Cara Membuat Briket Serbuk Kayu Dengan Mudah

Cara Membuat Briket Serbuk Kayu Dengan Mudah

Selama ini kayu yang sudah rapuh karena dimakan usia dan rayap banyak menimbulkan masalah dalam penanganannya yang selama ini dibiarkan membusuk, ditumpuk dan dibakar yang kesemuanya berdampak negatif terhadap lingkungan. Untuk membuat briket serbuk kayu sangatlah mudah.

Tapi, bagi mereka yang kreatif kayu yang sudah tua dan dimakan rayap bisa dihancurkan dan diambil serbuknya, serbuk kayu dapat diolah lagi menjadi briket.

Cara pembuatannya pun cukup mudah apalagi serbuk kayu mudah terbakar. Briket ini yang terbuat dari limbah gergaji kayu ini memiliki harga yang jauh lebih murah dari pada briket batubara.

 

Cara Membuat Briket Serbuk Kayu

Apabila dibandingkan dengan penggunaan gas alam dan juga minyak tanah, briket dari serbuk kayu jauh lebih efektif dan pastinya dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga sehari-hari. Ingin tahu bagaimana cara membuat briket dari serbuk kayu? Berikut ini cara pembuatnnya.

Cara Membuat Briket Serbuk Kayu Dengan Mudah

Peralatan :

  • Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
  • Cetakan briket
  • Oven

 

Bahan :

Tahapan Pembuatan Briket Serbuk Kayu:

  1. Pengarangan

Kayu yang masih utuh kemudian di hancurkan menggunakan mesin penghancur kayu untuk diambil serbuknya dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).

  1. Pengayakan

Pengayakan maksud untuk menghasilkan arang serbuk kayu dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbuk gergaji diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70 mesh.

Baca Juga : Mesin Briket Arang Kelapa Terbaru 2021

  1. Pencampuran media

Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % dan arang tempurung kelapa 10 %. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

  1. Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan mesin briket atau alat pembuat briket dan ditempa.

Bagi yang mampu mengolahnya, pasti akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi anda, karena akan meningkatkan omzet penjualan anda. Anda dapat mengembangkan bisnis briket serbuk kayu ini hingga menjadi salah satu bentuk industri yang besar lagi. Sekian cara membuat briket serbuk kayu, selamat mencoba.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •