Home » Artikel » Artikel Proses » MAKNYUS…! Ini Rahasia Cara Membuat Jus Buah Naga yang Lezat

MAKNYUS…! Ini Rahasia Cara Membuat Jus Buah Naga yang Lezat

Cara Membuat Jus Buah Naga Lezat Dengan Mudah – Buah menjadi salah satu kudapan sehat yang amat digemari masyarakat diberbagai kelas. Biasanya buah dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus. Salah satu buah yang kerap disajikan dalam bentuk jus ialah buah naga. Buah naga memiliki daya tarik yang mampu menarik minat banyak orang untuk mencicipinya.

Ada dua jenis buah naga yang bisa anda buat jus yaitu buah naga putih dan buah naga merah. Kehebatan jus buah naga tidak hanya terletak pada rasanya yang lezat namun juga kandungan nutrisi yang tinggi. Sebelum masuk dalam info tentang cara membuat jus buah naga, sepertinya lebih afdhol jika kita berkenalan dulu dengan asal usul buah naga.

Asal-Usul Buah Naga

Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika tenggah dan Amerika selatan. Meksiko sering menyebut buah naga sebagai pitahaya, dan pitahaya Roja di kawasan Amerika tengah dan Amerika selatan. Meskipun buah naga berasal dari kawasan Amerika namun sekarang ini buah naga telah dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah naga juga kerap ditemukan di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan.

cara membuat jus buah naga

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Selain sebagai tanaman hias buah naga dianggap sebagai pembawa berkah oleh orang Vietnam dan Cina . Oleh sebab itu buah naga selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga yang berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah dari buah ini  terlihat mencolok diantara warna naga-naga yang hijau.

Dari kebiasaan yang dilakukan itu dikalangan orang Vietnam yang sangat dipengaruhi budaya cina buah naga sebagai Thang Loy. Nah Istilah thang loy inilah yang kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa inggris sebagai dragon fruit atau buah naga

Mendapat Julukan Sebagai Buah Kaktus

Buah naga juga disebut sebagai buah kaktus. Hal ini karena tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga dan buah yang menyerupai kaktus. Akar buah naga hanya berupa akar  yang menyerupai serabut dan berkembang didalam tanah pada batang atas sebagai akar gantung.

Pada bagian duri, akan tumbuh bunga yang bentuknya mirip bunga wijayakusuma. Bunga yang tidak rontok berkembang menjadi buah. Untuk bentuk buah yang satu ini berbentuk bulat namun agak sedikit lonjong dan memanjang. Batang buah naga berbentuk segitiga, durinya sangat pendek dan tidak mencolok, sehingga buah ini sering dianggap kaktus tak berduri.

Sedangkan untuk kulit buah naga, pada umumnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah. Kemudian untuk buah naga hitam berwarna merah gelap, dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh sebab itulah buah ini disebut buah naga.

Cara Membuat Jus Buah Naga

Mengingat manfaat buah naga yang demikian besar maka akan sangat baik jika anda mengkonsumsinya secara teratur. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih cepat dan bisa terserap oleh tubuh dengan cepat, maka sebaiknya anda membiasakan diri mengkonsumsi buah naga dengan cara dijus. Berikut ini adalah cara membuat jus buah naga yang bisa anda ikuti:

Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Jus Buah Naga

  1. Blender
  2. Gelas
  3. Pisau tajam
  4. Sendok makan

Bahan-Bahan

  1. Buah naga
  2. Gula pasir/pemanis
  3. Madu
  4. Es batu yang diserut
  5. Air

Cara Membuat Jus Buah Naga

  1. Pertama-tama belah buah naga menjadi dua bagian
  2. Setlah itu ambil bagian daging buah dengan sendok makan dan masukkan ke blender
  3. Setelah dimasukan ke blender tuang sedikit air dan beri gula pasir
  4. Kemudian tutup blender dan nyalakan
  5. Setelah mulai lembut masukkan juga es batu, lebih baik anda menggunakan es batu serutan
  6. Terus aduk dengan blender hingga lembut
  7. Langkah terkhir setelah selesai anda bisa menghidangkannya

Nah, bagaimana menurut anda? Ternyata mudah dan menyenangkan saat mencoba cara membuat jus buah naga sendiri di rumah.  Ayo kreasikan jus buah naga anda sendiri dan mulailah hidup sehat dari sekarang..

