Serbuk Kayu Sebagai Media Tanam

Pemanfaatan Serbuk Kayu Sebagai Media Tanam

Semai-serbuk-kayu-9-hss-1

Pemanfaatan Serbuk Kayu Sebagai Media Tanam. Kayu yang sudah rapuh karena dimakan usia dan rayap banyak menimbulkan masalah dalam penanganannya yang selama ini dibiarkan membusuk, ditumpuk dan dibakar yang kesemuanya berdampak negatif terhadap lingkungan. Tapi, bagi mereka yang kreatif kayu yang sudah tua dan dimakan rayap bisa dihancurkan dan diambil serbuknya.

Media tanam ini  dipilih karena dapat mengoptimalkan penyerapan air dan unsur hara pada tanaman. Dengan meningkatnya penyerapan air dan juga unsur hara oleh tanaman, maka kondisi kesuburan dari tanaman tersebut akan menjadi lebih baik.tanamanpun akan kudah berkembang dan tumbuh subur.

Pemanfaatan serbuk kayu seperti sangat berdampak positif untuk lingkungan, apalagi pemanfaatan sebagai media tanam sangat membantu dalam kelangsungan pertumbuhan tanaman karena memiliki unsur hara seperti tanah, namunya biasanya tanaman yang ditanam dengan media tanam ini ukurannya tidak terlalu besar.

Kelebihan dan Kekurangan Serbuk Kayu Sebagai Media Tanam

Kelebihan

Serbuk kayu sebagai media tanam biasanya digunakan jika menanam menggunakan pot atau polybag. Serbuk ini juga dipilih karena teksturnya yang ringan, sehingga akar akan lebih cepat tumbuh dan berkembang.

Kelebihan lainnya adalah memiliki kadar porositas (tingkat pori tanah) yang tinggi namun masih bisa diatur kepadatanya. Sehingga anda bisa mendapatkan tingkat porositas yang anda inginkan dengan mengatur rasio air yang diberikan.

Baca juga Cara Membuat Briket Serbuk Kayu Dengan Mudah.

Kekurangan

Namun, disamping kelebihannya, ada juga beberapa kekurangannya, yaitu sangat mudah diserang jamur. Jika dibiarkan terlalu lama dalam keadaan lembab maka tanaman yang ditanam dengan media ini akan mati. Jadi pastikan tanaman itu mendapatkan intensitas cahaya yang cukup.

Jika anda berniat menjadikan serbuk kayu sebagai media tanam, ada baiknya mencampurnya dengan tanah atau memberinya pupuk dahulu untuk memberikan tambahan unsur hara. Untuk manfaat lainnya yaitu digunakan sebagai mulsa yaitu sebagai pelembab tanah.

Video Pembuatan

Untuk lebih mudah dalam menggunakan mesin penghancur kayu dan lebih  jelasnya bisa dilihat video berikut.

Pemanfaatan limbah menjadi sesuatu yang berguna memanglah bagus untuk membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •