karena santan adalah yang paling menentukan kualitas dari rasa, tingkat gurihnya dan tampilan Nasi Tumpeng itu sendiri.

Belilah beberapa kelapa langsung dari penjual di pasar tradisional. Dan setelah diolah dan diperas adalah sangat disarankan agar tidak melalui proses penyimpanan di kulkas atau lemari pendingan, sebaiknya langsung digunakan di Tumpeng tersebut.

Tetapi apabila Anda juga memiliki kesibukan, dan tidak memiliki waktu untuk mengolah – karena lamanya proses pembuatan santan – santan masih bisa digunakan untuk keesokan harinya dan dipakai setelah disimpan.

6. Santa untuk Makanan Penutup

Khusus untuk makanan penutp dengan kuah santan encer, seperti pada cendol atau kolak santan. Sebaiknya gunakan santan dari kelapa yang muda karena akan lebih segar. Biasanya kuah santan yang digunakan berwarna agak putih dengan gula pasir sebagai pemanis.

Santan tersebut dapat dimasak dengan gula pasir dalam jumlah banyak agar rasanya lebih manis dengan tampilan lebih transparan.

Dan fungsi Gula pasir pada masakan kuah santan juga dapat mengawetkan kuah santan tersebut. Sehingga akan bisa bertahan lebih lama jika Anda meletakkannya di suhu ruangan normal. Dan jangan khawatir untuk rasa dari kuah yang lebih manis, karena bila tinggal memasukkan es batu, kadar manisnya dapat berkurang.

Asli Indonesia Dan Enak! Inilah Resep Opor Ayam Porsi 8 Orang

Berikut ini saya akan masuk kepembahasan inti yaitu resep opor ayam dan cara membuatnya. Nah sebelum Anda membuatnya tentu saja Anda wajib menyiapkan  bahan – bahan berikut ini

Bahan – bahan

yang harus dipersiapkan untuk membuat opor ayam:

4 sendok makan minyak yang nantinya diguanakan untuk menumis
2 batang Serai, yang sudah dipotong ambil bagian putihnya
5 lembar berupa daun jeruk purut
3 lembar berupa daun salam
2 ekor ayam buras, yang sudah dipotong masing-masing menjadi 4 bagian
1 1/2 butir kelapa, yang sudah parut, dan sudah peras menjadi 250 ml santan kental
1 1/2 Liter santan yang encer

Bumbu yang dihaluskan

3 sendok teh ketumbar butiran, yang sudah di sangrai
1/2 sendok tehjintan, yang sudah disangrai
2 sendok teh merica butiran
6 butir kemiri, yang sudah di goreng
3 centimeter kencur
3 centimeter lengkuas
100 gram bawang merah
5 siung bawang putih utuh
2 endok teh garam
2 endok makan gula merah sisir

Cara Membuat Opor Ayam Kampung

Resep opor ayam

1. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu sampai halus, selanjutnya Serai, daun jeruk, dan daun salam. Aduk-aduk hingga harum.

2. Masukkan juga potongan ayam, dan aduk-aduk hingga ayamnya terlihat kaku.

3. Masukkan santan encer secukupnya, masak terus di atas api berukuran sedang hingga ari mendidih dan ayam sudah empuk.

4. Tambahkan santan yang kental, lalu aduk sesekali sampai mendidih.  Kecilkan api, dan masak hingga santan agak berminyak.

5. Opor ayam sudah siap disajikan.

 

Rekomendasi Belanja Bahan Online

Langsung ingin mencoba membuat dan mencicipi opor ayam? Tapi Anda ternyata tidak memiliki bahan-bahan dan semua alat masak yang dibutuhkan?. Jika Anda tidak memiliki behan-bahan dan alat yang diperlukan, Anda dapat cukup membeli bahan-bahan untuk membuat opor ayam yang tidak tersedia di toko online ataupun toko terdekat.

Untuk alat Anda juga dapat meminjam ke tetangga atau teman Anda.

Dengan membeli di toko online misalnya happyfresh ini Anda cukup memesan bahan-bahan opor ayam yang tidak ada di dapur kamu melalui gadget. Kemudian di pada fitur personal shopper HappyFresh akan dapat memilihkan bahan makan yang paling segar untuk diantar ke rumah kamu oleh kurir happyfresh.

Tidak lebih dari satu jam pesanan Anda akan langsung tiba dirumah untuk kamu olah menjadi sebuah opor ayam yang sedap. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi pergi keluar rumah untuk membeli bahan-bahan makanan tersebut. Selamat mencoba resep opor ayam ini!

Penutup

Ya itu tadi sedikit pembahasan mengenai resep opor ayam. Mudah bukan? Hanya saja Anda harus menyiapkan semua bahan yang ada. Ya mungkin menyiapkannya cukup repot namun memang hasilnya sangat nikmat.

Di era digital ini memang cukup mudah untuk mencari ilmu karena google.com selalu terbuka dan anda dapat mencari apapun yang Anda inginkan. Nah salah satu ilmu itu adalah ilmu memasak. Banyak orang yang dapat tambah ilmu pengetahuan dengan hanya menggeser jari.

Di era modern ini memang sangat mudah menambah ilmu hanya dengan menggeser jari Anda. Anda dapat memanfaatkan jari Anda sebagai hal positif atau hal negatif. Dengan mempelajari resep opor ayam ini Anda semoga Anda mendapat ilmu tambahan sehingga Anda mengetahui cara memasak.

Jika Anda hendak memasak opor memang banyak sekali hal yang harus Anda siapkan karena opor merupakan makanan yang cukup besar dan memakan waktu dalam pembuatannya. Jika Anda malas Anda dapat membelinya di toko yang menjual makanan ini. Tentulah sudah banyak yang menjualnya diberbagai tempat.

Atau jika Anda ingin membuatnya sendiri Anda dapat meniru resep tadi. Bahkan atau mungkin jika Anda malas Anda dapat memsan makanan melalui jasa pembelian makanan secara online misalnya gojek. Dengan itu Anda akan lebih mudah dan praktis untuk mendapatkan makanan yang Anda inginkan.

Praktis bukan? Memang di era digital ini sekarang semua serba mudah. Anda hanya perlu menyiapkan uang maka apa yang Anda inginkan bisa datang dengan mudah pula. Namun jika tidak ada uang ya bakalan susah juga sih he he.

Sekian artikel resep opor ayam saya semoga artikel resep opor ayam saya bermanfaat bagi Anda. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Anda karena Anda telah membaca artikel resep opor ayam.

By |2018-11-23T08:54:58+00:00November 23rd, 2018|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Asli Indonesia Dan Enak! Inilah Resep Opor Ayam Porsi 8 Orang

About the Author:

WhatsApp chat