Jenis-Jenis Buah Naga

cara membuat jus buah naga

  1. Hylocereus Undatus

    Jenis yang pertama adalah buah naga yang dikenal dengan nama latin Hylocereus undatus. Buah naga jenis ini merupakan salah satu jenis buah naga yang warna kulitnya memiliki warna merah namun warna dagingnya adalah putih.

  2. Hylocereus Polyrhizus

    Jenis kedua adalah buah naga yang memiliki nama latin Hylocereus polyrhizus. Hylocereus polyrhizus adalah jenis yang memiliki warna kulit merah muda dan dagingnya memiliki warna merah tidak terlalu terang.

  3. Selenicereus Megalanthus

    Jenis ketiga adalah buah naga dengan nama latin Selenicereus megalanthus. Salah satu jenis buah naga yang memiliki warna kulit kuning dan memiliki daging berwarna putih.

  4. Hylocereus Costaricensis

    Jenis terakhir adalah buah naga yang dikenal dengan nama latin Hylocereus costaricensis. Nah untuk buah naga yang ini adalah salah satu jenis buah naga yang memiliki warna kulit yang berwarna merah muda dan dagingnya memiliki warna merah yang sangat terang

Pembudidayaan Buah Naga

Pada umumnya, buah naga dibudidayakan dengan cara stek atau penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh subur jika media tanah porous atau tidak becek serta kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38-40 derajat celcius.

Jika perawatan cukup baik, maka tanaman buah naga akan mulai berbuah pada umur 11-17 bulan. Buah naga sangat adaptif dibudidayakan di berbagai daerah dengan ketinggian di 0-1200 m dpl. Yang penting adalah mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan buah naga merah

buah naga

Buah naga dapat berkembang dengan kondisi tanah dan ketinggian lokasi apapun, namun tumbuhan ini cukup banyak membutuhkan unsur hara, untuk itulah sangat baik jika tanah itu  mengandung pupuk yang bagus. Hal ini karena dengan unsur hara yang cukup maka pertumbuhannya akan baik.

Dalam waktu 1 tahun, pohon buah naga dapat mencapai ketinggian 3 meter lebih. Di Indonesia sendiri buah naga belum banyak dibudidayakan. Sementara ini pembudidayaan buah naga hanya dilakukan, didaerah Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo, Wonogiri, Kalibawang, Kulon Progo, Batam dan Bandung.

Cara Menanam Buah Naga

Selain ditanam dikebun atau ditempat yang luas, saat ini buah naga sudah mulai banyak ditanam pada halaman depan rumah sekaligus sebagai hiasan atau bisa juga ditanam pada halaman belakang. Sebenarnya untuk menanam buah naga ini tidak membutuhkan teknik khusus. Buah naga yang umumnya  sering ditanam adalah buah naga yang memiliki warna kulit merah dan pada bagian dagingnya berwarna putih dengan biji-bijian halus berwarna hitam.

Cara dan Tips Menanam Buah Naga Di  Rumah

Untuk penanaman buah naga dirumah ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Salah satu caranya adalah menanam buah naga pada pot. Selain bisa menikmati buah naga gratis anda bisa menjadikan buah naga yang anda tanam sebagai hiasan di depan rumah. Caranya:

  1. Siapkan Pot

    Yang paling penting anda harus menyiapkan pot terlebih dahulu. untuk pot ada beberapa jenis pot yang tersedia di pasaran mulai dari pot bahan semen, plastik, tanah liat atau drum bekas yang dipotong. Namun dari berbagai macam pot yang ada, untuk menanam buah naga anda lebih baik memakai pot yang terbuat dari bahan tanah liat.
    Hal ini karena buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Sedangkan ukuran pot semakin besar ukuran pot semakin baik.  Umumnya anda dapat menggunakan pot dengan minimal diameter 40 cm.

  2. Tiang Panjatan

    Siapkan tiang panjatan karena buah naga membutuhkan tiang penopang untuk menahan beberapa cabang produksi agar tidak roboh. Tiang ini nantinya akan dililit oleh beberapa pohon buah naga pada saat penanaman pertama. Usahakan anda menyediakan tiang panjatan yang kuat. Tiang panjatan untuk buah naga bisa terbuat dari besi atau kayu yang kokoh.

  3. Siapkan Media Tanam

    Menyiapkan media tanam, anda dapat menyiapkan media untuk menanam buah naga yaitu pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Setelah semua siap anda dapat menyiramnya dengan air sampai kondisi jenuh. Biarkan kurang lebih sehari semalaman sebelum anda mulai menanam buah naga.

  4. Pemilihan Bibit Buah Naga

    Pemilihan dan penanaman bibit dalam proses ini anda dapat memilih bibit dari batang yang besar dan sudah tua dan pastikan bibit tersebut bebas dari penyakit. Cara yang paling mudah anda bisa memilih batang atau cabang tanaman yang pernah berbuah, setidaknya 3-4 kali. Bibit buah naga biasanya memiliki panjang ideal 30 cm dan ditanam pada pot dengan kedalaman 10 cm.
    Setelah anda memasukan bibit buah naga ke dalam pot, tekan-tekan sedikit tanah sekitar bibit agar tidak mudah roboh. Tahap akhir, siram bibit buah naga yang di pot dengan air dan letakkan pot ditempat terbuka, pastikan termpat itu terkena sinar matahari langsung.

Kendala Budidaya Buah Naga

Setiap budidaya tanaman memang selalu ada hambatan atau masalah yang terjadi, baik dari proses menanam hingga perawatan saat terjadi pembuahan. Berikut ini adalah masalah-masalah yang umunya sering terjadi saat pembudidayaan buah naga:

  1. Tunas atau batang buah naga pertumbuhannya lambat dan lama

Nah cara mengatasi masalah yang satu ini, maka anda harus melakukan pemupukan. Jika anda menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang, maka pupuk yang tepat adalah pupuk kotoran ayam.

  1. Buah naga tidak pernah berbuah

Untuk buah naga yang tidak kunjung berbuah anda bisa melakukan pemupukan ketika buah naga sudah tumbuh dewasa. Jika anda anda menggunakan pupuk kandang, maka pupuk yang tepat adalah pupuk dari kotoran kambing. Jika anda menggunakan pupuk kemasan, carilah pupuk yang memiliki unsur P lebih tinggi daripada N.

  1. Cara mengatasi buah naga yang gagal berbuah

Buah naga membutuhkan penyerbukan agar bunga dapat berbuah. Jika cara alami tidak berhasil maka anda bisa melakukan penyerbukan manual dengan cara mengawinkan bunga buah naga. Sedangkan untuk mengatasi busuk dan gugur pada bunga, maka dapat diberikan KNO3 saat mulai muncul bakal bunga.

Cara Mengkonsumsi Buah Naga 

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara membuat jus buah naga sepertinya info tentang cara mengkonsumsi buah naga juga perlu anda ketahui. Nah, terlepas dari cara membuat jus buah naga dan cara mengkonsumsinya, akan lebih baik jika anda mengetahui tentang kandungan nutrisi dan manfaat dari buah yang satu ini.

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Naga

Nutrisi dalam buah naga sangatlah banyak. Mulai dari vitamin, protein, serat, mineral. Secara sederhana dalam 100 gram buah naga, terkandung gizi dengan rincian sebagai berikut:

  • Air sebanyak87 gram
  • Thiamine atau vitamin B1 sebanyak 0,04
  • Riboflavin atau vitamin B12 sebanyak 0,05 miligram
  • Niasin atau vitamin B3 sebanyak 0,16 miligram
  • Asam askorbat atau vitamin C sebanyak 9,4 miligram
  • Protein sebanyak 1,1 gram
  • Serat sebanyak 0,71 gram
  • Kalsium sebanyak 134,5 miligram
  • Karbohidrat sebanyak 11,5 gram
  • Fosfor sebanyak 87 miligram
  • Zat besi sebanyak 0,65 miligram

Manfaat Buah Naga

Buah naga sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Bukan hanya buahnya saja bahkan mulai dari batang buah naga sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat.

Bahkan dokter juga sangat merekomendasikan buah naga, sebagai buah konsumsi yang bisa digunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit. Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga:

  1. Mencegah Kanker

Buah naga mengandung antioksidan phytoalbumin yang sangat banyak jumlahnya. Senyawa ini mampu meningkatkan pembentukan radikal bebas karsinogenik yang mencegah sel-sel kanker berkembang dalam tubuh. Selain itu buah naga juga membantu kerja pembuangan racun supaya dapat dikeluarkan dari tubuh, termasuk juga racun-racun yang memicu kanker. Maka dari itu, buah naga sangatlah baik dalam mencegah kanker

  1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah (hemoglobin)

Buah naga memiliki kandungan vitamin B12 (riboflavin) yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui dalam tubuh kita sel darah merah atau hemoglobin sangatlah penting. Dalam pembentukan sel darah merah dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Sehingga konsumsi buah naga tentu dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan yang dimiliki oleh buah naga dapat mencegah dan menekan resiko penyakit jantung. Maka tidak dapat dipungkiri, mengkonsumsi buah naga menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit jantung.

  1. Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang sangatlah penting, sebab tulang merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Apabila tulang tidak kuat dan tidak sempurna maka tubuh akan mengalami beberapa masalah atau ganguan tulang yang tentunya akan mengganggu organ penting lainnya. Buah naga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang menjadikan buah naga sebagai sumber makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang untuk dapat tetap sehat dan kuat

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Betakaroten yang tinggi menjadikan buah naga sebagai salah satu buah yang dapat menjaga kesehatan mata setelah buah wortel. Seperti yang kita ketahui, betakaroten merupakan kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kejernihan mata

  1. Mencegah Diabetes

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan penyakit diabetes,sebab tak jarang kita temukan beberapa orang mengalami penyakit yang satu ini. Pola hidup yang tidak sehat membuat manusia rentan terkena penyakit diabetes.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi buah naga untuk mencegah serta mengatasi penyakit diabetes, sebab buah naga dipercaya mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup tidak sehat yang dilakukan manusia.

  1. Mendukung Program Diet

Bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan tidak ada salahnya mencoba dan menjadikan buah naga sebagai bahan atau alternatif dalam menurunkan berat badan. Buah naga merupakan buah yang tinggi protein, namun rendah lemak dan karbohidrat.

Hal inilah yang membuat buah naga cocok untuk dikonsumsi saat anda diet . Selain itu kandungan lemak dan karbohidrat yang ada dibuah naga tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Bahkan kandungan serat yang terkandung pada buah naga pun dapat membantu melancarkan pencernaan.

Setelah mengetahui tentang berbagai manfaat dan kandungan dalam buah naga, pastinya sekarang anda semakin semangat untuk bisa membuat jus buah naga kan? lalu bagaimana cara membuat jus buah naga yang lezat? Tenang, anda tidak perlu khawatir, karena meski anda tidak hobi di dapur tapi anda tetap bisa membuat jus buah naga dengan mudah. Satu yang pasti, anda harus mengikuti langkah-langkah cara membuat jus buah naga dari kami ya..

 

 

By | 2017-11-15T11:19:13+00:00 Oktober 21st, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada MAKNYUS…! Ini Rahasia Cara Membuat Jus Buah Naga yang Lezat

About the Author: